Publikasi Fakultas Ilmu Pendidikan

Year Title Description Publisher Author(s)
Penggunaan Media Kit untuk Meningkatkan Hasil Belajar Subtema Hidup Rukun pada Siswa Kelas V Sdn Tengulunan Sidoarjo
Media adalah bentuk perantara yang digunakan untuk mengungkapkan ide pikiran, atau gagasannya sehingga gagasan itu sampai ke penerima. Guru mengunakan media KIT memberikan pengalaman yang mendalam dan pemahaman lengkap akan benda-benda nyata. Media KIT berupa kotak yang berisi perangkat peralatan yang digunakan sebagai alat peraga pembelajaran ilmu pengetahuan alam. Tujuan dari penelitian adalah mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran menggunakan media KIT untuk meningkatkan hasil belajar subtema Hidup Rukun siswa kelas V SDN Tenggulunan Sidoarjo. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VB SDN Tenggulunan sidoarjo berjumlah 34 siswa. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan metode observasi dan tes. Dengan melaksanakan 2 siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan dan pengamatan, refleksi. Observasi dilakukan untuk mengetahui aktivitas guru dengan menganalisis data dalam bentuk presentase. Sedangkan tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menganalisis 3 aspek yaitu ketrampilan, pengetahuan dan sikap berdasar kurikulum 2013 dan melihat ketuntasan belajar siswa. Data analisis aktivitas guru dapat dijabarkan secara deskriptif yaitu pada aktivitas guru mengalami peningkatan sebesar 5% dari 75% pada siklus I menjadi 80% pada siklus II. Hasil belajar siswa pada aspek ketrampilan meningkat sebesar 8, 83% dari 79, 40% pada siklus I dan 88, 23% pada siklus II. Pada aspek pengetahuan 23, 53% dari 73, 52% menjadi 97, 05%. Dan aspek sikap mengalami peningkatan 26, 47% dari 64, 70% menjadi 91, 17%. Berdasarkan hasil …
Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 3 (2), 254120, 0
Pengaruh Metode Brainstorming terhadap Pemecahan Masalah IPA Materi Daur Air Siswa Kelas V Sekolah Dasar
Keterampilan pemecahan masalah siswa masih rendah. Perlu diadakan inovasi dalam mencapai pendidikan nasional. Sehingga diterapkan metode pembelajaran brainstorming. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa, keterlaksanaan, dan pengaruh metode brainstorming terhadap pemecahan masalah. Penelitian eksperimen ini menggunakan nonequivalent control group design. Berdasarkan hasil uji N-Gain ternormalisasi menunjukkan peningkatan kemampuan siswa pada kelas eksperimen sebesar 0.48. keterlaksanaan metode pembelajaran tersebut memperoleh persentase aktivitas siswa 78% dan aktivitas guru 91% yang menunjukkan keterlaksanaan terjadi dengan sangat baik. Hasil uji t-test yang diperoleh nilai signifikansi 0.016< 0.05 menunjukkan bahwa metode brainstorming berpengaruh terhadap pemecahan masalah.
Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 5 (3), 254445, 0
dkk.(2011)
Teori dan Implementasi model-model Pembelajaran Inovatif, 0
Supriyono. 2011
Teori dan Implementasi Model-Model Pembelajaran Inovatif, 0
Retno. 2007
Konseling Kelompok, 0
pengaruh layanan informasi stadi lanjut terhadap kematangan pengambilan keputusan stadi lanjut, 2017
Ejournal. unesa. ac. id, 0
Nursalim.(2010). Penerapan Latihan Asertif Untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Interpersonal Siswa
Jurnal Psikologi, 1-18, 0
Suradi. 2002: Layanan Bimbingan dan Konseling. Surabaya
Unesa University Press, 0
LULUS, & Nursalim, M.(2020). Studi Kepustakaan Tentang Dampak Wabah Covid-19 Terhadap Kegiatan Belajar Mengajar Pada Siswa Sekolah Dasar (Sd)
Jurnal BK UNESA 11 (4), 0
Nursalim.(2010)
Penerapan Latihan Asertifuntuk Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Siswa …, 0