Publikasi Fakultas Ilmu Pendidikan

Year Title Description Publisher Author(s)
2017 Pengaruh pemberian umpan balik (feedback) terhadap hasil belajar siswa pada bidang studi IPS kelas IV MI Nahdatul Mujahidin NW Jempong Ampenan Kota Mataram Tahun Pelajaran 2016 …
INDONESIA Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan dan menganalisis pengaruh pemberian umpan balik (feedback) terhadap hasil belajar siswa pada bidang study IPS kelas IV MI Nahdatul Mujahidin NW Jempong Ampenan Kota Mataram Tahun Pelajaran 2016/2017 . Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan analisis menggunakan rumus regresi sederhana. Penelitian ini memiliki dua variabel, terdiri dari : satu variabel bebas Variabel bebas x (indevendent variabel) yaitu variabel yang mempengaruhi atau menjadi sebab perubahannya atau timbulnya variabel dependen (terikat). Variable bebas dalam penelitian ini adalah (Feedback) siswa kelas IV di MI Nahdatul Mujahidin NW Jempong Ampenan Kota Mataram Tahun Pelajaran 2016/2017. Variabel terikat y (dependent variabel) yaitu variabel yang dipengaruhi atau yang menjadi akibat, karena adanya variabel bebas. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah hasil belajar. Teknik pengumpulan data merupakan langkah yang paling strategis dalam penelitian, karena tujuan utama dari penelitian adalah mendapatkan data. Tes yang digunakan dalam penelitian ini terdiri atas item-item yang dijawab dengan cara memilih satu opsi jawaban yang benar dari empat opsi yang tersedia. Tes ini diambil oleh peneliti dengan mengacu pada indikator pencapaian hasil belajar dalam bentuk essai. Tes ini terdiri dari 15 soal, dimana setiap soal siswa menjawab sedikit termasuk skala 123 kriteria dengan jawaban siswa kurang baik sedangkan skla 4567 termasuk kriteria dengan jawaban sedang dan skala 8910 termasuk kriteria dengan jawaban siswa baik. Berdasarkan …
Universitas Islam Negeri Mataram, 2017
2017 Pemanfaat Media Pjok Dalam Pembelajaran Matematika Sebagai Sarana Mengembangkan Pendidikan Karakter Pada Siswa SD/MI Di Surabaya
Pembelajaran Matematika, baik Bilangan maupun Geometri dan Pengukuran di satuan Pendidikan menuntut atau Membutuhkan suatu Kreatifitas yang tinggi dari para Guru sehingga pembelajaran itu mampu menyesuaikan terhadap tuntutan Perubahan dan kemajuan Ilmu Pengetahuan. Dengan Memanfaatkan Media PJOK Dalam Pembelajaran Matematika, dalam hal ini œGeometri dan Pengukuran Sebagai Sarana Mengembangkan Pendidikan Karakter Siswa SD/MI di Surabaya mampu Menyadarkan Guru dan Peserta didik bahwa Lingkungan hidupnya banyak sumber Ilmu yang sangat baik untuk baca (dipelajari). Pembelajaran yang dilakukan oleh Guru dengan memanfaatkan fasilitas PJOK sebagai Media Environment tsb dimaknai sebagai usaha untuk menumbuh kembangkan œSikap Kepribadian melalui pembiasaan yang positif, seperti: Tanggungjawab, Kedisiplinan dan Kerja keras dengan tepat waktu, kemandirian, memiliki Empati sehingga mampu mengembangkan Kerjasama dalam memperoleh Ilmu Pengetahuan dan Ketrampil yang baik. Penelitian ini Menggunakan Metode Kualitatif dengan Pendekatan Diskriptif dalam Menganalisa dan menterjemahkan seluruh Proses dan hasil Pembelajaran. Hasil Penelitian Pembelajaran Matematika (Geometri) dengan Memanfaatkan Fasilitas PJOK di SD/MI Wilayah Surabaya tersebut dapat didiskripsikan sbb:
EduStream: Jurnal Pendidikan Dasar 1 (1), 15-37, 2017
2017 Transforming mathematics problems in Indonesian primary schools by embedding Islamic and Indonesian contexts
The most recent version of the Indonesian national curriculum requires teachers to embed cultural and religious values into all subject areas, including mathematics. This requirement poses a great challenge for mathematics teachers and their advisors in a multicultural nation such as Indonesia. As a mathematics educator in an Indonesian university, one of my key roles is to advise teachers of primary school level mathematics how to meet this challenge. This thesis constitutes an investigation into the question of which values I can and should draw on given my complex religious and cultural identity as a Muslim and an Indonesian. To address this research question, I designed an integrative auto|ethnography within a multiparadigmatic research design space. This approach enabled me to explore how my religious and cultural identity governs my professional praxis as a mathematics educator while excavating the history of mathematics curriculum and Islamic schools in Indonesia. During this inquiry, I conducted interviews with experienced teachers and other key education stakeholders in Indonesia. While writing stories of my participants’ experiences, the narrative method of writing as inquiry enabled me to make visible the process of my own critical self-reflection as a mathematics educator and to express my subjectivity through poems and imagery. As a result of this inquiry I consider myself to be a mathematics educator who holds religious and cultural identities and am committed to taking action to continue this self-discovery in my professional praxis, as well as to empower others. As an Indonesian, I have come to realise that my cultural …
Murdoch University, 2017
2017 Implementation of character education policy at colleges
This research bent on to develop policy of character education at college and how this implement it. This Research uses multi case study with object that have characteristic differs, that is State University Of Surabaya and Islamic State University (UIN) Sunan Ampel Surabaya. This research Result indicates that: policy of character education at college must list in vision, mission university, be next formulated in three policy aspects, that is: first, integration policy tridharma college (education, research and dedication to society), second, policy of organization student affairs and extracurricular activity, third, policy of campus life rule and code of ethics student. Implementation of character education policy was at college can be conducted four aspects. First, communication: transmission, clarity and consistency. Second, resources: human resources, financial, facility and information system. Third, disposition of executors …
Proceeding the International Conference on Education Innovation 1 (1), 530-535, 2017
2017 PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP KEMAMPUAN SAINS MENGENAL HUBUNGAN SEBAB AKIBAT PADA ANAK KELOMPOK B-TK DI TK-SD SATU ATAP KEDUNGREJO TANJUNGANOM NGANJUK
Abstrak Penelitian kuantitatif dengan Pre-Experimental Design ini bertujuan untuk mengkaji ada atau tidaknya pengaruh strategi pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan sains mengenal hubungan sebab akibat pada anak kelompok B-TK di TK-SD Satu Atap Kedungrejo Tanjunganom Nganjuk. Populasi penelitian ini adalah anak kelompok B di TK-SD Satu Atap Kedungrejo Tanjunganom Nganjuk dengan sampel 20 anak kelompok B. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan Wilcoxon Match Pair Test dengan rumus Thitung< Ttabel dan menggunakan taraf signifikan 5%. Jika Thitung< Ttabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil analisis data diperoleh Thitung= 0 dan Ttabel untuk N= 20 dengan taraf signifikan 5% adalah senilai 52, maka 0< 52. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran inkuiri memberikan pengaruh terhadap kemampuan sains mengenal hubungan sebab akibat pada anak kelompok B-TK di TK-SD Satu Atap Kedungrejo Tanjunganom Nganjuk. Kata Kunci: strategi pembelajaran inkuiri, kemampuan sains
Jurnal PAUD Teratai 6 (03), 2017
2017 Implementasi model pembelajaran sentra balok anak kelompok B di TK khadijah pedegiling Surabaya
Penelitian kualitatif deskriptif ini bertujuan untuk memotret bagaimana implementasi model pembelajaran sentra balok anak kelompok B di TK Khadijah Pandegiling Surabaya. Subyek penelitian terdiri dari 8 anak yang terdiri dari 4 anak laki-laki dan 4 anak perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles and Huberman yang dimulai dari reduksi data, penyajian data, hingga berujung pada verifikasi/simpulan dan data yang berbentuk nilai dianalisis secara statistik deskriptif dengan rumus x100. Berdasarkan hasil data diperoleh 2 anak yang dominan pada 7 komponen sentra balok dengan nilai 87, 5%, 4 anak yang dominan pada 6 komponen sentra balok dengan nilai 75%, dan 2 anak yang dominan pada 5 komponen sentra balok dengan nilai 62, 5%. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa melalui implementasi model pembelajaran sentra balok, guru memberikan 7 komponen sentra balok untuk menumbuhkan perkembangan anak kelompok B dengan baik. Kata Kunci: Model pembelajaran, Sentra balok, Tujuh komponen sentra balok.
Jurnal PAUD Teratai 3, 2017
2017 Efektivitas Penggunaan Media Wayang Koran Dalam Pembelajaran Keterampilan Bercerita Anak Kelompok B
Penelitian kuantitatif ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media wayang koran dalam pembelajaran keterampilan bercerita anak kelompok B di TK Hidayatullah Surabaya. Sampel dalam penelitian ini adalah anak kelompok B1 dan B2 TK Hidayatullah Surabaya dengan jumlah masing-masing 18 anak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan tes. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan rumus Mann Whitney U-Test. Berdasarkan hasil penelitian yang menunjukkan perbedaan analisis data tentang keterampilan bercerita sebelum dan sesudah diberi perlakuan menggunakan media wayang koran diperoleh hasil perbedaan pre-test dan post-test. Hasil analisis data menunjukkan bahwa Thitung= 0 lebih kecil dari Ttabel dengan taraf signifikan 5%(0, 05)= 88, sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media wayang koran dalam pembelajaran keterampilan bercerita anak kelompok B di TK Hidayatullah Surabaya sangat efektif.
PAUD Teratai 6 (2), 2017
2017 Motion Development Program for Parents of Child with Cerebral Palsy
Development program is an effective program implemented continuously. Seeing the condition of the time children are more at home than when the child’s cerebral palsy is in school or therapy institute. So the role of parents of children cerebral palsy is very important to support the effectiveness of a mobile development program. The development goals are; 1) Describe prototype of motion building program for parents of cerebral palsy children, 2) Analyze the feasibility of developing prototype program of motion building for parents of children of cerebral palsy. This research uses R & D with 4D research design but in this research only in stage 3D or define, design, and develop because writer do not reach the stage of sale or dissemination of product considering the time limitations. The results of research that has been done, it can be seen that the development of this mobile development program has been successfully tested in assisting the process of continuous development program. This is demonstrated when a limited trial of the results of the development can help improve the effectiveness of a mobile development program that has sustainable properties to achieve the program’s objectives. The conclusion of the research are: 1) The product produced in this research is the development of motion building program for parents of children of cerebral palsy which is packed in book form, 2) This research produces decent product in the form of development of motion program for parents of cerbral palsy children. It is said to be eligible for fulfilling the criteria (a) valid according to the two validators of the material or content,(b) valid by the product …
Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Luar Biasa 4 (2), 160-164, 2017
2016 Gadget usage inhibited interpersonal intelligence of children on ages 6-8 years old
This quantitative research aims to determine the effect of the use of gadgets on the interpersonal skills of children aged 68 years in Tambaksari district Surabaya. These samples included 40 children of SDN Tambaksari SDN 1 and 3 Surabaya. Data collection technique used observation, questionnaire, and documentation. Data were analyzed using linear regression analysis simple formula. Based on research results or the results of these observations, the data generated can be analyzed by simple linear regression statistical analysis aided by using SPSS 20. Results can be of variable data processing is the use of the gadget has a value of t statistic () of 2.108 and 38 is 1.660 (N= 40-2 (degrees of freedom)= 38) so> and p value (sig) of 0.000 (< 0.05) means the use of gadgets affect interpersonal skills of children.
Jurnal Tekpen 1 (4), 2016
2016 Hidup Dengan Leukemia: Studi Fenomenologi Remaja Penderita Leukemia
Leukemia merupakan salah satu jenis penyakit kanker yang sering diidap anak dan remaja. Penelitian ini berusaha mengungkap pengalaman hidup remaja penderita leukemia. Pendekatan pada penelitian ini menggunakan kualitatif fenomenologis dengan analisis fenomenologis interpretatif. Partisipan dalam penelitian ini berjumlah lima orang yang diperoleh dari teknik purposif sampling. Data dikumpulkan menggunakan wawancara semi terstruktur. Hasil penelitian ini berhasil mengungkap tiga tema utama. Tema pertama ialah pengalaman awal mengetahui dan divonis leukemia. Tema kedua ialah dampak psikologis yang ditimbulkan dari leukemia. Tema terakhir ialah strategi untuk bertahan dan menghadapi leukemia. Hampir seluruh partisipan merespon diagnosis penyakit mereka dalam cara serupa yaitu terdiam sedih, menyangkal, dan rasa takut. Namun ada perbedaan dalam mengalami efek leukemia yang mereka derita. Umumnya mayoritas partisipan memaknai akibat penyakitnya dalam cara yang negatif, namun beberapa partisipan pada akhirnya dapat memperoleh makna yang lebih positif dari penyakit yang mereka derita. Namun demikian, semua partisipan menunjukkan kecenderungan untuk menangani secara aktif kesulitan yang diakibatkan oleh leukemia yang mereka derita dengan menggunakan strategi intrapersonal maupun interpersonal.
Jurnal Psikologi Teori dan Terapan 6 (2), 78-90, 2016