Publikasi Fakultas Ilmu Pendidikan

Year Title Description Publisher Author(s)
2015 Pengaruh Penggunaan Media Diorama terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V pada Tema Ekosistem di Sekolah Dasar
Salah satu permasalahan dalam pembelajaran tematik dari adanya kurikulum 2013 adalah banyak diantara siswa yang mengalami kesulitan dalam menyerap pembelajaran dan guru tidak menggunakan media dalam proses pembelajaran sehingga tidak ada sesuatu yang dapat membuat siswa tertarik dalam melakukan proses pembelajaran, sehingga hasil belajar yang diperoleh siswa kurang dari rata-rata. Dengan menggunakan media diorama dapat dimanfaatkan untuk membantu meningkatkan minat dan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa pada tema ekosistem dengan menggunakan media diorama. Metode yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu dengan desain non equivalent control group design. Data yang telah terkumpul dianalisis menggunakan teknik analisis kuantitatif. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa dengan penggunaan media diorama dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dengan demikian materi ekosistem dapat diajarkan dengan menggunakan media diorama.
Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 3 (2), 114-124, 2015
2015 Equalizing quality: The challenge of globalization
This essay is aimed to discuss one contemporary issue in relation to Indonesia. The issue being raised here is globalization and its effect on how Indonesia perceived itself as a nation. This paper will argue my position in viewing globalization as a force that seems to manifest in a blind movement that rapidly change our way of life at the cost of social justice. One example I emphasize on my paper is the impact in educational paradigm, which can be seen from some educational discourses.
Jurnal Psikologi Teori dan Terapan 6 (1), 54-59, 2015
2015 Hubungan antara self efficacy dan kreativitas dengan minat berwirausaha
The purpose of this research is to examine the correlation between self efficacy and interest in entrepreneurship, the correlation between creativity and interest in entrepreneurship and, the correleation between self efficacy and creativity with interest in entrepreneurship. This research used quantitative approach with correlation method. Scales of self efficacy, creativity and entrepreneurship were given to 82 college students of School of Psychology from four different years who were selected using random technique sampling. This research applies 5% significant level. The data were analyzed using product moment, and multiple-correlation test. The significant value from correlation between self-efficacy and interest in entrepreneurship is 0,000, with correlation index of 0.703, which means that there is a significant relationship between self-efficacy and interest in entrepreneurship. The significant value from correlation between creativity and interest in entrepreneurship is 0,008, with correlation index of 0.292. It can be concluded that there is a significant relationship between creativity and interest in entrepreneurship. The result of multiple-correlation test shows correlation coefficient between self efficacy and creativity with entrepreneurship as much as 0,757 and Fh (57, 2)> Ftabel (3,112). Therefore, it can be concluded that there is a significant correlation between self efficacy and creativity with interest in entrepreneurship.Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan self efficaccy dengan minat berwirausaha, hubungan kreativitas dengan minat berwirausaha, dan hubungan self efficaccy dan kreativitas dengan minat berwirausaha …
Jurnal Psikologi Teori dan Terapan 5 (2), 80-89, 2015
2015 BAHAN AJAR IPS SD MELALUI SASTRA ANAK BERBASIS KEUNGGULAN BUDAYA LOKAL
Penelitian ini bertujuan mengembangkan bahan ajar pendidikan IPS SD yang berorientasi moral perception pada sastra anak berbasis keunggulan budaya lokal. Penelitian tahun pertama difokuskan untuk memperoleh kualitas dan kelayakan bahan ajar untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa jurusan PGSD FIP Unesa. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research & Development (R&D) melalui rancangan 10 tahapan Borg & Gall (1983) yang dimodifikasi sesuai konteks dan dilaksanakan dalam 10 tahapan, yakni (1) survey: analisis kebutuhan & kendala,(2) reviu literatur dan produk penelitian terkait,(3) pengembangan draf (4) uji ahli,(5) uji lapangan terbatas,(6) revisi produk utama,(7) uji lapangan utama,(8) revisi produk yang telah diaplikasikan,(9) revisi produk akhir (10) desiminasi ke kancah lebih luas. Hasil penelitian menunjukan bahwa buku ajar pendidikan IPS SD yang dikembangkan sudah sesuai dengan karakteristik mahasiswa PGSD. Secara umum, komponen kelayakan isi, kebahasaan, sajian dan kegrafikan sudah dinyatakan baik. Selain itu, bahan ajar yang dikembangkan tampak sudah memuat koneksi dengan elemen-elemen pokok kurikulum 2013, injeksi muatan sastra, peguatan persepsi moral serta mengintegrasikan keunggulan budaya lokal ke dalam pembahasan bahan kajian IPS. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan bahan ajar yang dikembangkan sudah layak untuk digunakan dengan revisi kecil.
Jurnal Ilmiah PGSD 7 (1), 43-52, 2015
2015 Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Sosial terhadap Keterampilan Pemecahan Masalah Sosial Siswa di Sekolah Dasar
Penelitian ini dilaksanakan atas dasar rendahnya keterampilan pemecahan masalah sosial siswa berdasarkan pengalaman dan pengetahuan yang dimilikinya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan yang signifikan pada keterampilan pemecahan masalah sosial antara kelas yang menerapkan model pembelajaran inkuiri sosial dengan kelas yang menerapkan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif (eksperimen semu) dengan rancangan penelitian Nonequivalent Control Group Design. Hasil penelitian dengan analisis uji-t menunjukkan bahwa nilai-t hitung<-t tabel (-4,096<-2,006) dan nilai signifikasi (0,000< 0, 05), sedangkan dari uji N-Gain hasil rata-rata nilai kelas eksperimen mengalami peningkatan sebesar 0, 58 dan kelas kontrol sebesar 0, 22. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada keterampilan pemecahan masalah sosial siswa antara kelas yang menerapkan model pembelajaran inkuiri sosial dengan kelas yang menerapkan model pembelajaran konvensional.
Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 3 (2), 253676, 2015
2015 Identifikasi Penggunaan Bahan Ajar Pada Smk Kesehatan Bakti Indonesia Medika
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan bahan ajar yang digunakan pada SMK Kesehatan Bakti Indonesia Medika kelas XI pada materi senyawa hidrokarbon dan turunannya. Komponen kelayakan yang diteliti meliputi, kelayakan isi, penyajian, bahasa dan keterbacaan serta kegrafisan. Penelitian yang dilakukan mengikuti penelitian deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa angket kelayakan dan hasil wawancara. Bahan ajar yang digunakan dinilai oleh 10 guru SMK. Hasil dari penelitian ini yakni bahan ajar yang digunakan di SMK Kesehatan Bakti Indonesia Medika adalah modul yang terintegrasi dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Kelayakan bahan ajar yang berupa modul ini diperoleh sebesar 3.39 dengan kriteria “Baik”.
Jurnal Pendidikan Sains Universitas Muhammadiyah Semarang 3 (2), 64-76, 2015
2015 Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Circ (Cooperative Integrated Reading And Composition) Terhadap Kemampuan Penguasaan Konsep Siswa Sekolah Dasar
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh model pembelajaan CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) terhadap penguasaan konsep siswa dan seberapa besar pengaruhnya. Jenis penelitaian adalah jenis eksperimen semu (quasi eksperiment) dengan desain penelitain nonequivalent control group design. Populasi penelitian adalah siswa kelas V di SDN Lidah Kulon IV/467 Surabaya. Sampel diambil dengan teknik sampling non probalility sampling yang meliputi sampling jenuh. Data yang diperlukan dalam penelitian ini adalah data penguasaan konsep siswa yang dikumpulkan dengan tes penguasaan konsep IPS materi ajar lembaga. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptf dan uji t independent dengan SPSS versi 22.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan penguasaan konsep siswa kelas eksperimen berada pada kategori tinggi (N-gain= 0,758), sedangkan penguasaan konsep siswa kelas kontrol berada pada kategori sedang (N-gain= 0, 398). Hasil uji-t menunjukkan terdapat perbedaan penguasaan konsep siswa yang signifikan antara kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC dengan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan model konvensional.
Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 3 (2), 253678, 2015
2015 Penggunaan Media Power Point Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ips Siswa Di Kelas Vi Sdn Kaliasin Vii Surabaya
Penelitian ini berlatar belakang rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Diketahui bahwa para siswa memiliki nilai ulangan harian yang tidak mencapai nilai KKM yang telah ditentukan. Dari observasi awal diperoleh hasil siswa yang memiliki nilai ketuntasan minimal sebanyak 9 dari 28 keseluruhan siswa atau sekitar 32%. Masalah yang muncul adalah siswa tidak bisa melihat kondisi riil yang terdapat pada materi sehingga sulit bagi mereka untuk menerima materi pelajaran. siswa merasa jenuh dengan pembelajaran yang dirasa monoton; guru juga masih melakukan pembelajaran dengan teks book oriented; media pembelajaran yang dipakai juga masih tergolong konvensional dan kurang menarik minat siswa; saat proses pembelajaran siswa kurang tertarik untuk menerima materi. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa selama proses pembelajaran IPS dengan menerapkan penggunaan media power point. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Dilakukan melalui dua siklus dan setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan dan pengamatan, refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI SDN Kaliasin VII Surabaya yang berjumlah 28 siswa dengan jumlah 13 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkkan bahwa pelaksanaan pembelajaran selama pembelajaran mengalami peningkatan selama dua siklus dengan persentase ketuntasan 64% pada siklus I dan 86% pada siklus II. Jenis penelitian …
Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 3 (2), 253657, 2015
2015 Kompetensi Pedagogik Guru Pada Anak Berkebutuhan Khusus di SDN Inklusi Klampis Ngasem 1 Surabaya
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kompetensi pedagogik guru pada ABK di SDN inklusif Klampis Ngasem 1 Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif yaitu penelitian yang mendeskripsikan secara sistematik mengenai kompetensi pedagogik guru pada anak berkebutuhan khusus dengan memperhatikan karakteristik ABK. Peneliti menggunakan tiga jenis penelitian kualitatif yaitu studi dokumentasi, observasi partisipan, dan wawancara terpusat. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa guru yang memiliki latar belakang pendidikan PGSD dan pengalaman mengajar dapat memenuhi sembilan dari sepuluh aspek kompetensi pedagogik guru. Hasil penelitian ini sekaligus membuktikan teori yang menyatakan bahwa kompetensi profesional guru, selain berdasarkan pada bakat yang dimiliki guru, pengalaman mengajar, juga berdasar pada latar belakang pendidikan, yang ketiganya memegang peranan penting dalam proses pembentukan kompetensi pedagogik guru.
Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 3 (2), 195-207, 2015
2015 Pengaruh penggunaan media big book terhadap kemampuan literasi informasi siswa sekolah dasar
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh yang signifikan pada penggunaan media big book terhadap kemampuan literasi informasi siswa dan untuk mengetahui bagaimana penggunaan media big book terhadap kemampuan literasi informasi siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan rancangan Nonequivalent Control Group Design. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan perangkat tes. Penggunaan media big book, terlaksana dengan baik, terlihat dari rata-rata hasil kedua observer yang menunjukkan persentase 92, 5%. Penelitian menunjukkan hasil yang sangat signifikan dengan probabilitas 0,000. Rata-rata nilai kemampuan literasi informasi siswa pada kelas eksperimen sebesar 14, 50. Sedangkan, pada kelas kontrol sebesar 6, 82. Hal tersebut menunjukkan adanya pengaruh pada penggunaan media big book pada kelas eksperimen yang diberikan perlakuan (treatment).
Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 3 (2), 253665, 2015