Publikasi Fakultas Ilmu Pendidikan

Year Title Description Publisher Author(s)
Susarno, Lamijan H.(2012)
Teori dan Praktek Pendidikan, 0
Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Arias (Assurance, Relevance, Interest, Assesment, And Satisfaction) terhadap Kemampuan Penguasaan Konsep Siswa Kelas IV Sdn Babatan 1 Surabaya
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah perbedaan yang signifikan pada kemampuan penguasaan konsep siswa yang belajar dengan model pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assesment and Satisfaction), dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Jenis penelitaian adalah jenis eksperimen semu dengan desain penelitain nonequivalent control group design. Populasi penelitian adalah siswa kelas IV di SDN Babatan I/456 Surabaya. Sampel diambil dengan teknik random sampling. Data yang diperlukan dalam penelitian ini adalah data penguasaan konsep siswa yang dikumpulkan dengan tes penguasaan konsep berbentuk pilihan ganda. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptf dan uji t independent dengan SPSS versi 22.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dengan probabilitas 0,000. Rata-rata nilai kemampuan penguasaan konsep siswa pada kelas eksperimen sebesar 8, 92. Sedangkan, pada kelas kontrol sebesar 4, 17. Hal tersebut menunjukkan adanya pengaruh model pembelajaran ARIAS pada kelas eksperimen yang diberikan perlakuan (treatment).
Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 3 (2), 253683, 0
Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Telaah Yurisprudensi terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Sdn Babatan 1 Surabaya
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menerapkan model pembelajaran telaah yurisprudensi dengan hasil belajar siswa yang menerapkan model pembelajaran konvensional. Bentuk penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan penelitian nonequivalent control group design yang menggunakan teknik analisis data kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik tes dan observasi. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh dari rata-rata post-test kelas kontrol 10, 89 dan kelas eksperimen 18, 35. Dari perhitungan uji gain kelas eksperimen mengalami peningkatan hasil belajar 0, 47 yang lebih tinggi daripada kelas kontrol 0, 12. Hal ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menerapkan model telaah yurisprudensi dengan yang menerapkan model pembelajaran konvensional.
Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 3 (2), 253660, 0
Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Role Playing terhadap Kecerdasan Sosio-emosional Siswa Kelas V Sdn Lidah Kulon I Surabaya
Permasalahan yang muncul di dunia pendidikan dewasa ini adalah kurangnya implementasi hasil belajar siswa di lingkungan masyarakat. Hal ini dikarenakan sekolah hanya mengutamakan kecerdasan kognitif. Oleh sebab itu kecerdasan sosio-emosional dibutuhkan agar siswa mamu berperan dalam lingkungan sosialnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mngetahui signifikansi pengaruh model pembelajaran role playing terhadap kecerdasan sosio-emosional siswa kelas V SDN Lidah Kulon I Surabaya, dengan jumlah responden kelas eksperimen 31 siswa dan 33 siswa untuk kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi. Data yang didapat dianalisis dengan teknik t-test (uji-t). Nilai t hitung yang diambil adalah-7,209 untuk varians yang diasumsikan sama. Karena nilai probabilitas atau signifikansi t hitung berada di bawah 0, 05 maka H 0 ditolak. Dengan demikian terdapat perbedaan yang signifikan antara skor observasi kecerdasan sosioemosional siswa kelas eksperimen dengan kelas kontrol.
Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 3 (2), 253646, 0
Pengaruh Penerapan Strategi Mind Map terhadap Penguasaan Konsep Waktu dan Kronologi Siswa di Sekolah Dasar
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh penerapan strategi mind map terhadap penguasaan konsep waktu dan kronologi dan besarnya pengaruh penerapan strategi mind map terhadap penguasaan konsep waktu dan kronologi. Jenis penelitian ini termasuk penelitian eksperimen jenis Quasi Experimental dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Desain ini terdapat dua kelompok yang tidak dipilih secara random. Teknik pengumpulan data adalah tes. Teknik analisis data yaitu menggunakan analisis uji-t. Hasil uji-t dengan taraf signifikansi 5% adalah 0,025 atau (p< 0, 05). Hal itu menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan strategi mind map terhadap penguasaan konsep waktu dan kronologi. Besarnya pengaruh diperoleh dari perhitungan N gain yaitu 0, 7 dalam kriteria tinggi.
Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 3 (2), 253668, 0
Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Team Accelerated Instruction (Tai) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas IV
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran TAI terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas IV SDN Babatan I Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas IV di SDN Babatan I Surabaya yang berjumlah 101 orang. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas IV-A 25 orang sebagai kelas kontrol dan siswa kelas IV-B 23 orang sebagai kelas eksperimen. Pengumpulan data dalam penelitian ini didapatkan dari soal tes uraian. Data yang didapatkan dari metode tes tersebut dianalisis dengan teknik t-test (uji-t). Hasil penelitian pada kemampuan pemecahan masalah siswa menunjukkan bahwa rata-rata nilai kemampuan pemecahan masalah siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran TAI sebesar 84, 46. Sedangkan rata-rata nilai kemampuan pemecahan masalah siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran konvensional sebesar 64. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t menunjukkan nilai t hitung yang diambil adalah 45,834 untuk varians yang tidak diasumsikan sama (F= 0,047; sig.= 0,001). Karena nilai probabilitas atau signifikansi t hitung berada di bawah 0, 05, maka H 0 ditolak. Selain itu pada kelas kontrol di peroleh nilai gain sebesar 0, 31 hal ini menunjukkan peningkatan kemampuan pemecahan masalah yang sedang. Sedangkan pada kelas eksperimen diperoleh nilai gain sebesar 0, 71 hal ini menunjukkan peningkatan kemampuan pemecahan masalah yang tinggi. Berdasarkan hasil penelitian …
Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 3 (2), 253652, 0
Penggunaan Media Puzzle Mata Pelajaran IPS Materi Mengenal Para Tokoh Pahlawan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kelas V Sdn 4 Ngadimulyo Kampak Trenggalek
Tujuan penelitian untuk memaparkan pelaksanaan pembelajaran dan hasil belajar siswa selama penggunaan media puzzle. Penelitian menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Data diperoleh melalui observasi guru dan siswa, serta tes hasil belajar. Presentase keterlaksanaan aktivitas guru kedua siklus memperoleh 100% dengan nilai ketercapaian siklus I 77, 94 dan siklus II 85, 62. Aktivitas siswa kedua siklus memperoleh 100% dengan nilai ketercapaian siklus I 73, 80 dan siklus II 88, 01. Hasil belajar siswa dengan presentase ketuntasan klasikal pada siklus I 76, 2% dan siklus II 85, 71%, sedangakan nilai rata-rata siswa pada siklus I adalah 83, 85 dan siklus II adalah 87, 26. Dapat disimpulkan bahwa media puzzle sangat efektif untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPS di SDN 4 Ngadimulyo Kampak Trenggalek.
Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 5 (3), 254642, 0
Penggunaan Lembar Kerja Berbasis Problem Based Learning terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Siswa Kelas IV Sdn Keret Krembung Sidoarjo
Lembar kerja merupakan salah satu bahan ajar yang sering digunakan dalam pembelajaran. Lembar kerja memiliki peran penting untuk menunjang proses belajar siswa. Keberadaan lembar kerja dapat membantu siswa memahami materi yang dipelajari. Lembar kerja yang disusun sesuai dengan materi, membuat siswa mampu menguasai materi dan melatih kemampuan yang dimiliki siswa. Salah satunya yaitu kemampuan memecahkan masalah. Karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan lembar kerja berbasis problem based learning terhadap kemampuan memecahkan masalah siswa kelas IV SDN Keret Krembung Sidoarjo. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Desain penelitian yang digunakan adalah nonequivalent control group design. Lokasi dari penelitian ini adalah SDN Keret yang terletak di Kecamatan Krembung Kabupaten Sidoarjo. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2016/2017. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu sampel jenuh, karena seluruh pupolasi dijadikan sampel. Sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas IV A dengan jumlah 25 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B dengan jumlah 25 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara tes. Instrumen penelitian yang digunakan untuk pengambilan data adalah soal pretest-posttest. Teknik analisis data menggunakan rumus t-test. Hasil dari penelitian ini menunjukkan pengaruh yang signifikan pada nilai tes kemampuan memecahkan masalah siswa yang menggunakan lembar kerja berbasis problem based learning …
Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 5 (3), 254707, 0
Penggunaan Media Timeline Terhadap Penguasaan Konsep Waktu Dan Kronologi Pada Pembelajaran IPS Siswa KELAS V SD
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan media timeline dapat memengaruhi penguasaan konsep waktu dan kronologi siswa kelas V SDN Pertapan Maduretno Taman Sidoarjo. Konsep-konsep mata pelajaran IPS masih bersifat abstrak, sedangkan usia anak sekolah dasar merupakan usia dimana anak berada pada fase operasional konkret, dalam pembelajaran siswa hanya diminta untuk membaca materi dalam buku pegangan serta siswa cenderung diminta untuk menghafalkan konsep, sehingga diperlukan adanya media pembelajaran yang dapat digunakan oleh guru dalam menyampaikan materi pelajaran agar lebih mudah diterima siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan quasi-experimental design tipe Nonequivalent Sampled Group Design, dengan menggunakan teknik sample random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes (pre test dan post test). Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar tes penguasaan konsep waktu dan kronologi. Berlandasan perhitungan uji T, Sig.(2-tailed) yaitu sebesar 0,000< 0, 05 maka Ha diterima atau terdapat perbedaan yang bermakna antara selisih hasil post test dan pre test kelas kontrol dengan selisih hasil post test dan pre test kelas eksperimen. Hal ini dapat diartikan bahwa media timeline berpengaruh signfikan terhadap penguasaan konsep waktu dan kronologi siswa kelas V SDN Pertapan Maduretno Taman Sidoarjo.
Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 5 (3), 254462, 0
Penerapan Model Pembelajaran TIME Token Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Kelas V Mi Bahrul Ulum Surabaya
Salah satu cara untuk meningkatkan hasil belajar siswa adalah dengan cara menerapkan model pembelajaran yang tepat untuk siswa. Penerapan model pembelajaran Time Token bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa di dalam pembelajaran. Teknik yang digunakan dalam penelitian yaitu teknik observasi dan teknik tes. Hasil yang didapatkan dari penelitian yang telah dilakukan pada hasil belajar pada siklus ialah I 72%, pada siklus II 85, 79%, dan pada siklus III 92%. Data aktivitas guru pada siklus I mendapatkan 77, 84%, pada siklus II 87, 5% dan pada siklus III 91.4%. Dan aktivitas siswa pada siklus I ialah 75, 50%, pada siklus II 85.79% dan pada siklus III 92%. Dari data yang diperoleh dapat diambil kesimpulan bahwa model pembelajaran Time Token dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 5 (3), 254581, 0