Publikasi S3 Pendidikan Dasar
| | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
Year | Title | Description | Publisher | Author(s) |
---|---|---|---|---|
2021 | The Impact of Online Learning Media on Student’s Learning Motivation During The Covid-19 Pandemic | In this era, technology in people's lives is growing very rapidly. This is evidenced by the development of information technology used in society. As for what is happening in the world of education, one of them is in the development of online learning media, this media is used during the current covid-19 pandemic, and this policy is used in preventing the spread of this virus among students. The purpose of this research is to find out the impact that occurs in the use of online learning media by teachers in delivering learning materials to students and helping students in carrying out their learning, especially during the covid-19 pandemic at SMP Negeri 2 Sumenep. The method used is to use quantitative approach development method that is to use T-test analysis. while in collecting the data the author uses observation methods, motivation polls, pre-test and post-test. The result that the author hopes is that by using this … |
The 8th SEA DR and the 2nd STEACH international Conference 2021, 2021 | |
2021 | MENINGKATKAN KESADARAN ANTI-BULLYING MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SOSIODRAMA PADA SISWA SMA NEGERI 1 GEDEG KELAS XI IPS | Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan teknik sosiodrama dalam meningkatkan kesadaran anti Bullying peserta didik melalui layanan bimbingan kelompok. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (Action Research), dengan 2 siklus yaitu siklus I dan 2 yang masing2 dua kali pertemuan dan di setiap pertemuan menggunakan waktu 1 kali 40 menit. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk mengetahui tingkat kesopanan peserta didik pada pelaksanaan layanan bimbingan kelompok di sekolah. Subyek penelitian adalah 10 peserta didik dari sekolah yang mempunyai permasalahan dalam perilaku sopan santunnya. Berdasarkan hasil observasi peserta didik pada siklus I dan siklus II, diketahui terjadi peningkatan kesopanan peserta didik yang termasuk kriteria baik pada pelaksanaan layanan bimbingan kelompok menggunakan teknik Sosiodrama, yaitu pada pertemuan setelah pelaksanaan siklus 1 terlihat ada perubahan perilaku peserta didik mencapai 63% yang artinya dalam menunjukkan perilaku kesopanan peserta didik dalam Kriteria Baik, dan pada pertemuan setelah siklus 2 terjadi peningkatan menjadi 76% yakni dalam criteria Baik. Dengan demikian dari hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa hipotesis penelitian tindakan yang berbunyi Penggunaan teknik Sosiodrama dapat Meningkatkan kesadaran antibullying |
MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 8 (1), 88-108, 2021 | |
2021 | Hubungan Antara Stres Akademik Dan Bullying Terhadap Tingkat School Refusal Pada Peserta Didik Kelas XI SMAN 3 Blitar | Jurnal BK Unesa 12 (2), 2021 | ||
2021 | MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA DALAM PERSPEKTIF FILSAFAT PENDIDIKAN (SEBUAH KAJIAN AKSIOLOGI) | Tujuan dari tulisan ini adalah untuk membahas tetang model pembelajaran khususnya dalam pembelajaran matematika di sekolah menengah yang ditinjau dari sudut pandang filsafat pendidikan. Rumusan masalah dalam tulisan ini yakni bagaimana model pembelajaran matematika dalam perpesktif filsafat pendidikan ditinjau dari kajian aksiologi. Tulisan ini menggunakan kajian pustaka (library research), dengan pendekatan kualitatif. Adapun hasil pembahasan tulisan ini dapat disimpulkan: 1. Penerapan model pembelajaran di sekolah bertujuan sebagai sarana bagi guru dan siswa dalam mencapai tujuan dari pembelajaran dan sebagai pedoman dalam pelaksanaan sintaks yang telah dirancang dengan tujuan agar pembelajaran menjadi terarah sampai pada tahap akhir pembelajaran. 2. Model pembelajaran sangat dibutuhkan dalam proses belajar mengajar di kelas karena dengan menerapkan model pembelajaran interaksi antara guru dan siswa menjadi bermakna artinya setiap proses yang dilakukan dalam kegiatan pembelajaran mendukung untuk tercapainya tujuan dari pembelajaran itu sendiri. 3. Penerapan model pembelajaran dapat disesuaikan dengan sintaks pembelajaran yang berhubungan dengan karakteristik siswa dan materi pelajaran dimana dari hasil penelitian yang pernah dilakukan bahwa dalam penerapan model pembelajaran yang sesuai dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam bermatematika khususnya dalam menyelesaikan masalah-masalah kontekstual |
Journal of Science and Social Research 4 (3), 291-298, 2021 | |
2021 | Studi Kepustakaan Tentang “Self Regulated Learning” | Jurnal BK UNESA 12 (1), 2021 | ||
2021 | PENGUATAN INOVASI LAYANAN BK SAAT DAN PASCA PANDEMI COVID-19 | Artikel ini bertujuan mendiskripsikan makna inovasi bagi layanan bimbingan dan konseling, cara mengembangkan inovasi, bentuk-bentuk inovasi disaat dan pasca pandemic covid 19, mengidentifikasi berbagai upaya menguatkan inovasi layanan Bimbingan dan Konseling. Penyusunan artikel ini didasarkan atas studi literatur, dan didapati bahwa, Inovasi merupakan suatu hal yang sangat penting bagi layanan BK,“inovasi atau mati”, bila BK tidak berinovasi akan ditinggalkan siswa dan tidak bermakna bagi siswa. Cara guru BK mengembangkan inovasi meliputi mempertanyakan perbaikan layanan apa yang bisa dilakukan, menciptakan Layanan BK yang menarik dan bermakna, berkolaborasi untuk menghasilkan inovasi. Bentuk inovasi ditengah pandemi diantaranya syncronus tele-guidance and counseling, materi layanan yang terbuka bisa diakses semua, tutorial self assessment, tutorial self-healing. Upaya penguatan inovasi pada layanan BK melalui regulasi, eksekusi, dan pemberdayaan. Berdasarkan kajian direkomendasikan sebagai berikut; Guru BK selalu berupaya berfikir dan berperilaku inovatif agar layanan yang dikembangkan menarik bagi siswa dan tujuan yang diinginkan dapat tercapai, baik saat pandemi maupun pasca pandemi. |
Seminar & Lokakarya Nasional Bimbingan dan Konseling 2021 PD ABKIN JATIM …, 2021 | |
2021 | Development of scale learning tools on map based on problems to improve problem solving skills | This study aims to describe the process of developing problem-based learning, analyze the results of the device development, describe student's problem solving with problem-based learning on the scale materials on the map. This research uses research and development (R&D) type, namely 4D-Model (Define, Design, Develop, and Disseminate). The developed learning tools are including; lesson plans (RPP), LKPD, and a problem-solving ability test (KPM). The results of the development of the scale learning device on the map is valid, practical and effective. The validity of the learning tools is as follows: the average RPP validation is 3.68 or 91.91% in the valid category; LKPD of 3.39 or 84.75% in the valid category; and the KPM test of 3.12 or 78% in the valid category. Therefore, based on the results of the assessment of the validator, problem-based learning tools can be used for learning activities. Practicality of learning tools: the ability of teachers to manage learning is 3.48 or the percentage of implementation is 87% with the category of good implementation; student activity in learning activities is 97.5%. Therefore, it could be claimed as effective. The effectiveness of learning tools: the percentage of changes in KPM of positive students is 75%; the increase in KPM gets an N-Gain score of 0.59 in the medium category, the completeness of percentage in classical learning is 90% thus, it could be claimed as complete, while the student response in positive learning is in an average score of 97%. Based on the results of the research on the learning device scale on the problem-based map based on good criteria which is valid, practical and … |
Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah di …, 2021 | |
2021 | Penerapan Permainan Tradisional Congklak Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kepercayaan Diri Siswa | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan permainan tradisional congklak dalam meningkatkan hasil belajar dan kepercayaan diri siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen kuasi dengan desain analisis kuantitatif. Penelitian dilakukan terhadap siswa kelas 6 UPTD SDN Gunung Kesan 2 Karang Penang, Sampang, Madura, dengan rincian kelas 6 A sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas 6 B sebagai kelompok kontrol. Penelitian dilakukan saat semester gasal tahun akademik 2021-2022. Hasil penelitian ini adalah (1)) tidak terdapat pengaruh yang signifikan pembelajaran realistik bilangan bulat dengan permainan tradisional Congklak terhadap kepercayaan diri siswa baik pada kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan perolehan nilai P-value (0,603)> 0, 05. Namun, dalam proses pembelajaran siswa kelas eksperimen lebih berani, aktif, dan semangat dalam belajar.(2) terdapat pengaruh yang signifikan pembelajaran realistik bilangan bulat dengan permainan tradisional Congklak terhadap hasil belajar siswa pada kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan diperoleh nilai P-value (0,001)< 0, 05. Berdasarkan hal itu dapat disimpulkan bahwa pembelajaran realistik bilangan bulat dengan permainan tradisional congklak hanya mampu mempengaruhi hasil belajar siswa dan tidak mempengaruhi kepercayaan diri siswa. Namun, tingkat keaktifan, keterlibatan, dan semangat siswa di kelas eksperimen yang mengunakan permainan tradisional congklak menjadi meningkat drastis dibandingkan siswa di kelas kontrol. |
Jurnal Education and Development 9 (4), 354-361, 2021 | |
2021 | Cypriot Journal of Educational Sciences | This study aimed to develop and test the acceptability and effectiveness of the psychoeducation model to decrease academic stress when learning from home (LFH). This research used a development research design, with two main objectives: developing the product and testing the effectiveness of the product. The instruments used were questionnaires on rating scales about aspects of product utility, feasibility, accuracy and also stress academic scale. Data analysis was carried out quantitatively and qualitatively. Quantitative data were analysed by descriptive statistical analysis, while qualitative data in the form of comments, suggestions and criticisms were analysed qualitatively. Based on the data analysis, it can be concluded that the psychoeducation model developed fulfils the acceptability criteria which includes utility, feasibility and accuracy. The developed psychoeducation model is effective in reducing … |
Sciences 16 (4), 1492-1502, 2021 | |
2021 | Media Words Card to Improve Reading Skills at the beginning of the First Grade Students in Primary School | This study aims to find the use of word cards to improve reading skills at the beginning by using the action class room method. Based on the results of research conducted in 2 cycles. In cycle I showed that through the Use of Word Card Media in Beginning Reading the average value of student learning outcomes obtained was 68.84 and mastery learning reached 53.85% or there were 14 students out of 27 students who had finished learning. These results indicate that in the first cycle the criteria for student learning are not yet completed, because students who score> 65 are only 68.84% smaller than the desired completeness percentage of 85%, and (2) Furthermore, the results of the study cycle II shows through the Use of Word Card Media in Reading the Beginning obtained the average value of student learning outcomes is 76.92 and mastery learning reaches 88.46% or there are 23 students out of 26 students have finished learning. These results indicate that in the second cycle classically students have finished learning, because students who score> 65 are 92.30% greater than the desired completeness percentage of 85%. |
Jurnal Basicedu 5 (2), 531-537, 2021 |