Publikasi Fakultas Ilmu Pendidikan

Year Title Description Publisher Author(s)
Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Kooperatif Berbasis Metode Sasc Untuk Keterampilan Berbicara Dan Sosial Siswa SD
Penelitian ini berdasarkan pada analisis kebutuhan yang melibatkan keterampilan berbicara siswa khususnya dalam berpendapat. Tujuan penelitian ini menjelaskan proses pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif berbasis metode SASC. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Research and Development (R&D). Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, angket, dan tes. Teknik analisis data menggunakan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai t-hitung yaitu 3,482> 2,101 pada uji coba I, dan 8,005> 2,021 pada uji coba II. Berdasarkan analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa perangkat model pembelajaran kooperatif berbasis metode SASC dapat meningkatkan keterampilan berbicara dan sosial siswa kelas V SDN Babatan IV Surabaya.
Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 5 (3), 254407, 0
OPTIMIZATION OF BLENDED LEARNING WITH OBS STUDIO ASSISTED BY DOMINO MULTIPLICATION MEDIA
The purpose of this study was to improve student learning achievement by optimizing Blended Learning with Open Broadcaster Software (OBS) assisted by Domino multiplication media for fifth grade students at the Indonesian School of Davao. The learning achievement in question is student activities and learning outcomes. This type of research is classroom action research with two cycles, each cycle is consisting one meeting. Each meeting consisting four stages, namely planning (planning), action (acting), observation (observing), and reflection (reflecting). The data analysis technique used were quantitative and qualitative analysis techniques. The results showed that student activity increased in each successive cycle obtaining a mean score of 2.97 (good): 3.18 (very good). Student learning outcomes increase in each cycle. In cycle 1 the classical completeness was 75% with an average value of 82.5. Cycle II classical completeness was 87.5% with an average value of 87.5. Cycle II data shows that classical completeness has reached the target of 85%, which was 87.5%. The conclusion of this research is that optimizing Blended Learning with Open Broadcaster Software assisted by Domino Multiplication Media can improve Learning Achievement in Grade V Mathematics Learning at the Indonesian School of Davao Philippines
Metodik Didaktik: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an 18 (1), 22-29, 0
Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Di Kelas Rendah Sekolah Dasar Pada Masa Pandemi Covid 19
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik kesulitan membaca permulaan dan faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan membaca permulaan di kelas rendah sekolah dasar pada masa pandemi Covid 19. Pelaksanaan penelitian di SDS Al Muawanah Sampang. Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik kesulitan membaca pada kelas rendah yakni terbalik dalam mengenal huruf, belum bisa mengeja suku kata, belum cakap dalam membaca huruf konsonan, belum cakap membaca huruf diftong dan digraf, dan membaca kata demi kata. Faktor-faktor penyebab kesulitan permulaan pada masa pandemi Covid 19 sebagai berikut. Pertama faktor internal seperti faktor jasmani, faktor intelektual, dan faktor psikologi. Kedua, faktor eksternal seperti lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, dan lingkungan masyarakat. Ketiga, faktor kombinasi yakni disebabkan oleh gabungan dari faktor internal dan eksternal.
Ejournal. Unesa. Ac. Id, 245-257, 0
Penerapan Model Pembelajaran Tps (Think Pair Share) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Di Sekolah Dasar
Latar belakang penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA khususnya pada siswa kelas IV SDN Suci Manyar Gresik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keterlaksanaan aktivitas guru, aktivitas siswa, respon siswa, dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA setelah penerapan model pembelajaran TPS (Think Pair Share). Penelitian ini menggunakan metode tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus penelitian. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas IV SDN Suci Manyar Gresik yang berjumlah 28 siswa, terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan. Serta teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketercapaian pembelajaran mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Aktivitas guru pada siklus I sebesar 77, 38% dan siklus II sebesar 88, 16%. Aktivitas siswa pada siklus I sebesar 75% dan sisklus II sebesar 87, 5%. Respon siswa pada siklus I sebesar 76, 99% dan siklus II sebesar 90, 07%. Serta hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 72, 53% dan siklus II sebesar 84, 57%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran TPS (Think Pair Share) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Suci Manyar Gresik serta memberikan suasana belajar yang menyenangkan dan dapat memotivasi siswa untuk aktif dalam pembelajaran.
None 6 (1), 254747, 0
Pengendalian Penduduk Melalu Metode Konstrasepsi Jangka Panjang di Propinsi Jawa Timur
Introducing contraception methods is one of the government ways to control population. In terms of its usage period, contraception can be distinguished into two; a short-acting and a long-acting methods of contraception. This research is aimed at knowing contraception method mainly used by the people in East Java, knowing the long-acting method of contraception largely used by the people in East Java, and knowing the roles of family planning field consultant in promotingcontraception method in East Java. The research usesa quantitative method. The location of the research is East Java. Research samples are 100 married men and women randomly chosen. The research findings show most women are in favor of contraceptive injection while most men prefer condom. Contraceptive injection is popular among women because of its durability. Men were not interested in using a long-acting method contraception since vasectomy was the only one contraception introduced. In this case, family planning field consultants have crucial roles in promoting contraceptive program. In the future, family planning field consultants still have great duties such as introducing the program to the society particularly to men, maintainingregular activity to publicize the program, and making use of social media to promote contraceptive program.
Jurnal Studi Perempuan ‘LENTERA” LPPM Unesa, 0
PENGARUH PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TABLE MANNERS TERHADAP KARAKTER ANAK KELOMPOK B
Penelitian kuantitatif ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kontekstual table manners terhadap karakter anak kelompok B di TK „Aisyiyah Busthanul Atfhal 39 Wringianom Gresik. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi participant dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis uji wilcoxon match pairs test. Sampel dalam penelitian ini adalah 23 anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Thitung< Ttabel (0< 73), dengan demikian Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian disimpulkan bahwa ada pengaruh pembelajaran kontekstual table manners terhadap karakter anak kelompok B di TK „Aisyiyah Busthanul Atfhal 39 Wringinanom Gresik.
Artikel PG PAUD, 0
Fostering Students' Independent Learning in Introduction to Learning Media Courses through the Use of Interactive Multimedia
The current era is entering a fast-paced and uncertain period. In that era, it has a significant impact on learning. One of the impacts is online learning. However, online learning raises various kinds of problems in its implementation. Student learning independence is one of the problems that arise and must be resolved immediately. If student learning independence cannot be appropriately handled, learning outcomes will also be affected. From the observations, independent learning in students also causes low learning outcomes obtained. Thus, interactive multimedia is here to solve the problem of independent learning in students. Interactive multimedia can help students to learn independently. Interactive multimedia does not only act as a passive means of knowledge but also can be a solution for students to understand introductory learning media courses. The development model used was the Lee & Owens …
Teknodika 20 (1), 35-47, 0
Sri, dan Murtadlo. 2007
Pendidikan Jasmani dan Olahraga Adaptif, 0
Murtadlo. 2007
Pendidikan Jasmani dan Olahraga Adaptif, 0
Pratiwi, Titin Indah. 2007
Pemahaman Individu Melalui Teknik Non Tes, 0