Publikasi Fakultas Ilmu Pendidikan

Year Title Description Publisher Author(s)
2022 Hubungan antara kepribadian hardiness dengan psychological well-being pada karyawan
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kepribadian hardiness dan psychological well-being pada karyawan instansi X. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Sampel yang digunakan yaitu teknik sampling jenuh dengan subyek 60 karyawan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan skala kepribadian hardiness dan skala psychological well-being. Data yang sudah diperoleh selanjutnya dianalisa dengan uji korelasi product moment menggunakan software SPSS 25.0 for windows. Dari hasil analisa data didapatkan hasil bahwa terdapat hubungan antara kepribadian hardiness dengan psychological well-being pada karyawan instansi X yang ditunjukkan dengan taraf signifikansi yakni 0.000 (p< 0.05) dengan nilai koefisiensi korelasi yakni 0.802. Sesuai hasil analisa tersebut maka bisa disimpulkan ada hubungan yang signifikan serta positif antara kepribadian hardiness dan psychological well-being pada karyawan instansi X. Hal ini menunjukkan bahwa makin tinggi kepribadian hardiness karyawan, maka makin tinggi juga psychological wellbeingnya. Begitupula sebaliknya, jika kepribadian hardiness rendah maka semakin rendah pula psychological wellbeing pada karyawan.
Jurnal Penelitian Psikologi 9 (5), 14-25, 2022
2022 Hubungan antara Iklim Organisasi dengan Work Life Balance pada Karyawan
Kondisi kerja saat ini membuat karyawan dituntut untuk mampu menyelesaikan pekerjaan secara fleksibel, di mana hal ini membuat karyawan harus bekerja lebih sehingga dapat memberikan dampak ketidakseimbangan antara kehidupan pribadi dan pekerjaannya. Tujuan dari penelitian ini ialah mengetahui hubungan antara variabel iklim organisasi dengan variabel work life balance pada karyawan. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain korelasional. Sampel sebanyak 81 karyawan dengan menggunakan teknik convenience sampling. Pengumpulan data menggunakan skala work life balance dan skala iklim organisasi. Teknik analisis data menggunakan uji korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara iklim organisasi dengan work life balance pada karyawan. Dengan demikian, semakin positif persepsi karyawan terhadap organisasi maka akan semakin tinggi work life balance karyawan. Aspek-aspek dalam iklim organisasi seperti struktur organisasi yang jelas, kepuasan hubungan interpersonal sesama karyawan, serta dukungan yang diberikan organisasi akan membantu karyawan menyelesaikan pekerjaannya sehingga karyawan juga dapat fokus dengan aktivitas kehidupan pribadinya.
Jurnal Psikologi Teori dan Terapan 13 (1), 14-26, 2022
2022 Dampak Latihan Relaksasi Otogenik Terhadap Kecemasan Kognitif Atlet Mahasiswa Cabang Olahraga Menembak
Penelitian ini memiliki latar belakang pentingnya aspek mental sebagai pendukung pencapaian performa pada atlet mahasiswa cabang olahraga menembak. Salah satu aspek mental yang berpengaruh adalah kecemasan kognitif. Salah satu intervensi yang dapat dilakukan untuk menurunkan kecemasan kognitif yaitu melalui latihan relaksasi otogenik. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui dampak latihan relaksasi otogenik terhadap penurunan kecemasan kognitif pada atlet mahasiswa cabang olahraga menembak. Pendekatan eksperimen melalui desain pretest-posttest control group diterapkan pada penelitian ini. Eksperimen dilakukan selama 6 kali. Sejumlah 12 orang (6 laki-laki, 6 perempuan) atlet mahasiswa cabang olahraga menembak terlibat dalam penelitian ini. Rentang usia 19–23 tahun. Data diperoleh melalui skala kecemasan kognitif saat sebelum dan sesudah perlakuan relaksasi otogenik. Uji t independent digunakan sebagai teknik analisis data. Hasil riset menunjukkan bahwa nilai t sebesar-8,374 dengan p< 0,001. Ini menunjukkan bahwa latihan relaksasi otogenik berdampak pada penurunan kecemasan kognitif pada atlet mahaasiswa cabang olahraga menembak. Penurunan kecemasan kognitif terjadi antara lain disebabkan oleh adanya hasil fase edukasi akan pentingnya latihan mental bagi atlet mahasiswa cabang olahraga menembak. Selain itu, mekanisme relaksasi otogenik
Jurnal Psikologi Teori dan Terapan 13 (1), 94-105, 2022
2022 Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru terhadap Perkembangan Kognitif dan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap perkembangan kognitif dan bahasa anak usia 5-6 tahun di RA Nurul Jadid Ketawang Karay Kecamatan Ganding Kabupaten Sumenep. Penelitian ini dilaksanakan melalui pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Penelitian ini berdesain “One-Shot Case Study”, yaitu dengan desain terdapat suatu kelompok diberi treatment/perlakuan dan selanjutnya diobservasi hasilnya. Teknik analisis data menggunakan analisis MANOVA (Multivariate Analaysis of Variance). Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan metode statistik dengan dibantu Microsoft Excel dan IBM SPSS (Statistical Package for The Sosial Science) versi 23.0 dalam penghitungan data. Subyek penelitian adalah anak kelompok B RA Nurul Jadid. Data penelitian dikumpulkan melalui kuisioner (angket) dan observasi. Hasil analisis data menujukkan bahwa: 1) Kompetensi Pedagogik Guru memiliki pengaruh terhadap perkembangan Kognitif anak Kelompok B di RA Nurul Jadid; 2) Kompetensi Pedagogik Guru memiliki pengaruh terhadap perkembangan Bahasa anak Kelompok B di RA Nurul Jadid. Implikasi dari penelitian ini adalah bagi guru untuk senantiasa meningkatkan Profesionalitas dirinya sebagai guru PAUD terutama dalam hal Kompetensi Pedagogik supaya kompetensi guru lebih maksimal. Selain itu, Kompetensi Pedagogik guru dapat menjadi solusi dalam meningkatkan perkembangan Kognitif dan bahasa anak pada kelompok B.
Jurnal Basicedu 6 (5), 9050-9063, 2022
2022 Professional Commitment in Terms of Gender and Tenure of Vocational High School Teachers
To perform effectively, teachers must have a strong professional commitment. This quantitative and comparative study examines how gender and tenure can contribute to differences in professional commitment. Subjects who participated in this study amounted to 89 people consisting of 33 female teachers and 56 male teachers at Vocational High School in Surabaya and number of teachers who have tenure more than 10 years is 22 people, while 44 people with 1-2 tenure, 23 people with 3-10 tenure. Using SPSS 25.0 for Windows, two-way ANOVA revealed no statistically significant difference in professional commitment between male and female teachers (significance level 0.097 with p> 0.05). We also found that tenure had a statistically significant effect on professional commitment (significance level 0.013 with p< 0.05). This study shows that teachers with longer tenures exhibit greater levels of professional commitment.
IJORER: International Journal of Recent Educational Research 3 (2), 135-146, 2022
2022 PENGEMBANGAN BUKU DIGITAL BERPENDEKATAN BALANCE LITERACY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA TEMA 3 BENDA DI SEKITARKU KELAS III SEKOLAH DASAR
Penelitian ini bertujuan untuk meneliti kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan dalam mengembangkan media pembelajaran berupa buku digital berpendekatan balance literacy untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada tema 3 benda di sekitarku kelas III sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan model penelitian ASSURE. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berupa buku digital berpendekatan balance literacy valid, praktis, dan efektif karena memberikan pengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa, sehingga media pembelajaran berupa buku digital berpendekatan balance literacy relevan untuk diterapkan di kelas III sekolah dasar.
JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT 10 (1), 312-320, 2022
2022 Model Pembiasaan Karakter Tanggung Jawab dan Kemandirian pada Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina II Pungging Mojokerto
Sikap tanggung jawab dan mandiri merupakan karakter yang perlu dikembangkan sejak dini karena anak mulai memasuki lingkungan baru. Karena itu penting bagi guru dan orang tua untuk bekerja sama dalam mengembangkan karakter tersebut. Guru mengembangkan 2 karakter tersebut dengan pembiasaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode dokumentasi, observasi dan wawancara. Subyek penelitian: guru, orang tua dan kelompok A. Hasil penelitian menunjukkan bahwa,(1) Metode yang digunakan guru dalam mengembangkan karakter tanggung jawab dan kemandirian kombinasi dari beberapa metode.(2) Metode pembiasaan ini diimplementasikan pada kegiatan anak-anak yang berlangsung setiap hari di sekolah.(3) Dalam pengembangan karakter tanggung jawab dan kemandirian terdapat perbedaan metode yang digunakan. Pada pengembangan karakter tanggung jawab guru menggunakan metode pembiasaan secara rutinitas, kegiatan terprogram, kegiatan spontan dan keteladanan sedangkan pada pengembangan karakter kemandirian guru menggunakan metode pembiasaan dengan kegiatan terprogram dan kegiatan secara spontan.(4) Secara umum anak menyukai metode pembiasaan yang diterapkan oleh guru.(5) Hasil penerapan metode pembiasaan ketika disekolah anak-anak mulai dibiasakan belajar bertanggung jawab dan mandiri ketika mengerjakan tugas tetapi ketika dirumah hal ini belum berjalan sepenuhnya terkadang anak masih dibantu orang tuanya.(6) Dalam …
MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 9 (1), 160-181, 2022
2022 Efektifitas Pengembangan Wondershare Quis Creator Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Kritis Siswa SD
This technological development affects the Indonesian language learning model at all levels of education, especially in elementary schools (SD). In teaching and learning activities, one of which is an evaluation tool is needed. This study aims to determine the Effectiveness of Developing an Evaluation Tool Based on Wondershare Quis Creator to Measure Critical Reading Comprehension Skills in Grade 6 Elementary School Students. Research methods carried out include Research and Development (research development). The research subjects were 6th grade students of SDN Ngagel 1/394 Surabaya aged 8-11 years, totaling 50 students. The results of this study showed that the critical reading comprehension skills of grade 6 students were in the high category with an average n-gain score of 0.76. The conclusion of this study is that the effectiveness of the Wondeshare Quis Creator-based evaluation tool to improve the critical reading skills of 6th grade elementary school students has increased significantly.
Jurnal Ilmiah Mandala Education 8 (2), 2022
2022 Development of Make a Match Type of Learning Tools Assisted by Worldwall Applications on ASEAN Materials to Improve Critical Thinking Ability of Elementary School Students
Enforcement of online learning requires teachers to be able to use information technology to conduct online learning. It was found in online learning that some students were less enthusiastic about paying attention to the teacher's explanation, did not answer the teacher's questions, and were less active in expressing opinions. So, we need a learning innovation so that students feel comfortable and happy to learn and do not rule out the material that must be mastered by students with the Make a Match learning model assisted by the Worldwall application. The purpose of the study was to describe the effectiveness of the Make a Match cooperative model assisted by the Worldwall Application on ASEAN materials to improve critical thinking skills of elementary school students. The type of research used is a learning tool developed and made using the Make a Match Cooperative type which is supported by the Worldwall Application in ASEAN Materials at SDN Banjarsugihan II/117 Surabaya. The results of the responses of class VI B students to the Make a Match Type learning device with the help of Worldwall Applications with Cooperatives showed a positive response to improve students' critical thinking skills and provide a good understanding of the material being taught with a percentage of 89%. Teachers are also active in motivating and assisting students in providing reinforcement and responding to student work with the aim of making it easier for students to understand and solve problems regarding fractions so that they can be used as alternatives in learning ASEAN material.
EduLine: Journal of Education and Learning Innovation 2 (2), 160-171, 2022
2022 PENGARUH MODEL BLENDED LEARNING DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMK
Permasalahan beberapa guru di SMKN 1 Mojokerto mengeluhkan banyak siswa yang mengalami penurunan motivasi belajar selama masa pendemi covid 19 ini, hal ini bisa di lihat dari keaktifan siswa mengakses materi online yang di berikan oleh guru, tugas yang terlambat di kumpulkan atau bahkan tidak di kumpulkan sama sekali. Untuk itu perlu adanya inovasi pembelajaran baru yang dapat meningkatkan kreatifitas siswa dimasa pandemi saat ini. Model pembelajaran Blended learning diharapkan menjadi solusi pembelajaran yang dilaksanakan dengan pembelajaran tatap muka (pembelajaran langsung) dan pembelajaran secara online. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan berpikir kreatif pada siswa yang mengikuti model blended learning dan pembelajaran tatap muka di sekolah;(2) perbedaan antara motivasi belajar siswa tinggi dan motivasi belajar siswa rendah terhadap kemampuan berfikir kreatif siswa;(3) interaksi blended learning dan motivasi belajar terhadap kemampuan berfikir kreatif siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen yaitu dengan mengujicobakan suatu perlakuan/treatment. Dalam penelitian eksperimen, peneliti memanipulasi setidaknya satu variabel independen, dan variabel lain yang relevan sebagai variabel kontrol, dan mengamati efeknya pada satu atau lebih variabel dependen. Sasaran dalam penelitian ini pada siswa kelas XI jurusan Teknik Komputer dan Jaringan pada mata pelajaran Teknologi Layanan Jaringan di SMK Negeri 1 Mojokerto tahun pelajaran 2020/2021, sampel yang di gunakan dalam penelitian ini kelas XI TKJ 1 …
JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika) 7 (1), 147-154, 2022