Publikasi S2 Pendidikan Dasar

Year Title Description Publisher Author(s)
2017 Pengaruh Model Accelerated Learning Tipe Master Terhadap Keterampilan Menulis Eksposisi Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Gugus V Kecamatan Sawahan Surabaya
Model accelerated learning tipe MASTER dapat digunakan untuk pembelajaran keterampilan menulis eksposisi. MASTER dapat membantu siswa dalam memperoleh informasi lebih banyak dan menyampaikannya secara lisan dan tertulis. Tujuan penelitian untuk mengetahui adanya pengaruh penerapan model accelerated learning tipe MASTER terhadap keterampilan menulis eksposisi bagi siswa kelas V SDN. Jenis Penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan rancangan noneequvalent control group design. Hasil rata-rata nilai kelas kontrol pretest sebesar 73, 65 dan hasil posttest sebesar 78, 13. Sedangakan hasil rata-rata nilai kelas eksperiman pretest sebesar 73, 84 dan hasil posttest sebesar 84, 14. Uji hipotesis menggunakan t-test. Uji t terhadap perbedaan pretest dan posttest siswa kelas VB SDN Pakis I dan siswa kelas VB SDN Pakis II diketahui t hitung 5,976> t tabel 2,021. Berdasarkan hasil yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh signifikan model accelerated learning tipe MASTER terhadap keterampilan menulis eksposisi siswa kelas V SDN Gugus V Kecamatan Sawahan Surabaya.
Jurnal PGSD FIP Universitas Surabaya 5 (10), 2017
2017 PEMANFAATAN PENDEKATAN BERORIENTASI LINGKUNGAN ILMU TEKNOLOGI MASYARAKAT (STM) UNTUK MENINGKATKAN KESADARAN SOSIAL DALAM PELESTARIAN LINGKUNGAN
Penilaian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas siswa dan meningkatkan kesadaran sosial siswa melalui penggunaan pendekatan lingkungan yang berorientasi pada Ilmu Pengetahuan Teknologi Masyarakat dalam pelestarian lingkungan pada kelas V SDN Balas Klumprik I/434 Surabaya. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam 3 siklus, masing-masing siklus meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa aktivitas siswa pada siklus I mencapai 76, 2%, pada siklus II meningkat menjadi 82, 6%, dan pada siklus III meningkat menjadi 85, 9%. Begitu juga dengan hasil analisis data kesadaran sosial siswa pada siklus I yang mencapai 79%, pada siklus II meningkat menjadi 85%, dan pada siklus ketiga meningkat menjadi 88%. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan pemanfaatan teknologi lingkungan pendekatan Community Community Technology untuk meningkatkan kesadaran sosial dalam pelestarian lingkungan dapat meningkatkan aktivitas dan kesadaran sosial siswa.
Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar 1 (4), 288-295, 2017
2017 Perception of society toward populist economic policy for development economic: Empirical research in east Java
This article is a research study on people given by 480 respondents from the society of East Java, to describe show perception of society about populist economic policy. This study investigates the perception of society toward the role of populist economic policy can be use to foster economic development. Furthermore this study was applied to 480 respondents, who attended in the East of Java. The obtained data from the questionnaires are analyzed through Statistical Package for Social Sciences for Windows 21.0. The resulted from this study if society have positive perception toward populist economics policy for increasing economic development. During the pre survey period about conducting the survey, it was perception from society is the first important to foster economic development. However, results of the survey indicate that perception of society about populist economics policy very contributed to …
International Journal of Economics and Financial Issues 7 (5), 1, 2017
2017 Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Film Animasi Terhadap Keterampilan Menulis Narasi Siswa Kelas IV SDN Tenggulunan Sidoarjo
Guru dapat menggunakan alternatif media untuk memudahkan siswa dalam menulis narasi, maka dipilihlah media audio visual film animasi. Penelitian ini bertujuan untuk mencari pengaruh penggunaan media audio visual film animasi terhadap keterampilan menulis narasi siswa kelas IV SDN Tenggulunan Sidoarjo. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experimental design, dengan tipe non-equivalent control group design. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Data yang diperoleh kemudian dianalisa menggunakan presentase keterlaksanaan, dan t-test. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas guru selama pembelajaran mendapat presentase keterlaksanaan dengan nilai 89, 16 pada pertemuan pertama, dan 91, 40 pada pertemuan kedua. Dari hasil t-test, diperoleh nilai t hitung= 2, 49, dan t tabel= 2, 00. Sehingga hasil t hitung> t tabel (2, 49> 2, 00). Hal ini menunjukkan bahwa, penggunaan media film animasi berpengaruh teradap keterampilan menulis narasi siswa kelas IV SDN Tenggulunan Sidoarjo.
Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 5 (3), 257-266, 2017
2017 Pemanfaat Media Pjok Dalam Pembelajaran Matematika Sebagai Sarana Mengembangkan Pendidikan Karakter Pada Siswa SD/MI Di Surabaya
Pembelajaran Matematika, baik Bilangan maupun Geometri dan Pengukuran di satuan Pendidikan menuntut atau Membutuhkan suatu Kreatifitas yang tinggi dari para Guru sehingga pembelajaran itu mampu menyesuaikan terhadap tuntutan Perubahan dan kemajuan Ilmu Pengetahuan. Dengan Memanfaatkan Media PJOK Dalam Pembelajaran Matematika, dalam hal ini œGeometri dan Pengukuran Sebagai Sarana Mengembangkan Pendidikan Karakter Siswa SD/MI di Surabaya mampu Menyadarkan Guru dan Peserta didik bahwa Lingkungan hidupnya banyak sumber Ilmu yang sangat baik untuk baca (dipelajari). Pembelajaran yang dilakukan oleh Guru dengan memanfaatkan fasilitas PJOK sebagai Media Environment tsb dimaknai sebagai usaha untuk menumbuh kembangkan œSikap Kepribadian melalui pembiasaan yang positif, seperti: Tanggungjawab, Kedisiplinan dan Kerja keras dengan tepat waktu, kemandirian, memiliki Empati sehingga mampu mengembangkan Kerjasama dalam memperoleh Ilmu Pengetahuan dan Ketrampil yang baik. Penelitian ini Menggunakan Metode Kualitatif dengan Pendekatan Diskriptif dalam Menganalisa dan menterjemahkan seluruh Proses dan hasil Pembelajaran. Hasil Penelitian Pembelajaran Matematika (Geometri) dengan Memanfaatkan Fasilitas PJOK di SD/MI Wilayah Surabaya tersebut dapat didiskripsikan sbb:
EduStream: Jurnal Pendidikan Dasar 1 (1), 15-37, 2017
2017 Transforming mathematics problems in Indonesian primary schools by embedding Islamic and Indonesian contexts
The most recent version of the Indonesian national curriculum requires teachers to embed cultural and religious values into all subject areas, including mathematics. This requirement poses a great challenge for mathematics teachers and their advisors in a multicultural nation such as Indonesia. As a mathematics educator in an Indonesian university, one of my key roles is to advise teachers of primary school level mathematics how to meet this challenge. This thesis constitutes an investigation into the question of which values I can and should draw on given my complex religious and cultural identity as a Muslim and an Indonesian. To address this research question, I designed an integrative auto|ethnography within a multiparadigmatic research design space. This approach enabled me to explore how my religious and cultural identity governs my professional praxis as a mathematics educator while excavating the history of mathematics curriculum and Islamic schools in Indonesia. During this inquiry, I conducted interviews with experienced teachers and other key education stakeholders in Indonesia. While writing stories of my participants’ experiences, the narrative method of writing as inquiry enabled me to make visible the process of my own critical self-reflection as a mathematics educator and to express my subjectivity through poems and imagery. As a result of this inquiry I consider myself to be a mathematics educator who holds religious and cultural identities and am committed to taking action to continue this self-discovery in my professional praxis, as well as to empower others. As an Indonesian, I have come to realise that my cultural …
Murdoch University, 2017
2016 Wisata Sampah” sebagai Strategi Penanaman Karakter Cinta Lingkungan pada Mata Pelajaran Pendidikan Lingkungan Hidup Kelas IV SDN Kresek IV Madiun”
“Wisata Sampah” adalah salah satu kegiatan pada pembelajaran Pendidikan Lingkungan Hidup. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penanaman karakter cinta lingkungan melalui kegiatan “Wisata Sampah” kelas IV di SDN Kresek IV Madiun. Penelitian ini merupakan peneltian kualitatif. Teknik dalam pengumpulan data adalah wawancara, observasi dan angket. Hasil dari penelitian adalah kegiatan “Wisata Sampah” berjalan sesuai RPP yang telah dibentuk, kendala yang muncul adalah siswa kurang mengeksplor sampah secara langsung, guru tidak menghimbau agar siswa mengekplor sampah, tempat pembuangan akhir terlalu sempit dan didominasi sampah daun. Karakter yang dapat dimunculkan adalah karakter tanggungjawab, kerjasama dan peduli terhadap lingkungan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dalam penanaman karakter tersebut, sebagian kecil siswa belum berada pada tahap penerapan secara nyata atau praktis dalam kehidupan sehari-hari.
Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 4 (2), 131-140, 2016
2016 Marsudi Basa Lan Sastra Jawi
Sidoarjo: Zifatama Jawara, 2016
2016 Pengaruh media number sense terhadap kemampuan mengenal lambang bilangan anak kelompok B
This quantitative study aimed to know the effect of number sense media to ability of B group at the ability to recognize symbol of numbers at Handayani Kindergarten Pacar Kembang Surabaya. This study uses a quantitative research approach to research Quasy experimental Design with type Nonequivalent Control Group Design. Sample in this study were 50 children were divided into two classes, 25 children in B1 class and 25 children in B2 class. Data collection techniques are observation with assessment tools such as observation sheets and documentation. Analysis of data using non-parametric statistical test of Mann Whitney U-test approach the normal curve formula Z. The result of the research is Zcount> Ztabel (2, 42> 0, 0078), so Ho rejected and Ha accepted. And the others the result of N-gaintest was be high category. The value N-gain test was 0, 8. So that these results can be concluded there is significant effect on the use of number sense media to the ability of B group at the ability to recognize symbol of numbers at Handayani Kindergarten Pacar Kembang Surabaya.
PAUD Teratai 5 (1), 1-6, 2016
2016 Nilai interaksi simbol tradisi dalam wujud pelinggih pada ruang publik
Pada ruang publik di BaliUtara, terjadi perubahankonsep visualisasi simbol tradisi dalam wujudpelinggih, yakni berbentuk mobil. Fungsi esensinya sebagai tempat pemujaantidak berubah. Masyarakat sekitar dapat menerima fenomena tersebut sebagai proses adopsi dan identitas warisan budaya. Melalui penelitian kualitatif, berupaya dipahami sebuah ‘proses kreatif’diluar ‘konteks diri’dalammengomunikasikan pesan melalui media visual. Dari penelitian ini, dinyatakan bahwa wujud visual pelinggih tidak hanya hasil ekspresi keindahan, tetapi juga mengomunikasikanpesan. Prinsip–prinsip ritual sebuah pelinggih tetap dipertahankan. Konsep perwujudannya mengalami identitas kebaruan akibat dari penyatuan nilai estetis, seni, spiritual serta ‘modernisasi’dalam konteks kehidupan ‘duniawi’. Visualisasi simbol dalam upaya mengomunikasikan pesan tersebut, mengandung unsur–unsur akulturasi sistem budaya masyarakat masa kini untuk saling berinteraksi.
Panggung 26 (1), 2016