Implementasi Program Kompensatoris Untuk Peserta Didik Penyandang Disabilitas

Penelitian yang dilakukan oleh Jelita Jernih Aristu, mahasiswa S1 Manajemen Pendidikan, bertujuan untuk menganalisis, mendeskripsikan, dan memahami implementasi program kompensatoris Peserta Didik Penyandang Disabilitas (PDPD) dalam memenuhi akomodasi yang layak di SMPN 28 Surabaya. Program ini dirancang sebagai alternatif pembelajaran yang setara tanpa mengubah isi atau materi ajar, yang sama dengan kurikulum bagi peserta didik reguler.

Pendekatan penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data dari sumber primer seperti Wakil Kepala Sekolah, Koordinator Guru Pembimbing Khusus, Guru BK, Koordinator Guru Kelas, dan peserta didik penyandang disabilitas sendiri. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi.

Analisis data dilakukan menggunakan teknik Miles dan Huberman yang meliputi pengumpulan, reduksi, penyajian, dan verifikasi data. Uji keabsahan data termasuk uji kredibilitas dengan triangulasi dan member check, uji transferabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas untuk memastikan hasil penelitian dapat dipercaya.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa program kompensatoris di SMPN 28 Surabaya memiliki dua bentuk utama yang diimplementasikan yaitu kegiatan Kesenian dan Cooking Class, yang bertujuan memberikan ruang pengembangan kemampuan dan kemandirian PDPD tanpa mengubah kompetensi kurikulum dasar.

Implementasi program kompensatoris ini mendukung prinsip inklusivitas sekaligus memenuhi kebutuhan khusus peserta didik penyandang disabilitas agar mendapatkan pendidikan yang adil dan berkualitas. Pendekatan ini dianggap efektif dalam menumbuhkan rasa percaya diri dan meningkatkan keterampilan peserta didik.

Penelitian ini menyarankan agar SMPN 28 Surabaya dan institusi terkait meningkatkan dukungan fasilitas, sumber daya manusia, dan pelatihan khusus untuk guru pembimbing agar program kompensatoris dapat dijalankan lebih optimal dan berkelanjutan.