Publikasi Fakultas Ilmu Pendidikan

Year Title Description Publisher Author(s)
2008 Modul Bina Persepsi Bunyi dan Bina Bicara
Surabaya: Universitas Negeri Surabaya, 2008
2008 Penggunaan Teknologi Multimedia Interaktif dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial untuk Meningkatkan Pemahaman dan Retensi Siswa (Studi Eksperimen Kuasi di Sekolah Dasar …
Tesis tidak dipublikasikan. Bandung. Universitas Pendidikan Indonesia, 2008
2008 Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling
Surabaya: Unesa University Press. hartono.(2016). bimbingan karir. jakarta …, 2008
2008 Pemahaman Guru Dan Siswa Tentang Konsep Gender Dan Implikasinya Dalam Aktifitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sma Muhammadiyah 2 Yogyakarta
Artinya: Hai manusia, sesungguhnya kami (Allah SWT) menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenalmengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling taqwa diantara kamu.(Qs. Al-Hujurat; 13). 1
Skripsi Program Sarjana Strata-1. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam …, 2008
2008 Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling
Makalah disajikan dalam Pelatihan Guru BK Tentang Penelitian Tindakan dalam …, 2008
2008 Penelitian Teknologi Pembelajaran
Surabaya: University Pers, 2008
2008 Pendidikan dan strategi belajar mengajar
Surabaya: Unesa University Press, 2008
2008 Pengembangan Media CD Interaktif untuk Pembelajaran Membaca Permulaan di kelas 1 Sekolah Dasar
Laporan Penelitian. Tidak Diterbitkan. Surabaya: Lemlit UNESA, 2008
2008 Model-model pembelajaran Inovatif
Surabaya: Unesa University Press (Anggota IKAPI), 2008
2008 Penelitian tindakan kelas
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) merupakan kajian yang bersifat reflektif oleh pelaku tindakan, ditujukan untuk meningkatkan kemantapan rasional dari tindakan mereka, memperdalam pemahaman terhadap tindakan yang dilakukan, serta memperbaiki praktik pembelajaran yang diselenggarakan. PTK dilaksanakan dalam bentuk proses pengkajian berdaur atau siklik (Tim Pelatih PGSM, 1999). PTK adalah penelitian yang akar permasalahannya muncul di kelas dan dirasakan/dihadapi oleh guru. Pengertian kelas bukan sekedar ruang kelas tetapi semua hal yang berkait dengan sejumlah siswa yang sedang belajar sehingga permasalahan yang timbul di kelas berkait dengan semua faktor penentu pembelajaran seperti kurikulum sebagai masukan instrumental, manajemen sebagai pengelolaan baik yang bersifat akademik maupun non akademik, siswa sebagai masukan, guru sebagai perencana sekaligus sebagai pelaksana dan evaluator, sarana-prasarana, dan lingkungan baik informal, formal, maupun nonformal. Dengan adanya upaya guru untuk memperbaiki hal-hal yang berkait dengan aktualisasi proses pembelajaran maka PTK menjadi ajang untuk meningkatkan profesinalitas guru. PTK juga menjadi ajang kreasi guru untuk melakukan inovasi-inovasi dalam upaya mengatasi permasalahan di kelas. Namun demikian, intervensi tindakan yang dilakukan harus dalam konteks keutuhan kegiatan pembelajaran (Suharsimi dkk. 2006). PTK sering dipandang lebih baik dari penelitian eksperimen karena berangkat dari permasalaan nyata di kelas sehingga bersifat bottom-up, sementara permasalahan penelitian eksperimen …
Makalah disajikan pada Kegiatan Latihan dan Bimbingan Penelitian Tindakan …, 2008