Publikasi S2 Pendidikan Dasar

Year Title Description Publisher Author(s)
2016 Pengaruh Penerapan Metode Show and Tell Diiringi Musik terhadap Kepercayaan Diri Anak Kelompok A
Penelitian kuantitatif ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode show and tell diiringi musik terhadap kepercayaan diri anak kelompok A di TK Muslimat NU 82 Sambisari Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Pre Experimental Design dan jenis penelitian One Group Pre-Test Post-Test Design. Subyek penelitian berjumlah 25 anak kelompok A2 TK Muslimat NU 82 Sambisari Sidoarjo. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dengan alat penilaian berupa lembar observasi dan metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan rumus Wilcoxon Match Pairs Test dengan rumus Thitung< Ttabel. Hasil perhitungan diperoleh Thitung-7, 5 dan Ttabel 89 dengan taraf signifikansi 5%, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha tidak ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penerapan metode show and tell diiringi musik terhadap kepercayaan diri anak kelompok A di TK Muslimat NU 82 Sambisari Sidoarjo.
Jurnal PAUD Teratai 5 (02), 39-43, 2016
2016 Validity teaching materials of Indonesian education in beginning class of elementary school course based integrated science and social studies
The aim of the research is to develop teaching materials of Indonesian education in beginning class of elementary school course based integrated science and social studies based Scientific Approach to optimize students competence in Elementary School Teacher Education Department. The specific objective of the first study to explain the validity of teaching materials of Indonesian education in beginning class of elementary school course based integrated science and social studies based Scientific Approach to optimize students competence in Elementary School Teacher Education Department. This study consists of two main steps: Firstly, to design teaching materials refers to the 4-D model of development; Secondly, to explain validity the teaching materials. Data collection techniques is questionaire. The research instrument consisted of Questionaire respon. Data from this study were analyzed by descriptive …
Journal of Education, Teaching and Learning 1 (2), 82-88, 2016
2016 Upaya guru mengembangkan karakter siswa melalui pembelajaran matematika dengan pendekatan realistik pada materi perkalian
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis upaya guru mengembangkan karakter demokratis, kreatif, dan mandiri siswa melalui pembelajaran matematika dengan pendekatan realistic pada meteri perkalian di kelas III SD. Subjek dalam penelitian ini adalah tiga orang guru, yang terdiri dari dua orang guru di Banda Aceh dan satu orang guru di Surabaya. Data penelitian dikumpulkan melalui pengamatan dan wawancara terhadap guru dan siswa. Sebelum pelaksanaan pembelajaran tim peneliti memberikan masukan kepada guru untuk menerapkan pendekatan realistik sehingga mengembangkan karakter siswa. Data dianalisis secara kualitatif berdasarkan indikator dari karakter yang diamati. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan adanya kolaborasi antara tim peneliti dan guru mengakibatkan upaya guru mengembangkan karakter siswa dalam hal demokratis, kreatif, dan mandiri mengalami peningkatan.
Jurnal Pendidikan Matematika Sriwijaya 10 (1), 96-113, 2016
2015 Penggunaan Media Gambar Kegiatan Sehari-hari untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Buku Harian Siswa Kelas II Sdn Balongwono Mojokerto
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil observasi yang dilakukan di kelas II SDN Balongwono Trowulan Mojokerto. Pada saat guru memberikan materi menulis buku harian, siswa kesulitan dalam menuangkan ide-idenya menyusun teks secara logis. Kesalahan yang sering muncul adalah penggunaan kata yang kurang sesuai dengan kegiatan yang dilakukan. Faktor penyebabnya adalah guru tidak menggunakan media yang sesuai dengan materi yang diajarkan. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran dengan memanfaatkan gambar untuk meningkatkan keterampilan menulis buku harian siswa kelas II SDN Balongwono Mojokerto, hasil belajar siswa, serta kendala-kendala dan cara mengatasinya. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri atas tiga tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan dan observasi, serta refleksi. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, tes, dan catatan lapangan. Data yang terkumpul diolah secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan keterlaksanaan pembelajaran pada siklus I pertemuan 1 mencapai 100% dengan nilai ketercapaian 69, 23. Sedangkan pada siklus I pertemuan 2 mencapai 100% dengan nilai ketercapaian 78, 46. Pada siklus II pertemuan 1 mencapai 100% dengan nilai ketercapaian 75, 38. Sedangkan pada siklus II pertemuan 2 mencapai 100% dengan nilai ketercapaian 81, 53. Kendala yang ditemui pada siklus 1 yaitu guru tidak menggunakan media yang lebih menarik. Pada siklus 2 seluruh kendala yang ditemui telah …
Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 3 (2), 253820, 2015
2015 Meningkatkan Keterampilan Menulis Deskripsi Menggunakan Metode Pembelajaran Peta Pikiran Di Kelas V SDN Klampis Ngasem I/246
Metode pembelajaran sangatlah penting diterapkan dalam setiap kegiatan belajar mengajar karena dengan menggunakan metode pembelajaran tersebut dapat tercapai dengan cepat. Pemilihan metode pembelajaran haruslah dilakukan sesuai dengan potensi dan permasalahan yang ada dalam pelaksanaan pembelajaran. Potensi yang dimiliki oleh siswa adalah menggambar dan mewarnai. Sesuai dengan potensi yang dimliki oleh siswa, maka pemilihan metode pembelajaran bagi permasalahan yang dihadapi adalah dengan mengguanakan metode peta pikiran. Dengan latar belakang tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran keterampilan menulis dan hasil belajar menulis menggunakan metode peta pikiran serta cara mengatasinya di kelas V SDN Klampis Ngasem I/246 Surabaya. Selain itu, penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kendala yang dihadapi oleh guru dan siswa dalam menerapkannya. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Prosedur pelaksanaannya mengikuti prinsip dasar tindakan kelas. Dalam penelitian ini objeknya (sampelnya) adalah siswa kelas V SDN Klampis Ngasem I Surabaya melalui dua siklus penelitian pada tema 6 kurikulum 2013 dengan hasil siklus pertama 72.72% dan siklus kedua 95.45% terjadi peningkatan 22.73% hal ini menunjukakan bahwa metode peta pikiran layak digunakan untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa tingkat sekolah dasar.
Jurnal Penelitian Guru Sekolah Dasar 3, 711-720, 2015
2015 Pengaruh Media Papertoy terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Kelompok B
Penelitian kuantitatif ini bertujuan untuk mengkaji ada atau tidaknya pengaruh media papertoy terhadap kemampuan motorik halus anak kelompok B di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 57 Semolowaru Surabaya. Sampel dalam penelitian ini adalah anak kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Athfal 57 Semolowaru Surabaya yang berjumlah 46 anak yang terbagi menjadi 2 kelas yaitu kelas B1 23 anak dan kelas B2 23 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dengan alat berupa lembar observasi dan dokumentasi. Teknik analisis datanya menggunakan rumus Mann-Whitney U-Test dengan pendekatan kurva normal rumus Z. Hasil penelitian uji Mann-Whitney U-Test dengan pendekatan kurva normal rumus Z menunjukkan bahwa Zhitung= 2, 27> Ztabel= 0, 0116, dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan media papertoy terhadap kemampuan motorik halus anak kelompok B di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 57 Semolowaru Surabaya.
Jurnal PGPAUD UNESA, 2015
2015 Kemampuan guru dalam mengenalkan konsep pengukuran pada anak kelompok B di RA (Raudhatul Athfal) Al Fithrah Surabaya
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan potret kemampuan guru dalam mengenalkan konsep pengukuran menggunakan alat ukur pada anak kelompok B di RA (Raudhatul Athfal) Al Fithrah Surabaya. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelompok B yang berjumlah 3 orang. Penelitian ini adalah jenis deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru belum tertib secara administrasi dalam menyusun perencanaan pembelajaran. Walaupun guru mampu mengelola proses dan melakukan evaluasi pembelajaran, namun guru belum mampu mengaplikasikan pengetahuan secara teoritis yang dimiliki dalam usaha meningkatkan mutu pendidikan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa kemampuan guru pada kompetensi pedagogik dalam mengenalkan konsep pengukuran melalui kegiatan mengukur panjang benda menggunakan alat ukur baku dan tidak baku belum sesuai. Kata Kunci: Kompetensi pedagogik, Konsep pengukuran, Alat ukur baku dan tidak bakuPendidikan merupakan salah satu kebutuhan manusia. Pendidikan tidak diperoleh begitu saja dalam waktu yang singkat, namun memerlukan suatu proses pembelajaran sehingga menimbulkan hasil atau efek yang sesuai dengan proses yang telah dilalui. Anak usia dini merupakan individu dengan karakteristik tertentu yang berbeda dari orang dewasa. Anak selalu aktif serta memiliki rasa ingin tahu besar terhadap sebuah rangsangan oleh lingkungan.
PAUD Teratai 4 (2), 1-7, 2015
2015 Pemanfaatan Media Flash Card Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Di Sekolah Dasar
Berdasarkan pengamatan awal yang dilakukan oleh peneliti pada siswa kelas IV SDN Sugeng Mojokerto. Pembelajaran masih menggunakan cara tradisional dan hanya berpedoman pada buku paket tanpa menggunakan media yang menarik bagi siswa. Guru juga masih sering menggunakan metode ceramah dan peran guru terlihat lebih banyak daripada siswa, namun guru belum mampu mengkondisikan siswa untuk fokus pada materi. Masih banyak siswa yang bermain dan mengganggu temannya ada juga yang berkali kali izin ke kamar mandi, sehingga hasil belajar siswa dalam pelajaran IPA sanagt rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru dan hasil belajar siswa kelas IV Sugeng Mojokerto melalui penerapan pembelajaran dengan memanfaatkan media flash card untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada tema lingkungan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus dilaksanakan melalui 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan persentase aktivitas guru dan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran dengan memanfaatkan media flash card dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada sub tema keberagaman makhluk hidup di lingkunganku.
Dalam Jurnal JPGSD 3 (2), 2015
2015 Pengaruh Bimbingan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV Di Sekolah Dasar
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keterlaksanaan proses bimbingan belajar, mendeskripsikan hasil belajar matematika siswa, serta mengetahui pengaruh layanan bimbingan belajar terhadap hasil belajar matematika siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Pre-Experimental Design dengan desain One-group pretest posttest. Data dikumpulkan menggunakan teknik tes untuk memperoleh data tentang hasil belajar matematika siswa sebelum dan sesudah diberi layanan bimbingan belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bimbingan belajar mempengaruhi hasil belajar matematika siswa. Hal ini ditunjukkan dengan penghitungan uji t yang memperoleh hasil nilai sig.(2-tailed) sebesar 0,000< 0, 05 yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar matematika siswa sebelum dan sesudah diberi layanan bimbingan belajar.
Jurnal PGSD 3 (2), 1670-1680, 2015
2015 Meningkatkan Keterampilan Menulis Dengan Menggunakan Media Gambar Pada Siswa Kelas III MI Hidayatul Abidin Gampang Sidoarjo
Berdasarkan hasil observasi di kelas III MI Hidayatul Abidin Gampang Sidoarjo, ditemukan permasalahan pada pembelajaran bahasa Indonesia yaitu, siswa belum mampu menulis dengan baik. Hal ini terlihat dari 82, 75% siswa dinyatakan tidak tuntas belajar. Sehubungan dengan permasalahan tersebut, dilakukan penelitian dengan menggunakan media gambar untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan media gambar, hasil belajar siswa dalam pelaksanaan pembelajaran menulis dengan menggunakan media gambar, dan kendala yang muncul serta cara mengatasinya. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak dua siklus. Setiap siklus dirancang dengan melalui tahapan yang sama, yaitu: perencanaan, pelaksanaan dan pengamatan, serta refleksi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi dan tes. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan media gambar dapat meningkatkan keterlaksanaan pembelajaran yaitu siklus I yang mencapai rata-rata 100% dengan rata-rata nilai ketercapaian 85, 73 dan siklus II yang mencapai rata-rata 100% dengan rata-rata nilai ketercapaian 94, 71. Hasil belajar menulis siswa secara klasikal pada siklus I memperoleh 72, 41% dan pada siklus II memperoleh 86, 20%. Kendala yang muncul adalah siswa terlihat bosan dan kurang fokus dalam mengikuti proses pembelajaran. Cara mengatasinya dengan mengadakan ice …
Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 3 (2), 254012, 2015