MINTOHARI

MINTOHARI

NIDN : 0014076804 | NIP : 196807141993031002

Latest number of publications
sumber: https://sinta.kemdikbud.go.id

Riwayat Publikasi

Tahun Artikel Publisher
2024 Eksplorasi Etnosains Monumen Kapal Selam Surabaya Sebagai Sumber Belajar IPAS Sekolah Dasar Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil …
journal.unesa.ac.id
2024 UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA SUBTOPIK HUBUNGAN ANTAR SUDUT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN GAME BASED LEARNING (GBL) Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 9 (2), 4122-4134
journal.unpas.ac.id
2024 PENGGUNAAN POP–UP BOOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN WARISAN BUDAYA PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 9 (2), 3935-3942
journal.unpas.ac.id
2024 Penggunaan Media Kantong Bilangan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Penjumlahan dan Pengurangan pada Siswa Kelas II B di SDN Jombatan Jombang Indonesian Research Journal on Education 4 (1), 47–51-47–51
irje.org
2023 Pelatihan Penyusunan Modul Ajar Berbasis Etnopedagogi bagi Guru Sekolah Dasar SABDAMAS 2 (1), 101-111
mx2.atmajaya.ac.id
2023 Pengembangan Pembelajaran Berbasis STEAM Bagi Guru Sekolah Dasar CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 6 (1), 1-8
journal.ilininstitute.com
2023 Development of Virtual Science Laboratory as an Alternative Learning Media International Joint Conference on Arts and Humanities 2022 (IJCAH 2022), 534-540
www.atlantis-press.com
2023 Peningkatan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Pendekatan Realistic Mathematic Education Materi Pecahan Kelas II-A SDN Manukan Kulon Surabaya Journal on Education 6 (1), 564-570
jonedu.org
2023 PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATERI SIKLUS AIR DAN PERISTIWA ALAM MELALUI MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) KELAS VC DI SDN MANUKAN KULON II/499 SURABAYA ENTINAS: Jurnal Pendidikan dan Teknologi Pembelajaran 1 (1), 115-124
entinas.joln.org
2023 PENERAPAN MEDIA TEKA-TEKI SILANG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA KELAS IV A SDN MANUKAN KULON II/499 SURABAYA ENTINAS: Jurnal Pendidikan dan Teknologi Pembelajaran 1 (1), 68-76
entinas.joln.org
2023 PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS III-A MATERI ENERGI DAN PERUBAHANNYA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TEAM QUIZ PADA SDN MANUKAN KULON II/499 … EDUCATIONAL JOURNAL: General and Specific Research 3 (2), 191-203
adisampublisher.org
2023 Pengembangan media interaktif berbasis quizizz pada pembelajaran benda dan kegunaannya mata pelajaran IPA kelas III sekolah dasar Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar
ejournal.unesa.ac.id
2022 SIMLABS TECHNOLOGY 2.0 IN IMPROVING VOCABULARIES FOR ELEMENTARY SCHOOL TEACHER BILINGUAL CLASS Elementary school journal PGSD FIP UNIMED 12 (1), 19-28
researchportal.murdoch.edu.au
2022 Pengembangan Media Sekolah Dasar Augemented Reality SADAR berbasis Andorid pada materi Fungsi Organ Tubuh Manusia Bagi Sekolah Dasar Iqbal Aji Prakoso Jurnal Penelitian Guru Sekolah Dasar 10 (5), 1-13
ejournal.unesa.ac.id
2021 Analysis of the use of mathematic animation video as a line learning alternative to learning motivation Journal of Physics: Conference Series 1987 (1), 012040
iopscience.iop.org
2021 Ethnoscience-based science learning in elementary schools Journal of Physics: Conference Series 1987 (1), 012055
iopscience.iop.org
2020 Pengembangan Media Game Undercover Berbasis Android untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Tata Surya Mata Pelajaran IPA Kelas VI Sekolah Dasar Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 8 (1), 1-12
ejournal.unesa.ac.id
2020 Pengembangan Media Miniatur Kereta Api pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia Pembelajaran IPA SD Kelas V Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 8, 100-110
ejournal.unesa.ac.id
2019 Pengembangan Media Puzzle berbasis Make A Match Tentang Sistem Kerangka Manusia Pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar JPGSD. Volume 07 Nomor 01 Tahun 2019, 2635 264
ejournal.unesa.ac.id
2019 English Language Communication in PGSD through the TPR method 5th International Conference on Education and Technology (ICET 2019), 127-128
www.atlantis-press.com
2018 What is Visual Quantum Learning Effect to Student Learning Results 2nd International Conference on Education Innovation (ICEI 2018), 382-388
www.atlantis-press.com
2018 Pengembangan media pembelajaran video berbasis Sparkol Videoscribe pada pelajaran IPA dalam materi tata surya kelas VI SD Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 6 (11), 1916-1927
ejournal.unesa.ac.id
2018 Pengaruh media scrapbook terhadap hasil belajar ipa materi sumber energi siswa kelas iv sdn lidah kulon iv surabaya Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 6 (5), 255040
core.ac.uk
2018 Pengaruh Media Papan Buletin terhadap Hasil Belajar IPA Materi Siklus Air Siswa Kelas V SDN Pacarkeling VI Surabaya Tahun Pelajaran 2017/2018 Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 6 (4), 255006
ejournal.unesa.ac.id
2018 Pengembangan LKS Berbasis Learning Cycle 5e untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 6 (4), 2018
jurnalmahasiswa.unesa.ac.id
2018 Pengaruh Metode Gallery Walk terhadap Hasil Belajar IPA Materi Zat Tunggal dan Campuran Siswa Kelas V SDN Wiyung 1 Surabaya Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 6 (5), 255051
ejournal.unesa.ac.id
2017 Pengaruh Model Pembelajaran Probing-Prompting Terhadap Hasil Belajar Pada Tema 8 (Ekosistem) Siswa Kelas V Sdn Wiyung I Surabaya Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 5 (3), 254467
media.neliti.com
2017 Pengaruh Media Big Book terhadap Hasil Belajar Siswa Tema Ekosistem di Sekolah Dasar Jurnal Penelitian Guru Sekolah Dasar, 5 (3), 1178-1187
media.neliti.com
2017 Pengaruh Model Pembelajaran Mea (Means Ends Analysis) terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Kebraon 1 Surabaya Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 5 (3), 254490
media.neliti.com
2016 PENGARUH PENGGUNAAN LKS GAMBAR ILUSTRASITERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA DI SEKOLAH DASAR Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 3 (2)
2015 Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) Tehadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 03 (02), 391 401
media.neliti.com
2015 Pengaruh model circuit learning terhadap hasil belajar siswa tema ekosistem di sekolah dasar JPGSD 3 (2), 1-10
media.neliti.com
2015 Pengaruh metode outdoor study terhadap hasil belajar siswa pada konsep IPA kelas IV Sekolah Dasar Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 3 (2), 253695
media.neliti.com
2015 Pengaruh Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 3, 347-357
media.neliti.com
2015 Penerapan Model Pembelajaran Children Learning in Science untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Rasional Siswa Pada Materi Penyesuaian Makhluk Hidup Terhadap Lingkungannya … Jurnal PGSD 3 (2), 369-378
media.neliti.com
2015 Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Melalui Pendekatan Saintifik Pada Tema Kerukunan Dalam Bermasyarakat di Kelas VB SDN Sambikerep III/592 Surabaya Jurnal JPGSD 3
media.neliti.com
2015 Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Two Stay Two Strayterhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 3 (2), 253708
media.neliti.com
2015 Pengaruh Teknik Pembelajaran POE (Predict, Observe, Explain) pada Metode Pembelajaran Kooperatif terhadap Hasil Belajar IPA Tema Pahlawanku Di Sekolah Dasar Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3 (2)
media.neliti.com
2015 Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap keterampilan Bertanya dan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar Dalam jurnal JPGSD 3 (02), 336-356
media.neliti.com
2014 Widodo. 2011. Keterampilan Proses Dalam IPA. Universitas Negeri Surabaya. Surabaya
scholar.google.com
2014 Penerapan Metode Out Door Activity dalam Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2 (3), 1-11
ejournal.unesa.ac.id
2014 Perencanaan Pengajaran Darul Ilmi: Jurnal Ilmu Kependidikan dan Keislaman 2 (1)
mail.online-journal.unja.ac.id
2014 Peningkatan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Pada Mata Pelajaran IPA Melalui Strategi PAILKEM Metode Gallery Walk Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2 (1), 1-5
ejournal.unesa.ac.id
2014 Penggunaan Modul Pembelajaran Dalam Model Direct Instruction Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Pada Siswa Kelas V SDN Petemon Kota Surabaya Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2 (1), 1-5
ejournal.unesa.ac.id
2014 Penerapan Metode Demonstrasi pada Mata Pelajaran IPA untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2 (3), 1-11, 2014
jurnalmahasiswa.unesa.ac.id
2013 Penerapan Metode Inquiri Dengan Menggunakan Strategi Pembelajaran Individual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Pada Siswa Sekolah Dasar Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 1 (2), 1-10, 2013
jurnalmahasiswa.unesa.ac.id
2013 Penerapan Pendekatan Problem Posing (Pengajuan Masalah) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif pada Siswa Sekolah Dasar Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 1 (2), 1-10
ejournal.unesa.ac.id
2013 Pengembangan Pembelajaran IPA SD Surabaya: Unesa University Press
scholar.google.com
2009 Dimensi Afektif dan Psikomotorik Pjjpgsd. unesa. ac. id.[19 Maret 2016]
www.academia.edu
2008 Penggunaan Teknologi Multimedia Interaktif dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial untuk Meningkatkan Pemahaman dan Retensi Siswa (Studi Eksperimen Kuasi di Sekolah Dasar … Tesis tidak dipublikasikan. Bandung. Universitas Pendidikan Indonesia
scholar.google.com

Riwayat Penelitian

Tahun Judul Penelitian Skema
2023 PEMANFAATAN MEDIA ONLINE VIRTUAL MANIPULATIVE | MATHEMATICAL MODELLING SEBAGAI WUJUD PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI BAGI SISWA SEKOLAH DASAR 2023 PENELITIAN KEBIJAKAN STRATEGIS FIP (BATCH 2) ( 2023 PENELITIAN FAKULTAS (FIP) )
2023 EKSPLORASI KEMAMPUAN TPACK MAHASISWA S1 PGSD DALAM PERSPEKTIF PENGUASAAN KETERAMPILAN ABAD 21 PENELITIAN KOMPETITIF (LPPM) ( PENELITIAN DASAR (LPPM) )
2022 PENGEMBANGAN DESAIN AKTIVITAS STEAM BERBASIS LABORATORIUM UNTUK MAHASISWA S1 PGSD PENELITIAN KOMPETITIF FIP ( PENELITIAN DASAR (FIP) )
2022 PENGEMBANGAN VIRTUAL LABORATORIUM RUMPUN IPA PGSD FIP UNESA PENELITIAN KOMPETITIF FIP ( PENELITIAN DASAR (FIP) )
2022 PENGEMBANGAN BUKU PEDOMAN PENANGANAN SISWA BERMASALAH (P2SB) UNTUK JENJANG SEKOLAH DASAR PENELITIAN KOMPETITIF FIP ( PENELITIAN DASAR (FIP) )
2021 TRACER STUDY JURUSAN PGSD FIP UNESA KOMPETITIF FIP 2021 ( PENELITIAN KEBIJAKAN FAKULTAS FIP 2021 )
2021 ANALISIS KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PADA MAHASISWA JURUSAN PGSD FIP UNESA KOMPETITIF FIP 2021 ( PENELITIAN KEBIJAKAN FAKULTAS FIP 2021 )
2021 EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN INOVATIF BERBASIS VIDEO INTERAKTIF, ANIMASI DIGITAL, DAN INFOGRAFIS PADA MATA KULIAH KETERAMPILAN PENUGASAN FIP 2021 ( PENELITIAN DASAR )
2019 PENERAPAN OPENDEKATAN INQUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERFIKIR KRITIS MAHASISWA PGSD FIP UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA KOMPETITIF FAKULTAS ( PENELITIAN FIP )
2017 Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Pendidikan Bahasa Indonesia di Kelas Awal SD Terintegrasi IPA-IPS Berbasis Pendekatan Saintifik untuk Mengoptimalkan Kompetensi Mahasiswa Jurusan PGSD Penelitian Desentralisasi ( PTUPT )
2013 Pengembangan Model Kurikulum Pendidikan dan Pelatihan untuk Meningkatkan Kompetensi Guru SD Penelitian Kompetitif Nasional ( PPT/Produk Terapan )

Riwayat PKM

Tahun Judul PKM Kegiatan
2023 PELATIHAN PENYUSUNAN MODUL AJAR BERBASIS ETNOPEDAGOGI BAGI GURU SEKOLAH DASAR 2023 PKM FIP ( 2023 PKM FAKULTAS (FIP) )
2023 PELATIHAN PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI BERBANTUAN MEDIA ONLINE VIRTUAL MANIPULATIVE?MATHEMATICAL MODELLING BAGI GURU SEKOLAH DASAR 2023 PKM FIP ( 2023 PKM FAKULTAS (FIP) )
2022 PELATIHAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN BERBASIS STEAM BAGI GURU SD KEBIJAKAN FAKULTAS (FIP) ( KEBIJAKAN FAKULTAS (FIP) )
2021 PELATIHAN AKM BAGI GURU SWASTA KELAS 4 DAN 5 SE-KECAMATAN BULAK DAN SD ANGKASA. Kebijakan Fakultas (PKM) ( PKM KEBIJAKAN )
2021 PELATIHAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN TERPADU UNTUK MENUNJANG PENCAPAIAN AKM BAGI GURU SD KABUPATEN PROBOLINGGO KEBIJAKAN FAKULTAS (PKM) ( PKM KEBIJAKAN )
2021 PELATIHAN TOEIC UNTUK MENINGKATKAN KETRAMPILAN BERBAHASA INGGRIS SMP HATI BILINGUAL BOARDING SCHOOL KEBIJAKAN FAKULTAS (PKM) ( PKM KEBIJAKAN )
2021 PEMBERDAYAAN GURU MELALUI BUDAYA LOKAL “WAYANG BEBER” DALAM PERSPEKTIF ETNOMATEMATIKA Kebijakan Fakultas (PKM) ( PKM KEBIJAKAN )
2020 PENERAPAN GAME-BASED APPS UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA SD DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA MASA LEARNING FROM HOME KEBIJAKAN FAKULTAS (PKM) ( PKM KEBIJAKAN FIP )
2019 PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ICT BAGI GURU SEKECAMATAN TUMPANG KABUPATEN MALANG PKM FIP 2019 ( PKM FIP 2019 )
2019 PELATIHAN PENGEMBANGAN SOAL EVALUASI BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) BAGI GURU SD SE KECAMATAN TUMPANG KABUPATEN MALANG PKM FIP 2019 ( PKM FIP 2019 )

Riwayat Hak Kekayaan Intelektual

Tahun Judul Lembaga Nomor
2023 Si Lui LPPM Universitas Negeri Surabaya EC00202385805
2022 Modul LKM Praktikum Fisika Konsep IPA Dasar LPPM - Universitas Negeri Surabaya EC00202286579
2022 Modul LKM Praktikum Fisika Konsep IPA Lanjut LPPM - Universitas Negeri Surabaya EC00202286580
2021 Konsep Dasar IPA LPPM - Universitas Negeri Surabaya EC00202186699

Riwayat Mengajar

Kode Mata Kuliah Program Studi
8620602013 Bimbingan Di Sd
S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
8620603187 Dasar-dasar perencanaan pembelajaran di SD
S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
8620602202 Evaluasi Belajar dan Pembelajaran
S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
8620602017 Evaluasi Pembelajaran
S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
8620603198 Konsep Dasar IPA
S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
8620603209 Konsep Dasar IPA Lanjut
S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
8620602190 Kurikulum Sekolah Dasar
S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
8620603211 Metodologi Penelitian
S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
8620603257 Pembelajaran IPA SD
S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
8620604215 Pembelajaran Tematik Kelas Lanjut SD
S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
8620604085 Pembelajaran terpadu
S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
8620604099 Pendidikan Ipa Sd
S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
8620603260 Pendidikan STEAM di SD
S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
8620602201 Pengembangan Bahan Ajar
S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
8620602212 Perencanaan Pembelajaran Inovatif di SD
S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
1000002055 PLP-Asesmen Pembelajaran
S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar