Publikasi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
| | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
Year | Title | Description | Publisher | Author(s) |
---|---|---|---|---|
2018 | Development of Adiwiyata curriculum model based on local wisdom | This research aimed to develop a curriculum model of Adiwiyata based on local wisdom in elementary school, Palu City, Indonesia. The research method used the ADDIE development model, which includes five stages: Analysis-Design-Development-Implementation-Evaluation. Data collection techniques used were interviews, observation and documentation. Data analysis used a mixed method. This research resulted in production of a manual containing curriculum, syllabus, lesson plan and Adiwiyata assessment indicator that contains environmental education and local wisdom. This model of Adiwiyata curriculum can be disseminated to schools considering local wisdom education. |
AIP Conference Proceedings 2019 (1), 030012, 2018 Q4 www.scopus.com |
|
2022 | Using Books in Early Childhood to Prevent the Assumption of Traditional Gender Roles | Recently, the question of gender has become a popular topic of discussion. Gender issues are also found in early childhood education, where male students are considered to be more active, and to dominate the class, and female students are considered to be more passive and to tend to be shy. Teachers and administrators are mostly female, and non-text materials–children's activity books–that are used in early childhood education contain material that reflects gender bias. As a result, this study aimed to produce a textbook that reflects gender equality. The study aimed to 1) develop and design early childhood education textbooks that promote the notion of gender equality, and 2) examine the suitability of early childhood education book designs that promote gender equality. The ADDIE model was used in this study, and the output was a children's activity book comprising eight themes that emphasize gender … |
International Journal of Learning, Teaching and Educational Research 21 (4), 2022 Q3 www.scopus.com |
|
2021 | Professional Commitment: Its Effect on Kindergarten Teachers' Organizational Citizenship Behavior. | Organizational Citizenship Behavior (OCB) is one of the keys to the success of an organization. This current research aims to evaluate the effect of Professional Commitment on Kindergarten teachers' OCB. This quantitative research applies a cross-sectional survey design with an explanatory research type, with 145 Kindergarten teachers as the research subjects. The results show that Professional Commitment significantly affects OCB by 70.6%. In addition, teachers with higher Professional Commitment possess higher OCB in carrying out their professional duties. The results also show that the dimensions of Affective Professional commitment, Normative Professional commitment, and Continuance Professional commitment significantly affect the OCB of Kindergarten teachers. |
Cypriot Journal of Educational Sciences 16 (4), 2037-2048, 2021 Q3 www.scopus.com |
|
2023 | Pengaruh Penggunaan Gadget terhadap Kemampuan Bahasa Anak Usia 4-5 Tahun | Penelitian ini dilatar belakangi dari permasalahan rendahnya kemampuan bahasa khususnya kemampuan keaksaraan awal pada anak di TK Setia Karya dan TK Ikhlas di Kecamatan Asemrowo Surabaya. Hal tersebut terlihat saat hasil observasi awal terhadap anak, anak masih belum mampu menunjukkan simbol huruf vokal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan gadget terhadap kemampuan bahasa anak usia 4-5 tahun. Menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis Quasi experiment dan desain Nonequivalent Control Group. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah 40 anak usia 4-5 tahun di TK Setia Karya dan TK Ikhlas di Kecamatan Asemrowo Surabaya. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode sampel jenuh, sehingga seluruh populasi digunakan sebagai sampel dengan masing-masing 20 anak pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data dari penelitian ini adalah dengan observasi dan pretest-posttest. Menggunakan teknik analisis data uji hipotesis t dengan menggunakan SPSS 23.0. Hasil penelitian yang didapatkan adalah terdapat pengaruh dari penggunaan gadget terhadap kemampuan bahasa anak khususnya kemampuan keaksaraan awal dengan pengenalan huruf vokal (a, i, u, e, o), terlihat dari adanya perbedaan nilai rata-rata pretest-posttest yang mengalami kenaikan setelah diberikan treatment penggunaan gadget sebagai media pembelajaran. |
Jambura Early Childhood Education Journal 5 (1), 172-182, 2023 | |
2023 | PAUD Holistik Integratif Berdimensi Profil Pelajar Pancasila | Pendidikan yang diberikan kepada anak usia dini perlu ditanamkan tentang nilai-nilai Pancasila mengingat kondisi saat ini banyak sekali terjadi perilaku amoral yang ditunjukkan oleh orang dewasa bahkan anak. Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku panduan PAUD Holistik Integratif (PAUD HI) berdimensi profil pelajar Pancasila menggunakan riset pengembangan. Pengembangan dalam penelitian ini menggunakan ADDIE meliputi Analysis-Design-Develop-Implement-Evaluate. Pengumpulan data menggunakan angket yang meliputi instrumen lembar validitas dan lembar kepraktisan. Analisis data menggunakan deskripsi kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian dapat dipaparkan bahwa buku panduan PAUD HI dinyatakan layak dari validator dan buku panduan PAUD HI dinyatakan praktis karena dapat digunakan oleh guru dalam menunjang proses pembelajaran di kelas dan … |
Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 7 (1), 563-574, 2023 | |
2023 | Pengembangan Media Lift The Flap Book untuk Meningkatkan Kemampuan Konsep Penjumlahan 1-5 pada Anak Usia Dini | Konsep penjumlahan merupakan bagian dari aritmetika dasar dan merupakan pembelajaran yang harus dipelajari oleh semua orang karena berkaitan dengan pemecahan permasalahan dalam kehidupan seharihari. Penelitian R&D ini bertujuan untuk mengembangkan media lift the flap book sebagai media untuk meningkatkan kemampuan operasi hitung penjumlahan 1-5 pada anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini menggunakan model 4-D:(Define, Design, Development, Disseminate). Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan lembar angket dan observasi. Uji coba penggunaan media buku lift flap dilakukan pada anak usa 5-6 tahun dengan mengunakan metode One Group Pretest-Posttest Design yang didalamnya terdapat tahap Pretest-Treatment–Posttetst dan hanya dilakukan pada satu kelompok. Media lift the flap book layak digunakan sebagai media pembelajaran yang dibuktikan dengan hasil validasi ahli materi dan media dengan perolehan presentase keseluruhan 89% dan dikategorikan sangat layak. Kepraktisan media lift the flap book mendapatkan presentase sebesar 95% dan berada pada kategori sangat praktis digunakan sebagai media pembelajaran. Adapun keefektifan media buku ini diperoleh melalui ujicoba kepada anak usia 5-6 tahun dengan analisis data mengunakan uji Wilcoxon. Hasil uji Wilcoxon menunjukkan perolehan signifikasi adalah 0,000. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan media lift the flap book terhadap peningkatan kemampuan konsep penjumlahan 1-5 pada anak usia 5-6 tahun. Pengembangan media lift the flap book untuk anak usia dini … |
SELING: Jurnal Program Studi PGRA 9 (1), 66-78, 2023 | |
2023 | PELATIHAN READ ALOUD DENGAN MENGGUNAKAN BIG BOOK KALENDER MEJA UNTUK GURU TK DI WILAYAH WARU | Kegiatan bercerita di lingkup pendidikan anak usia dini kerap dijadikan sebagai metode pembelajaran bagi guru untuk menyampaikan suatu materi tertentu. Bercerita dapat menjadi sebuah upaya untuk mengembangkan kemampuan literasi pada anak, didukung dengan karakteristik anak usia dini yang lebih sensitive dengan imajinasi dari pada materi yang membuat mereka fokus. Terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan ketika bercerita mulai dari lingkungan belajar, situasi hati anak, kondisi lingkungan untuk belkajar dan salah satunya yaitu pemilihan media pembelajaran yang digunakan. Namun, masih sering ditemukan Guru di wilayah Waru, kabupaten Sidoarjo yang belum memperhatikan pemilihan media yang tepat untuk bercerita secara klasikal. Maka TIM PKM memberi solusi berupa pelatihan read aloud yang dilaksanakan dengan media BIG BOOK Kalender Meja. Tujuan pengabdian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan guru TK dalam melakukan kegiatan bercerita khususnya read aloud, juga untuk memudahkan para guru dalam pembelajaran literasi anak usia dini. Sasaran dari kegiatan pelatihan read aloud ini adalah guru TK gugus 5 Waru yang berjumlahkan 6 lembaga dibawah naungan IGTKI Kecamatan Waru, Sidoarjo. Program PKM ini memiliki tiga tahap yaitu persiapan, pelaksanaan, dan akhir. Laporan program pengabdian kepada masyarakat ini nantinya dilengkapi dengan sertifikat bagi peserta pelatihan, angket peserta, bukti dokumentasi pelaksanaan program pelatihan yang terunggah di Youtube, artikel media massa online serta artikel jurnal. |
Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat 4 (2), 62-70, 2023 | |
2023 | Pengembangan Buku Cerita Big Book Kalender Meja dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Anak Usia Dini | Permasalahan yang muncul adalah rendahnya kemampuan anak dalam mengenal literasi. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menghasilkan sebuah produk baru dengan mengembangkan produk yang sudah ada sebelumnya menjadi bentuk kalender meja dan dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan literasi anak usia dini yang menyenangkan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan melibatkan validator yaitu 2 ahli materi, 1 ahli media, dan menguji kepraktisan penggunaan produk pada 7 guru PAUD. Uji coba produk dilakukan pada 10 anak kelompok A di TK Tunas Bangsa. Teknik analisis data menggunakan uji wilcoxon. Hasil penelitian diperoleh dari validasi kedua ahli materi sebesar 86%, validasi ahli media 92% serta dari 7 responden guru sebesar 92%. Dari uji coba produk memperoleh nilai Asymp (2-tailed) sebesar 0,004< 0, 05 … |
Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 7 (1), 1130-1141, 2023 | |
2023 | Expose Application: A Development of Learning Media For Optimising Young Learners’ English Vocabulary | The need for English language proficiency in this age of globalisation demands a variety of efforts to learn the lingua franca as soon as possible. The use of media is one of the teaching strategies that kindergarten teachers could employ to maximise the interests and desires of the students in English learning. This study aims to describe the development of process design and validation of a proposed learning media called ‘Expose’, which is empirically tested with a limited group.‘Expose’is the media that was developed to meet the needs of vocabulary learning at the level of early childhood education. This type of research is R&D (Research and Development) using the ASSURE model. Validation of the content and media expert shows that ‘expose’is being ‘very good’for stimulation vocabulary for early childhood. Furthermore, empirical tests on a limited group (20 children aged 5-6 years in Lampah, Gresik) The study revealed that using the Expose application media to teach English vocabulary to kids between the ages of 5 and 6 significantly altered learning outcomes. The results of this research underscores how kindergarten teachers must be especially careful in choosing the appropriate vocabulary and learning technology for young children to learn. |
Elsya: Journal of English Language Studies 5 (1), 2023 | |
2023 | PELATIHAN PENGASUHAN ANAK USIA DINI UNTUK CARETAKER DAYCARE DI KECAMATAN LIDAH WETAN | Daycare is a form of Institution in Early Childhood Education. Many daycare, especially in Lidah Wetan Subdistrict, does not yet have competent caregivers for children because the last education of most caregivers is high school, not graduates from the Early Childhood Education Study Program or people who already have certification from a baby sitter institution. This impacts the education and care provided to daycare, which tends to be disoriented, so it is necessary to carry out a training process for daycare care takers to provide knowledge about how to care for early childhood. Training for daycare caretakers is given to daycare caretakers in Lidah Wetan District. The methods implemented are discussion, lecture, simulation, evaluation. Data collection techniques to measure the pretest and posttest using a questionnaire via google form. The data analysis technique used the N-GAIN SCORE. The result of calculating the average difference between the posttest and pretest scores is 0.71, indicating a high category. The results of the calculation of the percentage n-gain score obtained an average value of 71.49, so it can be concluded that childcare training is proven to be effective in improving parenting skills for daycare caretakers in Lidah Wetan District, Surabaya. |
Transformasi dan Inovasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat 3 (1), 23-29, 2023 |