Publikasi Fakultas Ilmu Pendidikan

Year Title Description Publisher Author(s)
MONOGRAF PENGARUH LATIHAN RELAKSASI OTOGENIK TERHADAP KECEMASAN PADA ATLET MENEMBAK
Barang siapa dengan sengaja melanggar dan tanpa hak melakukan perbuatan sebagaimana dimaksud dalam pasal ayat (1) atau pasal 49 ayat (1) dan ayat (2) dipidana dengan pidana penjara masing-masing paling sedikit 1 (satu) bulan dan/atau denda paling sedikit Rp. 1.000. 000, 00 (satu juta rupiah), atau pidana penjara paling lama 7 (tujuh) tahun dan/atau denda paling banyak Rp. 5.000. 000.000, 00 (lima miliar rupiah).Barang siapa dengan sengaja menyiarkan, memamerkan, mengedarkan, atau menjual kepada umum suatu ciptaan atau barang hasil pelanggaran hak cipta terkait sebagai dimaksud pada ayat (1) dipidana dengan pidana penjara paling lama 5 (lima) tahun dan/atau denda paling banyak Rp. 500.000. 000, 00 (lima ratus juta rupiah)
Perkumpulan Rumah Cemerlang Indonesia, 0
MONOGRAF PENGARUH LATIHAN RELAKSASI OTOGENIK TERHADAP KECEMASAN PADA ATLET MENEMBAK
Barang siapa dengan sengaja melanggar dan tanpa hak melakukan perbuatan sebagaimana dimaksud dalam pasal ayat (1) atau pasal 49 ayat (1) dan ayat (2) dipidana dengan pidana penjara masing-masing paling sedikit 1 (satu) bulan dan/atau denda paling sedikit Rp. 1.000. 000, 00 (satu juta rupiah), atau pidana penjara paling lama 7 (tujuh) tahun dan/atau denda paling banyak Rp. 5.000. 000.000, 00 (lima miliar rupiah).Barang siapa dengan sengaja menyiarkan, memamerkan, mengedarkan, atau menjual kepada umum suatu ciptaan atau barang hasil pelanggaran hak cipta terkait sebagai dimaksud pada ayat (1) dipidana dengan pidana penjara paling lama 5 (lima) tahun dan/atau denda paling banyak Rp. 500.000. 000, 00 (lima ratus juta rupiah)
Perkumpulan Rumah Cemerlang Indonesia, 0
EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN READ ALOUD DENGAN MEDIA BUKU CERITA GAMBAR SERI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA RESEPTIF DAN EKSPRESIF PADA ANAK USIA DINI
Penelitian ini bertujuan untuk melakukan kajian empiris guna mengetahui perbedaan keefektifan antara metode pembelajaran read aloud berbasis media gambar seri dengan metode lain yang biasanya digunakan oleh guru untuk meningkatkan kemampuan berbahasa reseptif pada anak usia dini. Jenis penelitian ini menggunakan rancangan eksperimen nonequivalent control group dengan pendekatan kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari satu variabel bebas dan dua variabel tak bebas. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah metode pembelajaran read aloud dengan media cerita gambar seri (X), sedangkan variabel tak bebas dalam penelitian adalah kemampuan bahasa ekspresif (Y1) dan kemampuan berbahasa ekspresif (Y2). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Metode pembelajaran read aloud dengan media cerita gambar seri lebih efektif dibandingkan metode pembelajaran yang biasa digunakan oleh guru untuk meningkatkan kemampuan berbahasa reseptif pada anak usia dini, secara statistik nilai Fhitung= 5.766 dengan tingkat signifikan p= 0.022 lebih kecil dari 5%;(2) Metode pembelajaran read aloud dengan media cerita gambar seri lebih efektif dibandingkan metode pembelajaran yang biasa digunakan oleh guru untuk meningkatkan kemampuan berbahasa ekspresif pada anak usia dini, secara statistik nilai Fhitung= 1.028 tingkat signifikan p= 0.012 lebih kecil dari 5%. Pada hasil studi ini dapat memberikan wawasan serta inovasi baru dalam keefektifan pemeblajaran metode read aloud pada kegiatan bercerita gambar seri bermanfaat untuk mengembangkan kemampuan berbahasa reseptif dan …
Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran) 6 (1), 163-174, 0
Pengaruh Penggunaan Media Komik tanpa Dialog terhadap Kemampuan Menulis Teks Dialog Siswa Kelas III SD Kecamatan Wiyung Surabaya
Latar belakang penelitian ini adalah kemampuan menulis teks dialog kurang diminati oleh siswa. Selain menjadi hal yang menakutkan, kesempatan untuk menulis sangat sedikit. Penyebab permasalahan tersebut adalah selama mengajar guru hanya menjelaskan tentang pengertian teks dialog kemudian ditindaklanjuti dengan pemberian tugas. Guru tidak menggunakan media yang tepat untuk lebih memudahkan siswa menuangkan idenya dalam bentuk tulisan percakapan. Peneliti beranggapan bahwa media komik yang disajikan dalam bentuk komik tanpa dialog akan dapat memberi stimulus kepada siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan media komik tanpa dialog terhadap kemampuan menulis teks dialog siswa kelas III SD Kecamatan Wiyung Surabaya. Penelitian ini menggunakan penelitian jenis eksperimen yang menggunakan teknik analisis data kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa t hitung lebih kecil daripada t tabel yaitu 1,574< 2,000. Hal ini berarti, H 0 diterima yaitu media komik tanpa dialog berpengaruh terhadap kemampuan menulis teks dialog pada siswa kelas III SD Kecamatan Wiyung Surabaya.
Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 3 (2), 254323, 0
Pengembangan Media Tiga Dimensi Papan Susun Model Jaring Makanan untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas SD
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran tiga dimensi papan model susun jaring-jaring makanan yang layak digunakan untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas V SD. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan Research and Development (R & D) dengan menggunakan metode Four D. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, angket dan tes. Hasil dari uji coba 1 penelitian keterampilan berbicara siswa diperoleh nilai t hitung lebih besar dari t tabel yaitu 9,614> 2,262, dan pada uji coba 2 diperoleh nilai t hitung 17,140> 2,080. Berdasarkan analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa media tiga dimensi papan model susun jaring-jaring makanan dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas V SDN Babatan IV Surabaya.
Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 5 (3), 254514, 0
Pengembangan Media Video Pembelajaran Menyatakan Pendapat dalam Diskusi Siswa Kelas V Sdn 4 Lidah Kulon Surabaya
Berdiskusi adalah salah satu bagian dari keterampilan berbicara. Dalam berdiskusi terdapat kegiatan menyampaikan pendapat. Media pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah video pembelajaran. Tujuan penelitian adalah (1) Menjelaskan prosedur pengembangan media produk video.(2) Menjelaskan kualitas produk media.(3) Menjelaskan efektivitas pengembangan produk media video. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi, lembar tanggapan siswa, lembar pengamatan, dan lembar tes. Teknik analisis data terdiri dari analisis non statistik dan analisis statistik. Prosedur pengembangan video pembelajaran meliputi (1) penetapan (2) perancangan (3) pengembangan (4) penyebaran. Setelah dilakukan revisi dan uji coba video pembelajaran dikemas ke dalam CD. Video pembelajaran dilengkapi buku panduan. Nilai yang diberikan oleh ahli materi I yaitu 92% dan ahli materi II sebesar 95%. Ahli desain media memberikan nilai sebesar 86, 5%. Hal ini menunjukkan video pembelajaran memiliki kualitas yang tinggi. Hasil data tes siswa yang menggunakan uji t pada uji coba I sebesar 23, 5> 2,776 dan uji coba II sebesar 27, 34> 2,045. Sehingga dapat dikatakan video pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan menyatakan pendapat dalam diskusi siswa kelas V SD.
Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 3 (2), 254319, 0
Pengembangan Media Pop Up Card untuk Meningkatkan Kemampuan Menyusun Kata pada Siswa Kelas I Sdn 2 Jatiprahu Karangan Trenggalek
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menyusun kata dengan memanfaatkan media pop up card pada mata pelajaran bahasa indonesia materi menyusun kata. Rancangan penelitian yang digunakan adalah metode research and development milik Thiagarajan Sammel and Sammel yang disebut 4-D (four D model). Berdasarkan hasil analisis pretest dan postest yang menggunakan uji t-test 5% menunjukkan peningkatan yang signifikan. Adapun penilaian yang diberikan validator pada media adalah sangat baik yaitu 92, 3%. Sedangkan untuk tanggapan siswa sebesar 100% pada uji coba I dan uji coba II. Analisis hasil pretes dan postes siswa dengan uji t 5% didapatkan hasil bahwa nilai postes lebih besar dari pretes, sehingga dihasilkan nilai t hitung lebih besar dari t tabel yaitu, 4> 2,776 pada uji coba 1 dan 18, 92> 2,021 pada uji coba 2. Selain itu, nilai yang diperoleh pada uji coba 2 lebih besar dari uji coba 1 yaitu 18, 92> 4. Berdasarkan analisis dan penelitian maka, media pembelajaran layak digunakan, sehingga disarankan khususnya bagi guru dan siswa SD kelas I untuk menggunakan media pop up card dalam pembelajaran menyusun kata.
Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 3 (2), 254327, 0
Pengembangan Buku Suplemen Memerankan Teks Cerita Petualangan pada Buku Siswa Kelas IV SD Tema Makananku Sehat dan Bergizi Subtema Kebiasaan Makanku
Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan proses pengembangan, menghasilkan produk buku suplemen memerankan teks cerita petualangan, dan memaparkan implementasinya. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian dan Pengembangan yang mengacu pada model 4-D. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prosedur pengembangan buku suplemen dilakukan dalam empat tahap. Produk buku suplemen memerankan teks cerita petualangan dikatakan berkualitas karena telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Kevalidan buku suplemen memeroleh rata-rata sebesar 100% dengan kriteria sangat baik. Kepraktisan buku suplemen memeroleh rata-rata keterlaksanaan sebesar 100% dan ketercapaian sebesar 89 dengan kriteria sangat baik.. Keefektifan produk memeroleh rata-rata 99, 32% dari hasil tanggapan siswa dan hasil belajar siswa meningkat setelah menggunakan suplemen. Hal ini digambarkan dari hasil t hitung pada uji coba II (25, 66)> t hitung pada uji coba I (19, 28) dan masing-masing t hitung lebih besar daripada t tabel yaitu 25, 66> 2,045 dan 19, 28> 2,262. Implementasi penggunaan produk dikategorikan sangat baik dengan persentase keterlaksanaan sebesar 100% dan skor ketercapaian sebesar 89.
Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 3 (2), 254312, 0
Efektivitas Penggunaan Media Computer Assisted Instruction (Cai) dalam Menulis Eksposisi pada Tema Ekosistem Siswa Kelas V Sdn Wiyung 1 Surabaya
Menulis adalah salah satu keterampilan yang harus dimiliki oleh siswa, salah satunya menulis eksposisi. Siswa dapat dirangsang kreatifitas menulisnya dengan media Computer assisted instruction (CAI). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana efektifitas penggunaan media CAI dalam menulis eksposisi siswa kelas V. Penelitian ini berpendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian eksperimen semu dengan desain one grup pre-test and post-test design. Teknik pengumpulan datnya menggunakan tes, observasi dan kuesioner. Hasil penelitian yang sudah dilakukan dengan menggunakan media CAI menunjukkan keberhasilan. Hal ini dibuktikan dengan uji t test yang telah dilakukan menunjjukan bahawa sig pada perhitungan adalah 0,000 yang berarti nilai lebih kecil dari 0, 05 sehingga media CAI efektif dalam menulis eksposisi. Dalam pelaksanaan pembelajaran guru sebaiknya menggunakan medai pembelajaran yang inovatif, sehingga pembelajaran akan lebih menarik dan dapat menari perhatian siswa.
Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 5 (3), 254424, 0
Pengaruh Penggunaan Media Video terhadap Keterampilan Menulis Deskripsi Siswa Sekolah Dasar
Guru membutuhkan media yang dapat menggambarkan objek dengan jelas untuk memudahkan siswa dalam menulis deskripsi, maka dipilihlah media video. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan media video terhadap keterampilan menulis deskripsi siswa sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen quasi experimental dengan model desain nonequivalent control group desain. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Data hasil nilai pretes-postes dianalisis menggunakan uji t-tes. Hasil uji t-tes diperoleh t hitung= 4, 85> t tabel= 2, 00. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan media video berpengaruh terhadap keterampilan menulis deskripsi siswa sekolah dasar.
Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 3 (2), 254328, 0