Publikasi Fakultas Ilmu Pendidikan

Year Title Description Publisher Author(s)
2018 Project Based Learning Through Hydroponic Farming to Students With Hearing Impairment
Students with hearing impairment (HI) have very little access to science concepts and some barrier to communication. Teachers should keep their faces and make sure their lips are in the line of sight of the student with HI. The research aimed was to investigate project-based learning through hydroponic farming on students with HI. The research design was one group pretest-posttest. A participant from special need schools about 30 participants students with HI. Treatment using hydroponic farming to produce vegetable from seeds. The research result shows that hydroponic farming supports teachers in implementing a project-based learning to make concrete and hands-on experiences together among students with HI. The experimental hydroponic farming to an increased capability to prepare tools and materials, interest in science, increased communication and synthesize information in meaningful ways. Product hydroponic farming suggested a very positive impact, there was a good acceptance by the community.
2nd International Conference on Education Innovation (ICEI 2018), 402-404, 2018
2018 EFEKTIVITAS PERMAINAN BOLA BASKET MODIFIKASI TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK KASAR PADA ANAK KELOMPOK B DI TK
Penelitian Pre-Experimental Design ini bertujuan untuk mengkaji ada atau tidaknya efektivitas permainan bola basket modifikasi terhadap kemampuan motorik kasar pada anak kelompok B. Populasi penelitian ini adalah anak kelompok B di TK RW XIII Gubeng Kertajaya Surabaya yang berjumlah 20. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan Wilcoxon Match Pairs Test dengan rumus Thitung< Ttabel dengan menggunakan taraf signifikan 5%. Jika Thitung lebih kecil dari pada Ttabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh Thitung= 0 dan Ttabel untuk N= 20 dengan taraf signifikan 5% adalah senilai 52, maka Thitung< Ttabel (0< 52). Berdasarkan olah data maka Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi penelitian ini dapat disimpulkan bahwa permainan bola basket modifikasi ini efektif digunakan di TK RW XIII Gubeng Kertajaya Surabaya.
Jurnal PAUD Teratai 7 (02), 2018
2018 The Blended Learning Model for Orthopedagogic of Children With Physical Disability Course
The aim of this research is to produce prototype of blended learning model product for orthopedagogic of children with physical disability course in special education department. This development research used ADDEM design (Analyze, Design, Develop, Deliver, Evaluate, and Maintenance). In this research, the prototype product of blended learning model for orthopedagogic of children with physical disability course in special education department is classified into 2 ways, that is offline in the form of textbook product, and online in the form of e-material of service process of activities of dailly living (ADL), and children with physical disability auxiliary tools programmed through virtual learning. The prototype products are produced as an effort to facilitate lectures of undergraduate students majoring in special education.
2nd International Conference on Education Innovation (ICEI 2018), 193-196, 2018
2018 Pengaruh model pembelajaran snowball throwing terhadap kemampuan keaksaraan anak kelompok b di tk dharma wanita ii unesa teratai 04 tambaksari surabaya
Penelitian kuantitatif dengan Pre-Experimental Design ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran snowball throwing terhadap kemampuan keaksaraan anak kelompok B TK Dharma Wanita II Unesa Teratai 04 Tambaksari Surabaya. Populasi penelitian ini adalah anak kelompok B dengan sampel penelitian berjumlah 15 anak kelompok B TK Dharma Wanita II Unesa Teratai 04 Tambaksari Surabaya. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan Wilcoxon Match Pairs Test dengan rumus T hitung< T tabel dan menggunakan taraf signifikan 5%. Jika T hitung< T tabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil analisis data di peroleh T hitung= 0 dan T tabel untuk N= 15 dengan taraf signifikan 5% adalah senilai 25, maka T hitung< T tabel (0< 25). Berdasarkan hasil analisis data tersebut, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran snowball throwing memberikan pengaruh terhadap kemampuan keaksaraan anak kelompok B TK Dharma Wanita II Unesa Teratai 04 Tambaksari Surabaya.
Jurnal Paud Teratai 7 (01), 1-6, 2018
2018 Language Edutainment Model In Reading Skill Based On Macapat Song For Blind Student
The purpose of this research is to examine the effectiveness of language edutainment model of blind student in reading skill which is based on macapat song. This research is research and development (R&D). The findings or phenomena in the field of small scale experiment are: 1) macapat song is difficult to pronounce, 2) it is difficult to remember the intonation, 3) it is not a common song, 4) it is rare to hear, and 5) it is difficult to learn the lyric. The direction of small scale basic experiment had been revised into learning innovation strategy. It is conducted by improving gamelan orchestra from pelog into gerongan. On the other hand, the big scale experiment of 10 blind students shows that 7 of them have excellent predicate, 1 student with enough, and 2 with minus predicate. It means that the effectiveness experiment of language edutainment shows the pleasing, inspiring, challenging, and motivating for blind learning of disabled student at junior high school.
2nd International Conference on Education Innovation (ICEI 2018), 553-557, 2018
2018 Pengaruh keterampilan dasar menganyam enceng gondok terhadap kemampuan motorik halus anak usia 5-6 tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 03 Kadet Suwoko Lamongan
Penelitian Pre-Experimental Design ini bertujuan untuk mengkaji ada atau tidaknya pengaruh keterampilan dasar menganyam enceng gondok terhadap kemampuan motorik halus anak usia 5-6 tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 03 Kadet Suwoko Lamongan. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 03 Kadet Suwoko Lamongan berjumlah 15 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan Wilcoxon Match Pairs Test dengan rumus Thitung< Ttabel dengan menggunakan taraf signifikan 5%. Jika Thitung< Ttabel, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh Thitung= 0 dan Ttabel untuk N= 15 dengan taraf signifikan 5% diperoleh sebesar 25, maka Thitung< Ttabel (0< 25). Berdasarkan pengolahan data maka, H0 ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan keterampilan dasar menganyam enceng gondok berpengaruh terhadap kemampuan motorik halus anak kelompok B di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 03 Kadet Suwoko Lamongan.
Jurnal PAUD Teratai 7 (01), 2018
2017 HUBUNGAN LINGKUNGAN KERJA DAN MOTIVASI KERJA DENGAN KINERJA PAMONG BELAJAR DI BP-PAUD DAN DIKMAS JAWA TIMUR
Kebutuhan akan kualitas sumber daya manusia yang semakin meningkat merupakan tuntutan yang tidak dapat ditunda lagi. Peningkatan mutu sumber daya manusia (PNS) menjadi prioritas utama. Pemerintah telah melakukan berbagai program peningkatan, peningkatan kompetensi pendidik PNF (pamong belajar) dirasakan belum optimal terutama dalam upaya peningkatan mutu atau Kinerja kerjanya. Permasalahan yang ada yaitu menurunnya kinerja pegawai (pamog belajar) setiap tahunnya, didasarkan hasil data ang diperoleh peneliti saat melakukan studi obeservasi. Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan dan menganalisis (1) seberapa besar hubungan antara lingkungan dengan kinerja Pamong Belajar (2) seberapa besar motivasi kerja dengan kinerja pamong belajar (3) kontribusi secara simultan antara lingkungan kerja dan motivasi kerja dengan kinerja pamong di BP-PAUD dan DIKMAS kota Surabaya Jawa timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional dan regresi multiple/berganda, dengan taraf signifikasi 5% untuk mengetahui terdapat hubungan antar variabel. Karena dalam penilitian ini memiliki lebih dari dua variabel. Proses pengambilan data dilakukan dengan angket,
JPUS: Jurnal Pendidikan Untuk Semua 1 (1), 8-14, 2017
2017 South line and social economic change
Development in improving services and community welfare. The construction of the southern lane is used as an icon to open isolated areas. Alternate path from the north path is very solid. What is the impact of the development of the southern path to socio-economic changes. Qualitative approach, data collected by survey, observation and interview, and qualitative analysis. The results of the research that the positive impact: changes in mindset, work patterns, high spirited society, grow tourism objects and open economic enterprises along the path. Negative impact: there are minder behavior, accident-prone areas, garbage dumps, and renewable areas.
Proceeding the International Conference on Education Innovation 1 (1), 356-359, 2017
2017 Program Pasuruan sebagai Kota Layak Anak (Studi Kasus Penguatan Hak Anak sebagai Wujud Pembangunan Daerah)
ABSTRAK Widyaswari Monica. 2017. Program Pasuruan Sebagai Kota Layak Anak (Studi Kasus Penguatan Hak Anak Sebagai Wujud Pembangunan Daerah). Skripsi. Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Umi Dayati M.Pd. (II) Dr. Hardika M.Pd. Kata Kunci KLA (Kota Layak Anak) pembangunan daerah Kota Pasuruan KLA (Kota Layak Anak) adalah sistem pembangunan daerah melalui pengintegrasian komitmen dan sumberdaya pemerintah masyarakat dan dunia usaha yang terencana secara menyeluruh dan berkelanjutan dalam kebijakan program dan kegiatan untuk menjamin terpenuhinya hak anak. Dalam hal ini pengasuhan untuk memenuhi hak anak tidak hanya didukung dari pihak orangtua dan keluarga namun diperlukan dukungan dari pihak pemerintah dan masyarakat untuk diakomodir oleh kota. Berkaitan dengan hal ini maka peneliti melakukan penelitian terkait program KLA di Kota Pasuruan. Kota Pasuruan menjadi setting penelitian sebab telah mengembangkan kota layak anak sejak tahun 2011. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan terkait pengelolaan program KLA di Kota Pasuruan dan bentuk-bentuk program KLA sebagai wujud pembangunan daerah di Kota Pasuruan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Dalam hal ini peneliti adalah instrumen utama. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara observasi dan studi dokumen. Kegiatan analisis data dimulai dari tahap pengumpulan data reduksi data penyajian data hingga …
Universitas Negeri Malang, 2017
2017 Pengaruh Model Pembelajaran Sentra Bahan Alam Terhadap Kemampuan Sains dan Berbicara Anak Kelompok B di Taman Kanak-kanak
Penelitian ini bertujuan untuk menguji (1) pengaruh model pembelajaran sentra bahan alam terhadap kemampuan sains anak kelompok B,(2) pengaruh model pembelajaran sentra bahan alam terhadap kemampuan berbicara anak kelompok B,(3) pengaruh model pembelajaran sentra bahan alam terhadap kemampuan sains dan kemampuan berbicara anak kelompok B. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian eksperimen semu Nonequivalent Control Group Design. Penelitian dilaksanakan pada kelompok B di TK PGRI 3 Pandaan dan TK PKK V Pandaan dengan kelompok eksperimen yang berjumlah 44 anak dan kelompok kontrol berjumlah 40 anak. Data penelitian dikumpulkan dengan metode observasi, dokumentasi dan pedoman observasi digunakan untuk mengumpulkan data tentang kemampuan sains dan berbicara. Analisis data menggunakan uji statistik ANOVA dan MANOVA dengan bantuan SPSS 21.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh model pembelajaran sentra bahan alam terhadap kemampuan sains, hal ini terbukti dari hasil uji ANOVA yang menunjukkan nilai Fhitung sebesar 163,661 dengan nilai sig. 0,000 yang lebih kecil dari 0, 05.(2)
Jurnal Pendidikan Usia Dini 11 (1), 181-200, 2017