Publikasi Fakultas Ilmu Pendidikan

Year Title Description Publisher Author(s)
2007 Hubungan antara harga diri asertivitas dan strategi mengatasi masalah dengan depresi pada remaja Jawa dan Madura
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1. perbedaan depresi pada remaja Jawa dan Madura. 2. hubungan antara harga diri, asertivitas, dan strategi mengatasi masalah dengan depresi pada remaja Jawa dan Madura. Subjek penelitian berjumlah 218 orang remaja Jawa dan Madura yang merupakan pelajar kelas 1 di SMAN 1 Godean Yogyakarta Jawa Tengah dan SMAN 1 Pamekasan Madura. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Setiap subjek penelitian diberikan empat macam skala, yaitu: BDI (Back Depression Inventory), skala harga diri, skala asertivitas, dan skala strategi mengatasi masalah. Analisis data menggunakan teknik analisis regresi ganda dan anakova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:(1) terdapat perbedaan depresi yang signifikan antara remaja Jawa dan remaja Madura dengan besar nilai F= 1,173 dan nilai signifikansi= 0,004 (depresi remaja Jawa Mean= 16, 25, depresi remaja Madura Mean= 19, 44.).(2) terdapat hubungan antara harga diri, asertivitas dan strategi mengatasi masalah terhadap depresi pada remaja Jawa dan Madura. Besarnya pengaruh variabel harga diri, asertivitas, dan strategi mengatasi masalah secara bersama –sama terhadap depresi adalah 38, 5%. Pada remaja Madura besarnya pengaruh variabel harga diri, asertivitas, dan strategi mengatasi masalah secara bersama –sama terhadap depresi adalah 18, 4%.The research was aimed to find out: 1. The difference of depression between Madurese and Javanese teenagers. 2. The correlation between self-esteem, assertivity and coping strategy with depression in Madurese and Javanese teenagers …
Universitas Gadjah Mada, 2007
2007 Keteladanan dalam rumah tangga keluarga wanita bekerja di sektor informal Kota Surabaya: laporan penelitian studi kajian wanita
Fakultas Ilmu Pendidikan, Jurusan Psychologi [sic] Pendidikan dan Bimbingan …, 2007
2007 Studi Kepustakaan Mengenai Landasan Teori dan Praktik Konseling Expressive Counseling
Jurnal BK UNNESA, 2007
2007 Pemahaman Individu Melalui Teknik Non Tes
Surabaya: University, 2007
2007 HUBUNGAN ANTARA IMPLEMENTASI KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI DENGAN LATAR BELAKANG GURU, LATAR BELAKANG SISWA, DAN HASIL BELAJAR SISWA: Studi Kasus pada Program Keahlian Otomotif
Lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) khususnya Jurusan Otomotif masih ada yang mengganggur. Salah saru penyebabnya adalah kualitas lulusan masih rendah. Rendahnya kualitas ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor salah sarunya adalah implementasi kurikulum belum dilaksanakan dengan tepat. Sebagai gambaran kurang berkualitasnya lulusan SMK dirunjukan oleh data yang dikemukakan Sabri (2005:2), pada tahun 1980 tingkat pengangguran lulusan SMK 7.8% dan pada tahun 1997 meningkat menjadi 16.86%. Penelitian ini difokuskan untuk mengetahui hubungan antara latar belakang guru (Xi), latar belakang siswa (X2), dan implementasi kurikulum (X3) terhadap hasil belajar siswa (Y) khusunya untuk kompetensi time up, pada Program Studi Otomotif di Kabupaten Subang. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kontribusi latar belakang guru, latar belakang siswa dan implementasi kurikulum terhadap hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah statistika deskriptif dengan data kuantitatif. Sampel diambil 46 orang guru produktif yang mengajar kompetensi tune up, dan fisika di Program Studi Otomotif, dan 46 orang siswa kelas II Program Studi Otomotifyang telah belajar kompetensi tune up. Hasil penelitian ditemukan bahwa (1) Latar belakang guru berkontnbusi 38.1% terhadap implementasi kurikulum; (2) Latar belakang siswa berkontribusi 28.7% terhadap implementasi kurikulum; (3) Implementasi kurikulum berkontribusi 62.0 % terhadap hasil belajar; (4). Secara bersama-sama latar belakang guru dan latar belakang siswa berkontribusi 38.5 % terhadap implementasi; (5) Secara bersama …
Universitas Pendidikan Indonesia, 2007
2006 Produksi awal dan kajian ekonomis usahatani nilam aceh (pogostemon cablin Benth.) sebagai tanaman sela kakao muda
Pelita Perkebunan 22 (3), 168-190, 2006
2006 Perilaku bias gender mahasiswi pengikut kelompok Islam radikal: laporan penelitian kajian wanita
Fakultas Ilmu Pendidikan, Jurusan Pendidikan Luar Sekolah, Universitas …, 2006
2006 Pengembangan model bimbingan karir siswa cerebral palsy di SLB-D YPAC Surabaya
Hasil penelitian tindakan terhadap 4 siswa adalah sebagai berikut: 1) siswa cerebral palsy kelas rehabilitasi pravokasional masih perlu diarahkan pada pembimbingan karir yang jelas oleh tenaga ahli; 2) kendala yang menonjol adalah tidak tersedia tenaga ahli, tenaga ahli administrasi, dan sumber dana; 3) program layanan bimbingan karir yang diterapkan adalah Desensitisasi Sistematik, untuk mengeliminasi perilaku-perilaku siswa yang mengarah pada tindakan kebosanan, Rational Emotif Terapi (RET) untuk menanggulangi keyakinan-keyakinan siswa tentang karir yang tidak sesuai dengan kebutuhan dan kemampuannya, serta Layanan informasi melalui kegiatan bermain peran, eksperimen bersama dan diskusi. Penerapan ketiga program tersebut berhasil memperbaiki pemahaman anak.Abstract: The results of action research conducted to 4 mentally retarded students are; 1) professional counselor are …
Jurnal Pendidikan Dasar 7 (2), 61-113 (90-98), 2006
2006 Pengembangan paket pelatihan menyelesaikan konflik interpersonal secara konstruktif bagi siswa SMA
Psikologi Pendidikan dan Bimbingan 11 (2), 2006
2006 Program Pembelajaran untuk Meningkatkan Kemandirian Anak Kelompok B
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memotret tentang program pembelajaran untuk meningkatkan kemandirian anak kelompok B di TK Islam Insan Kamil Tuban. Subyek penelitian ini adalah 3 orang guru, seorang kepala sekolah, serta subyek pendukung 9 anak didik yang telah dipilih untuk mewakili kelasnya berdasarkan usia dan standar kemandiriannya, dan 9 wali murid. Hasil penelitian dari program pembelajaran untuk meningkatkan kemandirian anak kelompok B Di TK Islam Insan Kamil Tuban menunjukkan penanaman kemandirian yang dilaksanakan melalui beberapa tahap dalam kegiatan dan pembiasaan berkembang dengan sangat optimal.
PAUD Teratai 23, 24, 2006