Publikasi S2 Pendidikan Dasar

Year Title Description Publisher Author(s)
2023 AKTIVITAS PERCOBAAN MENANAM HIDROPONIK BERBASIS PENDEKATAN HEUTAGOGY BAGI SISWA SEKOLAH DASAR
Keterbatasan praktik pembelajaran berbasis aktivitas dan berorientasi produk/karya selama pandemi Covid 19 dapat difasilitasi melalui kegiatan praktek percobaan sederhana menanam tanaman hidroponik. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dikemas melalui pelatihan online melalui platform zoom web meeting selama tiga sesi yang meliputi sesi pemaparan materi pelatihan, praktik mandiri percobaan menanam hidroponik teknik wick system, dan refleksi dan rencana tindak lanjut. Kegiatan ini diikuti para siswa Sekolah Dasar (SD) beserta pendamping yang tersebar di dua Daerah Kota/Kabupaten di Jawa Timur meliputi Kota Surabaya, Kabupaten Sidoarjo dengan karakteristik peserta yang memiliki keterbatasan lahan untuk penanaman hidroponik. Tahap praktik percobaan dilakukan mulai dari penyemaian hingga pembibitan dengan memanfaatkan paket pelatihan berupa starkit serta modul pendampingan menanam hidroponik. Berdasarkan refleksi dan tindak lanjut dari kegiatan ini sangat membantu untuk mengembangkan kemandirian belajar, kerjasama siswa dan orangtua, serta dapat menjadi aktivitas alternatif untuk diterapkan di rumah di lingkungan sekitar dan di sekolah selama masa pandemi.
Transformasi dan Inovasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat 3 (1), 1-6, 2023
2023 Pengembangan Media Kartu Gambar Digital Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif dan Rasa Cinta tanah Air Pada Pembelajaran IPS Siswa Kelas V di Sekolah Dasar
Social studies learning for fifth graders at SDN 3 Soko Lamongan tends to like a lot of things that remember and understand the social studies material presented. Innovative and effective learning media are needed to attract and assist students in improving cognitive abilities and a sense of patriotism. Based on this, this study aims to describe love and differences in cognitive abilities and a sense of homeland before and before using digital picture card media. This study uses research and development methods or Education Research and Development (RnD) and trial learning outcomes using pre-test and post-test. The study was conducted in the 2021/2022 academic year with 20 students as research subjects, and data collection techniques used namely observation, interviews, expert validation, student response questionnaires and learning outcomes acquisition tests. The results of the validation research on learning media have adequate validity and feasibility. The results of the media experts obtained a validity percentage of 89%, the results of the material content experts obtained an overall validity percentage of 86%, the assessment results from the fifth grade teacher or material content experts obtained a 90% validity percentage and the results of the responses or responses of students in the field achieved the overall validity percentage. 89%. Meanwhile, the students' cognitive ability pretest test got an average score of 59 while the posttest got an average score of 86.5. In the affective domain, students get an average score of 61 while the posttest gets an average score of 87. Thus, it can be said that digital picture cards can improve …
EDUKASIA: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran 4 (1), 163-172, 2023
2023 Desain Pembelajaran STEAM dengan Media Selasi untuk Peserta Didik Kelas II SD
Penelitian ini bertujuan untuk mendesain pembelajaran berbasis STEAM menggunakan media SELASI. Media SELASI ini adalah singkatan dari media seni kolase kreasi, yang mengintegrasikan beberapa mata pelajaran yaitu SBdP, Matematika, dan Bahasa Jawa. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mendeksripsikan sisi kreatif, kritis dan inovatif yang dilakukan peserta didik saat melakukan aktivitas STEAM yang dirancang. Desain aktivitas diujicobakan ke tiga kelompok siswa skala kecil dari tiga kota yang berbeda sesuai tempat tinggal pengumpul data. Data ujicoba dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data kemudian dianalisis untuk mendapatkan desain aktivitas STEAM yang sesuai untuk siswa kelas 2 SD. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa desain STEAM yang telah dibuat peneliti dapat memicu kreativitas, kekritisan dan inovasi peserta didik. Peserta didik …
Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 7 (1), 240-250, 2023
2023 Building Naturalist Intelligence through Integrated Threaded Material and Team Teaching Model
The development of multiple intelligence is an inclusive development that must be grown early. Therefore the development of teaching materials is needed by teachers as an effort to facilitate multiple intelligencess for children in early, especially in elementary school. This research can be the answer of the development needs of integrated learning materials Threaded and team teaching model to cultivate a multiple intelligence of elementary school students. The objective of this research is to produce the product of learning teaching of integrated Threaded model to grow the basic intelligence of elementary school students. This research uses a Research & Development (R&D) approach using 10 Borg & Gall stage designs which are modified according to context and implemented in 9 stages. Observation, Testing, Questionnaire Spreading, and Interview are data collection techniques used. The data analysis technique used in this study used descriptive statistical.
IConVET 2022: Proceedings of the 5th International Conference on Vocational …, 2023
2022 Pengaruh Metode Pembelajaran Inside-Outside Circle Berbasis Media Video terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V
Pendidikan melambangkan suatu jalan yang memakai beberapa cara-cara khusus maka dari itu seseorang dapat memperoleh pemahaman, pengetahuan, serta cara berperilaku sewajarnya. Pendidikan yang mampu membawa sebuah perubahan dimasa depan yaitu mampu mengembangkan potensi dalam diri peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penggunaan metode pembelajaran dengan mengaplikasikan sistem Pembelajaran Inside-Outside Circle Berbasis Media Video Terahadap. Riset yang dipakai yakni Riset Tindak kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas (PTK) di kelas V MI Internasional Sabilillah Sampang. Sebagai materi penelitian adalah siswa kelas V yang berjumlah 21 orang peserta didik terdiri dari 10 orang peserta didik laki-laki serta 11 orang peserta didik perempuan. Peserta didik kelas V pada umumnya berusia 10-11 tahun. Anak-anak ini mempunyai sifat serta gaya …
Jurnal Basicedu 6 (5), 7700-7706, 2022
2022 Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Literasi Sains Pada Siswa Sekolah Dasar: Literatur Review
Penelitianinibertujuanuntukmengetahuipenerapanmodelproblem based learning (PBL) padaliterasisainssekolahdasar. Penelitianinimenggunakanmetodologitinjauanpustakayangdilakukanberdasarkanpenelitian-penelitiansebelumnyayangrelevan. Sumber-sumberkajianpustakadidasarkanpadajurnal-jurnalpenelitiansebelumnyadenganmenggunakanpenelitianyangsamadenganfokuspadamodelpembelajaranberbasismasalah (PBL) pendidikanIPASD. Teknikpemilihanjurnalberdasarkankatakunci, tahunterbitdantujuanpenelitian. KatakunciyangdicaridiGoogleScholaradalahModelProblem Based Learning (PBL) untukLiterasiSains Siswa SDdenganmenggunakantahunterbitan2015hingga2022. PengujiandalampenelitianinibertujuanuntukmengetahuidanmenganalisismodelPBLuntukliterasisains siswa SD. Temuantersebutmeliputiartikelyangditinjauberdasarkanreferensi, metodepenelitian, danintervensi. Kesimpulanyangdicapaidalampenelitianiniadalah untuk meningkatkanliterasisainspadasiswasekolahdasar model yang diterapkan yaitu PBL, dan terbukti bahwa model PBL efektif diterapkan dalam pembelajaran untuk meningkatkan literasi sains siswa.
Jurnal Ilmiah Mandala Education 8 (4), 2022
2022 Pengembangan Media Kartu Huruf untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan pada Siswa Sekolah Dasar
Tujuan penelitian ini yakni menghasilkan kartu huruf yang valid, praktis dan efektif digunakan untuk membaca permulaan. Jenis penelitian yang digunakan yakni pengembangan model ASSURE (1)(Analyze Learners);(2)(States Objectives);(3)(Select Methods, Media, and Ingredient),(4)(Utilize Mediaand Ingredient);(5)(Require Learner Participation);(6)(Evaluate and Revise). Penelitian ini menggunakan instrumen berupa angket, tes serta dokumentasi penelitian. Teknik penelitian yang digunakan untuk menganalisis data yakni kuantitatif deskriptif. Hasil data penelitian diperoleh fakta bahwa kartu huruf yang dikembangkan peneliti dinyatakan sangat valid dengan presentase sebesar 89% pada validator media dan 85, 21% validator ahli materi. Selain itu juga kualitas kartu huruf memperoleh respon dengan presentase sebesar 90, 4% yang masuk pada kategori sangat layak. Hasil uji coba menunjukkan bahwa kartu huruf sangat layak digunakan karena telah memenuhi kriteria peningkatan kemampuan membaca permulaan siswa yakni dengan hasil NGain Score didapatkan hasil presentase sebesar 73.88% di kelas IIB dan 64.79 di kelas IIC. Oleh karena itu, kartu huruf yang dikembangkan peneliti sudah masuk pada kategori valid, praktis dan efektif diterapkan di kelas IIB dan IIC SD GMIT 01 Kalabahi Kabupaten Alor.
Jurnal Basicedu 6 (5), 8992-9006, 2022
2022 Development of Kidung Jula-Juli as a media for children's literacy
Kidung Jula-Juli is known as a sustainable art in East Java which has its own uniqueness. This uniqueness becomes a cultural value to be introduced to students. Kidungan Jula-Juli is a song development reseach with good messages from local wisdom. This research was conducted with a qualitative type of R&D (Research and Development) from the use of the ADDIE flow which has 5 steps (analyst, design, development, implementation, evaluation). Data collection techniques were obtained from the needs of observations and questionnaires The results of the research material show that experts accumulated a score of 5 while linguists formed a score of 4,386. Questionnaire responses from teachers and students were conducted by two schools consisting of 2 classes, each involving 4 teachers and 139 students. From 13 assessed aspects, it is safe to indicate that media literacy is very good. Kidung Jula-Juli …
Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran 12 (2), 174-186, 2022
2022 Pengembangan Big Book Berbasis Kearifan Lokal Untuk Pembelajaran Membaca Permulaan Di Sd
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan pengembangan media big book berbasis kearifan lokal terhadap pembelajaran membaca permulaan pada siswa kelas I SD. Penelitian ini menggunakan metode literature review yang berfokus pada penggunaan literatur pada jurnal-jurnal penelitian serupa dengan menggunakan pendekatan penelitian pengembangan (Research and Development/R&D). Berdasarkan literature review, diperoleh hasil penelitian berupa kesimpulan bahwa setiap penelitian yang menggunakan media big book menunjukkan keefektifan dari media tersebut ketika digunakan pada pembelajaran membaca permulaan untuk siswa di kelas rendah. Media big book membuat pembelajaran lebih dekat dengan siswa, menyenangkan dan bermakna. Media ini sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan siswa kelas I SD dan meningkatkan keterampilan membaca pada siswa yang dibuktikan dengan adanya respon positif dalam hasil belajar siswa dalam memahami sebuah informasi.
Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil …, 2022
2022 Penerapan Model Pembelajaran Untuk Meningkatan Literasi Baca Tulis: Literature Review
Rendahnya minat baca siswa di Indonesia juga seiring dengan rendahnya minat menulis. Minat membaca dan menulis sejatinya merupakan pondasi bagi seseorang agar bisa meningkatkan kemampuan literasinya. Minat membaca dan menulis sejatinya merupakan pondasi bagi seseorang agar bisa meningkatkan kemampuan literasinya. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peneran model pembelajaran yang dapat diterapkan untuk meningkatkan literasi baca tulis. Jenis penelitian menggunakan penelitian kualitatif dengan metode studi kepustakaan (literature review). Teknik pemilihan kepustakaan berdasarkan kata kunci model pembelajaran terhadap literasi baca tulis. Kepustakaan berasal dari hasil penelitian yang didapatkan pada laman google scholar dengan batas publikasi 15 tahun terakhir. Teknik studi kepustakaan menggunakan matriks sintetis berdasarkan sumber rujukan, jenis sampel, metode, intervensi, dan hasil temuan. Kesimpulan yang didapatkan bahwa penerapan model pemebelajaran yang dapat meningkatkan literasi baca tulis adalah dapat dilakukan menggunakan metode pembelajaran.
Pionir: Jurnal Pendidikan 11 (2), 2022