GANES GUNANSYAH

GANES GUNANSYAH

NIDN : 0029018005 | NIP : 198001292009121001

Latest number of publications
sumber: https://sinta.kemdikbud.go.id

Riwayat Publikasi

Tahun Artikel Publisher
2024 Depoliticization and marginalized critical environmental education: curriculum revision for empowering students as environmental agents Curriculum Perspectives, 1-15
link.springer.com
2024 Assistance in Designing Elementary School Learning By Integrating Literacy And Numeracy Engagement: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 8 (1), 22-36
engagement.fkdp.or.id
2024 ANALISIS IMPLEMENTASI PENDEKATAN TARL PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS 5 DI SDN LAKARSANTRI II/473 SURABAYA Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 9 (2), 3310-3330
journal.unpas.ac.id
2024 Prospective Teacher as Environmental Agent: Between Hope, Opportunities and Possibilities Toward Sustainable Environmental Jurnal Pendidikan Progresif 14 (2), 883-901
scholar.google.com
2023 AKTIVITAS PERCOBAAN MENANAM HIDROPONIK BERBASIS PENDEKATAN HEUTAGOGY BAGI SISWA SEKOLAH DASAR Transformasi dan Inovasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat 3 (1), 1-6
journal.unesa.ac.id
2023 Critical Environmental Education: The Urgency of Critical Consciousnesses, Intersubjective Communication, and Deliberative Democracy of Environmental Citizenship. Journal for Critical Education Policy Studies (JCEPS) 20 (3)
www.jceps.com
2023 Twenty Years of the Social Skills Learning in Elementary Schools: A Bibliometric Analysis Proceeding of International Conference on Innovation in Elementary Education …
publikasiilmiah.hdpgsdi.com
2023 Pelatihan Pembuatan LKPD Interaktif dengan Liveworksheets bagi Guru Sekolah Dasar di Kabupaten Magetan Jawa Timur Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat 5 (1), 543-551
www.academia.edu
2023 Persepsi Guru Sekolah Dasar tentang Mata Pelajaran IPAS pada Kurikulum Merseka Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 11 (9), 1841-54
ejournal.unesa.ac.id
2023 Pengembangan Media Board Game Interaktif Jelajah Nusantara Berbantuan Flashcard Untuk Kelas V Sd
ejournal.unesa.ac.id
2023 Pengembangan Media Pembelajaran Kartu Kuartet QR Code dalam Pembelajaran IPS Materi Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan Kelas V Sekolah Dasar Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 11 (4), 858-867
ejournal.unesa.ac.id
2022 Studi Fenomenologi Pengalaman Guru dalam Mengembangkan Ketrampilan Sosial Siswa Sekolah Dasar saat Pandemi Covid-19 Jurnal Bidang Pendidikan Dasar 6 (1), 35-46
ejournal.unikama.ac.id
2022 Responses to the Socio-Ecological Crisis: Perceptions of In-Service Teacher Journal of Education Research and Evaluation 6 (4), 653-666
ejournal.undiksha.ac.id
2022 College Student Perception of the Sustainable Environment: Learning Opportunities after Covid-19 Jurnal Pendidikan Progresif 12 (2), 840-852
scholar.google.com
2022 Pelatihan Menjadi Guru bagi Orang Tua dalam Mendampingi Anak Belajar Dari Rumah Jurnal SOLMA 11 (1), 123-131
scholar.google.com
2022 Between the Sustainable Development Narrative and the Environmental Crisis: Analysis of School Textbooks in Indonesia. Biokultur 11 (1)
search.ebscohost.com
2022 Pengembangan Media Kartu Bergambar untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 421-430
scholar.google.com
2022 Pengembangan LKPD Berbasis Sustainability pada Pembelajaran IPS Kelas VI SD terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa
ejournal.unesa.ac.id
2021 Sustainable Development Education Practices in Elementary Schools. Journal of Education and Learning (EduLearn) 15 (2), 178-187
files.eric.ed.gov
2021 Studi analisis: Implementasi program adiwiyata di sekolah dasar Jpgsd 9 (09), 3384-3398
ejournal.unesa.ac.id
2021 Kesenian Dongkrek Desa Mejayan Kabupaten Madiun Sebagai Sumber Belajar Berbasis Etnopedagogi Di Sekolah Dasar Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar 9 (7), 2883-2894
core.ac.uk
2020 Pengembangan e-book untuk matakuliah konsep dasar IPS lanjut bagi mahasiswa PGSD Unesa DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik 4 (1), 83-93
jurnal.uns.ac.id
2020 Development of Independent Homeschooling Model Primary School Division as the Impact of Covid 19 International Joint Conference on Arts and Humanities (IJCAH 2020), 1238-1242
www.atlantis-press.com
2020 Praktik pembelajaran ekoliterasi berorientasi pendidikan untuk pembangunan berkelanjutan di sekolah dasar negeri Kota Surabaya bagian barat Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 8 (2), 375-384
ejournal.unesa.ac.id
2020 Praktik Education Sustainable Development: Studi Komparasi di Sekolah Dasar Kota Surabaya Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 8 (2), 1-11
ejournal.unesa.ac.id
2020 Teacher’s Perceptions of Ecoliteracy Practice to Sustainable Communities in Primary Schools International Joint Conference on Arts and Humanities (IJCAH 2020), 429-435
www.atlantis-press.com
2020 Analisis Buku Teks Tematik Berorientasi Muatan Sustainable Development Di Sekolah Dasar Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 8 (2), 2020
jurnalmahasiswa.unesa.ac.id
2020 Konsep Dasar Ilmu-Ilmu Sosial Zifatama Jawara
scholar.google.com
2020 Pengembangan E-Book untuk Matakuliah Konsep Dasar IPS Lanjut Bagi Mahasiswa PGSD UNESA. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 4 (1), 83
scholar.google.com
2019 Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Kreatif Dari Barang Bekas Bagi Guru-Guru SD Di Kecamatan Wonosalam Jombang Jawa Timur PEDAGOGIKA: Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan 7 (1), 62-71
ojs3.unpatti.ac.id
2019 Semanggi Suroboyo Desa Kendung Benowo-Surabaya sebagai sumber belajar berbasis etnopedagogi di sekolah dasar J. Penelit. Pendidik. Guru Sekol. Dasar 7 (3)
ejournal.unesa.ac.id
2019 Pengaruh Penggunaan Media Scrapbook Materi Sumber Daya Alam Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Ips J. PGSD 7 (1), 2549-2558
core.ac.uk
2019 Penggunaan Media CAI Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Materi Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia Pada Kelas V SDN Kebaron Sidoarjo Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 7 (5), 3449-3458
ejournal.unesa.ac.id
2019 Pengembangan Mobile Learning dengan Pemanfaatan Virtual Reality Berbasis Android di Kelas IV SD Muhammadiyah 10 Surabaya Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 7 (7), 2019
jurnalmahasiswa.unesa.ac.id
2018 MODEL BUKU TEKS BERBASIS ETNOPEDAGOGI DI PENDIDIKAN DASAR Prosiding Semnas PPM 2018 1 (1), 372-385
www.academia.edu
2018 An Integrative Thematic Textbook for Higher Education Based on Ethnopedagogy 2nd International Conference on Education Innovation (ICEI 2018), 456-461
www.atlantis-press.com
2018 Penggunaan Media Cerita Bergambar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi IPS Kelas III SD YPI Darussalam Cerme-Gresik Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 6 (2), 254836
ejournal.unesa.ac.id
2018 Penggunaan media big book terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas v sdn rangkah 1 surabaya Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 6 (10), 1801-1810
core.ac.uk
2018 Batik Gedhog Desa Kedungrejo-Tuban Sebagai Sumber Belajar Berbasis Etnopedagogi Di Sekolah Dasar JPGSD 6 (10), 1769-1780
ejournal.unesa.ac.id
2018 Implementasi Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Di Sekolah Dasar Gugus 1 Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 6 (8), 1427-1437
core.ac.uk
2018 Persepsi Guru Terhadap Pelaksanaan Gerakan Literasi Di Sekolah Dasar Negeri Terakreditasi A Kota Surabaya Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 6 (4), 1-10
core.ac.uk
2018 Special Service Class, An Elementary School Program for Street Children International Journal of Educational Science and Research 8 (3), 147-156
www.academia.edu
2018 Pelatihan Keterampilan Informasi Melalui Pembuatan Media Literasi Jurnal Publikasi Pendidikan 8 (1), 13-18
download.garuda.kemdikbud.go.id
2018 Kemampuan Guru Sekolah Dasar dalam Sistem Penilaian Kurikulum 2013 Kabupaten Tuban (Studi Komparasi Sekolah Induk Kluster Pelaksana Kurikulum 2013) Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 6 (6), 255079
core.ac.uk
2018 Kompetensi Pedagogik Guru Untuk Siswa Cerdas Istimewa (Gifted) Program Kelas Akselerasi Di MI Maarif NU Pucang Sidoarjo Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 6 (8)
ejournal.unesa.ac.id
2018 PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI SOSIAL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DI SEKOLAH DASAR ICPECE 2017
scholar.google.com
2018 The use of primary documents on literature history in primary scholl 1st International Conference on Education Innovation (ICEI 2017), 121-123
www.atlantis-press.com
2018 ETNOPEDAGOGI Kajian Lintas Bidang Studi di Sekolah Dasar ZIFATAMA 978-602-5815-26-3 1, 249
2018 Teacher pedagogical competencies in inclusive elementary school International Journal of Educational Science and Research 8 (3), 95-106
www.academia.edu
2017 PENINGKATAN KUALITAS PENGELOLAAN KELASMELALUI MANAJEMEN DISPLAY KREATIF BAGIKELOMPOK KERJA GURU SD KECAMATAN PAKAL KOTA SURABAYA ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED 7 (1), 1-8
scholar.google.com
2017 Pengaruh Model Project Based Learning terhadap Hasil Beljar Siswa Kelas IV Sdn Punggul 1 Gedangan Sidoarjo Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 5 (3), 1723-1731
media.neliti.com
2017 Pengembangan Ensiklopedia Sumber Daya Alam Indonesia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Sumber Daya Alam Siswa Kelas IV SDN Jajartunggal III Kecamatan Wiyung Kota Surabaya Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 5 (3), 254589
media.neliti.com
2017 Implementasi Pendidikan Karakter di SDN 1 Cerme Kidul-Derme-Gresik Jurnal JPGSD 5 (03), 1652-1662
media.neliti.com
2017 Penerapan Strategi Pembelajaran Everyone Is A Teacher Here Untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah Sosial Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V SDN Jatilangkung Mojokerto Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 5 (3), 254507
media.neliti.com
2017 Program Evaluation Basic Education of Special Service Class at Surabaya Primary School 9th International Conference for Science Educators and Teachers (ICSET 2017 …
www.atlantis-press.com
2017 Praktik Belajar yang Baik Melalui Manajemen Kurikulum Sekolah Alam Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMS
publikasiilmiah.ums.ac.id
2017 Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI. IPS. 1 SMAN 2 Mejayan pada Materi Fenomena Biosfer dan Persebaran Hewan Tumbuhan melalui Desain Pembelajaran Cooperative Learning Jurnal Konseling dan Pendidikan 5 (1), 25-35, 2017
jurnal.konselingindonesia.com
2017 Analisis Buku Teks Tematik Berorientasi Muatan Sustainable Development Di Sekolah Dasar JPGSD 8, 326-340
ejournal.unesa.ac.id
2016 Keefektifan model pembelajaran value clarification technique dalam mengembangkan sikap siswa Satya Widya 32 (2), 103-116, 2016
ejournal.uksw.edu
2016 Pengembangan Karakter Rasa Tanggungjawab Menggunakan Model Pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) pada Mahasiswa Tingkat I Program Studi PGSD FKIP Universitas Efektor 3 (2), 1-15, 2016
ojs.unpkediri.ac.id
2016 Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 4 (2), 254230
media.neliti.com
2016 Penerapan Model Inkuiri Berbasis Edutainment Dalam Pembelajaran Ips Di Sd Untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa Jurnal PGSD Kampus Cibiru 4 (3), 2016
scholar.google.com
2016 GOOGLE MAPS APPLICATION IN SOCIAL STUDIES LEARNING Jurnal TEKPEN 1 (4)
journal.unesa.ac.id
2015 Pendidikan IPS: Berorientasi Praktik yang Baik Unesa University Press 1, 126
scholar.google.com
2015 Pengaruh penggunaan media big book terhadap kemampuan literasi informasi siswa sekolah dasar Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 3 (2), 253665
core.ac.uk
2015 Kompetensi Pedagogik Guru Pada Anak Berkebutuhan Khusus di SDN Inklusi Klampis Ngasem 1 Surabaya Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 3 (2), 195-207
media.neliti.com
2015 Penggunaan Media Power Point Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ips Siswa Di Kelas Vi Sdn Kaliasin Vii Surabaya Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 3 (2), 253657
media.neliti.com
2015 Konsep Dasar Ilmu-Ilmu Sosial Zifatama Publisher
2015 Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Circ (Cooperative Integrated Reading And Composition) Terhadap Kemampuan Penguasaan Konsep Siswa Sekolah Dasar Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 3 (2), 253678
media.neliti.com
2015 Identifikasi Penggunaan Bahan Ajar Pada Smk Kesehatan Bakti Indonesia Medika Jurnal Pendidikan Sains Universitas Muhammadiyah Semarang 3 (2), 64-76, 2015
jurnal.unimus.ac.id
2015 Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Sosial terhadap Keterampilan Pemecahan Masalah Sosial Siswa di Sekolah Dasar Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 3 (2), 253676
media.neliti.com
2015 BAHAN AJAR IPS SD MELALUI SASTRA ANAK BERBASIS KEUNGGULAN BUDAYA LOKAL Jurnal Ilmiah PGSD 7 (1), 43-52
journal.unj.ac.id
2014 Penerapan Model Pembelajaran SAVI Untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah di Sekolah Dasar Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2 (2), 1-10
ejournal.unesa.ac.id
2014 Penrapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tps (Think Pair Share) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Di Sekolah Dasar Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2 (2), 1-11, 2014
jurnalmahasiswa.unesa.ac.id
2014 Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Pada Mata Pelajaran IPS Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV A SDN Simomulyo 8 Surabaya Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2 (1), 1-19
core.ac.uk
2014 Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS Melalui Penerapan Model Pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) di sekolah dasar JPGSD 2 (03), 1-12
ejournal.unesa.ac.id
2014 Penerapan Metode Karya Wisata Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Pada Siswa Sekolah Dasar Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2 (1), 1-10
core.ac.uk
2014 Penerapan Metode Pembelajaran Role Playing Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Di Sekolah Dasar Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2 (3), 1-11, 2014
jurnalmahasiswa.unesa.ac.id
2014 Penerapan model pembelajaran kooperatif script untuk meningkatkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di sekolah dasar Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2 (2), 1-15, 2014
ejournal.unesa.ac.id
2014 Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis melalui Model Pembelajaran Discorvey Siswa pada Pembelajara IPS di Sekolah Dasar JPGSD 2 (3)
ejournal.unesa.ac.id
2014 Penggunaan Media Flash Card untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar Abstrak). Jurnal PGSD
core.ac.uk
2014 Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis melalui Model Pembelajaran Discorvey Siswa pada Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2 (3), 1-10
ejournal.unesa.ac.id
2014 Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Dalam Pembelajaran IPS Untuk Meningkatkan Keterampilan Partisipasi Sosial Siswa Kelas V Sdn Putat Gede II Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2 (2), 1-11, 2014
ejournal.unesa.ac.id
2014 PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA MATA PELAJARAN CNC KELAS XII TEKNIK PEMESINAN SMKN 2 PENGASIH Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin 2 (4), 283-288, 2014
journal.student.uny.ac.id
2013 Penerapan model pembelajaran VCT (value clarification technique) untuk meningkatkan kesadaran nilai menghargai jasa pahlawan pada siswa sekolah dasar Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 1 (2), 1-11
ejournal.unesa.ac.id
2013 Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis melalui Model Pembelajaran Inkuiri pada Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 1 (2), 1-11
core.ac.uk
2013 Peningkatkan Penguasaan Konsep Dengan Model Pembelajaran Konsep Dalam Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 1 (2), 1-11
ejournal.unesa.ac.id
2013 Pendidikan karakter melalui pengembangan budaya sekolah di sekolah Islam terpadu Salman Al Farisi Yogyakarta Jurnal Pendidikan Karakter 4 (1), 2013
journal.uny.ac.id
2013 Penerapan model pembelajaran SAVI untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah di Sekolah Dasar Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 1 (2), 1-10, 2013
jurnalmahasiswa.unesa.ac.id
2013 Penggunaan film dokumenter untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ips kelas V sekolah dasar Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 1 (2), 1-11
ejournal.unesa.ac.id
2013 PENGARUH PENERAPAN METODE ROLE PLAYING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS Universitas Pendidikan Indonesia, 2013
repository.upi.edu
2013 Identifikasi Penggunaan Bahan Ajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Materi Akuntansi Kelas XI IPS Di SMA Negeri 1 Taman Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) 1 (3), 2013
jurnalmahasiswa.unesa.ac.id
2013 Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Melalui Penerapan Model Kooperatif Tipe STAD di Kelas IV SDN Kertajaya IV Surabaya Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 1 (2), 1-6
ejournal.unesa.ac.id
2013 Nanda Dini Novayanti Education 2017, 2013
media.neliti.com
2013 PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DALAM PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VB SD AL–ICHSAN SURABAYA Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 1 (1)
2013 PENERAPAN MODEL TOTAL QUALITY MANAJEMEN IN EDUCATION (TQME) UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS LULUSAN MAHASISWA PGSD pedagogik-pendas 313
jurnal.upi.edu
2012 Optimalisasi Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Melalui Sentra Main Peran Taman Kanak-Kanak Padang Jurnal Ilmiah Pesona PAUD 1 (2), 2012
ejournal.unp.ac.id
2012 PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PBI (PROBLEM BASED INSTRUCTION) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SEKOLAH DASAR Paedagogia 15 (2)
jurnal.fkip.uns.ac.id
2012 Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Melalui Model Pembelajaran Inkuiri pada Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar Unesa. Press
2011 Pengaruh pengintegrasian nilai pada pembelajaran kimia dengan pendekatan pembelajaran kooperatif teknik teams-games-tournament (TGT) terhadap sikap siswa (eksperimen di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 2011, 2011
repository.uinjkt.ac.id
2010 Integrasi Pendidikan Nilai dalam Membangun Karakter Siswa di Sekolah Dasar Diakses dari http:-//edukasi. kompasiana. com. Tanggal 15
scholar.google.com
2010 Penggunaan Media Pembelajaran Big Book Terhadap Kemampuan Literasi Informasi Siswa Kelas V SDN I Cerme Kidul Gresik
media.neliti.com
2010 Orientasi Penyelenggaraan Pendidikan Dasar Berbasis Pendidikan Karakter Dalam Kompasiana. com
2009 Analisis Bahan Ajar IPS di Sekolah Dasar Pendidikan Sekolah Dasar 5 (6)

Riwayat Penelitian

Tahun Judul Penelitian Skema
2023 IDENTIFIKASI KAJIAN ETNOPEDAGOGI PADA KONTEKS KEARIFAN LOKAL PROSESI PENGANTEN JAWA UNTUK MENUNJANG PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR 2023 PENELITIAN DASAR FIP ( 2023 PENELITIAN FAKULTAS (FIP) )
2023 DEKONSTRUKSI BUKU MATEMATIKA CAMBRIDGE: ETHICAL DILEMMA GURU SDIT DI KELAS INTERNASIONAL 2023 PENELITIAN DASAR FIP ( 2023 PENELITIAN FAKULTAS (FIP) )
2023 AGEN LINGKUNGAN DAN KOSMOPOLITAN: STUDI PENDIDIKAN LINGKUNGAN KRITIS DI SEKOLAH ADIWIYATA PENELITIAN KOMPETITIF (LPPM) ( PENELITIAN DASAR STUDI DALAM NEGERI (LPPM) )
2022 PENGEMBANGAN ECOMEDIA BERORIENTASI NEW ECOLOGICAL PARADIGM (NEP) BAGI MAHASISWA PGSD UNESA PENELITIAN KOMPETITIF FIP ( PENELITIAN TERAPAN (FIP) )
2022 DELIBERASI KEWARGANEGARAAN LINGKUNGAN DI SEKOLAH PENYELENGGARA PROGRAM ADIWIYATA PENELITIAN KOMPETITIF LPPM ( PENELITIAN DASAR STUDI DALAM NEGERI (LPPM) )
2021 STUDI FENOMENOLOGI PENGALAMAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN KETRAMPILAN SOSIAL SISWA SD SELAMA PANDEMI COVID-19 KOMPETITIF FIP 2021 ( PENELITIAN KEBIJAKAN FAKULTAS FIP 2021 )
2021 TINDAKAN KOMUNIKATIF DAN LEGITIMASI PENDIDIKAN EKOLOGIS: STUDI ATAS SEKOLAH ADIWIYATA DI SURABAYA KOMPETITIF (23 JUNI 2021 - 30 NOP 2021) ( PENELITIAN DISERTASI DOKTOR (GEL 1) )
2020 PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PROGRAM GO GREEN CAMPUS DALAM PENDIDIKAN UNTUK PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN DI JURUSAN PGSD FIP UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA KOMPETITIF FIP 2021 ( PENELITIAN KEBIJAKAN FAKULTAS FIP 2021 )
2020 PENGEMBANGAN MODEL HOMESCHOOLING MANDIRI JENJANG SEKOLAH DASAR SEBAGAI DAMPAK COVID 19 PENUGASAN (23 JUNI 2021 - 30 NOP 2021) ( PENELITIAN KEBIJAKAN STRATEGIS UNIVERSITAS (GELOMBANG 2) )
2019 PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS E- BOOK PADA MATAKULIAH KONSEP DASAR IPS LANJUT UNTUK MAHASISWA S1 PGSD FIP UNESA KOMPETITIF FAKULTAS ( PENELITIAN FIP )
2018 PENGEMBANGAN MODEL BUKU TEKS LITERASI LINTAS BIDANG STUDI BERBASIS ETNOPEDAGOGIS PADA MAHASISWA PGSD DI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA Penelitian Kompetitif Nasional ( PSN Institusi )
2017 PENGEMBANGAN MODEL BUKU TEKS LITERASI LINTAS BIDANG STUDI BERBASIS ETNOPEDAGOGIS PADA MAHASISWA PGSD DI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA Penelitian Kompetitif Nasional ( PPT/Produk Terapan )
2013 Pengembangan Model Kurikulum Pendidikan dan Pelatihan untuk Meningkatkan Kompetensi Guru SD Penelitian Kompetitif Nasional ( PPT/Produk Terapan )

Riwayat PKM

Tahun Judul PKM Kegiatan
2023 PELATIHAN MERANCANG PEMBELAJARAN DENGAN MENGINTEGRASI LITERASI DAN NUMERASI UNTUK GURU SD/MI 2023 PKM FIP ( 2023 PKM FAKULTAS (FIP) )
2022 PELATIHAN PENYUSUNAN SOAL-SOAL LITERASI DAN NUMERASI UNTUK MENUNJANG KEPROFESIONALAN GURU SD PKM PENUGASAN PASCA 2022 ( PKM PENUGASAN PASCA 2022 )
2022 PELATIHAN PEMBUATAN LKPD INTERAKTIF DENGAN LIVEWORKSHEETS BAGI GURU SEKOLAH DASAR KEBIJAKAN FAKULTAS (FIP) ( KEBIJAKAN FAKULTAS (FIP) )
2021 PELATIHAN "MENJADI GURU" UNTUK ORANG TUA DALAM PROGRAM BELAJAR DARI RUMAH KEBIJAKAN FAKULTAS (PKM) ( PKM KEBIJAKAN )
2021 PELATIHAN TOEIC UNTUK MENINGKATKAN KETRAMPILAN BERBAHASA INGGRIS SMP HATI BILINGUAL BOARDING SCHOOL KEBIJAKAN FAKULTAS (PKM) ( PKM KEBIJAKAN )
2021 PELATIHAN KEBIJAKAN FAKULTAS (PKM) ( PKM KEBIJAKAN )
2020 PENDAMPINGAN AKTIVITAS PERCOBAAN SEDERHANA BERBASIS PENDEKATAN HEUTAGOGY BAGI ORANGTUA DAN SISWA SEKOLAH DASAR SELAMA PANDEMI COVID-19 KEBIJAKAN FAKULTAS (PKM) ( PKM KEBIJAKAN FIP )
2019 PELATIHAN PENGGUNAAN DIGITAL STORY TELLING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PIDATO BERBAHASA INGGIR SISWA SMP HATI BILINGUAL BOARDING SCHOOL PKM FIP 2019 ( PKM FIP 2019 )
2019 PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN SENI BUDAYA DAN PRAKARYA DALAM KURIKULUM 2013 BAGI GURU SEKOLAH DASAR KECAMATAN TUMPANG KAB MALANG PKM FIP 2019 ( PKM FIP 2019 )

Riwayat Hak Kekayaan Intelektual

Tahun Judul Lembaga Nomor
2022 PANDUAN PENGEMBANGAN SOAL LITERASI DAN NUMERASI DI SEKOLAH DASAR LPPM-Universitas Negeri Surabaya (UNESA) EC00202269369
2022 Strategi Mendampingi Anak Belajar di Rumah LPPM-Universitas Negeri Surabaya (UNESA) EC00202277938

Riwayat Penulisan Buku

Tahun Judul Penerbit ISBN
2018 Etnopedagogis: kajian lintas bidang studi di sekolah dasar Zifatama Jawara 9786025815263
2016 Pendidikan IPS: Berorientasi Praktik yang Baik University Press Universitas negeri Surabaya 9789790287730
2015 Konsep Dasar Ilmu-Ilmu Sosial ZIFATAMA 9786021662915

Riwayat Mengajar

Kode Mata Kuliah Program Studi
8620603187 Dasar-dasar perencanaan pembelajaran di SD
S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
8612204646 Etnopedagogi Berkelanjutan di Pendidikan Dasar
S2 Pendidikan Dasar
8612203625 Filosofi Ilmu Pendidikan Dasar
S2 Pendidikan Dasar
8620602020 Filsafat Pendidikan
S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
8620602293 Inovasi Media Pembelajaran di SD
S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
8620603263 Inovasi Pembelajaran IPS SD
S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
8620603042 Konsep Dasar Ips
S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
8620603045 Konsep Dasar Ips Lanjut
S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
8620603195 Konsep Dasar IPS SD
S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
8620603211 Metodologi Penelitian
S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
8612203618 Metodologi Penelitian Pendidikan Dasar
S2 Pendidikan Dasar
8612204647 Multiliterasi Global Pendidikan Dasar
S2 Pendidikan Dasar
8620603260 Pendidikan STEAM di SD
S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
8620602201 Pengembangan Bahan Ajar
S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
8620603206 Pengembangan Dimensi IPS SD
S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
8620603132 Pengembangan pembelajaran IPS SD
S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
1000003053 PLP-Pengembangan Bahan Ajar
S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
8612202642 Seminar Proposal Tesis
S2 Pendidikan Dasar