Publikasi S2 Pendidikan Dasar
| | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
Year | Title | Description | Publisher | Author(s) |
---|---|---|---|---|
2008 | Pengembangan Media CD Interaktif untuk Pembelajaran Membaca Permulaan di kelas 1 Sekolah Dasar | Laporan Penelitian. Tidak Diterbitkan. Surabaya: Lemlit UNESA, 2008 | ||
2008 | Model-model pembelajaran Inovatif | Surabaya: Unesa University Press (Anggota IKAPI), 2008 | ||
2005 | Peningkatan kemampuan membaca dan menulis permulaan melalui pembelajaran konstruktivisme | Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji efektivitas pembelajaran konstruktivisme dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis permulaan (MMP) di kelas 1 sekolah dasar (SD). Penelitian ini menggunakan tiga siklus pembelajaran kontruktivisme, yaitu (1) mengenalkan huruf dengan media kartu kata bergambar,(2) membaca dan menulis kata dan suku kata berulang dengan media cerita bergambar yang didesain khusus, dan (3) membaca dan menulis kalimat sederhana dengan media cerita bergambar yang didesain khusus. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pembelajaran konstruktivisme dapat meningkatkan kemampuan membaca dan menulis permulaan siswa dalam bentuk: 1) menurunnya membaca dengan mengeja sehingga dapat meningkatkan kelancaran membaca dan menulis siswa,(2) meningkatnya pemahaman siswa terhadap bahan bacaan, dan 3) meningkatnya minat dan … |
Jurnal Pendidikan Dasar 6 (2), 61-118, 2005 | |
2004 | Pembelajaran Konstruktivisme dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Menulis Permulaan Di Kelas 1 SDN Arjosari I | Laporan Penelitian Tidak Diterbitkan. Surabaya: Lembaga Penelitian UNESA, 2004 | ||
2004 | Peningkatan Kualitas Pembelajaran Membaca Dan Menulis Permulaan Di Kelas 1 Sekolah Dasar Melalui Media Kata Bergambar | Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media kata bergambar (MKB) untuk meningkatkan kualitas pembelajaran membaca dan menulis permulaan di kelas 1 SD. Adapun, tujuan khusus penelitian ini adalah (1) menyusun prototipe MKB,(2) menguji coba prototipe MKB, dan (3) mengembangkan produk model MKB. Prosedur pengembangan MKB ini didasarkan pada langkah-langkah pengembangan Research and Development (R&D) Model. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 1 SDN Jepara III Surabaya dengan seorang guru kelas. Data dikumpulkan dengan menggunakan dua jenis instrumen, yaitu pedoman wawancara dan pedoman observasi. Penelitian ini menghasilkan produk MKB yang memiliki karakteristik dan spesifikasi yang tampak dari (1) Wujud,(2) Ukuran,(3) Bentuk Tulisan,(4) Gambar,(5) Jenis kata yang dipakai, dan (6) Warna MKB.Abstrak: The research aims at developing picture … |
Jurnal Pendidikan Dasar 5 (1), 51-60, 2004 | |
2004 | Identifikasi Proses Berpikir Kreatif Siswa Melalui Pengajuan Masalah (Problem Posing) Matematika Berpandu Dengan Model Creatif Problem Solving (CPS) Di Kelas IF SMP Negeri 4 … | Universitas Negeri Surabaya, 2004 | ||
2002 | Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV Di Sdn Tembok Dukuh IV/86 Surabaya | Pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) pada mata pelajaran IPA mempunyai arti penting dalam membangun kompetensi peserta didik. Pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) lebih menekankan pada keterlibatan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran, sehingga siswa dapat memperoleh pengalaman langsung dan terlatih untuk dapat menemukan sendiri pengetahuan dan pengalamannya sesuai yang dipelajarinya. Pada kegiatan pembelajaran aktivitas guru mengalami peningkatan dari siklus I dan siklus II. Pada siklus I aktivitas guru mencapai 63, 7% dan pada siklus II aktivitas guru mencapai 88, 5%. Sedangkan aktivitas siswa pada siklus I mencapai 63% dan siklus II aktivitas siswa mencapai 85%. Data hasil tes siswa pada siklus I mencapai 66, 7% dan pada siklus II mencapai 86, 7%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Tembok dukuh IV/86 Surabaya. Penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru dan aktivitas siswa serta hasil tes siswa mengalami peningkatan setelah diterapkan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) |
Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2 (1), 1-5, 2002 | |
2002 | Pengembangan Media Kartu Kata Bergambar untuk Pembelajaran Membaca dan Menulis Permulaan di Kelas 1 SD | Laporan Penelitian Tidak Diterbitkan. Surabaya: Lembaga Penelitian UNESA, 2002 | ||
Dwi dan Heru Subrata. 2018.“Penggunaan Media Gamelan Sederhana dalam Pembelajaran Tembang Dolanan di Kelas IV SDN Sumur Welut 1 Surabaya” | Jurnal PGSD 6 (09), 1599-1609, 0 | |||
Pengaruh Penggunaan Media Glass Eating terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Rantai Makanan di Sekolah Dasar | Penggunaan media dalam pembelajaran sangatlah penting. Untuk itu penggunaan media yang tepat sangat diperlukan pada pembelajaran. Pada penelitian ini peneliti menggunakan media glass eating yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari media glass eating terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN Lidah Kulon 1 Surabaya. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental dengan teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes yaitu pretest dan posttest. Pada penelitian ini hasil menunjukkan keberhasilan. Hal ini dapat dilihat dari nilai sig.(2-tailed) dengan besar nilai 0,008 yang artinya nilai ini lebih rendah dari 0, 05. Oleh karena itu media glass eating dapat dikatakan memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa. Untuk itu dalam pembelajaran diharapkan guru mampu mengoptimalkan media yang tersedia agar siswa lebih tertarik dalam pembelajaran. |
Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 5 (3), 254616, 0 |