Publikasi Fakultas Ilmu Pendidikan

Year Title Description Publisher Author(s)
2021 Tutorial Keterampilan Vokasi Tanaman Buah Dalam Pot Dengan Aplikasi Google Drive Dan Jaws Bagi Anak Tunanetra
Keterampilan vokasi sangat penting bagi siswa tunanetra yang harus siap menghidupi diri sendiri di tengah-tengah masyarakat dalam kehidupan sehari-hari setelah lulus sekolah. Salah satu keterampilan vokasi yang dapat digunakan sehari-hari dan dapat dijual setiap hari dengan modal terjangkau yakni tanaman buah dalam pot (tabulampot). Untuk belajar keterampilan vokasi di era teknologi anak tunanetra tidak harus tatap muka langsung, namun dapat belajar di rumah dengan handphone atau laptop. Pembelajaran vokasi bisa diakses di rumah atau dimana saja, sehingga saat di sekolah sudah siap untuk praktik. Langkah-langkah pembuatan tabolampot ini dapat diakses dan diunduh di Google Drive dan disediakan di JAWS. Penelitian dan pengembangan ini dilaksanakan dengan model Dick & Carrey. Dihasilkan produk Tutorial Tanaman Buah dalam Pot dengan menggunakan aplikasi google Drive berorientasi JAWS bagi Siswa tunanetra menunjukkan hasil dengan kategori sangat valid karena memperoleh nilai dari ahli media 82, 3%, dari ahli ahli materi memperoleh nilai 93%, dan dari ahli PLB mendapat nilai 82% sehingga layak digunakan.
GRAB KIDS: Journal of Special Education Need 1 (1), 2021
2021 Literasi Siswa Penyandang Disabilitas Rungu di Kelas Inklusif
Siswa penyandang disabilitas rungu di kelas inklusif membutuhkan waktu untuk mengeksplorasi kegiatan membaca, menulis, dan berceritera sebagai upaya mengembangkan literasi dan menunjang keberhasilan mencapai hasil belajar yang optimal. Penulisan artikel bertujuan melakukan tinjauan mendalam hasil temuan terdahulu dan melakukan analisis diskriptif kajian literasi penyandang disabilitas rungu. Desain penelitian menggunakan literature review dengan analisis diskriptif. Penelusuran artikel melalui publikasi google, google cholar, research gate, ERIC dengan kata kunci literasi, inklusi dan penyandang disabilitas rungu dengan rentang tahun 2000 sampai dengan 2020 yang dapat diakses fulltext dengan format pdf. Artikel yang terkait dengan literasi siswa penyandang rungu di kelas inklusif ditemukan sejumlah 35 artikel, selanjutnya dikaji dan dianalisis. Hasil penelitian menggambarkan literasi di kelas inklusif ditentukan oleh keterampilan literasi siswa penyandang disabilitas rungu, strategi pembelajaran di kelas inklusif dan dukungan teknologi. Simpulan keterampilan literasi menjadi faktor kunci siswa penyandang disabilitas rungu berpartisipasi aktif di kelas inklusif.
JPI (Jurnal Pendidikan Inklusi) 4 (2), 113-125, 2021
2021 Penerapan Komunikasi Dialogis Pendamping Masyarakat Program PKH di Desa Jogomerto Kecamatan Tanjunganom Kabupaten Nganjuk
Kurangnya pendampingan pada program PKH membuat masyarakat bergantung kepada bantuan pemerintah. Begitu juga setelah bantuan diberikan, masyarakat kurang bisa mengelola keuangan dan melakukan hal menyimpang dari tujuan program PKH yang nantinya menjadi boomerang bagi pemerintah karena capaian yang diperoleh melenceng jauh dari tujuan awal yang telah ditetapkan. Adanya penelitian ini bertujuan mengetahui penerapan komunikasi dialogis dan seberapa besar pengaruhnya di Desa Jogomerto Kecamatan Tanjunganom Kabupaten Nganjuk dengan jenis penelitian kuantitatif dan responden sebanyak 30 orang yang merupakan peserta PKH. Mengingat penelitian dilakukan ditengah pandemi maka teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket dan observasi, sedangkan analisis data dilakukan dengan menggunakan regresi sederhana. Berdasarkan hasil penelitian, komunikasi dialogis pendampingan masyarakat program PKH terbukti berjalan cukup baik sesuai dengan prosedur yang ada. Komunikasi dialogis memberikan pengaruh yang cukup tinggi terhadap proses pendampingan masyarakat pada program PKH dengan persentase sebesar 60, 4% dan nilai sig. 0,000< 0, 05. Apabila komunikasi dialogis dilakukan dengan baik maka proses pendampingan masyarakat program PKH juga akan berjalan dengan baik, sebaliknya bila komunikasi dialogis dilaksanakan dengan buruk maka proses pendampingan masyarakat program PKH juga akan terhambat. Hasil dari penelitian merekomendasikan untuk memperkuat komunikasi dan keterbukaan antara peserta dan tim pendamping karena itu adalah …
JPUS: Jurnal Pendidikan Untuk Semua 5 (1), 38-47, 2021
2021 KESIAPAN WARGA BELAJAR PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT (PKBM) HIDAYAH KOTA PROBOLINGGO PADA LITERASI DIGITAL
Tujuan dari pengabdian yang dilakukan adalah untuk menyetarakan dan memberikan pemahaman mengenai literasi digital kepada warga belajar di PKBM Hidayah. PKBM Hidayah merupakan salah satu pusat kegiatan belajar masyarakat yang cukup eksis di Kota Probolinggo sesuai dengan kebutuhan masyarakat pada pembelajaran kesetaraan dan pembelajaran sepanjang hayat. Metode yang digunakan adalah melakukan seminar sebagai ceramah dan praktik sebagai implementasi dari pembelajaran yang dilakukan. Pelaksanaan pengabdian mulai dari proses identifikasi yang dilaksanakan selama 8 bulan mulai pada bulan mei, pelaksanaan pelatihan dilaksanakan di bulan oktober. Program pengabdian ini sebagai bentuk pengabdian pada masyarakat di bidang pendidikan dan teknologi untuk pembelajaran sepanjang hayat. Pengabdian ini bertujuan agar warga belajar di PKBM Hidayah tidak kesulitan dalam mejalankan kegiatan yang bersifat elektronik dalam jaringan (daring). Hasil pengerjaan kuis yang di lakukan oleh warga belajar ada 45 butir yang yang harus di kerjakan, dari 45 butir soal tersebut tingkat akurasi dari butir soal yang di kerjakan berkisar di angka 82%, dari angka tersebut tidak terlalu mengecewakan untuk kategori pemula yang pesertanya memang berasal dari berbagai latar pekerjaan dan sebagai peserta didik dari pendidikan kesetaraan.
Transformasi dan Inovasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat 1 (2), 2021
2021 Buku Ajar Peran Komunitas Kelompok belajar Giri Mulya Untuk Peningkatan Keberdayaan Masyarakat Desa Munggugebang
(2) Setiap Orang yang dengan tanpa hak dan/atau tanpa izin Pencipta atau pemegang Hak Cipta melakukan pelanggaran hak ekonomi Pencipta sebagaimana dimaksud dalam Pasal 9 ayat (1) huruf c, huruf d, huruf f, dan/atau huruf h untuk Penggunaan Secara Komersial dipidana dengan pidana penjara paling lama 3 (tiga) tahun dan/atau pidana denda paling banyak Rp500. 000.000, 00 (lima ratus juta rupiah).(3) Setiap Orang yang dengan tanpa hak dan/atau tanpa izin Pencipta atau pemegang Hak Cipta melakukan pelanggaran hak ekonomi Pencipta sebagaimana dimaksud dalam Pasal 9 ayat (1) huruf a, huruf b, huruf e, dan/atau huruf g untuk Penggunaan Secara Komersial dipidana dengan pidana penjara paling lama 4 (empat) tahun dan/atau pidana denda paling banyak Rp1. 000.000. 000, 00 (satu miliar rupiah).
Bayfa Cendekia Indonesia, 2021
2021 Adopting Peer Educator Skills: The Effectiveness of Basic Counselling Training
Adolescents are subject of the various threats of psychological problems, such as anxiety and depression. Peer educators are suggested as an effective solution to support young people’s mental health. This study aims to examine the effectiveness of basic counselling training to improve skills as a peer educator. Basic counseling training was given to the participants as intervention on a one-group pre-test and post-test quasi experiment design. The data was collected from 35 participants and analyzed statistically to compare the pre-test and post-test scores of the trainees. The result of the study shows that the training is valuable to improve the peer educators training.
The 5th International Conference on Education Innovation 2021 ( ICEI 2021 …, 2021
2021 Intervensi Musid 8-D untuk Mengurangi Kecemasan pada Mahasiswa Unesa Saat Pandemi Covid-19
Saat pandemi Covid-19, pemerintah menghimbau kepada seluruh institusi pendidikan untuk mengganti sistem pembelajaran menjadi daring. Melalui surat edaran hasil rapat koordinasi pimpinan Unesa, 13-14 Maret 2020, memutuskan untuk meniadakan kegiatan tatap muka termasuk perkuliahan hingga waktu yang belum ditentukan. Persebaran jumlah kasus Covid-19 yang cepat, perubahan seperti menipisnya stok hand sanityzer dan obat-obatan, serta maraknya berita dan hoaks mengenai Covid-19 dapat menimbulkan kecemasan pada mahasiswa Unesa. Kecemasan yang terjadi berpengaruh pada kondisi fisiologis dan psikologis sehingga dapat menurunkan imun tubuh. Sedangkan untuk menangkal virus Covid-19 yang dibutuhkan adalah kekebalan tubuh yang baik. Mahasiswa membutuhkan cara untuk mengatasi kecemasan disituasi pandemik agar imun tubuh tidak menurun. Salah satu alternatif intervensi untuk mengurangi kecemasan adalah melalui mendengarkan musik 8-D. Tujuan kegiatan ini agar kecemasan mahasiswa Unesa menurun saat pandemi covid-19. Kegiatan dilakukan dalam kelas virtual dan dilakukan selama 4 hari bertururt-turut. Partisipan sejumlah 77 orang mahasiswa (11 laki-laki dan 66 orang perempuan). Instrumen yang digunakan adalah skala kecemasan. Hasil kegiatan menunjukkan terdapat penurunan skor skala kecemasan sesudah intervensi musik 8-D sebesar 69, 2%. Ini menunjukkan bahwa intervensi musik 8-D memberikan pengaruh untuk menurunkan tingkat kecemasan pada mahasiswa Unesa yang mengalami kecemasan di saat pandemic covid-19. Intervensi music 8-D dapat dijadikan …
Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian 2021, 870-876, 2021
2021 The Relationship between Psychological Well-being and Adversity Quotient on Fresh Graduates during Coronavirus Pandemic
Psychological well-being can be recognized by the satisfaction level in the individual. The satisfaction of individuals who have become fresh graduates can be achieved by, one of many, having a job right away. However, the pandemic situation makes it difficult to get a job, so fresh graduates need the ability to face all obstacles to achieve happiness. This study aims to determine the relation between psychological well-being and the adversity quotient of 212 fresh graduates during Coronavirus. This study used the quantitative method and product-moment for the data analysis technique. The correlation coefficient obtained is 0.53, which means there is a significant relationship between psychological well-being and the adversity quotient. The higher the individual’s psychological well-being, the higher the individual’s adversity quotient. Based on the result, psychological well-being affects the adversity quotient level of fresh graduates during coronavirus pandemic and vice versa.
Proceedings of the International Joint Conference on Arts and Humanities …, 2021
2021 Inquiry-Based Learning Implementation to Improve Critical Thinking of Prospective Teachers
Teachers must possess critical thinking skills to become good facilitators in the education process to produce students with high-order thinking skills. This research aims to evaluate the implementation of the inquiry-based learning (IBL) method in improving the critical thinking (CT) skills of prospective teachers with their own learning styles. An experimental study is the research method used in this research with the matching-only pretest–posttest with a control group design. The selected participants consisted of two groups of prospective teachers, a total of 76 people with low critical thinking skills and 50 people with very low skills. The experimental group was given the IBL method, while the control group was given the problem-based learning method, which refers to the latest curriculum. Treatment is given for 8 weeks. The statistical analysis used includes Wilcoxon, Mann–Whitney, and Kruskal–Wallis followed by post hoc. The results of this study show an increase in critical thinking in both the experimental group and the control group. However, the increase in the experimental group was significantly higher than the control group. The increase in experimental group with low and very low CT group did not differ significantly. On the other hand, in the control group, the increase in CT in the low group was significantly higher than the very low group. Furthermore, the Kruskal–Wallis difference test in the experimental group based on learning styles showed that prospective teachers with converging learning styles were more able to follow the IBL method compared to other learning styles.
International Journal of Information and Education Technology, 638-645, 2021
2021 Penerapan Latihan Relaksasi Otogenik untuk Regulasi Emosi Atlet Anggar
Masa pandemic Covid-19, pemerintah menghimbau berbagai instansi olahraga temasuk Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) untuk mengganti sistem latihan bagi atletnya. KONI jawa Timur memberlakukan latihan dari rumah termasuk bagi atlet anggar. Perubahan situasi latihan membuat atlet rentan mengalami tekanan psikis dan emosi negatif sehingga perlu upaya untuk meningkatkan kemampuan regulasi emosi oleh para atlet. Salah satu intervensi untuk regulasi emosi adalah latihan relaksasi otogenik. Maka dari itu, tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan untuk membantu atlet dalam mengelola emosinya di tengah masa pandemic ini, khususnya bagi atlet anggar. Kegiatan pengabdian ini dilakukan melalui kelas virtual selama 5 hari berturut-turut. Partisipan adalah 8 orang atlet anggar (4 orang laki-laki dan 4 orang perempuan). Alat ukur untuk regulasi emosi berupa skala regulasi emosi. Hasil kegiatan pengabdian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan regulasi emosi sebesar 39, 82% pada diri atlet. Hal ini menunjukkan bahwa intervensi relaksasi otogenik mampu meningkatkan kemampuan regulasi emosi bagi atlet anggar. Relaksasi otogenik dapat dijadikan salah satu alternatif yang dilakukan atlet secara mandiri untuk meningkatkan kemamuan regulasi emosinya.
Jurnal Kontribusi. Pengabdian Kepada Masyarakat, 76-82, 2021