Publikasi Fakultas Ilmu Pendidikan

Year Title Description Publisher Author(s)
2003 Peran Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Proses Penciptaan Pengetahuan sebagai Intangible Asset di Perusahaan
In an era of globalization, most companies face mounting pressure from their boards and from capital markets to add value. Although executives have become shopisticated in their understanding of what it to achieve competitive adventage, lntengible asset will be basis for company to get it, through creating knowledge. This effort has focused on employee performance as a knowledge creator, and sustainability of learning process. Keywords: knowledge, intangible asset, human capital
Jurnal Penelitian Inovasi, 17815, 2003
2003 Bentuk modeling dalam keluarga wanita karier di kota Surabaya: laporan penelitian
Departemen Pendidikan Nasional, Republik Indonesia, Universitas Negeri …, 2003
2002 Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV Di Sdn Tembok Dukuh IV/86 Surabaya
Pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) pada mata pelajaran IPA mempunyai arti penting dalam membangun kompetensi peserta didik. Pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) lebih menekankan pada keterlibatan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran, sehingga siswa dapat memperoleh pengalaman langsung dan terlatih untuk dapat menemukan sendiri pengetahuan dan pengalamannya sesuai yang dipelajarinya. Pada kegiatan pembelajaran aktivitas guru mengalami peningkatan dari siklus I dan siklus II. Pada siklus I aktivitas guru mencapai 63, 7% dan pada siklus II aktivitas guru mencapai 88, 5%. Sedangkan aktivitas siswa pada siklus I mencapai 63% dan siklus II aktivitas siswa mencapai 85%. Data hasil tes siswa pada siklus I mencapai 66, 7% dan pada siklus II mencapai 86, 7%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Tembok dukuh IV/86 Surabaya. Penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru dan aktivitas siswa serta hasil tes siswa mengalami peningkatan setelah diterapkan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL)
Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2 (1), 1-5, 2002
2002 Layanan bimbingan dan konseling
Surabaya: Unipress, 2002
2002 Profil Wartawati Di Sektor Media Masa Cetak Ditinjau Dari Perspektif Gender Di Kota Surabaya: Laporan Penelitian Studi Kajian Wanita
Lembaga Penelitian, Universitas Negeri Surabaya, 2002
2002 Pengembangan bahan pembelajaran berbantuan komputer untuk memfasilitasi belajar mandiri dalam mata kuliah desain pesan pada program S-1 Teknologi Pendidikan Universitas Negeri …
Tesis: UNS, 2002
2002 PERUBAHAN PERILAKU KEBERSIHAN DIRI PASCA PELATIHAN MOTORIK HALUS: Studi terhadap anak tuna grahita sedang di SLB/C Dharma Wanita Lebo Sidoarjo
Sampai saat ini anak tunagrahita sedang masih belum, dapat dimaksimalkan kegiatannya, apabila anak tidak diberikan bimbingan dan latihan latihan secara terus menerus. Anak tunagrahita sedang adalah anak yang mempunyai kecerdasan dibawah normal atau disebut juga anak embisil dengan intelegensi antara 30 - 50. Anak tunagrahita sedang tidak mampu dididik, tetapi hanya mampu dilatih ketrampilan sederhana untuk mengurus dirinya sendiri. Pelatihan motorik halus diberikan dengan tujuan untuk melatih koordinasi motorik halus atau melemaskan otot otot tangan yang kaku. Akibat dari kekakuan otot otot tangan yang dialami anak tunagrahita sedang, menyebabkan rendahnya kebersihan diri rnereka, terutama pada mencuci tangan dan menggosok gigi. Pelatihan motorik halus merupakan proses pelatihan anak tunagrahita sedang dalam upaya meningkatkan pelemasan otot otot tangannya, sehingga melalui pelatihan motorik halus ini, diharapkan anak tunagrahita sedang mampu meningkatkan kebersihan dirinya, terutama mencuci tangan dan menggosok gigi. Jenis penelitian pra eksperimen, dengan rancangan
UNIVERSITAS AIRLANGGA, 2002
2002 Pengembangan Media Kartu Kata Bergambar untuk Pembelajaran Membaca dan Menulis Permulaan di Kelas 1 SD
Laporan Penelitian Tidak Diterbitkan. Surabaya: Lembaga Penelitian UNESA, 2002
2001 Pengaruh Bimbingan Ketrampilan Berbahasa Terhadap perkembangan Bahasa Anak Tunarungu Usia Pra–Sekolah
Tesis Program Pasca Sarjana Universitas Airlangga Surabaya, 2001
2001 Metodologi pendidikan
Jakarta: SIC, 2001