GANES GUNANSYAH

GANES GUNANSYAH

NIDN : 0029018005 | NIP : 198001292009121001

Latest number of publications
sumber: https://sinta.kemdikbud.go.id

Riwayat Publikasi

Tahun Artikel Publisher
2023 AKTIVITAS PERCOBAAN MENANAM HIDROPONIK BERBASIS PENDEKATAN HEUTAGOGY BAGI SISWA SEKOLAH DASAR Transformasi dan Inovasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat 3 (1), 1-6, 2023
journal.unesa.ac.id
2023 Critical Environmental Education: The Urgency of Critical Consciousnesses, Intersubjective Communication, and Deliberative Democracy of Environmental Citizenship. Journal for Critical Education Policy Studies (JCEPS) 20 (3), 2023
www.jceps.com
2022 College Student Perception of the Sustainable Environment: Learning Opportunities after Covid-19 Jurnal Pendidikan Progresif 12 (2), 840-852, 2022
jurnal.fkip.unila.ac.id
2022 Responses to the Socio-Ecological Crisis: Perceptions of In-Service Teacher Journal of Education Research and Evaluation 6 (4), 2022
ejournal.undiksha.ac.id
2022 Studi Fenomenologi Pengalaman Guru dalam Mengembangkan Ketrampilan Sosial Siswa Sekolah Dasar saat Pandemi Covid-19 Jurnal Bidang Pendidikan Dasar 6 (1), 35-46, 2022
ejournal.unikama.ac.id
2021 Studi Analisis: Implementasi Program Adiwiyata Di Sekolah Dasar JPGSD 9 (09), 3384-3398, 2021
ejournal.unesa.ac.id
2021 Sustainable Development Education Practices in Elementary Schools. Journal of Education and Learning (EduLearn) 15 (2), 178-187, 2021
files.eric.ed.gov
2020 Development of Independent Homeschooling Model Primary School Division as the Impact of Covid 19 International Joint Conference on Arts and Humanities (IJCAH 2020), 1238-1242, 2020
www.atlantis-press.com
2020 Pengembangan E-Book untuk Matakuliah Konsep Dasar IPS Lanjut Bagi Mahasiswa PGSD UNESA DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik 4 (1), 83-93, 2020
jurnal.uns.ac.id
2020 Teacher’s Perceptions of Ecoliteracy Practice to Sustainable Communities in Primary Schools International Joint Conference on Arts and Humanities (IJCAH 2020), 429-435, 2020
www.atlantis-press.com
2019 Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Kreatif Dari Barang Bekas Bagi Guru-Guru SD Di Kecamatan Wonosalam Jombang Jawa Timur PEDAGOGIKA: Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan 7 (1), 62-71, 2019
ojs3.unpatti.ac.id
2018 An Integrative Thematic Textbook for Higher Education Based on Ethnopedagogy 2nd International Conference on Education Innovation (ICEI 2018), 456-461, 2018
www.atlantis-press.com
2018 MODEL BUKU TEKS BERBASIS ETNOPEDAGOGI DI PENDIDIKAN DASAR Prosiding Semnas PPM 2018 1 (1), 372-385, 2018
www.academia.edu
2018 Pelatihan Keterampilan Informasi Melalui Pembuatan Media Literasi Jurnal Publikasi Pendidikan 8 (1), 13-18, 2018
download.garuda.kemdikbud.go.id
2018 PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI SOSIAL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DI SEKOLAH DASAR ICPECE 2017, 2018
scholar.google.com
2018 Special Service Class, An Elementary School Program for Street Children International Journal of Educational Science and Research 8 (3), 147-156, 2018
www.academia.edu
2018 The use of primary documents on literature history in primary scholl 1st International Conference on Education Innovation (ICEI 2017), 121-123, 2018
www.atlantis-press.com
2017 Implementasi Pendidikan Karakter di SDN 1 Cerme Kidul-Derme-Gresik Jurnal JPGSD 5 (03), 1652-1662, 2017
media.neliti.com
2017 Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI. IPS. 1 SMAN 2 Mejayan pada Materi Fenomena Biosfer dan Persebaran Hewan Tumbuhan melalui Desain Pembelajaran Cooperative Learning Jurnal Konseling dan Pendidikan 5 (1), 25-35, 2017
jurnal.konselingindonesia.com
2017 Penerapan Metode Pembelajaran Scramble Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Kelas V Sdn Ketapangkuning Jombang Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar (JPGSD) 5, 2017
media.neliti.com
2017 Penerapan Pembelajaran Yang Berbasis Pendekatan Scientific bagi Guru Civic-Culture: Jurnal Ilmu Pendidikan PKN dan Sosial Budaya 1 (1), 2017
publikasi.stkippgri-bkl.ac.id
2017 Penerapan Strategi Pembelajaran Everyone Is A Teacher Here Untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah Sosial Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V SDN Jatilangkung Mojokerto Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 5 (3), 254507, 2017
media.neliti.com
2017 Pengaruh Model Project Based Learning terhadap Hasil Beljar Siswa Kelas IV Sdn Punggul 1 Gedangan Sidoarjo Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 5 (3), 1723-1731, 2017
media.neliti.com
2017 Pengembangan Ensiklopedia Sumber Daya Alam Indonesia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Sumber Daya Alam Siswa Kelas IV SDN Jajartunggal III Kecamatan Wiyung Kota Surabaya Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 5 (3), 254589, 2017
media.neliti.com
2017 Penggunaan media pop up untuk meningkatkan hasil belajar tema ekosistem kelas V SDN Balong Sari I Surabaya JPGSD 5 (1), 883-892, 2017
media.neliti.com
2017 PENINGKATAN KUALITAS PENGELOLAAN KELASMELALUI MANAJEMEN DISPLAY KREATIF BAGIKELOMPOK KERJA GURU SD KECAMATAN PAKAL KOTA SURABAYA ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED 7 (1), 1-8, 2017
jurnal.unimed.ac.id
2017 Praktik Belajar yang Baik Melalui Manajemen Kurikulum Sekolah Alam Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMS, 2017
publikasiilmiah.ums.ac.id
2017 Program Evaluation Basic Education of Special Service Class at Surabaya Primary School 9th International Conference for Science Educators and Teachers (ICSET 2017 …, 2017
www.atlantis-press.com
2016 GOOGLE MAPS APPLICATION IN SOCIAL STUDIES LEARNING Jurnal TEKPEN 1 (4), 2016
journal.unesa.ac.id
2016 Keefektifan model pembelajaran value clarification technique dalam mengembangkan sikap siswa Satya Widya 32 (2), 103-116, 2016
ejournal.uksw.edu
2016 MODIFIED COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION TO PROMOTE STUDENTS’READING COMPREHENSION ACHIEVEMENT AT STKIP MUHAMMADIYAH KOTABUMI LAMPUNG UNIVERSITY, 2016
scholar.google.com
2016 Penerapan Model Inkuiri Berbasis Edutainment Dalam Pembelajaran Ips Di Sd Untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa Jurnal PGSD Kampus Cibiru 4 (3), 2016
scholar.google.com
2016 Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 4 (2), 254230, 2016
media.neliti.com
2016 Pengembangan Karakter Rasa Tanggungjawab Menggunakan Model Pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) pada Mahasiswa Tingkat I Program Studi PGSD FKIP Universitas … Efektor 3 (2), 1-15, 2016
ojs.unpkediri.ac.id
2016 Peningkatan Pemahaman Kenampakan Alam Dan Buatan Melalui Metode Karyawisata JPIG (Jurnal Pendidikan dan Ilmu Geografi) 1 (1), 2016
ejournal.unikama.ac.id
2015 BAHAN AJAR IPS SD MELALUI SASTRA ANAK BERBASIS KEUNGGULAN BUDAYA LOKAL Jurnal Ilmiah PGSD 7 (1), 43-52, 2015
journal.unj.ac.id
2015 Erik’s Oppression in Gaston Leroux’s The Phantom of the Opera LITERA KULTURA: Journal of Literary and Cultural Studies 3 (2), 2015
ejournal.unesa.ac.id
2015 Identifikasi Penggunaan Bahan Ajar Pada Smk Kesehatan Bakti Indonesia Medika Jurnal Pendidikan Sains Universitas Muhammadiyah Semarang 3 (2), 64-76, 2015
jurnal.unimus.ac.id
2015 Kompetensi Pedagogik Guru Pada Anak Berkebutuhan Khusus di SDN Inklusi Klampis Ngasem 1 Surabaya Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 3 (2), 195-207, 2015
media.neliti.com
2015 Pendidikan IPS: Berorientasi Praktik yang Baik Unesa University Press 1, 126, 2015
scholar.google.com
2015 Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Circ (Cooperative Integrated Reading And Composition) Terhadap Kemampuan Penguasaan Konsep Siswa Sekolah Dasar Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 3 (2), 253678, 2015
media.neliti.com
2015 Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Sosial terhadap Keterampilan Pemecahan Masalah Sosial Siswa di Sekolah Dasar Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 3 (2), 253676, 2015
media.neliti.com
2015 Pengaruh penggunaan media big book terhadap kemampuan literasi informasi siswa sekolah dasar Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 3 (2), 253665, 2015
core.ac.uk
2015 Penggunaan Media Power Point Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ips Siswa Di Kelas Vi Sdn Kaliasin Vii Surabaya Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 3 (2), 253657, 2015
media.neliti.com
2014 PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA MATA PELAJARAN CNC KELAS XII TEKNIK PEMESINAN SMKN 2 PENGASIH Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin 2 (4), 283-288, 2014
journal.student.uny.ac.id
2014 Penerapan model pembelajaran kooperatif script untuk meningkatkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di sekolah dasar Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2 (2), 1-15, 2014
ejournal.unesa.ac.id
2014 Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Pada Mata Pelajaran IPS Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV A SDN Simomulyo 8 Surabaya Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2 (1), 1-19, 2014
core.ac.uk
2014 Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Dalam Pembelajaran IPS Untuk Meningkatkan Keterampilan Partisipasi Sosial Siswa Kelas V Sdn Putat Gede II … Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2 (2), 1-11, 2014
ejournal.unesa.ac.id
2014 Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis melalui Model Pembelajaran Discorvey Siswa pada Pembelajara IPS di Sekolah Dasar JPGSD 2 (3), 2014
scholar.google.com
2013 Nanda Dini Novayanti Education 2017, 2013
media.neliti.com
2013 Pendidikan karakter melalui pengembangan budaya sekolah di sekolah Islam terpadu Salman Al Farisi Yogyakarta Jurnal Pendidikan Karakter 4 (1), 2013
journal.uny.ac.id
2013 PENGARUH PENERAPAN METODE ROLE PLAYING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS Universitas Pendidikan Indonesia, 2013
repository.upi.edu
2012 Optimalisasi Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Melalui Sentra Main Peran Taman Kanak-Kanak Padang Jurnal Ilmiah Pesona PAUD 1 (2), 2012
ejournal.unp.ac.id
2012 PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PBI (PROBLEM BASED INSTRUCTION) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SEKOLAH DASAR Paedagogia 15 (2), 2012
jurnal.fkip.uns.ac.id
2011 Pengaruh pengintegrasian nilai pada pembelajaran kimia dengan pendekatan pembelajaran kooperatif teknik teams-games-tournament (TGT) terhadap sikap siswa (eksperimen di … UIN Syarif Hidayatullah Jakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 2011, 2011
repository.uinjkt.ac.id
2010 Integrasi Pendidikan Nilai dalam Membangun Karakter Siswa di Sekolah Dasar Diakses dari http:-//edukasi. kompasiana. com. Tanggal 15, 2010
scholar.google.com
2010 Penggunaan Media Pembelajaran Big Book Terhadap Kemampuan Literasi Informasi Siswa Kelas V SDN I Cerme Kidul Gresik
media.neliti.com

Riwayat Penelitian

Tahun Judul Penelitian Skema
2022 DELIBERASI KEWARGANEGARAAN LINGKUNGAN DI SEKOLAH PENYELENGGARA PROGRAM ADIWIYATA PENELITIAN KOMPETITIF LPPM ( PENELITIAN DASAR STUDI DALAM NEGERI (LPPM) )
2022 PENGEMBANGAN ECOMEDIA BERORIENTASI NEW ECOLOGICAL PARADIGM (NEP) BAGI MAHASISWA PGSD UNESA PENELITIAN KOMPETITIF FIP ( PENELITIAN TERAPAN (FIP) )
2021 STUDI FENOMENOLOGI PENGALAMAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN KETRAMPILAN SOSIAL SISWA SD SELAMA PANDEMI COVID-19 KOMPETITIF FIP 2021 ( PENELITIAN KEBIJAKAN FAKULTAS FIP 2021 )
2021 TINDAKAN KOMUNIKATIF DAN LEGITIMASI PENDIDIKAN EKOLOGIS: STUDI ATAS SEKOLAH ADIWIYATA DI SURABAYA KOMPETITIF (23 JUNI 2021 - 30 NOP 2021) ( PENELITIAN DISERTASI DOKTOR (GEL 1) )
2020 PENGEMBANGAN MODEL HOMESCHOOLING MANDIRI JENJANG SEKOLAH DASAR SEBAGAI DAMPAK COVID 19 PENUGASAN (23 JUNI 2021 - 30 NOP 2021) ( PENELITIAN KEBIJAKAN STRATEGIS UNIVERSITAS (GELOMBANG 2) )
2020 PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PROGRAM GO GREEN CAMPUS DALAM PENDIDIKAN UNTUK PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN DI JURUSAN PGSD FIP UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA KOMPETITIF FIP 2021 ( PENELITIAN KEBIJAKAN FAKULTAS FIP 2021 )
2019 PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS E- BOOK PADA MATAKULIAH KONSEP DASAR IPS LANJUT UNTUK MAHASISWA S1 PGSD FIP UNESA KOMPETITIF FAKULTAS ( PENELITIAN FIP )
2018 PENGEMBANGAN MODEL BUKU TEKS LITERASI LINTAS BIDANG STUDI BERBASIS ETNOPEDAGOGIS PADA MAHASISWA PGSD DI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA Penelitian Kompetitif Nasional ( PSN Institusi )
2017 PENGEMBANGAN MODEL BUKU TEKS LITERASI LINTAS BIDANG STUDI BERBASIS ETNOPEDAGOGIS PADA MAHASISWA PGSD DI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA Penelitian Kompetitif Nasional ( PPT/Produk Terapan )
2013 Pengembangan Model Kurikulum Pendidikan dan Pelatihan untuk Meningkatkan Kompetensi Guru SD Penelitian Kompetitif Nasional ( PPT/Produk Terapan )

Riwayat PKM

Tahun Judul PKM Kegiatan
2022 PELATIHAN PEMBUATAN LKPD INTERAKTIF DENGAN LIVEWORKSHEETS BAGI GURU SEKOLAH DASAR KEBIJAKAN FAKULTAS (FIP) ( KEBIJAKAN FAKULTAS (FIP) )
2022 PELATIHAN PENYUSUNAN SOAL-SOAL LITERASI DAN NUMERASI UNTUK MENUNJANG KEPROFESIONALAN GURU SD PKM PENUGASAN PASCA 2022 ( PKM PENUGASAN PASCA 2022 )
2021 PELATIHAN Kebijakan Fakultas (PKM) ( PKM KEBIJAKAN )
2021 PELATIHAN "MENJADI GURU" UNTUK ORANG TUA DALAM PROGRAM BELAJAR DARI RUMAH KEBIJAKAN FAKULTAS (PKM) ( PKM KEBIJAKAN )
2021 PELATIHAN TOEIC UNTUK MENINGKATKAN KETRAMPILAN BERBAHASA INGGRIS SMP HATI BILINGUAL BOARDING SCHOOL KEBIJAKAN FAKULTAS (PKM) ( PKM KEBIJAKAN )
2020 PENDAMPINGAN AKTIVITAS PERCOBAAN SEDERHANA BERBASIS PENDEKATAN HEUTAGOGY BAGI ORANGTUA DAN SISWA SEKOLAH DASAR SELAMA PANDEMI COVID-19 KEBIJAKAN FAKULTAS (PKM) ( PKM KEBIJAKAN FIP )
2019 PELATIHAN PENGGUNAAN DIGITAL STORY TELLING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PIDATO BERBAHASA INGGIR SISWA SMP HATI BILINGUAL BOARDING SCHOOL PKM FIP 2019 ( PKM FIP 2019 )
2019 PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN SENI BUDAYA DAN PRAKARYA DALAM KURIKULUM 2013 BAGI GURU SEKOLAH DASAR KECAMATAN TUMPANG KAB MALANG PKM FIP 2019 ( PKM FIP 2019 )

Riwayat Hak Kekayaan Intelektual

Tahun Judul Lembaga Nomor
2022 PANDUAN PENGEMBANGAN SOAL LITERASI DAN NUMERASI DI SEKOLAH DASAR LPPM-Universitas Negeri Surabaya (UNESA) EC00202269369
2022 Strategi Mendampingi Anak Belajar di Rumah LPPM-Universitas Negeri Surabaya (UNESA) EC00202277938

Riwayat Penulisan Buku

Tahun Judul Penerbit ISBN
2018 Etnopedagogis: kajian lintas bidang studi di sekolah dasar Zifatama Jawara 9786025815263
2016 Pendidikan IPS: Berorientasi Praktik yang Baik University Press Universitas negeri Surabaya 9789790287730
2015 Konsep Dasar Ilmu-Ilmu Sosial ZIFATAMA 9786021662915

Riwayat Mengajar

Kode Mata Kuliah Program Studi
8620603187 Dasar-dasar perencanaan pembelajaran di SD
S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
8620602020 Filsafat Pendidikan
S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
8620603263 Inovasi Pembelajaran IPS SD
S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
8620603195 Konsep Dasar IPS SD
S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
8620603211 Metodologi Penelitian
S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
8620602066 Microteaching
S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
8620602201 Pengembangan Bahan Ajar
S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
8620603206 Pengembangan Dimensi IPS SD
S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
8620606164 Skripsi
S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar