Publikasi Fakultas Ilmu Pendidikan

Year Title Description Publisher Author(s)
Wiryanto.(2020). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Google Classroom Untuk MengukurPencapaian Indikator Terhadap Pembelajaran Matematika Materi Pengolahan Data Kelas V SD di …
Jurnal Ilmu Pendidikan PGSD 8 (3), 508-517, 0
Wiryanto.(2020). Analisis Pembelajaran Matematika Melalui Aplikasi Whatsapp di Masa Pandemi Covid-19 pada Siswa Sekolah Dasar
Jurnal PGSD 8 (6), 1285-1298, 0
Hubungan Antara Social Comparison Dengan Materialisme Pada Pelajar SMK X Di Kota Kediri
Perkembangan teknologi di masa modern yang sangat pesat ini mampu mempengaruhi pergaulan pelajar SMK dengan teman atau kelompok sebayanya, tidak terkecuali nilai hidup materialisme dapat tumbuh dalam diri pelajar SMK seiring dengan perkembangan dan pergaulannya. Hal ini yang mendasari beberapa permasalahan yang terjadi antar anggota kelompok teman sebaya di SMK X, sehingga menarik perhatian peneliti mengetahui lebih dalam lagi bagaimana hubungan antara perilaku social comparison dengan materialisme di SMK X. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara social comparison dengan materialisme pada pelajar di SMK X Kota Kediri. Metode penelitian yang dilakukan adalah kuantitatif. Responden yang digunakan dalam penelitian ini adalah pelajar SMK X jurusan administrasi perkantoran dengan jumlah sebanyak 100 responden. Instrumen yang dugunakan berupa skala social comparison dan skala materialisme. Pada tahapan analisis data pada penelitian ini menggunakan metode analisis korelasi product moment. Nilai koefisien korelasi yang dihasilkan berdasarkan analisis hasil yang telah dilakukan menunjukkan nilai sebesar 0,710 (r= 0,710) dengan taraf signifikan 0,000 (p< 0, 05) artinya hipotesis yang diajukan dapat diterima yaitu terdapat hubungan yang signifikan antara social comparison dengan materialisme pada pelajar SMK X di Kota Kediri.
Character: Jurnal Penelitian Psikologi 7, 121-33, 0
Hubungan Antara Persepsi Dukungan Organisasi Dengan Work-Life Balance Pada Karyawan Staf Gudang Pt. X
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara persepsi dukungan organisasi dengan work-life balance pada karyawan staf gudang PT. X. Metode pendekatan kuantitatif digunakan dalam penelitian ini. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh dengan menggunakan seluruh karyawan bagian staf gudang PT. X yang bertugas menangani penyimpanan suku cadang berjumlah 34 karyawan. Instrumen yang digunakan dalam pengambilan data berupa skala persepsi dukungan organisasi dan skala work-life balance yang disajikan dalam bentuk skala likert. Uji hipotesis yang digunakan adalah teknik korelasi product moment pearson dengan bantuan program SPSS 22. Berdasarkan hasil analisa data diperoleh nilai koefisien korelasi sebesar 0.623 dengan nilai signifikansi 0.000 (p< 0.05), sehingga dapat disimpulkan terdapat hubungan yang signifikan antara variabel persepsi dukungan organisasi dengan work-life balance. Nilai koefisien korelasi menunjukkan terdapat arah hubungan yang positif dan signifikan, dapat diartikan semakin tinggi atau positif persepsi dukungan organisasi yang dimiliki, maka semakin tinggi pula work-life balance yang dimiliki karyawan staf gudang PT. X.
Jurnal Penelitian Psikologi 8 (4), 0
Karwanto. 2016.” Manajemen Pembelajaran Dengan Pendekatan Tematik Integratif di MIN Kawistolegi Karanggeneng Lamongan”
Inspirasi Manajemen Pendidikan 1 (1), 1-9, 0
Karwanto. 2004. Manajemen peserta didik di SMP Baitussalam Surabaya
Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan 4 (4), 72-84, 0
Maulany & Satwika, Yohana Wuri. 2017
Pengalaman Mantan Penyalahguna Napza Di Usia Remaja Dalam Mencapai Resiliensi, 0
BELAJAR SEPANJANG HAyAT: RESPONSIF MENUJU LeaRning SocieTY (SEBUAH KAJIAN TEORITIK)
Pentingnya belajar sepanjang hayat (life long learning) di dalam kehidupan manusia untuk memenuhi kebutuhan belajar (learning needs) dan kebutuhan pendidikan (education needs). Kehadiran pendidikan sepanjang hayat disebabkan oleh munculnya kebutuhan belajar dan kebutuhan pendidikan yang terus tumbuh dan berkembang sepanjang alur kehidupan manusia. Seseorang memperoleh dari keluarga dan lingkungan dimana individu itu tinggal yang kemudian dikenal dengan istilah pendidikan informal. Kedua, pendidikan diperoleh manusia dilingkungan sekolah yang kemudian dikenal dengan pendidikan formal. Ketiga, pendidikan dapat diikuti oleh manusia dalam kehidupan masyarakat, yang
JPNF, 59, 0
THE ROLE OF WOMEN IN THE INFORMAL SECTOR IN BABATAN VILLAGE, SURABAYA
The purpose of research describes the role of women in the informal sector tailors fabrics of cotton waste and goody bag in improving the welfare of the family in the Babatan village, Surabaya. Qualitative research approaches are presented descriptively, which will see an immediate and profound. The technique used is interview, observation and documentation. The research subjects consisted of one agent cotton waste cloth, one agent goody bag each of the four tailor fabrics of cotton waste and four tailor goody bag. Technical validity of data use triangulation sources and techniques. Data analysis techniques include data collection, data reduction, data presentation and conclusion. The result is that the role of women in the informal sector tailors fabrics of cotton waste and goody bag quite well in improving the welfare of the family. It can be seen from 1). Increasingly a fulfillment of more equitable life, 2). The ability to provide fund of education for children. 3). Having confidence in social interaction.
2nd ICET Theme:“IMPROVING THE QUALITY OF EDUCATION AND TRAINING THROUGH …, 0
Pengaruh Penggunaan Media Glass Eating terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Rantai Makanan di Sekolah Dasar
Penggunaan media dalam pembelajaran sangatlah penting. Untuk itu penggunaan media yang tepat sangat diperlukan pada pembelajaran. Pada penelitian ini peneliti menggunakan media glass eating yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari media glass eating terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN Lidah Kulon 1 Surabaya. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental dengan teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes yaitu pretest dan posttest. Pada penelitian ini hasil menunjukkan keberhasilan. Hal ini dapat dilihat dari nilai sig.(2-tailed) dengan besar nilai 0,008 yang artinya nilai ini lebih rendah dari 0, 05. Oleh karena itu media glass eating dapat dikatakan memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa. Untuk itu dalam pembelajaran diharapkan guru mampu mengoptimalkan media yang tersedia agar siswa lebih tertarik dalam pembelajaran.
Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 5 (3), 254616, 0