Publikasi S2 Pendidikan Dasar
| | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
Year | Title | Description | Publisher | Author(s) |
---|---|---|---|---|
2021 | Eksplorasi konsep matematika pada batik jetis sidoarjo untuk mentransformasikan konteks pembelajaran matematika di sekolah dasar | Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kultur peneliti dan pengalaman peneliti pada saat belajar matematika selama menjadi siswa. Peneliti sebagai orang Sidoarjo tidak pernah mengalami pembelajaran yang dikaitkan dengan budaya setempat terutama dalam pembelajaran matematika. Keterkaitan budaya dan matematika dikenal dengan istilah etnomatematika. Salah satu budaya yang dimiliki oleh Sidoarjo adalah batik jetis Sidoarjo. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi konsep matematika di sekolah dasar pada batik Jetis Sidoarjo. Penelitian ini berjenis kualitatif transformatif dengan metode autoetnografi melalui writing as inquiry, wawancara semiterstruktur, dan studi literatur. Hasil eksplorasi menunjukkan bahwa pada tahapan pembuatan batik Jetis Sidoarjo terdapat konsep matematika. Pada tahap persiapan produksi terdapat konsep bilangan cacah, operasi bilangan bulat, satuan baku, dan penyajian data. Pada tahap proses produksi terdapat konsep bilangan ordinal, satuan waktu, geometri seperti garis lurus, garis zig-zag, garis sejajar, simetri putar, kurva, segitiga, belah ketupat, lingkaran, persegi panjang, oval, simetri lipat dan pencerminan. Sedangkan pada tahap pasca produksi terdapat konsep satuan panjang, mata uang, dan penyajian data mean, median, modus, grafik, dan tabel. Melalui penelitian ini dapat merubah pandangan dari peneliti dan guru di sekolah dasar yang sebelumnya matematika tidak memiliki hubungan dengan budaya, berubah bahwa matematika dan budaya memiliki kaitan yang erat. |
EduHumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru 13 (1), 76-85, 2021 | |
2020 | PROSIDING KIK XXVII_BABEL_2018. Representasi Nilai Kearifan Lokal Dalam Puisi | Nilai adalah sesuatu yang baik dan berharga dalam hidup dan kehidupan manusia. Kalau demikian, setiap manusia pasti menginginkan nilai. Nilai terepresentasi dalam perbuatan atau dalam karya manusia. Karya manusia beraneka ragam dan salah satu di antaranya adalah karya sastra. Contoh karya sastra adalah novel, cerita pendek, drama, dan puisi. Karya sastra yang dibahas dalam tulisan ini hanya karya sastra yang berupa puisi. Puisi adalah representasi tindakan dan pemikiran dari sang kreator atau sang pemuisi setelah bergumul dengan dunia, baik dunia luar maupun dunia dalam batinnya. Puisi sebagai karya kreatif mengembang berbagai nilai, yakni nilai religius, nilai etis, nilai estetis, dan nilai filosofis. Di antara empat jenis nilai yang disebutkan itu hanya nilai filosofis yang dibahas dalam tulisan ini. Nilai filosofis yang dimaksud tersebut adalah nilai filosofis yang bernuansa: kesadaran diri, keberanian, dan harga diri. Metode yang digunakan untuk mengungkap nilai-nilai yang dimaksud tersebut adalah metode hermeneutika Ricoeur. Sumber data dalam tulisan ini adalah antologi puisi Perahu Badik: Membaca Laut, karya Aspar Paturusi, sedangkan datanya adalah kata, baris, dan bait dari puisi-puisi yang terkait dengan bahasan di atas. |
OSF Preprints, 2020 | |
2020 | The Influence of Genre Pedagogical and Content and Language Integrated Learning on Elementary Students’ Writing Skills | The objectives of this study are (1) to find out and to present the evidence whether the pedagogical model of the genre affects the writing skills of elementary school students,(2) to know and present the evidence whether Content and Language Integrated Learning (CLIL) affects the writing skills of elementary school students,(3) to know and explain evidence whether the genre pedagogical model and Content and Language Integrated Learning (CLIL) jointly influence the writing skills of elementary school students. This research is a Pre-Experimental Design with One Group Pretest-Posttest Design. In this design, there is only one class that will be analyzed and measure the extent of students' writing skills before and after treatment. The results of the study are proven (1) that genre pedagogical model has a positive and significant effect on the writing skills of grade 5 elementary school students,(2) that the Content and Language Integrated Learning (CLIL) has a positive and significant effect on the writing skills of grade 5 elementary school students,(3) that the genre pedagogical model and Content and Language Integrated Learning (CLIL) jointly influence the writing skills of grade 5 elementary school students. |
Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 9 (2), 168-175, 2020 | |
2020 | PENGEMBANGAN MODUL MEMBACA DAN MENULIS UNTUK PERKULIAHAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS AWAL JURUSAN S1 PGSD FIP UNESA | Materi Membaca dan Menulis Permulaan (MMP) dalam mata kuliah Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas Awal S1 PGSD FIP UNESA belum cukupmembekali mahasiswa dengan pengetahuan dan praktik untuk menguatkan dan mengembangkan keterampilan membaca dan menulis kata dan kalimat sederhana yang telah dikuasai siswa. Dilakukan penelitian pengembangan berdasarkan teori pengembangan Borg & Gall sampai langkah revisi akhir produk berdasarkan masukan validator. Pengumpulan data dengan teknik observasi, tes, dan angket terbuka yang selanjutnya dianalisis dengan rumus persentase dan uji t. Terdapat 3 strategi membaca, yaitu serempak, bergema, dan berpasangan. Terdapat 6 strategi menulis, yaitu membuat: kartu abjad, dinding kata, kamus pribadi, jurnal harian, jurnal respon, dan buku mini. Hasil penelitian menunjukkan bahwamodul yang dikembangkan telah layak, efektif, dan direspon positif oleh mahasiswa untuk digunakan sebagai materi MMP. Keberadaanmodul membaca dan menulis ini dapatmembekali mahasiswa dengan pengetahuan dan praktik untuk menguatkan dan mengembangkan keterampilan membaca dan menulis siswa di kelas awal sekolah dasar. |
Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil …, 2020 | |
2020 | Development of Learning Textbook Based ICT For Master’s Student of Primary Education | This research aims to produce learning textbooks based on ITC that are suitable for master students in primary education. This research is a type of research and development, which is a research to develop a product. The subjects of the study were master's student of primary education class 2018/2019. Data collection techniques through the validation of learning textbooks based ICT, observation and tests. The results showed that 1) valid, according to expert validation ratings with valid categories, 2) practical, in accordance with the assessment of the two observers seen from increased student activity at each meeting, 3) effective, visible from the significant difference between the results of the pretest and posttest test master’s student of learning result and positive master’s student responses. Based on the results of data analysis, it can be concluded that the development of ICT-based learning textbooks based ICT … |
International Journal for Educational and Vocational Studies 2 (5), 2020 | |
2020 | Android-Based Mobile Learning Media Development with Multiple Intelligence of Literate Language Skills on the Fifth Grade Elementary School Students | The purpose of this study is to develop media mobile learning based android contain multiple intelligence language literacy skills of five grade elementary students. The design of this study is research and development (R&D) which is 4D Model one group pretest and post-test design. The data collection technique that is used in this study is validity, questionnaire, observation, and test. For the data analysis, the researcher used analysis validity media, observation data result, questionnaire data result, and test data result. The findings showed for the test, the researcher used t-test with the level of significance 5%(2,052), so t_value> t_tabel (18, 61> 2,052). From the result, it can be concluded that there is improving learning outcomes with media mobile learning based android contain multiple intelligence in language literacy skills of five grade elementary students. |
International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding 7 (5 …, 2020 | |
2020 | Development of pop-up book media based on balanced literacy approach to improve skills of reading class 1 students basic school | The background that drives this research is the low interest in reading and the lack of reading skills in grade 1 students. The purpose of this study is to produce a pop-up book based on a good quality balanced literacy approach. The test subjects in this study were 60 first grade students at SDN Pacarkeling V/186 Surabaya. The method used in this study is the method of developing Research and Development (R&D). The development model of Borg and Gall in this study goes through 10 stages. The product developed in this research is a valid, practical and effective pop-up book media. The validation results show that the developed media is valid with very good criteria. Practicality in small scale and large scale trials reaches very good category. The effectiveness of the developed media can be seen from the increase in the results of the reading skills test using the t test with the t-test result of-11.6. |
International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding 7 (5 …, 2020 | |
2020 | PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR CERITA LISAN MELALUI METODE KUIS PENDIDIKAN INTERAKTIF SISWA KELAS V SD NEGERI 2 PEJAWARAN | Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur cerita yang didengar melalui metode Kuis Pendidikan Interaktif siswa kelas V SD Negeri 2 Pejawaran. Penelitian ini merujuk pada pandangan Kemmis dan Taggart yang dilaksanakan selama 2 siklus. Setiap siklus terdiri atas tahapan perencanaan, tindakan dan pengamatan, serta refleksi. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah observasi, wawancara, angket, dan tes kemampuan menyimak siswa. Data hasil penelitian tiap siklus dianalisis dan diuji menggunakan uji-t berpasangan satu sampel (Paired Pre-Post Samples t-test). Hasil analisis data siklus I dan siklus II menunjukkan aktivitas guru dalam pembelajaran terjadi peningkatan sebesar 10, 94% dan mendapat kriteria Sangat Baik, aktivitas siswa dalam pembelajaran meningkat 6, 75% dan secara rata-rata mendapat kriteria Sangat Aktif, respons positif siswa meningkat 3, 45% atau mencapai kriteria Sangat Baik, dan rata-rata tes kemampuan menyimak cerita siswa meningkat 62, 07% dengan 27 siswa atau 93, 10% siswa di akhir siklus II mendapat kriteria Tuntas. Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Kuis Pendidikan Interaktif dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran, guru dan siswa merespons positif terhadap pembelajaran, serta dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam mengidentifikasi unsur cerita yang didengar secara signifikan. |
Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil …, 2020 | |
2020 | Monitoring and Evaluating Online Learning Using Online Media | Covid-19 pandemic has wide range impact in many fields including education. Schools and colleges have no other choice but to carry out online learning (teaching and learning process is conducted remotely) as replacement of conventional, face to face learning. The variety of online media and the competence of teachers and lecturers play important role on student’s learning quality and understanding of the material. Hence, monitoring and evaluation (monev) should be conducted to measure to what extent online learning can replace conventional learning in achieving educational goals amid the pandemic situation. This study is aimed at developing modules of online learning monitoring and evaluation and describing how monitoring and evaluation process are conducted in an online systems. The type of this research is development research (R&D). The sample of this study was the principal and the teachers of SMA Santo Carolus Surabaya. Before conducting this research, a preliminary study was accomplished to analyze the problems related to online learning that are mostly faced by the teachers. Then, monitoring and evaluation module was made up from online learning monitoring and evaluation instruments, and guidelines for implementing online monitoring and evaluation. The next stage was conducting virtual training regarding online monitoring and evaluation as well as report on the results of monitoring and evaluation activities. This research has produced an online learning monitoring and evaluation module and gotten positive responses from principals and teachers who are dealing with online monitoring and evaluation of … |
2nd International Conference Innovation in Education (ICoIE 2020), 136-140, 2020 | |
2020 | Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and Picture Bermedia Mind Map untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sosial | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan literasi sosial siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif picture and picture pada siswa kelas IV SDK Coal, Kabupaten Manggarai Barat. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desain penelitian mengikuti model Mc Taggart dan Kemmis yang dilaksanakan dalam empat tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV berjumlah 26 orang. Dalam penelitian ini siswa mempelajari materi tentang aktivitas ekonomi dan sumber daya alam yang berhubungan dengan aktivitas ekonomi. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode observasi aktivitas belajar dan metode tes hasil belajar IPS. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas belajar dan tes pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) pada siklus I tingkat aktivitas siswa secara individual mencapai skor 2, 68 dengan persentase keaktifan 67%. Hasil post tes mencapai ratarata 67, 31 dengan 65% siswa mencapai ketuntasan. 2) Pada siklus II aktivitas belajar mengalami peningkatan. Aktivitas individual mencapai skore 3, 03 dengan persentase 76%. Sedangakan aktivitas kelompok mencapai skore 3, 28 dengan persentase 81, 7%. Hasil post tes menunjukkan adanya peningkatan rata-rata 75, 64 dan persentase ketuntasan mencapai 88% dari 26 orang siswa. Berdasarkan data di atas dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan pembelajaran kooperatif picture |
Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil …, 2020 |