Publikasi Fakultas Ilmu Pendidikan
| | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
Year | Title | Description | Publisher | Author(s) |
---|---|---|---|---|
2008 | Modul Bina Persepsi Bunyi dan Bina Bicara | Surabaya: Universitas Negeri Surabaya, 2008 | ||
2008 | Penggunaan Teknologi Multimedia Interaktif dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial untuk Meningkatkan Pemahaman dan Retensi Siswa (Studi Eksperimen Kuasi di Sekolah Dasar … | Tesis tidak dipublikasikan. Bandung. Universitas Pendidikan Indonesia, 2008 | ||
2008 | Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling | Surabaya: Unesa University Press. hartono.(2016). bimbingan karir. jakarta …, 2008 | ||
2008 | Pemahaman Guru Dan Siswa Tentang Konsep Gender Dan Implikasinya Dalam Aktifitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sma Muhammadiyah 2 Yogyakarta | Artinya: Hai manusia, sesungguhnya kami (Allah SWT) menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenalmengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling taqwa diantara kamu.(Qs. Al-Hujurat; 13). 1 |
Skripsi Program Sarjana Strata-1. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam …, 2008 | |
2008 | Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling | Makalah disajikan dalam Pelatihan Guru BK Tentang Penelitian Tindakan dalam …, 2008 | ||
2008 | Penelitian Teknologi Pembelajaran | Surabaya: University Pers, 2008 | ||
2008 | Pendidikan dan strategi belajar mengajar | Surabaya: Unesa University Press, 2008 | ||
2008 | Pengembangan Media CD Interaktif untuk Pembelajaran Membaca Permulaan di kelas 1 Sekolah Dasar | Laporan Penelitian. Tidak Diterbitkan. Surabaya: Lemlit UNESA, 2008 | ||
2008 | Model-model pembelajaran Inovatif | Surabaya: Unesa University Press (Anggota IKAPI), 2008 | ||
2008 | Penelitian tindakan kelas | Penelitian Tindakan Kelas (PTK) merupakan kajian yang bersifat reflektif oleh pelaku tindakan, ditujukan untuk meningkatkan kemantapan rasional dari tindakan mereka, memperdalam pemahaman terhadap tindakan yang dilakukan, serta memperbaiki praktik pembelajaran yang diselenggarakan. PTK dilaksanakan dalam bentuk proses pengkajian berdaur atau siklik (Tim Pelatih PGSM, 1999). PTK adalah penelitian yang akar permasalahannya muncul di kelas dan dirasakan/dihadapi oleh guru. Pengertian kelas bukan sekedar ruang kelas tetapi semua hal yang berkait dengan sejumlah siswa yang sedang belajar sehingga permasalahan yang timbul di kelas berkait dengan semua faktor penentu pembelajaran seperti kurikulum sebagai masukan instrumental, manajemen sebagai pengelolaan baik yang bersifat akademik maupun non akademik, siswa sebagai masukan, guru sebagai perencana sekaligus sebagai pelaksana dan evaluator, sarana-prasarana, dan lingkungan baik informal, formal, maupun nonformal. Dengan adanya upaya guru untuk memperbaiki hal-hal yang berkait dengan aktualisasi proses pembelajaran maka PTK menjadi ajang untuk meningkatkan profesinalitas guru. PTK juga menjadi ajang kreasi guru untuk melakukan inovasi-inovasi dalam upaya mengatasi permasalahan di kelas. Namun demikian, intervensi tindakan yang dilakukan harus dalam konteks keutuhan kegiatan pembelajaran (Suharsimi dkk. 2006). PTK sering dipandang lebih baik dari penelitian eksperimen karena berangkat dari permasalaan nyata di kelas sehingga bersifat bottom-up, sementara permasalahan penelitian eksperimen … |
Makalah disajikan pada Kegiatan Latihan dan Bimbingan Penelitian Tindakan …, 2008 |