Publikasi Fakultas Ilmu Pendidikan

Year Title Description Publisher Author(s)
Penerapan Model Pembelajaran Role Playing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas V Sdn Bugasur Kedaleman II Jombang
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS setelah menerapkan model pembelajaran role playing. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SDN Bugasur Kedaleman II Jombang, yang berjumlah 26 siswa. Ketercapaian pembelajaran mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru mengalami peningkatan dengan presentase siklus I mencapai 63, 88%, siklus II 77, 07%, dan siklus III 87, 49%. Aktivitas siswa mengalami peningkatan dengan presentase siklus I mencapai 63, 85%, siklus II 76, 06%, dan siklus III 87, 24%. Data hasil belajar meningkat dengan presentase pada temuan awal 38, 64%, siklus I mencapai 57, 69%, siklus II 73, 08%, dan siklus III 88, 46%. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran role playing pada mata pelajaran IPS mampu meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan ketuntasan hasil belajar klasikal siswa.
Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 3 (2), 254167, 0
Pembelajaran Pendidikan Jasmani secara terpadu di Sekolah Dasar
Pembelajaran terpadu merupakan sebuah wacana yang sudah diimplikasikan beberapa tahun ini. Keberadaan pembelajaran terpadu memberikan angin segar pada kerangka berpikir para guru sekolah dasar dalam inovasi pembelajarannya. Pendidikan jasmani sebagai salah satu mata pelajaran di sekolah dasar dapat menggunakan pembelajaran terpadu sebagai jalan mengurangi berbagai kekurangan dalam pembelajaran pendidikan jasmani. Pembelajaran terpadu pendidikan jasmani dapat berupa perpaduan dua atau lebih materi-materi yang ada dalam pendidikan jasmani, yang direalisasikan dalam suatu pembelajaran. Pembelajaran terpadu pendidikan jasmani dalam pendidikan jasmani dapat juga berupa perpaduan dua atau lebih materi-materi pendidikan jasmani dengan materi-materi mata pelajaran yang lain, seperti: matematika, bahasa indonesia, pendidikan agama, sains, pengetahuan sosial, dan kerajinan tangan dan kesenian. Pembelajaran terpadu melibatkan pengembangan semua aspek peserta didik sehingga sejalan dengan tujuan pendidikan nasional yaitu manusia utuh. Pembelajaran terpadu pendidikan jasmani memberikan suatu pemecahan berbagai masalah yang timbul selama ini mengenai pembelajaran pendidikan jasmani di sekolah dasar.
JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT 21 (81), 0
The Effect of Permainan Galah Asin with Parental Support on Gross Motor Development in Mentally Disabled Students
This study aims to determine the effect of galah asin games with parental support on gross motor development at mentally disabled students. The population are students in the SMP SLB-E Negeri Pembina Utara in 2020, totaling 28 people. The instrument used in this study was a parent support instrument and also an instrument for basic movement skills, namely TGMD-2. The first analisys results of hypothesis show that modifikasi permainan galah asin has a better effect than the permainan galah asin on gross motor development in junior high school mentally disabled students at SLB-E Negeri Pembina Sumatera Utara. The second hypothesis is that there is an interaction between permainan galah asin with parental support for on gross motor development in junior high school mentally disabled students at SLB-E Negeri Pembina Sumatera Utara. The third hypothesis is that students with high parental support have a better influence than students with low parental support on on gross motor development in junior high school mentally disabled students at SLB-E Negeri Pembina Sumatera Utara. The fourth hypothesis is that the modifikasi permainan galah asin has a better effect than the permainan galah asin on gross motor development with high parental support at in junior high school mentally disabled students at SLB-E Negeri Pembina Sumatera Utara. The results of this study suggest that to develop gross motor development for mentally disabled students provide modifikasi permainan galah asin and the need for high parental support to assist children in carrying out every movement activity so as to get maximum benefits.
Journal Physical Education, Health and Recreation 5 (1), 65-71, 0
Development of Snakes and Ladders Game for Physical Fitness Employees of PT Best Profit Medan 2020
This research was conducted at PT Best Profit Medan. The research treatment was carried out by adjusting the schedule during work holidays. The time of this research was carried out from October 2020 to November 2020. Subjects or users targeted in research on the development of the snake and ladder game on physical fitness for employees of PT Best Profit Medan. The issues in the small group in this study were 20 employees of PT Best Profit Medan, and the subjects in the large group in this study were 40 employees of PT Best Profit Medan. The research subjects were taken based on the purposive sampling technique with the following criteria: 1) for women in healthy body condition and not in a state of pregnancy, 2) for men whose body condition was healthy and did not suffer from internal diseases. This research method is a development method. The study results are small group product trials. From the value obtained, it is known that the empirical score obtained is 78.87%(Appropriate to Use), so it can be stated that the snake and ladder game product is effective. Large group trial, the results above are the results of the questionnaire distributed to the experts attached in the attachment and then calculated. The acquisition of the expert revision in the small group trial is 98.44%(Very Appropriate to Use), but in extensive group trial studies, it has been no revisions from experts.
Journal Physical Education, Health and Recreation 5 (2), 186-193, 0
Penggunaan Media Pembelajaran Flashcard untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SDN Sidodadi Candi Sidoarjo
Berdasarkan pengamatan yang dilakukan peneliti di kelas VB SDN Sidodadi Candi Sidoarjo, yakni kurangnya aktivitas siswa dalam pembelajaran, kurangnya wawasan guru tentang cara memilih dan menerapkan media dalam pembelajaran. Hal tersebut menjadikan proses pembelajaran kurang optimal serta belum tercapainya hasil belajar siswa yang sesuai dengan Kriteria Ketuntasan Minimal. Berdasarkan permasalahan di atas, maka perlu dilakukan upaya untuk memecahkannya. Alternatif pemecahan masalah tersebut yaitu menggunakan media pembelajaran flashcard. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa dan guru kelas VB SDN Sidodadi Candi Sidoarjo sebanyak 31 siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan media pembelajaran flashcard dapat meningkatkan aktivitas guru, siswa dan hasil belajar siswa kelas VB SDN Sidodadi Candi Sidoarjo.
Universitas Negeri Surabaya: Jurnal PGSD 3, 0
Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan 1-10 Melalui Bermain Balon Angka Pada Kelompok A
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10 melalui bermain balon angka. Subjek penelitian adalah anak kelompok A di TK PGRI II Sumbertebu Bangsal Mojokerto dengan jumlah 20 anak terdiri dari 13 anak laki-laki dan 7 anak perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi yang dilakukan oleh teman sejawat dan dokumentasi yang berupa foto kegiatan anak dalam proses pembelajaran. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10 melalui bermain balon angka sebesar 12, 09% berdasarkan evaluasi hasil dari siklus I dan siklus II. Dari uraian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa bermain balon angka dapat meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10 pada anak kelompok A di TK PGRI II Sumbertebu Bangsal Mojokerto.
Jurnal PAUD Teratai 5, 1-5, 0
SCHOOL CONFLICT AND CONFLICT MANAGEMENT STRATEGIES: A STUDY IN NURUL FIKRI ISLAMIC ELEMENTARY SCHOOL SIDOARJO EAST JAVA
A school comprises of various individuals that look to accomplish specific tasks through collaboration to reach school missions. Each individual contribute to school growth and has diverse unique characteristic, such as their own needs, capabilities, experiences, motivations, knowledges, and values. Thus, situation in school can be unpredictable and principal should understand the roots of any conflict and manage it. Aims of this study is to explore conflict in islamic elementary school located in Nurul Fikri Islamic Elementary School Sidoarjo East Java and analyze how principal face the conflict by using conflict management strategy. This study using qualitative method. Finding of this study is school conflict that occurred caused by lack of communitation, unmatch beetwen job description and qualification, goal conflict, limited source, and lack of interaction caused by different individual’s value which make clashes in perceptions and attitude. Principal face the conflict using collaboration strategy to find the best solution through discussion, accomodating strategy to analyze condition which the conflict occurred, and forcing strategy which has win-lose when conflict should resolve with. Finaly, author suggested some recommendation of this study.
Journal of Education and Human Resources 2 (1), 0
Wiryanto.(2020)
Analisis Miskonsepsi Matematika Siswa Pada Materi Operasi Hitung Pecahan …, 0
Wiryanto 2018 IOP Conf
Ser. Mater. Sci. Eng 336, 012045, 0
Wiryanto.(2020). Analisis Miskonsepsi Matematika Siswa Pada Materi Operasi Hitung Pecahan Desimal Kelas V Di Sekolah Dasar
Jpgsd 8 (2), 341-351, 0