Publikasi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Year Title Description Publisher Author(s)
2013 Pengembangan Media Travel Game untuk Pembelajaran Perkalian dan Pembagian Bilangan Pecahan Matematika SD Kelas V
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media travel game sehingga diketahui:(1) kelayakan media travel game untuk pembelajaran matematika kelas V SD materi perkalian dan pembagian bilangan pecahan,(2) keefektivan penerapan media travel game untuk pembelajaran matematika kelas V SD materi perkalian dan pembagian bilangan pecahan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Research and Development (R&D) adaptasi Dick and Carey. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas V SD N Lempuyangan I Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan lembar validasi ahli, lembar komentar siswa, lembar observasi guru, dan tes. Data dari instrumen dianalisis menggunakan analisis deskriptif skala lima dan analisis Uji T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media travel game layak digunakan untuk pembelajaran matematika kelas V SD materi perkalian dan pembagian bilangan pecahan. Hasil kelayakan media travel game oleh ahli materi, media dan praktisi mendapatkan penilaian “baik”. Hasil kelayakan media travel game oleh siswa dalam tahap one to one evaluation mendapatkan penilaian “baik”, tahap small group evaluation mendapatkan penilaian “baik”, dan tahap field evaluation mendapatkan penilaian “baik sekali”. Media travel game efektif digunakan untuk pembelajaran matematika kelas V SD materi perkalian dan pembagian bilangan pecahan dengan perolehan hasil t hitung=-9,764. Kata kunci: pengembangan, media travel game, matematika
Jurnal Prima Edukasia 1 (2), 135-146, 2013
2013 Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Media Audio Visual Berbentuk CD Interaktif Mata Pelajaran IPS di Sekolah Dasar
Penelitian ini berawal dari berdasarkan hasil refleksi diri terhadap proses pembelajaran IPS yang berlangsung di kelas IV SDN Wonorejo IV/315 ada permasalahan yaitu rendahnya hasil belajar siswa dikarenakan kurang minatnya siswa pada materi yang disampaikan guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa terhadap pembelajaran IPS dengan menggunakan media audio visual CD interaktif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi dan tes. Aktivitas guru mengalami peningkatan, pada siklus 1 yaitu 66, 78% dan pada siklus II 85%. Aktivitas siswa mengalami peningkatan, pada siklus 1 yaitu 68, 22% dan pada siklus II 87, 5%. Hasil belajar siswa aspek kognitif mengalami peningkatan, pada temuan awal 31, 22%, siklus I 71, 87% dan pada siklus II yaitu 87, 50%
Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 1 (2), 1-7, 2013
2013 Nanda Dini Novayanti
Penelitian ini menggunakan primary documents sebagai bahan ajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan primary documents terhadap literasi sejarah siswa kelas V SD Islam Plus Al-Azhar Mojokerto. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian Quasi Experimental Design dalam bentuk Non-equivalent Control Group Design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Teknik analisis data menggunakan uji t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan primary documents terhadap literasi sejarah siswa kelas V SD Islam Plus Al-Azhar Mojokerto. Hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan uji hipotesis t hitung 5,626> t tabel 2,030. Hasilnya menunjukkaan adanya pengaruh yang signifikan dari penggunaan primary documents terhadap literasi sejarah siswa
Education 2017, 2013
2013 PENGARUH PENERAPAN METODE ROLE PLAYING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS
Penelitian ini bertolak dari keresahan peneliti terhadap rendahnya motivasi belajar siswa dan keterampilan sosial siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Dalam interaksi pembelajaran, siswa kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran. Pembelajaran yang hanya berpusat pada guru (teacher centered) sehingga suasana pembelajaran menjadi pasif, sepi dan kurang bergairah. Atas dasar inilah, penelitian ini dilakukan untuk mengimplementasikan penggunaan metode pembelajaran bermain peran dalam pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode role playing terhadap motivasi belajar dan keterampilan sosial siswa. Adapun tujuannya adalah untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar dan keterampilan sosial siswa sebagai dampak dari penggunaan metode role playing. Metode penelitian yang …
Universitas Pendidikan Indonesia, 2013
2013 Pendidikan karakter melalui pengembangan budaya sekolah di sekolah Islam terpadu Salman Al Farisi Yogyakarta
Penanaman pendidikan karakter sejak dini merupakan harga paling mahal yang perlu dibayar oleh orang tua pada anaknya. Semua karakter yang melekat pada masa anak-anak akan menjadi karakter dan budaya yang kuat dalam sanubari anak. Sekolah Islam Terpadu (SIT) Salman Al Farisi Yogyakarta sebagai salah satu entitas masyarakat menyelenggarakan pendidikan dasar. Metode yang dikembangkan dalam pendidikan karakter adalah melalui penumbuhan budaya sekolah. SIT Salman Al Farisi Yogyakarta melakukan penumbuhan budaya sekolah untuk mendapatkan hasil belajar pada aspek budaya yang memuaskan stakeholder. Nilai budaya yang menjadi trade mark SIT Salman Al Farisi Yogyakarta adalah integratif, produktif, kreatif dan inovatif, qudwah hasanah, kooperatif, ukhuwah, rawat, resik, rapi dan sehat, dan berorientasi mutu. Nilai budaya tersebut telah dituangkan dalam prosedur pelaksanaan sampai dengan petunjuk pelaksanaannya. Hal ini menjadikan SIT Salman Al Farisi siap mengimplementasikan nilai-nilai budaya tersebut pada semua warga sekolah dan orang tua siswa.
Jurnal Pendidikan Karakter 4 (1), 2013
2013 Pengembangan multimedia interaktif dalam pembelajaran IPS (studi empiris pada siswa kelas IV SDN Kendalrejo 02 Kecamatan Talun Kabupaten Blitar)
Kata Kunci Pengembangan Pembelajaran IPS Multimedia Interaktif Perkembangan teknologi berpengaruh dalam dunia pendidikan ditandai dengan semakin bertambahnya sekolah yang menggunakan komputer atau laptop dalam pembelajaran. Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan di SDN Kendalrejo 02 Kecamatan Talun Kabupaten Blitar ditemukan bahwa pembelajaran yang dilakukan masih mengacu pada buku teks dengan kata lain bahan ajar yang digunakan hanya buku teks. Guru belum pernah mempergunakan multimedia untuk matapelajaran IPS padahal di sekolah tersebut terdapat fasilitas multimedia. Berdasarkan angket yang diberikan pada siswa hanya7 dari 19 siswa yang menyukai pelajaran IPS. Hal ini menandakan bahwa 63% siswa kelas IV kurang menyukai pelajaran IPS. Alasan siswa kurang menyukai IPS dikarenakan materi IPS banyak membutuhkan hafalan dan siswa malas membaca sehingga siswa menganggap IPS itu sulit. Jika hal tersebut dibiarkan terus menerus tentu berdampak kurang baik dalam kaitannya dengan kualitas pembelajaran IPS. Karakteristik siswa yang menyukai pembelajaran dengan gambar- gambar permainan dan komputer menginspirasi peneliti untuk mengembangkan pembelajaran berbasis multimedia interaktif. sehingga diharapkan dari adanya pengembangan pembelajaran berbasis multimedia interaktif ini dapat menarik perhatian siswa untuk lebih aktif dan komunikatif baik dengan guru maupun sesama siswa. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk menguji kelayakan produk multimedia interaktif untuk pembelajaran IPS di Sekolah Dasar (SD …
Universitas Negeri Malang, 2013
2012 Pemanfaatan unsur seni rupa pada materi gambar ilustrasi untuk meningkatkan kreativitas siswa pada pembelajaran seni rupa di kelas IV sekolah dasar
Abstrak Bahasa Indonesia Pembelajaran seni rupa adalah komponen dalam kurikulum sekolah karena kegiatan seni memiliki orientasi ke proses dan titik untuk pemikiran kreatif. Pembelajaran seni dapat digunakan sebagai alat untuk mengembangkan kemampuan kreatif individu, sehingga seni merupakan sarana untuk tumbuh dan berkembangnya kreativitas siswa. Kreativitas adalah perilaku inovatif dan produktif yang dapat diamati melalui tindakan dan kemampuan seseorang. Salah satu cara untuk mengembangkan kreativitas adalah dengan memberikan inovasi baru dalam membuat kreasi dari guru kepada siswa dengan memanfaatkan unsur seni rupa. Unsur seni rupa merupakan bagian yang menetapkan terwujudnya penciptaan sesuatu. Unsur seni meliputi garis, bidang, bentuk, ruang, warna, tekstur, pencahayaan dan banyak orang lain yang tidak memunculkan dalam karya seni yang dapat …
Jurnal Pendidikan Wacana Pendidikan Sekolah Dasar 6 (kreativitas di sekolah …, 2012
2012 PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PBI (PROBLEM BASED INSTRUCTION) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SEKOLAH DASAR
The innovation concept in teaching social studies in elementary school, one of which has been poured in curriculum content standards of KTSP (Education Unit Level Curriculum) in 2006. One of the competencies to be developed is a thinking of problem solving skills. But in reality, these skills have not been much touched and developed. Teachers' difficulty in helping students to mastery the competencies associated with the introduction of the social problems that occur in the neighborhood of teachers in the learning process. The problems that happen in SDN Kebraon I/436 Surabaya related to this. This study uses a Class Action Research is focused on improving students' problem-solving skills through the application of learning models of PBI (Problem Based Instruction). In general, students feel challenged and declared more easily understand the material to be mastered. Data obtained in this study include the …
Paedagogia 15 (2), 2012
2012 Optimalisasi Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Melalui Sentra Main Peran Taman Kanak-Kanak Padang
Masih kurangnya pengenalan nilai-nilai pendidikan karakter dan masih belum optimalnya pembelajaran nilai-nilai pendidikan karakter anak usia dini, inilah yang melatarbelakangi penelitian ini. Salah satu upaya untuk mengoptimalkan pendidikan karakter anak usia dini, melalui bermain peran. Bertujuan untuk mengoptimalisasikan pendidikan karakter anak usia dini melalui sentra main peran. Jenis penelitian ini tindakan kelas dengan subjek 10 anak. Penelitian dilakukan dalam dua siklus. Dapat disimpulkan bahwa dari siklus I ke siklus II nilai-nilai karakter anak mengalami peningkatan yang cukup berarti. Hal ini membuktikan bahwa melalui sentra main peran pendidikan karakter anak di Taman Kanak-kanak Citra Al Madina Padang, menjadi meningkat.
Jurnal Ilmiah Pesona PAUD 1 (2), 2012
2011 Teori dan Implementasi Model-Model Pembelajaran Inovatif
Surabaya: UNESA, 2011