NENI MARIANA, S.Pd., M.Sc.

NENI MARIANA, S.Pd., M.Sc.

NIDN : 0021118101 | NIP : 198111212005012002

Latest number of publications
sumber: https://sinta.kemdikbud.go.id
Latest number of activities
sumber: https://sinta.kemdikbud.go.id

Riwayat Publikasi

Tahun Artikel Publisher
2024 Comparative analysis of education curricula between germany and indonesia: Content approach and learning methodologies Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran 13 (2)
e-journal.unipma.ac.id
2024 Menggali Potensi Pengembangan Literasi Membaca di Sekolah Indonesia Bangkok (SIB) Journal on Education 6 (2), 11051-11060
jonedu.org
2024 Upaya Pemertahanan Budaya Lokal Dalam Pembelajaran Bahasa Asing Pada Perspektif Glokalisasi Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) 7 (1), 276-283
journal.universitaspahlawan.ac.id
2024 Menerapkan Pendidikan Disiplin Di Sekolah Dasar Ala Jepang Shitsuke Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) 7 (1), 290-295
journal.universitaspahlawan.ac.id
2024 Integration of Ethnomathematics Teaching Materials in Mathematics Learning in Elementary School IJORER: International Journal of Recent Educational Research 5 (1), 204-218
journal.ia-education.com
2024 The Use of E-Comics Based on A Realistic Mathematical Approach to Improve Critical and Creative Thinking Skills of Elementary School Students IJORER: International Journal of Recent Educational Research 5 (1), 90-105
journal.ia-education.com
2024 Implementasi Profil Pelajar Pancasila Dalam Menghadapi Perundungan Di Sekolah Dasar: Perspektif Glokalisasi EDUKASIA: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran 5 (1), 11-24
jurnaledukasia.org
2024 Gender Equality From Ra. Kartini’s Perspective and Its Relevance in Education Didaktika: Jurnal Kependidikan 13 (1), 23-34
www.jurnaldidaktika.org
2024 Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Membangun Budaya Kelas di Sekolah Anuban Khon Kaen, Thailand JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 7 (3), 2319-2330
www.jiip.stkipyapisdompu.ac.id
2024 RENCANA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERDASARKAN LINTASAN BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PENGEMBANGAN PLOMP DAN GRAVEMEIJER & COBB Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan 24 (1), 1-24
journal.um-surabaya.ac.id
2024 Comparative Analysis: Conceptualization of Teacher Quality in Indonesia and Singapore Indonesian Journal of Educational Research and Review 7 (1)
ejournal.undiksha.ac.id
2024 Identification of Numeracy Skills of Elementary School Students in Working on National Assesment Problems International Journal of Emerging Research and Review 2 (2), 000069-000069
ijoerar.net
2024 Analysis of the Basic Abilities of Grade V Students in Working on Volume of Space Building Problems International Journal of Emerging Research and Review 2 (2), 000068-000068
ijoerar.net
2024 Literature Study: Elementary School Mathematics Learning with Islamic Integration International Journal of Emerging Research and Review 2 (2), 000071-000071
ijoerar.net
2024 Glocalization Of Education: A Study Of Ki Hajar Dewantara's Education Concept In A Glocal Perspective Jurnal Ilmu Sosial Mamangan 12 (02), 186-201
ejournal.upgrisba.ac.id
2024 Tren Penelitian dalam Memahami Konsep Matematika 2015-2025: Bibliometric Review EDUKASIA: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran 5 (1), 1005-1014
jurnaledukasia.org
2024 PENGGUNAAN MEDIA BELAJAR PWB DALAM MATA PELAJARAN IPAS UNTUK MENINGKATKAN PENGTAHUAN BUDAYA PESERTA DIDIK KELAS IV C SDN MANUKAN KULON SURABAYA Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) 7 (2), 5831-5839
journal.universitaspahlawan.ac.id
2024 MBKM for Disability sebagai Upaya Optimalisasi Program Merdeka Belajar untuk Semua Seminar Nasional MBKM 1, 27-33
proceeding.unesa.ac.id
2024 Pengaruh Lingkungan Fisik Sekolah dan Profesionalitas Guru terhadap Budaya Sekolah Journal of Education Research 5 (2), 2403-2410
www.jer.or.id
2024 PENDEKATAN PEMBELAJARAN TERPADU: MENGOPTIMALKAN MODEL INTEGRASI FRAGMENTED DI SEKOLAH DASAR Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 9 (2), 7807-7815
journal.unpas.ac.id
2024 PENGARUH MODEL JARINGAN TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PADA SISWA KELAS V SDN KRAMATJEGU 1 Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 9 (2), 7254-7263
journal.unpas.ac.id
2024 PEMBELAJARAN TERPADU TIPE WEBBED UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 9 (2), 7264-7276
journal.unpas.ac.id
2024 Pengaruh Pemanfaatan Perpustakaan Digital terhadap Minat Baca dan Literasi Journal of Education Research 5 (3), 2515-2522
www.jer.or.id
2024 Bibliometric Analysis of the Ability to Solve Algebra Problems in Elementary School AKM Numeracy Context International Journal of Current Educational Research 3 (1), 52-65
www.journal.iel-education.org
2024 Implementasi Manajemen Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SMPN Kabupaten Magetan Journal of Education Research 5 (3), 3311-3317
jer.or.id
2024 The Influence of the Problem-Based Learning Model Assisted by Google Sites Interactive Multimedia on Critical Thinking Skills in the Science Subject of Grade V Elementary School JURNAL PENDIDIKAN DASAR NUSANTARA 10 (1), 102-116
ojs.unpkediri.ac.id
2024 ANALISIS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONNECTED UNTUK MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI SISWA SEKOLAH DASAR Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 9 (2), 1219-1231
journal.unpas.ac.id
2024 ANALISIS BIBLIOMETRIK: PERKEMBANGAN PENELITIAN ETNOMATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR (2008-2023) Jurnal Ibriez: Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains 9 (1), 25-38
ibriez.iainponorogo.ac.id
2024 Responses and Challenges of Indonesian Prospective Elementary Teachers Interacting with Australian Avatar Students Educative: Jurnal Ilmiah Pendidikan 2 (2), 106-114
publikasi.abidan.org
2024 Designed activities on developing mental strategies using alms value-based learning trajectory in elementary school Journal on Mathematics Education 15 (3), 859-882
jme.ejournal.unsri.ac.id
2023 Pelatihan Penyusunan Modul Ajar Berbasis Etnopedagogi bagi Guru Sekolah Dasar SABDAMAS 2 (1), 101-111
mx2.atmajaya.ac.id
2023 Building naturalist intelligence through integrated threaded material and team teaching model IConVET 2022: Proceedings of the 5th International Conference on Vocational …
eudl.eu
2023 Desain Pembelajaran STEAM dengan Media Selasi untuk Peserta Didik Kelas II SD Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 7 (1), 240-250
www.academia.edu
2023 Analysis on Value of 12 Verses Gurindam by Raja Ali Haji in the Context of Learning Islam in Early Childhood (PAUD) International Journal of Membrane Science and Technology 10 (2), 600-607
www.cosmosscholars.com
2023 STRATEGI MENTAL CALCULATION SISWA DENGAN STRUKTUR RESPON TAKSONOMI SOLO DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan 14 (3 …
journal.ummat.ac.id
2023 Transformasi Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar Melalui Pendekatan Dilemma Story Pedagogy Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan 6 (3), 566-579
jayapanguspress.penerbit.org
2023 Persepsi guru dan siswa sekolah dasar terhadap integrasi matematika dengan tari mungdhe Euclid 10 (3), 557-565
jurnal.ugj.ac.id
2023 Studi Komparasi Metode Pengajaran di Sekolah Dasar Indonesia dan Sekolah Dasar Thailand Journal on Education 6 (1), 10738-10746
www.jonedu.org
2023 Implementasi lkpd pmri dalam materi membilang sampai 20 untuk siswa fase a sekolah dasar Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu 2 (1), 45-54
www.academia.edu
2023 Trends in Mathematics Education Research in Indonesia Asian Research in Mathematics Education: Mapping the Field, 163-175
link.springer.com
2023 Glocalization Of Education: A Study Of Ki Hajar Dewantara's Education Concept In A Glocal Perspective Jurnal Ilmu Sosial Mamangan 12 (03), 186-201
ejournal.upgrisba.ac.id
2023 Systematics Literature Review: Mathematics Reasoning in Elementary School Jurnal Pamator: Jurnal Ilmiah Universitas Trunojoyo 16 (4)
journal.trunojoyo.ac.id
2023 Ethnomathematics Exploration Study of the Four Ethnics Dance of South Sulawesi 5th International Conference on Statistics, Mathematics, Teaching, and …
www.atlantis-press.com
2023 MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI PADA PENDIDIKAN DASAR DI INDONESIA DALAM PERSPEKTIF GLOKALISASI: LITERATUR REVIEW Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 8 (3), 1762-1772
journal.unpas.ac.id
2023 Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Pengolahan Data Melalui Media Kapas Daku (Kartu Pasangan Data Kubus) Pada Siswa Kelas IV-B SDN Kertajaya V/211 … Innovative: Journal Of Social Science Research 3 (5), 3027-3040
j-innovative.org
2023 PENGEMBANGAN BUKU AJAR KONSEP DASAR MATEMATIKA SD BERBASIS MASALAH PADA MAHASISWA PENDIDIKAN DASAR AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika 12 (2), 1829-1840
www.researchgate.net
2023 HYPOTHETICAL LEARNING TRAJECTORY (HLT) KUE APEM DALAM PPROSES PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS I SD EduStream: Jurnal Pendidikan Dasar 7 (1), 71-84
journal.unesa.ac.id
2023 Identifying Teaching Skills of Indonesian Prospective Elementary Teachers with Microteaching Technology 2.0 International Joint Conference on Arts and Humanities 2022 (IJCAH 2022), 570-576
www.atlantis-press.com
2023 Eksplorasi Etnomatematika Pada Kue Lapis Legit Dengan Konsep Geometri Volume Bangun Ruang Kelas V Sekolah Dasar Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil …
journal.unesa.ac.id
2022 Pengembangan E-Book Berbasis Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Kelas V Sekolah Dasar Jurnal Pendidikan, Sains Sosial, dan Agama 8 (1), 339-351
radenwijaya.ac.id
2022 The Role-Playing Problem-Posing Learning to Improve Students' Emotional Intelligence and Mathematics Problem-Solving Skills IJORER: International Journal of Recent Educational Research 3 (3), 312-322
journal.ia-education.com
2022 Profil berpikir kreatif siswa sekolah dasar dalam mengajukan masalah matematika konteks museum gubug wayang Jurnal Basicedu 6 (1), 759-766
jbasic.org
2022 Peran Guru sebagai Model, Inspirasi dan Motivator Ramah Budaya untuk Membimbing Siswa di Sekolah Dasar Jurnal Peduli Masyarakat 4 (4), 733-742
jurnal.globalhealthsciencegroup.com
2022 AN AUTO-ETHNOGRAPHIC STUDY: EXPLORING MATHEMATICAL CONCEPTS ON PROBLEMS RELATED TO ENVIRONMENTAL CARE JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT 10 (3), 585-590
journal.ipts.ac.id
2022 Dancing with Mathematics: An Auto Ethnographic Study of a Dance Teacher Transformative STEAM Education for Sustainable Development, 116-132
brill.com
2022 Representasi Siswa Sekolah Dasar dalam Pemecahan Soal Cerita Pecahan Ditinjau Berdasarkan Kemampuan Matematika dan Jenis Kelamin Jurnal Basicedu 6 (1), 1221-1231
jbasic.org
2022 JURNAL BASICEDU Jurnal Basicedu Vol 6 (4)
www.academia.edu
2022 Etnomatematika pada Candi Sumur Sebagai Konsep Geometri di Sekolah Dasar Jurnal JPGSD 10 (2), 289-301
scholar.google.com
2022 Penerapan Pembelajaran STEAM Melalui Aktivitas Make A Non Stop Fountain Untuk meningkatkan Kreativitas Siswa Di Sekolah Dasar
ejournal.unesa.ac.id
2022 The IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN RME BERBASIS ETNOMATEMATIKA MATERI PECAHAN MENGGUNAKAN KONTEKS KUE SPIKU: IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN RME BERBASIS ETNOMATEMATIKA MATERI PECAHAN … Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil …
journal.unesa.ac.id
2022 Implementasi Pembelajaran Etnomatematika Melalui Pengaitan Konsep Narasi Kue Semprong Pada Kelas 2 Di SD Negeri 3 Gading Surabaya Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil …
journal.unesa.ac.id
2022 Hypothetical Learning Trajectory: Operasi Penjumlahan dan Pengurangan Melalui Etnomatematika Konteks Jamu Sinom Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil …
journal.unesa.ac.id
2022 IMPLEMENTASI RME BERBASIS ETNOMATEMATIKA MATERI CIRI-CIRI BANGUN DATAR MENGGUNAKAN PERMAINAN ENGKLEK: IMPLEMENTASI RME BERBASIS ETNOMATEMATIKA MATERI CIRI-CIRI BANGUN DATAR … Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil …
journal.unesa.ac.id
2022 HYPOTHETICAL LEARNING TRAJECTORY (HLT) BABAT) DALAM PROSES PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS III: IMPLEMENTASI RME BERBASIS ETNOMATEMATIKA MELALUI MAKANAN KHAS DAERAH (WINGKO Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil …
journal.unesa.ac.id
2022 SIMLABS TECHNOLOGY 2.0 IN IMPROVING VOCABULARIES FOR ELEMENTARY SCHOOL TEACHER BILINGUAL CLASS Elementary school journal PGSD FIP UNIMED 12 (1), 19-28
researchportal.murdoch.edu.au
2021 In-service teachers’ perception on implementing realistic mathematics education approach in their best practices Journal of Physics: Conference Series 1987 (1), 012022
iopscience.iop.org
2021 Eksplorasi konsep matematika pada batik jetis sidoarjo untuk mentransformasikan konteks pembelajaran matematika di sekolah dasar EduHumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru 13 (1), 76-85
scholar.archive.org
2021 Edu-Game media based on Android to learn Least Common Multiplication (LCM) and Great Common Divisor (GCD) for the 4th graders Journal of Physics: Conference Series 1987 (1), 012042
iopscience.iop.org
2021 Ethnomathematics on Surabaya Regional song notation Journal of Physics: Conference Series 1987 (1), 012043
iopscience.iop.org
2021 Analysis of the use of mathematic animation video as a line learning alternative to learning motivation Journal of Physics: Conference Series 1987 (1), 012040
iopscience.iop.org
2021 Pelatihan Pembuatan Hand Sanitizer Berbahan Baku Toga bagi Masyarakat Pedesaan Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat 6 (1), 283-291
www.ppm.ejournal.id
2021 Mencari model PPG untuk Indonesia Tanoto Foundation
digilib.unimed.ac.id
2021 Bimbingan Dan Konseling Multibudaya Dengan Latihan Empati Guru Di SD Namira Kraksaan Probolinggo Pasca Pandemi Covid-19 Transformasi Dan Inovasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat 1 (2), 102-107
journal.unesa.ac.id
2021 Eksplorasi Konsep Matematika Sekolah Dasar Pada Kenduren Wonosalam Sebagai Kearifan Lokal Kabupaten Jombang Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 9 (6)
ejournal.unesa.ac.id
2021 Needs Analysis of the Multidisciplinary Literacy Lecture Model with Team Teaching and an Integrative Approach International Joint Conference on Arts and Humanities 2021 (IJCAH 2021 …
www.atlantis-press.com
2021 Cypriot Journal of Educational Sciences Sciences 16 (4), 1492-1502
www.academia.edu
2021 Effectiveness of Using Gebar Modules (the Movement of Line Marching) for Students in Elementary School. Cypriot Journal of Educational Sciences 16 (3), 1052-1064
files.eric.ed.gov
2021 Eksplorasi Etnomatematika Pada Permainan Tradisional Lompat Tali JPGSD 9 (4), 2028-2039
ejournal.unesa.ac.id
2020 Local wisdom-based teaching material for enhancing primary students’ scientific literacy skill Jurnal Prima Edukasia 8 (1), 96-105
statik.unesa.ac.id
2020 Need Analysis of Balanced Literacy Indonesian Language Teaching Materials Education Course International Joint Conference on Arts and Humanities (IJCAH 2020), 443-446
www.atlantis-press.com
2020 Development of Video Tutorials on Making Paper-Based Literature Review to Improve Student Literacy Ability in the Coronavirus Disease (COVID-19) Pandemic International Joint Conference on Arts and Humanities (IJCAH 2020), 1417-1423
www.atlantis-press.com
2020 Elementary School Student Creativity in Solving Geometry Contextual Problems based on Adversity Quotient IndoMath: Indonesia Mathematics Education 3 (2), 110-120
jurnal.ustjogja.ac.id
2020 Strategi Hitung dalam Aktivitas Pembelajaran Penjumlahan dan Pengurangan Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika 4 (2), 548-561
download.garuda.kemdikbud.go.id
2020 TRANSFORMASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR BERBASIS SADAR LINGKUNGAN DENGAN KONTEKS PENGGUNAAN LAYANAN SUROBOYO BUS Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 8 (3), 2020
jurnalmahasiswa.unesa.ac.id
2020 DESKRIPSI KONSEP DIRI AKADEMIK PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR BERDASARKAN SUDUT PANDANG KULTURAL Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 8 (2), 2020
jurnalmahasiswa.unesa.ac.id
2020 PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PROBLEM POSING UNTUK MELATIH KREATIVITAS DALAM PEMECAHAN MASALAH JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif) 3 (3), 195-204
www.journal.ikipsiliwangi.ac.id
2020 PENGARUH PENDEKATAN PROBLEM POSING TERHADAP KEMAMPUAN METAKOGNISI SISWA SEKOLAH DASAR Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil …
journal.unesa.ac.id
2020 Study of Social, Ethical Woman in Fairy Tales for Children International Conference on Research and Academic Community Services …
www.atlantis-press.com
2020 Excavating mathematical concepts within alms context: An auto| ethnographical study International Joint Conference on Arts and Humanities (IJCAH 2020), 191-198
www.atlantis-press.com
2020 Eksplorasi Konsep Geometri Sekolah Dasar Pada Arsitektur Multikultural Masjid Auliya Sentono Gedong Kediri Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 8 (3)
ejournal.unesa.ac.id
2019 Eksplorasi konsep matematika sekolah dasar dalam tari kreasi JPGSD 7 (3), 3029-3039
ejournal.unesa.ac.id
2019 Transformation of research education at elementary school mathematics in the industry 4.0 Int. J. Innovation, Creativity Change 5 (5), 1-10
www.ijicc.net
2019 Penerapan program Patroli Keamanan Sekolah (PKS) untuk menguatkan Karakter Disiplin dan Tanggung jawab pada peserta didik kelas 5 SDN Tenggilis Mejoyo I Surabaya JPK (Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan) 4 (3), 62-70
seminar.umpo.ac.id
2019 Identifikasi Diskursus Kultur Akademik dalam Pembelajaran Matematika di Tiga Jenis Sekolah Dasar Yang Berbeda Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 7 (3)
core.ac.uk
2019 Perkembangan Numerasi Siswa Yang Memiliki Keterbatasan Sarana Di Masa Pandemic Dalam Program Kmp Jpgsd 9 (4), 2645-56
ejournal.unesa.ac.id
2019 Exploring primary school mathematical concepts in Gembira dance 3rd International Conference on Education Innovation (ICEI 2019), 96-101
www.atlantis-press.com
2019 Eksplorasi Konsep Matematika untuk Mentransformasi Konteks Matematika SD yang Mengandung NIlai-Nilai Karakter Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 7 (06), 3668-3679
core.ac.uk
2019 Penelitian Multi Paradigma: Matematika Peduli Sampah Dengan Pendekatan PMRI Di Kelas V SDN Jambangan I/413 Surabaya Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 7 (3), 2019
jurnalmahasiswa.unesa.ac.id
2019 Penerapan Metode PembelaJaran Matematika Nalaria Realistik di Klinik Pendidikan MIPA Cabang 1 Surabayaa JPGSD 7 (1), 2525-2538
core.ac.uk
2019 A Reflective Journey within Five Ways of Transformative Knowing Research as Transformative Learning for Sustainable Futures 64, 207–223
brill.com
2018 Pengaruh Media Pop Up Book Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Bangun Datar Kelas Iv Sdn Wonoplintahan Ii Kecamatan Prambon Jurnal penelitian pendidikan guru sekolah dasar 6 (9), 1537-1547
core.ac.uk
2018 Refleksi Kritis Terhadap Pandangan Matematika dari Perspektif Siswa dan Pendidik Sekolah Dasar Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 6 (10), 1706-1717
ejournal.unesa.ac.id
2018 Scientific reasoning profile of junior secondary school students on the concept of static fluid Journal of Physics: Conference Series 1013 (1), 012056, 2018
iopscience.iop.org
2018 Eksplorasi Konsep Matematika Sekolah Dasar Pada Seni Tradisi Di Desa Trowulan Mojokerto Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 6 (7), 1-11
ejournal.unesa.ac.id
2018 Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Pada Pembelajaran Matematika Materi Bangun Datar Melalui Penggunaan Media Magic Box Kelas IV SDN UJUNG XIII Surabaya JPGSD 6 (9), 1516-1525
ejournal.unesa.ac.id
2018 Transformasi Konteks Matematika SD dalam Sudut Pandang Akulturasi Kultur Jawa dan Nilai-Nilai Islam Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 6 (6), 978-988
ejournal.unesa.ac.id
2018 Eksplorasi Alquran Surah An-Nisaa dalam Mentransformasi Matematika SD yang Penuh Nilai Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 6 (4), 254994
core.ac.uk
2018 Eksplorasi Nilai-nilai Pancasila untuk Mentransformasi Konteks dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 6 (3), 254960
ejournal.unesa.ac.id
2018 Exploring the Unity Value of Pancasila to Transform Mathematics Contexts in Primary School 2nd International Conference on Education Innovation (ICEI 2018), 528-533
www.atlantis-press.com
2018 Eksplorasi Konsep Matematika Sekolah Dasar Dalam Surah Al-Baqarah Untuk Pembelajaran Matematika Di Madrasah Ibtidaiyah Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 6 (8), 2018
jurnalmahasiswa.unesa.ac.id
2018 Penelitian Multi Paradigma: Matematika yang Berkeadilan Sosial dalam Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan PMRI di Kelas V SDN Tebel Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 6 (4), 254989
core.ac.uk
2018 Eksplorasi Konsep Matematika Sekolah Dasar Dalam Surah Al-Baqarah Abstrak Surabya: JPGSD 6, 1458-1469
scholar.google.com
2018 Studi Auto| etnografi: Kecemasan Guru Kelas Sekolah Dasar Saat Mengajarkan Matematika Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 6 (7)
core.ac.uk
2018 Ragawi Calculations in Javanese Culture 2nd Social Sciences, Humanities and Education Conference: Establishing …
www.atlantis-press.com
2018 MODEL BUKU TEKS BERBASIS ETNOPEDAGOGI DI PENDIDIKAN DASAR Prosiding Semnas PPM 2018 1 (1), 372-385
www.academia.edu
2018 An Integrative Thematic Textbook for Higher Education Based on Ethnopedagogy 2nd International Conference on Education Innovation (ICEI 2018), 456-461
www.atlantis-press.com
2018 Labour Issues as a Context in Designing Mathematics Activity for Counting Strategy MISEIC 2018
miseic.conference.unesa.ac.id
2018 Pengaruh Media Moku (Monopoli Kuis) terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Datar siswa kelas IV SDN Sumur welut II/440 Surabaya. Skripsi tidak dipublikasikan Surabaya: Universitas Negeri Surabaya
ejournal.unesa.ac.id
2018 Transformasi Konteks Pemecahan Masalah Matematika Yang Mengandung Nilai-Nilai Islami Dalam Alquran Surah Al-Isra†TM Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 6 (8), 1272-82
ejournal.unesa.ac.id
2017 Transforming mathematics problems in Indonesian primary schools by embedding Islamic and Indonesian contexts Murdoch University
researchportal.murdoch.edu.au
2017 Pemanfaat Media PJOK dalam Pembelajaran Matematika sebagai Sarana Mengembangkan Pendidikan Karakter pada Siswa SD/MI di Surabaya Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar 1 (1), 15-37
journal.unesa.ac.id
2016 Upaya guru mengembangkan karakter siswa melalui pembelajaran matematika dengan pendekatan realistik pada materi perkalian Jurnal Pendidikan Matematika 10 (1), 96-113
www.academia.edu
2012 Pengembangan Bahan Ajar Pembelajaran Matematika Berbasis Karakter melalui Pendekatan Realistik untuk PGSD Laporan Penelitian Hibah Strategis Nasional Tidak Dipublikasikan …
scholar.google.com
2011 Pedoman Penyusunan Proposal Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Modul Penyusunan Proposal tidak diterbitkan. Surabaya: Fakultas Ilmu …
scholar.google.com
2010 Birthday Cake Activity Structured Arrangement for Helping Children Determining Quantities. Indonesian Mathematical Society Journal on Mathematics Education 1 (1), 53-70
files.eric.ed.gov
2009 DESIGN RESEARCH IN GEOMETRY EDUCATION DEVELOPING SPATIAL ABILITIES IN FIRST GRADE CHILDREN Utrecht University
scholar.google.com
2004 Identifikasi Proses Berpikir Kreatif Siswa Melalui Pengajuan Masalah (Problem Posing) Matematika Berpandu Dengan Model Creatif Problem Solving (CPS) Di Kelas IF SMP Negeri 4 … Universitas Negeri Surabaya
scholar.google.com
2000 Eksplorasi Konsep Matematika Sekolah Dasar dalam Surah Al-Baqarah Untuk Pembelajaran Matematika di Madrasah Ibtidaiyah Matematika, 149
ejournal.unesa.ac.id

Riwayat Penelitian

Tahun Judul Penelitian Skema
2023 Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berwawasan Lingkungan yang Didasari Prinsip Education for Sustainable Development menggunakan Pendekatan STEAM Penelitian Kompetitif Nasional ( PKDN )
2023 IDENTIFIKASI KAJIAN ETNOPEDAGOGI PADA KONTEKS KEARIFAN LOKAL PROSESI PENGANTEN JAWA UNTUK MENUNJANG PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR 2023 PENELITIAN DASAR FIP ( 2023 PENELITIAN FAKULTAS (FIP) )
2023 DEKONSTRUKSI BUKU MATEMATIKA CAMBRIDGE: ETHICAL DILEMMA GURU SDIT DI KELAS INTERNASIONAL 2023 PENELITIAN DASAR FIP ( 2023 PENELITIAN FAKULTAS (FIP) )
2023 STRATEGI MEWUJUDKAN KUALITAS PERKULIAHAN DI S2: STUDI KOMPARATIF UNESA DAN UNJ 2023 PENELITIAN KOLABORASI FIP ( 2023 PENELITIAN FAKULTAS (FIP) )
2022 IMPLEMENTASI PENDIDIKAN STEAM DI PERGURUAN TINGGI: STUDI KASUS DI NEPAL DAN INDONESIA PENELITIAN KOMPETITIF PASCASARJANA ( PENELITIAN KOLABORASI (PASCASARJANA) )
2022 PENGEMBANGAN DESAIN AKTIVITAS STEAM BERBASIS LABORATORIUM UNTUK MAHASISWA S1 PGSD PENELITIAN KOMPETITIF FIP ( PENELITIAN DASAR (FIP) )
2022 IMPLEMENTASI PENGGUNAAN VI-LAB MATEMATIKA BAGI MAHASISWA PGSD DALAM PENYUSUNAN SOAL CERITA ETNOMATEMATIKA BERBASIS PMRI PENELITIAN KOMPETITIF FIP ( PENELITIAN DASAR (FIP) )
2022 BUKU AJAR: KONSEP DASAR MATEMATIKA SD PENELITIAN KOMPETITIF PASCASARJANA ( PENELITIAN DASAR (PASCASARJANA) )
2021 STRATEGI MENGONSTRUKSI BAHASA BERKARAKTER POSITIF PADA ANAK USIA SEKOLAH DASAR KOMPETITIF (23 JUNI 2021 - 30 NOP 2021) ( PENELITIAN DASAR )
2021 PENGARUH KEPEMIMPINAN PEMBELAJARAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP PENERAPAN PROSPER SCHOOL PATHWAY DALAM PELAKSANAAN STUDENT WELL-BEING PROGRAM: STUDI PADA SEKOLAH DASAR DI JAWA TIMUR KOMPETITIF TERBATAS PASCASARJANA 2021 ( PENELITIAN KOLABORATIF INTERNASIONAL )
2021 SIMULASI TEKNOLOGI MICROTEACHING 2.0 UNTUK MAHASISWA KELAS BILINGUAL PGSD PENUGASAN FIP 2021 ( PENELITIAN KOLABORATIF INTERNASIONAL )
2021 PENGEMBANGAN VIRTUAL LABORATORIUM RUMPUN MATEMATIKA PGSD FIP UNESA KOMPETITIF FIP 2021 ( PENELITIAN KEBIJAKAN FAKULTAS FIP 2021 )
2021 TRACER STUDY JURUSAN PGSD FIP UNESA KOMPETITIF FIP 2021 ( PENELITIAN KEBIJAKAN FAKULTAS FIP 2021 )
2020 PENGEMBANGAN VIDEO TUTORIAL PEMBUATAN ARTIKEL ILMIAH BERBASIS LITERATURE REVIEW MENGGUNAKAN APLIKASI MENDELEY BAGI MAHASISWA UNESA YANG MEMPROGRAM MATA KULIAH SKRIPSI DI TENGAH PANDEMI COVID-19 PENUGASAN (23 JUNI 2021 - 30 NOP 2021) ( PENELITIAN KEBIJAKAN STRATEGIS UNIVERSITAS (GELOMBANG 2) )
2020 Meningkatkan Kompetensi Berpikir dan Motivasi Belajar Siswa SD Kelas Rendah dengan Pembelajaran Daring Video Edukasi "Creative Teaching Center" dan Keterlibatan Orang Tua "Parenting Daily Activity" di masa Study From Home dampak Pandemi Covid-19 Penelitian Dasar
2019 PENGARUH PENDEKATAN PROBLEM POSING TERHADAP KEMAMPUAN METAKOGNISI SISWA SD KOMPETITIF FAKULTAS ( PENELITIAN FIP )
2019 KONSTRUKSI BAHASA BERKARAKTER POSITIF PADA ANAK USIA SEKOLAH DASAR PENELITIAN 2020 ( PENELITIAN GURU BESAR )
2019 INTEGRASI KEARIFAN LOKAL DALAM PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA SD PENELITIAN 2020 ( PENELITIAN TERAPAN R & D )
2018 PENGEMBANGAN MODEL BUKU TEKS LITERASI LINTAS BIDANG STUDI BERBASIS ETNOPEDAGOGIS PADA MAHASISWA PGSD DI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA Penelitian Kompetitif Nasional ( PSN Institusi )

Riwayat PKM

Tahun Judul PKM Kegiatan
2023 PELATIHAN PENYUSUNAN MODUL AJAR BERBASIS ETNOPEDAGOGI BAGI GURU SEKOLAH DASAR 2023 PKM FIP ( 2023 PKM FAKULTAS (FIP) )
2022 PELATIHAN MEMBUAT MEDIA KOMIK DIGITAL UNTUK PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN BERBANTUAN APLIKASI COMICS AND CARTOON MAKER KEBIJAKAN FAKULTAS (FIP) ( KEBIJAKAN FAKULTAS (FIP) )
2022 PKM BIMBINGAN DAN KONSELING RAMAH BUDAYA DI SEKOLAH DASAR KEBIJAKAN FAKULTAS (FIP) ( KEBIJAKAN FAKULTAS (FIP) )
2022 PELATIHAN PENYUSUNAN SOAL-SOAL LITERASI DAN NUMERASI UNTUK MENUNJANG KEPROFESIONALAN GURU SD PKM PENUGASAN PASCA 2022 ( PKM PENUGASAN PASCA 2022 )
2021 PKM BIMBINGAN DAN KONSELING MULTIBUDAYA PADA MASA PANDEMI COVID-19 BAGI GURU DI SD NAMIRA SCHOOL KRAKSAAN PROBOLINGGO KEBIJAKAN FAKULTAS (PKM) ( PKM KEBIJAKAN )
2021 PENERAPAN AUGMENTED REALITY UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEPTUAL GURU SEKOLAH DASAR TENTANG LITERASI DIGITAL Kebijakan Fakultas (PKM) ( PKM KEBIJAKAN )
2021 PELATIHAN MANAJEMEN STRESS BAGI GURU PAUD DALAM MENGHADAPI PEMBELAJARAN DARING DI KABUPATEN PROBOLINGGO Kebijakan Fakultas (PKM) ( PKM KEBIJAKAN )
2020 PELATIHAN PEMBUATAN HAND SANITIZER BERBAHAN BAKU TOGA BAGI MASYARAKAT PEDESAAN PENUGASAN PASCASARJANA 2021 ( PKM PENUGASAN PASCA SARJANA )
2020 PENERAPAN GAME-BASED APPS UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA SD DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA MASA LEARNING FROM HOME KEBIJAKAN FAKULTAS (PKM) ( PKM KEBIJAKAN FIP )
2019 PELATIHAN PENYUSUNAN PROPOSAL PENELITIAN TINDAKAN KELAS BAGI GURU SD PKM PASCASARJANA 2019 ( PKM PASCASARJANA 2019 )
2019 PELATIHAN PEMBUATAN DAN PENGGUNAAN MEDIA MULTIOLICATION STICK MENGGUNAKAN BAHAN 3 R BAGI GURU SD DI KECAMATAN TUMPANG KABUPATEN MALANG PKM FIP 2019 ( PKM FIP 2019 )

Riwayat Hak Kekayaan Intelektual

Tahun Judul Lembaga Nomor
2023 Media Animasi 3D Kesuba untuk Peserta Didik Sekolah Dasar LPPM Universitas Negeri Surabaya EC00202345362
2023 Media Pembelajaran dengan Lectora Inspire untuk Peserta Didik Sekolah Dasar LPPM Universitas Negeri Surabaya EC00202345364
2023 Desain Efektif Membangun Literasi Multidisiplin Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Negeri Surabaya (UNESA) EC00202378819
2022 LPPM - Universitas Negeri Surabaya EC00202261172
2022 PANDUAN PENGEMBANGAN SOAL LITERASI DAN NUMERASI DI SEKOLAH DASAR LPPM-Universitas Negeri Surabaya (UNESA) EC00202269369
2022 Video Implementasi Pembelajaran RME Berbasis Etnomatematika “Tradisi Brokohan Sapi dengan Konsep Matematika Pecahan Senilai” LPPM-Universitas Negeri Surabaya (UNESA) EC00202269385
2022 Model Team Teaching : Dalam Konteks Pembelajaran Literasi Multidisiplin LPPM-Universitas Negeri Surabaya (UNESA) EC00202276163

Riwayat Penulisan Buku

Tahun Judul Penerbit ISBN
2023 Glokalisasi praktik pendidikan dasar PT. Pena Persada Kerta Utama 9786234556797
2022 Transformative STEAM Education for Sustainable Development Brill-Sense 9789004524705
2022 Pendidikan profesi guru Kepustakaan Populer Gramedia (KPG) 9786024818708
2022 Merdeka belajar serunya belajar dan berkegiatan matematika PT. Jepe Press Media Utama 9786232146501
2021 Mencari model PPG di Indonesia Tanoto Foundation 9786021730294
2019 Research as Transformative Learning for Sustainable Futures Brill Sense 9789004393325
2018 Etnopedagogis: kajian lintas bidang studi di sekolah dasar Zifatama Jawara 9786025815263
2017 Kearifan Lokal Bagi Peningkatan Kualitas Pendidikan Dasar Tankali 6026060280
2016 Geometri dan Pengukuran Penerbit Ombak 6022583608
2015 Persembahan untuk bangsaku : 70 Tahun Kemerdekaan NKRI Amara Books 9786028783705
2015 KONTRIBUSI UNTUK BANGSAKU: Menyambut 70 Tahun NKRI, Persembahan Anak Bangsa Indonesia Para Mahasiswa Pasca Sarjana dan Alumni Universitas di Australia Amara Books 9786028783705
2010 Contoh Pengemasan Perangkat Pembelajaran Mata Pelajaran di SD Unesa University Press 9789790283503
2009 Model Perangkat RPP SD Berbasis PMRI Bilangan dan Pengukuran Lembaga Penerbit FBS Unesa 08537349

Riwayat Mengajar

Kode Mata Kuliah Program Studi
8603103906 Analisis Artikel Jurnal Mutakhir
S3 Manajemen Pendidikan
8620602194 Bilangan dan Pengolahan Data
S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
8620603187 Dasar-dasar perencanaan pembelajaran di SD
S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
8612203627 Etnopedagogi Berkelanjutan di Pendidikan Dasar
S2 Pendidikan Dasar
8612203625 Filosofi Ilmu Pendidikan Dasar
S2 Pendidikan Dasar
8612202624 FILSAFAT ILMU PENDIDIKAN DASAR
S2 Pendidikan Dasar
8620402035 Filsafat Pendidikan
S1 Manajemen Pendidikan
8620602205 Geometri dan Pengukuran
S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
8602203005 Glokalisasi Praktik Pendidikan Dasar
S3 Pendidikan Dasar
8612202623 INTERNSHIP
S2 Pendidikan Dasar
8620602290 Keterampilan Berpikir Matematis
S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
8620602213 Keterampilan Mengajar dan Pembelajaran Mikro
S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
8602203014 Komparatif Pendidikan Dasar
S3 Pendidikan Dasar
8612203051 Konsep Dasar Matematika Sd
S2 Pendidikan Dasar
8610403045 Metodologi Penelitian
S2 Manajemen Pendidikan
8602203003 Metodologi Penelitian Kualitatif
S3 Pendidikan Dasar
8603104953 Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif
S3 Manajemen Pendidikan
8612203618 Metodologi Penelitian Pendidikan Dasar
S2 Pendidikan Dasar
8612202628 Multiliterasi Global Pendidikan Dasar
S2 Pendidikan Dasar
8620603079 Pembelajaran geometri dan pengukuran
S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
8620603208 Pembelajaran Matematika di SD
S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
8612203639 Pembelajaran Terintegrasi di Pendidikan Dasar
S2 Pendidikan Dasar
8612203084 Pembelajaran Terpadu
S2 Pendidikan Dasar
8620603260 Pendidikan STEAM di SD
S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
8620602201 Pengembangan Bahan Ajar
S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
8612202114 Pengemb. Pembelj. Matematika di SD
S2 Pendidikan Dasar
8620602212 Perencanaan Pembelajaran Inovatif di SD
S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
1000002051 PLP-Analisis Kurikulum
S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
8612203633 Praksis Kritis Pembelajaran Matematika Pendidikan Dasar
S2 Pendidikan Dasar
8602203015 Proposal Disertasi
S3 Pendidikan Dasar
8612203660 Proposal tugas akhir
S2 Pendidikan Dasar
8612202643 Publikasi
S2 Pendidikan Dasar
8620603255 RME Berbasis Etnomatematika di SD
S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
8602205016 Seminar hasil penelitian
S3 Pendidikan Dasar
8612202642 Seminar Proposal Tesis
S2 Pendidikan Dasar
8620602173 STATISTIK
S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
8612202139 Teori Belajar
S2 Pendidikan Dasar
8612202145 Wawasan Pendidikan Dasar
S2 Pendidikan Dasar