Publikasi S2 Pendidikan Luar Sekolah
| | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
Year | Title | Description | Publisher | Author(s) |
---|---|---|---|---|
2021 | Proses Rehabilitasi Pada Panti Sosial Bina Remaja Taruna Jaya 1 Tebet Jakarta Selatan | Masalah anak yang terlantar khususnya usia remaja semakin meningkat seiring dengan belum pulihnya kondisi perekonomian Indonesia. Berbagai program telah dilakukan, baik itu pada keluarganya, masyarakat ataupun program penanganan remaja bermasalah di panti sosial. Kelemahan dari tiap program tersebut dapat disimpulkan karena memiliki sifat uji coba yaitu keberadaannya tidak berlangsung lama sehingga tidak dapat dipertahankan, namun kelebihannya pada keluarga dan juga masyarakat yaitu mereka tidak hanya sebagai subyek dalam proses penanganan tetapi juga sebagai obyek pada program di masalah tersebut. Sedangkan kelebihan program untuk remaja yang bermasalah di panti sosial yaitu program tersebut tetap bertahan hingga saat ini karena dikelola langsung oleh Pemerintah Daerah khususnya DKI Jakarta, dimana lokasi penelitian dilakukan di Panti Sosial Bina Remaja Taruna Jaya 1 Tebet Jakarta Selatan yang beralamatkan di Jalan Tebet Barat Raya Nomor 100 Tebet Jakarta Selatan. Tujuan Penelitian ialah untuk mengkaji proses rehabilitasi sosial atau pembinaan yang ada, dan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi keberhasilan dari pembinaan sosial, serta hasil dari pembinaan yang ada di Panti Sosial tersebut. Jenis penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan metode pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa proses rehabilitasi sosial telah dilaksanakan secara terencana, terpadu dan menyeluruh sesuai dengan beberapa langkah kegiatan dan sasaran yang diharapkan dapat … |
JPUS: Jurnal Pendidikan Untuk Semua 5 (1), 1-11, 2021 | |
2021 | Pengembangan LKPD berbasis “Problem Solving” untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada materi dinamika kependudukan di Indonesia | Dalam proses pembelajaran guru menggunakan bahan ajar yang sangat beraneka ragam. Salah satu contoh bahan ajar yang guru gunakan dalam proses belajar mengajar adalah Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Kebanyakan guru di sekolah masih menggunakan LKPD dari penerbit, atau LKPD yang dibuat oleh tim MGMP tapi masih belum memenuhi tuntutan kurikulum yang terbaru Abad 21. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan, kepraktikan dan keefektifan LKPD berbasis “Problem Solving” untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini, penelitian Kuantitatif dengan jenis penelitian pengembangan (development research) yang mengacu pada metode penelitian Research and Development (R & D). Desain uji coba LKPD menggunakan “One group pre test postets” pada desain ini terdapat pretest–post-test design, terdapat pretest sebelum diberi perlakuan, dan hasil perlakuan dapat diketahui dengan lebih akurat, karena dapat membandingkan dengan keadaan sebelumnya. Hasil pembahasan menunjukkan bahwa Tingkat kevalidan LKPD berdasakan hasil validasi para validator membuktikan LKPD berbasis “Problem Solving” berada dalam rentang 3, 3–4, 0 dengan kategori sangat valid dan valid. Tingkat kepraktisan LKDP diukur dari hasil pengamatan keterlaksanaan pembelajaran dan respon peserta didik menunjukkan persentase keterlaksanaan pembelajaran setiap aspek dalam RPP pertemuan I dan II sebesar 73%-100%. Tingkat keefektifan LKPD diukur dari hasil analisis ketrampilan berpikir kritis peserta didik dan pengusaan konsep peserta didik, berdasarkan hasil uji t berpasangan terhadap … |
Jurnal Education and Development 9 (1), 285-285, 2021 | |
2021 | The effect of learning motivation on learning independence and learning outcomes of students in the package c equivalence program | The purposes of this research are (1) Knowing the effect of learning motivation on the learning independence of students in the Package C Equivalence Program in;(2) Knowing the effect of learning motivation on student learning outcomes of the Package C Equivalence Program students. This research uses quantitative research with correlational methods. The number of research samples was 120 students. There are two variables in this research, namely the independent variable and the dependent variable. The independent variable is the treatment of this study, namely learning motivation. The dependent variable is learning independence and learning outcomes. The data collection techniques used were questionnaires and tests. Questionnaires are used to determine the results of learning motivation and learning independence, while tests are used to determine learning outcomes. Hypothesis test data analysis technique is simple linear regression analysis. The results and analysis of research data were obtained as follows:(1) There was an effect of learning motivation on the learning independence of students in the Package C Equality Program. |
IJORER: International Journal of Recent Educational Research 2 (4), 455-467, 2021 | |
2021 | Sinergi antara Orang Tua dan Pendidik dalam Pendampingan Belajar Anak selama Pandemi Covid-19 | Banyak orang tua beranggapan tanggung jawab pendidikan ada pada pendidik dimasa pandemi saat ini, sehingga orang tua tidak mau ikut bersinergi dengan pendidik. Tujuan dari penelitian ini, yaitu mendeskripsikan sinergi orang tua dengan pendidik di Kelompok Bermain (KB) Kuncup Harapan Kota Baru Driyorejo Gresik dalam mendampingi belajar anak selama masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian pendidik dan orang tua KB Kuncup Harapan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara terstuktur dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan Miles dan Hubermen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat sinergi orang tua dengan pendidik KB Kuncup Harapan dalam pendampingan belajar anak usia dini. KB Kuncup Harapan memiliki program parenting, sebab peran orang tua sebagai demonstraktor, modelling, mentoring, organizing yang berkaitan dengan peran pendidik sebagai motivator, mediator, fasilitator dan evaluator. Bentuk kegiatan parenting KB Kuncup Harapan selama pandemi Covid-19, yaitu keterlibatan belajar di rumah, komunikasi, volunteer, dan pengambilan keputusan pendidikan anak. |
Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6 (2), 1054-1069, 2021 | |
2021 | Strategi Pemberdayaan Masyarakat Pelaku UMKM Di Masa Pandemi Covid-19 | Pelaku UMKM mengalami penurunan pendapatan dengan adanya pandemi Covid-19. Penurunan daya beli konsumen dari sektor pemasaran tradisional dengan penutupan sektor pariwisata merupakan tantangan pelaku UMKM dalam menjalankan produksi usaha. Peluang pelaku UMKM untuk bertahan di masa pandemi adalah dengan memaksimalkan penjualan di pasar Online. Pemberdayaan masyarakat pelaku UMKM dalam mencoba pasar Online perlu dilakukan atau pilihan lain dengan memberdayakan pelaku UMKM pada produk yang paling dibutuhkan di masa pandemi seperti, masker dan hand sanitizer. Tujuan penelitian untuk mendapatkan model pemberdayaan yang paling dibutuhkan pelaku UMKM di masa pandemi covid-19. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode wawancara dan observasi. 18 Sampel pelaku UMKM berasal dari kabupaten Kediri dengan stratified random sampling. Tahap analisis data dimulai dari koleksi, reduksi, display, verifikasi, dan simpulan. Keabsahan data menggunakan kredibilitas, member check, dependabilitas, konfirmabilitas, dan transferabilitas. Hasil penelitian menggambarkan bahwa beberapa kendala yang dialami pelaku UMKM kabupaten Kediri terletak pada proses pemasaran produk, sehingga strategi pemberdayaan yang paling dibutuhkan para pelaku UMKM adalah pemberdayaan pemasaran produk secara online melalui platform market digital dan dapat melalui strategi pemberdayaan inovasi produk UMKM untuk beralih pada produk yang paling dibutuhkan (masker, hand sanitizer). |
Jurnal Pendidikan Nonformal 16 (1), 12-20, 2021 | |
2021 | Virtual Learning in English Course at LKP Mahesa Institute Kampung Inggris Pare Kediri | This study aims at describing virtual learning in English courses at LKP Mahesa Institute Kampung English Pare Kediri. This study employs a quantitative research design. The population and sample included 100 people with the ones taking courses at LKP Mahesa Institute Kampung Inggris Pare Kediri as the research subjects. The sampling technique used in this research is total sampling. The data were analysed using descriptive statistics in the form of percentages. The overall research results show that virtual learning with the approach of creating and sharing interactive content in English courses is categorized good with a percentage of 78.42%. These results are supported by the suitability of the results in each of the sub-variables, namely teaching quality, teaching level, incentive, and time. In this case, virtual learning with the approach of creating and sharing interactive content in English courses is quite effective. Therefore, this learning system is expected to be one of the new approaches that can be applied in English courses, especially during the Covid-19 pandemic which applies distance learning. |
JPPM (Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat) 8 (2), 2021 | |
2021 | KESIAPAN WARGA BELAJAR PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT (PKBM) HIDAYAH KOTA PROBOLINGGO PADA LITERASI DIGITAL | Tujuan dari pengabdian yang dilakukan adalah untuk menyetarakan dan memberikan pemahaman mengenai literasi digital kepada warga belajar di PKBM Hidayah. PKBM Hidayah merupakan salah satu pusat kegiatan belajar masyarakat yang cukup eksis di Kota Probolinggo sesuai dengan kebutuhan masyarakat pada pembelajaran kesetaraan dan pembelajaran sepanjang hayat. Metode yang digunakan adalah melakukan seminar sebagai ceramah dan praktik sebagai implementasi dari pembelajaran yang dilakukan. Pelaksanaan pengabdian mulai dari proses identifikasi yang dilaksanakan selama 8 bulan mulai pada bulan mei, pelaksanaan pelatihan dilaksanakan di bulan oktober. Program pengabdian ini sebagai bentuk pengabdian pada masyarakat di bidang pendidikan dan teknologi untuk pembelajaran sepanjang hayat. Pengabdian ini bertujuan agar warga belajar di PKBM Hidayah tidak kesulitan dalam mejalankan kegiatan yang bersifat elektronik dalam jaringan (daring). Hasil pengerjaan kuis yang di lakukan oleh warga belajar ada 45 butir yang yang harus di kerjakan, dari 45 butir soal tersebut tingkat akurasi dari butir soal yang di kerjakan berkisar di angka 82%, dari angka tersebut tidak terlalu mengecewakan untuk kategori pemula yang pesertanya memang berasal dari berbagai latar pekerjaan dan sebagai peserta didik dari pendidikan kesetaraan. |
Transformasi dan Inovasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat 1 (2), 2021 | |
2021 | Buku Ajar Peran Komunitas Kelompok belajar Giri Mulya Untuk Peningkatan Keberdayaan Masyarakat Desa Munggugebang | (2) Setiap Orang yang dengan tanpa hak dan/atau tanpa izin Pencipta atau pemegang Hak Cipta melakukan pelanggaran hak ekonomi Pencipta sebagaimana dimaksud dalam Pasal 9 ayat (1) huruf c, huruf d, huruf f, dan/atau huruf h untuk Penggunaan Secara Komersial dipidana dengan pidana penjara paling lama 3 (tiga) tahun dan/atau pidana denda paling banyak Rp500. 000.000, 00 (lima ratus juta rupiah).(3) Setiap Orang yang dengan tanpa hak dan/atau tanpa izin Pencipta atau pemegang Hak Cipta melakukan pelanggaran hak ekonomi Pencipta sebagaimana dimaksud dalam Pasal 9 ayat (1) huruf a, huruf b, huruf e, dan/atau huruf g untuk Penggunaan Secara Komersial dipidana dengan pidana penjara paling lama 4 (empat) tahun dan/atau pidana denda paling banyak Rp1. 000.000. 000, 00 (satu miliar rupiah). |
Bayfa Cendekia Indonesia, 2021 | |
2021 | Learning Society in Accelerating the Increase of English Understanding and Communicating at Mahesa Putri English Camp | Camp is one form of non-formal education that is used as a place to live while undergoing language courses. This study is generally aimed at determining the learning society in accelerating the improvement of understanding skills and communication skills in a camp-based English course for students in Mahesa Putri Camp in English Village. The purpose of this study is to determine the role of camp as an enhancer of understanding ability, and the role of camp as an acceleration of communication patterns. The research method used is descriptive qualitative which describes something objectively, based on data analysis conducted at the time of data collection and after data collection. Data collection techniques used were observation, interviews and documentation. In this study, the subjects of the study were managers, tutors and students at Mahesa Putri Camp English Village Pare, Kediri. From the results of the study, it was found that the students experienced an increase in understanding of learning and motivation from activities in the campThe importance of this research to provide and understanding of the existence of camp provides an acceleration in learning english. |
Journal of Nonformal Education 7 (1), 39-46, 2021 | |
2021 | Self-Management Strategies Bagi Santri Di Sma Tebuireng Jombang | Usia remaja merupakan tahapan awal dimana anak harus belajar mengambil keputusan dalam mempersiapkan masa depannya. Namun, muncul permasalahan yang kerapkali dialami peserta didik kelas XII ialah: kebingungan, keraguan, dan kurangnya informasi mengenai jurusan yang berkaitan dengan tujuan karir masa depannya. Berdasarkan problematika tersebut solusi yang tepat ialah berupa pengelolaan strategi self-management guna membantu peserta didik kelas XII dalam mengelola dan mengenali dirinya. Tujuan dilakukan strategi manajemen diri ini ialah membantu memanajemen diri, memahami dan membantu mengelola diri, mengelola karir, studi lanjut, dan membantu dalam memecahkan masalah dalam fase sekolah puncak menuju perencanaan masa depan. Lokasi penelitian bertempat di SMA Trensains Tebuireng Jombang Jawa Timur. Metode yang digunakan ialah partisipasi aktif, di … |
Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat 2 (3), 1087-1095, 2021 |