Publikasi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Year Title Description Publisher Author(s)
2017 Improving The Science Process Skills and Concept Mastery for Primary School Students through Learning Based on 5E Instructional Model
The main objective of this study is to describe the effectiveness of learning based on 5E instructional model to improve science process skills and students’ concept mastery. The science process skills is important for students as it is the foundation in enhancing the mastery of concepts and thinking skills needed in the 21 st century. The design of this study was one group pretest-posttest design. The result of the study shows that (1) the implementation of learning in both of classes, IVA and IVB, show that the percentage of learning implementation is increasing which indicates the better quality of learning.(2) the percentage of students' science process skills test result on the aspect of observing, formulating hypotheses, determining, interpreting data and communicating were increased and (3) the percentage of students who know the concept was increased and there is a decrease in the number of students who …
MISEIC 2017, 2017
2017 Pemanfaat Media Pjok Dalam Pembelajaran Matematika Sebagai Sarana Mengembangkan Pendidikan Karakter Pada Siswa SD/MI Di Surabaya
Pembelajaran Matematika, baik Bilangan maupun Geometri dan Pengukuran di satuan Pendidikan menuntut atau Membutuhkan suatu Kreatifitas yang tinggi dari para Guru sehingga pembelajaran itu mampu menyesuaikan terhadap tuntutan Perubahan dan kemajuan Ilmu Pengetahuan. Dengan Memanfaatkan Media PJOK Dalam Pembelajaran Matematika, dalam hal ini œGeometri dan Pengukuran Sebagai Sarana Mengembangkan Pendidikan Karakter Siswa SD/MI di Surabaya mampu Menyadarkan Guru dan Peserta didik bahwa Lingkungan hidupnya banyak sumber Ilmu yang sangat baik untuk baca (dipelajari). Pembelajaran yang dilakukan oleh Guru dengan memanfaatkan fasilitas PJOK sebagai Media Environment tsb dimaknai sebagai usaha untuk menumbuh kembangkan œSikap Kepribadian melalui pembiasaan yang positif, seperti: Tanggungjawab, Kedisiplinan dan Kerja keras dengan tepat waktu, kemandirian, memiliki Empati sehingga mampu mengembangkan Kerjasama dalam memperoleh Ilmu Pengetahuan dan Ketrampil yang baik. Penelitian ini Menggunakan Metode Kualitatif dengan Pendekatan Diskriptif dalam Menganalisa dan menterjemahkan seluruh Proses dan hasil Pembelajaran. Hasil Penelitian Pembelajaran Matematika (Geometri) dengan Memanfaatkan Fasilitas PJOK di SD/MI Wilayah Surabaya tersebut dapat didiskripsikan sbb:
EduStream: Jurnal Pendidikan Dasar 1 (1), 15-37, 2017
2016 Pengaruh Penggunaan Media Papan Magnet Terhadap Keterampilan Menulis Deskripsi Siswa Kelas III SD Hang Tuah 3 Surabaya
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode penelitin eksperimen, desain pra-eksperimen tipe one group pre-test–post-test desaign. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas III dan sampel penelitiannya sebagian siswa kelas III SD Hang Tuah 3 Surabaya. Teknik analisis data menggunakan teknik uji beda dengan rumus t-test. Hasil dari Penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan menulis deskripsi siswa setelah diberi perlakuan dengan media papan magnet. Rata-rata hasil uji-t nilai pre-test sebesar 70, 36 dan nilai post-test sebesar 78, 26. Dari hasil analisis data dengan uji t diperoleh t hitung lebih besar daripada t tabel (6, 26> 2, 01410). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan media papan magnet terhadap keterampilan menulis siswa kelas III SD Hang Tuah 3 Surabaya.
Jpgsd 4 (02), 161-172, 2016
2016 Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Kemampuan Sosialisasi pada Anak Usia 4-5 Tahun di TK Negeri Tabanan
Parenting style is pattern of parents interact with their children. Besides that, socialization ability is the way people socialize with others and building a good relationship. Parenting style and child ability is a positive interaction between parents and thei child since they were babies which could improve social ability in the further development. Preschool stage gives wide suitable time for children to develop their social skills. At the preschool age (especially start form 4 years old), social ability development of children is able to be observed clearly because they start interacting with their friend actively. This study was conducted to analyze the relationship of parenting style and socialization ability of children aged 4 to 5 years old at TK Negeri Tabanan. This study used correlation design with cross-sectional approach. 40 respondents were selected by total sampling. Parenting style questionnaire and socialization ability questionnaire were used as the instrument. Based on Spearman Rank Test, p value= 0,000, therefore it can be concluded that there was a relationship of parenting style and socialization ability of children aged 4 to 5 years old. It is recommended for parents to apply appropriate parenting style so that it can optimize child social developmend.
Universitas Udayana, Bali, 2016
2016 Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar
Mata pelajaran IPA di sekolah dasar memerlukan aktivitas langsung dan sesuai dengan keadaan sebenarnya.. Model pembelajaran PBL (Problem based learning) merupakan model yang menyajikan masalah dunia nyata dan mendorong siswa belajar. Berdasarkan hasil observasi kelas IV di SDN Bringinbendo II, diperoleh data nilai IPA di bawah KKM karena penerapan model yang salah. Mengatasi hal tersebut, peneliti mengadakan penelitian mengenai pengaruh model PBL terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Bringinbendo II Sidoarjo. Metode yang digunakan adalah quasi eksperimental nonequivalent control group desaign. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran PBL terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV di SDN Bringinbendo II Sidoarjo dan respon siswa terhadap model PBL termasuk dalam kategori sangat baik.
Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 4 (1), 2016
2016 Pengaruh Model Pembelajaran Arias terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas V Sdn Bangkingan II Surabaya
Pada pembelajaran matematika kelas V di SDN Bangkingan II Surabaya ditemui suatu fenomena dimana siswa masih kesulitan dalam mengerjakan soal matematika, masih kurangnya pemahaman siswa terhadap penjelasan yang diberikan oleh guru, serta kurang aktifnya siswa dalam mengikuti pembelajaran. Untuk membantu siswa dalam belajar matematika, peniliti mencoba menerapkan Model Pembelajaran ARIAS pada pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan pada hasil belajar siswa kelas V SDN Bangkingan II Surabaya. Metode dalam penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif. Dengan jenis penelitian eksperimen semu. Desain yang digunakan yaitu nonequivalent control grup design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Tes ini berupa soal pre-test dan post-test. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya pengaruh yang signifikan dari nilai pre-test ke nilai post-test kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran ARIAS. Rata-rata nilai post-test pada kelas eksperimen yaitu 87, 60 dan rata-rata nilai post-test kelas kontrol yaitu 73, 26. Berdasarkan hasil analisis uji t-test diketahui nilai t hitung lebih kecil dari t table pada taraf signifikansi 5% yaitu-4, 70<-2,021. Dengan demikian, model pembelajaran ARIAS berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas eksperimen.
Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 4 (2), 254080, 2016
2016 Nilai interaksi simbol tradisi dalam wujud pelinggih pada ruang publik
Pada ruang publik di BaliUtara, terjadi perubahankonsep visualisasi simbol tradisi dalam wujudpelinggih, yakni berbentuk mobil. Fungsi esensinya sebagai tempat pemujaantidak berubah. Masyarakat sekitar dapat menerima fenomena tersebut sebagai proses adopsi dan identitas warisan budaya. Melalui penelitian kualitatif, berupaya dipahami sebuah ‘proses kreatif’diluar ‘konteks diri’dalammengomunikasikan pesan melalui media visual. Dari penelitian ini, dinyatakan bahwa wujud visual pelinggih tidak hanya hasil ekspresi keindahan, tetapi juga mengomunikasikanpesan. Prinsip–prinsip ritual sebuah pelinggih tetap dipertahankan. Konsep perwujudannya mengalami identitas kebaruan akibat dari penyatuan nilai estetis, seni, spiritual serta ‘modernisasi’dalam konteks kehidupan ‘duniawi’. Visualisasi simbol dalam upaya mengomunikasikan pesan tersebut, mengandung unsur–unsur akulturasi sistem budaya masyarakat masa kini untuk saling berinteraksi.
Panggung 26 (1), 2016
2016 Pengaruh Penggunaan Media Komik terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Pada Tema Indahnya Negeriku di Sekolah Dasar
Garuda - Garba Rujukan Digital Home Publisher Journal / Conference Subject Suggest Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 3, No 2 (2015): JPGSD Vol 3, No 2 (2015) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KOMIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA TEMA INDAHNYA NEGERIKU DI SEKOLAH DASAR ROHMAWATI FAJRIN, EMILIA (Unknown) Article Info Publish Date 21 Apr 2016 Abstract Copyrights © 2015 Citation Download RIS EndNote, Reference Manager, ProCite BibTex Latex, Jabref Original Source Download Original Google Scholar Check in Google Scholar Journal Info Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar Website Abbrev jurnal-penelitian-pgsd Publisher Universitas Negeri Surabaya Subject Decision Sciences, Operations Research & Management Education Description ... Sinta Simlitabmas Arjuna PDDIKTI Risbang Scopus Rama Kementerian Pendidikan…
Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 3 (2), 2016
2016 Pengaruh Media Tangram Terhadap Hasil Belajar Tema Lingkungan Siswa Kelas III Madrasah Ibtidaiyah Da’watul Khoir Nganjuk
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kesenjangan hasil belajar muatan mata pelajaran Matematika di kelas II A dan B. Hal tersebut dilihat dari nilai raport semester ganjil yang terpaut cukup jauh. Adapun solusinya adalah menggunakan media tangram. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh media tangram terhadap hasil belajar siswa kelas II MI Da’watul Khoir. Jenis penelitian kuantitatif dengan desain Quasi Eksperimental Desain bentuk Nonequivalent Control Group Design. Subjek penelitian berjumlah 47 siswa. Teknik analisis data menggunakan independen sample t-tes dan didapat nilai-t hitung (-2, 48)<-t tabel (-2, 00) yang berarti nilai t hitung berada pada daerah penolakan Ho, atau dengan kata lain Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat dinyatakan baha media tangram berpengaruh pada hasil belajar tema Lingkungan siswa kelas II MI Da’watul Khoir dengan peningkatan sebesar 0,612.
JPGSD 4 (2), 315, 2016
2016 MODIFIED COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION TO PROMOTE STUDENTS’READING COMPREHENSION ACHIEVEMENT AT STKIP MUHAMMADIYAH KOTABUMI
This is an experimental research using one class pre test post test only design. The problem which was solved in this research is related to students’ reading comprehension achievement. The researcher modified one of cooperative learning techniques namely CIRC technique. He incorporated digital media into the implementation of CIRC technique. It was acknowledged that the product of this modification could be effective to be applied in reading class. Further, it was expected that this technique could be used to solve the sudents’ reading problems. This research is aimed to investigate whether there is difference of students’ reading comprehension achivement before and after being threated by digital-based cooperative integrated reading and composition (DBCIRC) and the students’ perception toward the implementation of DBCIRC technique. The sample of this research was the third semester— regular A class—of English departement students of STKIP Muhammadiyah Kotabumi- Lampung. In order to take the sample, the researcher used purposive sampling technique. The instruments used in this research were reading test, questionaire about students’ perception and interview guideline. The data of this research were analyzed both quantitatively and qualitatively. In analyzing quantitative data, the researcher employed paired sample t-test with significant level 0.05. Meanwhile, the qualitative data has been analyzed qualitatively. The result of the data analysis shows that the price of (p) value gotten from paired t-test was 0.000. It can be seen that (p) value (0.000) is less than significant level (0.05). In other words, H0 is rejected and Ha is …
LAMPUNG UNIVERSITY, 2016