Publikasi S2 Pendidikan Luar Biasa
| | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
Year | Title | Description | Publisher | Author(s) |
---|---|---|---|---|
2017 | Efektivitas Penggunaan Media Wayang Koran Dalam Pembelajaran Keterampilan Bercerita Anak Kelompok B | Penelitian kuantitatif ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media wayang koran dalam pembelajaran keterampilan bercerita anak kelompok B di TK Hidayatullah Surabaya. Sampel dalam penelitian ini adalah anak kelompok B1 dan B2 TK Hidayatullah Surabaya dengan jumlah masing-masing 18 anak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan tes. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan rumus Mann Whitney U-Test. Berdasarkan hasil penelitian yang menunjukkan perbedaan analisis data tentang keterampilan bercerita sebelum dan sesudah diberi perlakuan menggunakan media wayang koran diperoleh hasil perbedaan pre-test dan post-test. Hasil analisis data menunjukkan bahwa Thitung= 0 lebih kecil dari Ttabel dengan taraf signifikan 5%(0, 05)= 88, sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media wayang koran dalam pembelajaran keterampilan bercerita anak kelompok B di TK Hidayatullah Surabaya sangat efektif. |
PAUD Teratai 6 (2), 2017 | |
2017 | Motion Development Program for Parents of Child with Cerebral Palsy | Development program is an effective program implemented continuously. Seeing the condition of the time children are more at home than when the child’s cerebral palsy is in school or therapy institute. So the role of parents of children cerebral palsy is very important to support the effectiveness of a mobile development program. The development goals are; 1) Describe prototype of motion building program for parents of cerebral palsy children, 2) Analyze the feasibility of developing prototype program of motion building for parents of children of cerebral palsy. This research uses R & D with 4D research design but in this research only in stage 3D or define, design, and develop because writer do not reach the stage of sale or dissemination of product considering the time limitations. The results of research that has been done, it can be seen that the development of this mobile development program has been successfully tested in assisting the process of continuous development program. This is demonstrated when a limited trial of the results of the development can help improve the effectiveness of a mobile development program that has sustainable properties to achieve the program’s objectives. The conclusion of the research are: 1) The product produced in this research is the development of motion building program for parents of children of cerebral palsy which is packed in book form, 2) This research produces decent product in the form of development of motion program for parents of cerbral palsy children. It is said to be eligible for fulfilling the criteria (a) valid according to the two validators of the material or content,(b) valid by the product … |
Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Luar Biasa 4 (2), 160-164, 2017 | |
2016 | Peningkatan aktivitas belajar dengan pembelajaran investigasi kelompok dalam kuliah metode penelitian PLB II | Metode Penelitian Pendidikan Luar Biasa (PLB) II bagi mahasiswa Program S-1 PLB angkatan 2001/2002 adalah salah satu mata kuliah yang harus ditempuh dengan harapan agar mereka mempunyai bekal tentang konsep penelitian yang berkaitan dengan anak berkebutuhan khusus karena kekurangan atau gangguan yang disandangnya. Proses pembelajaran mata kuliah tersebut saat ini belum mendapatkan respon positif dari mahasiswa karena beberapa hal, di antaranya (1) minimnya pengalamanan mahasiswa dalam mengidentifikasi dan menganalisis masalah,(2) tidak semua dosen memiliki pengetahuan tentang berbagai strategi pembelajaran yang berlandaskan teori belajar konstruktivistik,(3) lemahnya motivasi belajar yang ditumbuhkan baik oleh dosen maupun mahasiswa sendiri,(5) rendahnya aktivitas belajar mahasiswa baik di kelas maupun di luar kelas, dan (6) perolehan belajar merekapun … |
Jurnal ilmu pendidikan 13 (2), 2016 | |
2016 | Pengaruh Periklanan, Kualitas Pelayanan, Jaminan Rasa Aman, Dan Hubungan Masyarakat Terhadap Minat Menabung Pada Nasabah Bmt Al Ikhwan Kantor Cabang Condong Catur | Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh periklanan, kualitas layanan, jaminan rasa aman, dan hubungan masyarakat secara parsial pada minat menabung. Populasi penelitian adalah 2.629 nasabah BMT Al Ikhwan Kantor Cabang Condong Catur. Sebanyak 132 responden digunakan sebagai sampel dengan metoda convenience sampling. Data diuji menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil uji t menunjukkan bahwa variabel periklanan dan hubungan masyarakat berpengaruh positif signifikan terhadap minat menabung, sementara kualitas layanan dan jaminan rasa aman tidak berpengaruh positif signifikan terhadap minat menabung. Variabel periklanan merupakan variabel yang dominan mempengaruhi minat menabung. Koefisien determinasi dari model regresi adalah sebesar 54, 6%. |
Jurnal Manajemen 6 (2), 2016 | |
2016 | E-LEARNING AS TOOLS AND STRATEGIES OF LITERACY INSTRUCTION BASED BALANCE LITERACY FOR STUDENTS WITH LEARNING DISABILITIES IN INCLUSIVE SCHOOL | E-learning is one of the important needs in literacy instruction based Balance Literacy Approach for students with learning difficulties in inclusive school because this approach aims at preparing literate learners to overcome challenges of the 21st century through the comprehensive integration of learning success factors. One such factor is e-learning tools and strategy required to be mastered by the teacher and the students to overcome early literacy problem of children with learning disabilities due to not mastered prerequisite reading (phonological awareness). The purpose of this study is to describe the readiness of schools and stakeholders in providing e-learning as well as the students and the teachers understanding in implementing e-learning as tools and strategies to learn literacy. Case study design with the procedural framework by Stake (2006), data collection techniques of observation, interviews, and document scrutiny. Analysis of the data flow techniques (Milles & Huberman, 1994). The findings show e-learning readiness in inclusive schools, stakeholders support and the practitioners have not been adequate, as well as the ability of teachers and students in the use of e-learning. Strive for e-learning provision and teacher-student training. |
TEKPEN 290 (E-Learning-Management), 952-966, 2016 | |
2016 | MAKET MULTIMEDIA INTERACTIVE BASED ORIENTATION AND MOBILITY BASED ON CONCEPT MASTERY EMBEDDING THE SCHOOL EVIRONMENT ON BLIND STUDENT | The observation result from the field study indicated that the blind students, the carrier of sight disorder, often had movement limitedness in their environment. Lack of vision ability influenced toward their daily activity. Although the vision was less the environment introduction to the blinds was as the realization that they could do the activity as the normal. Developing interactive multimedia scale media based orientation and mobility to implant mastering concept of school environment strived to help solving the blind students’ problem so that they could study with comfortable, safe and happy, brave walking autonomously and hope continuously to be success person to do daily activity. Based on the blind students’ problem, this research could be formulated as the following: 1) How was the developing prototype result of interactive multimedia scale media based orientation and mobility to implant the mastering concept of school environment to blind students in Special School?, 2) How was the prototype result properness of interactive multimedia scale media based orientation and mobility in implanting the mastering concept of school environment to blind students of Special School? In specific, this developing research had purpose 1) to produce the prototype of interactive multimedia scale media based orientation and mobility to implant the mastering concept of school environment to the blind students in Special School, 2) to examine the prototype result properness of interactive multimedia scale media based orientation and mobility to implant the mastering concept of school environment to blind students in Special School. This developing research … |
Jurnal TEKPEN 1 (4), 2016 | |
2015 | Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (Tai) Bermedia Flashcard Terhadap Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan 1-10 Anak Kelompok A TK Tunas … | Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) bermedia flashcard terhadap kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10 anak kelompok A. Subyek dalam penelitian ini adalah seluruh anak kelompok A1 di TK Tunas Harapan Desa Brayublandong Mojokerto yang berjumlah 20 anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa T hitung< T tabel (0< 0, 52), dengan demikian Ha diterima, dan Ho ditolak. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) bermedia flashcard terhadap kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10. |
PAUD Teratai 4 (2), 2015 | |
2015 | Penerapan metode proyek terhadap kemampuan naturalis intellegence anak usia 5-6 tahun | Penelitian kuantitatif ini bertujuan untuk mengetahui dan mendiskripsikan penerapan metode proyek terhadap naturalis intelligence anak usia 5-6 tahun di TK Budi Luhur Surabaya. Sampel pada penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun TK Budi Luhur Surabaya yang berjumlah 23 anak. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah dokumentasi dan unjuk kerja. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji jenjang wilcoxon. Hasil analisis data menunjukkan bahwa Thitung= 0 lebih kecil dari Ttabel dengan taraf signifikan 5%= 0, 73, sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode proyek berpengaruh terhadap kemampuan Naturalist Intelligence anak usia 5-6 tahun TK Budi Luhur Surabaya diterima. |
Fakultas Imu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya, 2015 | |
2015 | Media audiovisual pembelajaran huruf terhadap kemampuan menyimak anak kelompok A | This study quantitative research aims to determine the effect of the audiovisual media of learning the letters to listening skills A group of children in kindergarten Budi Luhur Surabaya. The samples this study’sa group of kindergarten children Budi Luhur Surabaya totaling 25 children. Thisresearch data collection method using a method of observation and test performance. This research data analysis technique that is using wilcoxon matched pairs test. The result showedthatThitung= 0smallerTtabelwith significance levelof 5%= 0.89 so thatHaaccepted and Ho rejected. Thus it can be concludedthat the audiovisualmedialearningletters has aaffect to the listening skills of children in group A kindergarten Budi Luhur Surabaya accepted. |
PAUD Teratai 4 (3), 1-5, 2015 | |
2015 | Strategi Pembelajaran model pelatihan menempel kain perca terhadap kemampuan motorik halus anak kelompok B | Penelitian ini menggunakan desain penelitian Pre-Experimental Design dengan jenis One-Group Pretest-Posttest Design dengan melakukan perbandingan hasil penilaian kemampuan anak sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Penelitian ini menggunakan subyek yang berjumlah 23 anak. Metode pengumpulan datanya menggunakan observasi non partisipant dengan alat penelitian berupa lembar observasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistik non-parametris dengan uji jenjang bertanda wilcoxon match pair test. Berdasarkan hasil analisis data uji wilcoxon match pair test menunjukkan bahwa Thitung= 0 lebih kecil dari Ttabel dengan taraf signifikan 5% yaitu 0, 73 sehingga (0< 0, 73). Berdasarkan hasil analisis tersebut berarti hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis penelitian yang berbunyi bahwa strategi pembelajaran model pelatihan menempel kain perca berpengaruh terhadap kemampuan motorik halus anak kelompok B TK PKK desa Mejuwet Sumberrejo Bojonegoro diterima.. |
Paud Teratai 4 (2), 1-8, 2015 |