MINTOHARI

MINTOHARI

NIDN : 0014076804 | NIP : 196807141993031002

Latest number of publications
sumber: https://sinta.kemdikbud.go.id

Riwayat Publikasi

Tahun Artikel Publisher
2021 Analysis of the use of mathematic animation video as a line learning alternative to learning motivation
Q4
Journal of Physics: Conference Series 1987 (1), 012040, 2021
iopscience.iop.org
2021 Ethnoscience-based science learning in elementary schools
Q4
Journal of Physics: Conference Series 1987 (1), 012055, 2021
iopscience.iop.org
2019 English Language Communication in PGSD Through the TPR Method 5th International Conference on Education and Technology (ICET 2019), 127-128, 2019
www.atlantis-press.com
2018 What is Visual Quantum Learning Effect to Student Learning Results 2nd International Conference on Education Innovation (ICEI 2018), 382-388, 2018
www.atlantis-press.com
2017 Pengaruh Media Big Book terhadap Hasil Belajar Siswa Tema Ekosistem di Sekolah Dasar Jurnal Penelitian Guru Sekolah Dasar 5 (3), 1178-1187, 2017
media.neliti.com
2017 Pengaruh Model Pembelajaran Probing-Prompting Terhadap Hasil Belajar Pada Tema 8 (Ekosistem) Siswa Kelas V Sdn Wiyung I Surabaya Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 5 (3), 254467, 2017
media.neliti.com
2015 Penerapan Model Pembelajaran Children Learning in Science untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Rasional Siswa Pada Materi Penyesuaian Makhluk Hidup Terhadap Lingkungannya … Jurnal PGSD 3 (2), 369-378, 2015
media.neliti.com
2015 Pengaruh metode outdoor study terhadap hasil belajar siswa pada konsep IPA kelas IV Sekolah Dasar Jurnal PGSD 3, 260-269, 2015
media.neliti.com
2015 Pengaruh model circuit learning terhadap hasil belajar siswa tema ekosistem di sekolah dasar JPGSD 3 (2), 1-10, 2015
media.neliti.com
2015 Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Two Stay Two Strayterhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 3 (2), 253708, 2015
media.neliti.com
2015 Pengaruh Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 3, 347-357, 2015
media.neliti.com
2015 Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) Tehadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 03 (02), 391 401, 2015
media.neliti.com
2015 Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap keterampilan Bertanya dan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar Dalam jurnal JPGSD 3 (02), 336-356, 2015
media.neliti.com
2015 Pengaruh Teknik Pembelajaran POE (Predict, Observe, Explain) pada Metode Pembelajaran Kooperatif terhadap Hasil Belajar IPA Tema Pahlawanku Di Sekolah Dasar Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3 (2), 2015
media.neliti.com
2015 Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Melalui Pendekatan Saintifik Pada Tema Kerukunan Dalam Bermasyarakat di Kelas VB SDN Sambikerep III/592 Surabaya Jurnal JPGSD 3, 2015
media.neliti.com
2014 Perencanaan Pengajaran Darul Ilmi: Jurnal Ilmu Kependidikan dan Keislaman 2 (1), 2014
jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id
2014 Widodo. 2011. Keterampilan Proses Dalam IPA. Universitas Negeri Surabaya. Surabaya
scholar.google.com
2011 Pengembangan Pembelajaran IPA SD
scholar.google.com
2009 Dimensi Afektif dan Psikomotorik Pengembangan Pembelajaran IPA SD 1, 43-60, 2009
www.academia.edu
2008 Penggunaan Teknologi Multimedia Interaktif dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial untuk Meningkatkan Pemahaman dan Retensi Siswa (Studi Eksperimen Kuasi di Sekolah Dasar … Tesis tidak dipublikasikan. Bandung. Universitas Pendidikan Indonesia, 2008
scholar.google.com

Riwayat Penelitian

Tahun Judul Penelitian Skema
2022 PENGEMBANGAN BUKU PEDOMAN PENANGANAN SISWA BERMASALAH (P2SB) UNTUK JENJANG SEKOLAH DASAR PENELITIAN KOMPETITIF FIP ( PENELITIAN DASAR (FIP) )
2022 PENGEMBANGAN DESAIN AKTIVITAS STEAM BERBASIS LABORATORIUM UNTUK MAHASISWA S1 PGSD PENELITIAN KOMPETITIF FIP ( PENELITIAN DASAR (FIP) )
2022 PENGEMBANGAN VIRTUAL LABORATORIUM RUMPUN IPA PGSD FIP UNESA PENELITIAN KOMPETITIF FIP ( PENELITIAN DASAR (FIP) )
2021 ANALISIS KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PADA MAHASISWA JURUSAN PGSD FIP UNESA KOMPETITIF FIP 2021 ( PENELITIAN KEBIJAKAN FAKULTAS FIP 2021 )
2021 EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN INOVATIF BERBASIS VIDEO INTERAKTIF, ANIMASI DIGITAL, DAN INFOGRAFIS PADA MATA KULIAH KETERAMPILAN PENUGASAN FIP 2021 ( PENELITIAN DASAR )
2021 TRACER STUDY JURUSAN PGSD FIP UNESA KOMPETITIF FIP 2021 ( PENELITIAN KEBIJAKAN FAKULTAS FIP 2021 )
2019 PENERAPAN OPENDEKATAN INQUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERFIKIR KRITIS MAHASISWA PGSD FIP UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA KOMPETITIF FAKULTAS ( PENELITIAN FIP )
2017 Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Pendidikan Bahasa Indonesia di Kelas Awal SD Terintegrasi IPA-IPS Berbasis Pendekatan Saintifik untuk Mengoptimalkan Kompetensi Mahasiswa Jurusan PGSD Penelitian Desentralisasi ( PTUPT )
2013 Pengembangan Model Kurikulum Pendidikan dan Pelatihan untuk Meningkatkan Kompetensi Guru SD Penelitian Kompetitif Nasional ( PPT/Produk Terapan )

Riwayat PKM

Tahun Judul PKM Kegiatan
2022 PELATIHAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN BERBASIS STEAM BAGI GURU SD KEBIJAKAN FAKULTAS (FIP) ( KEBIJAKAN FAKULTAS (FIP) )
2021 PELATIHAN AKM BAGI GURU SWASTA KELAS 4 DAN 5 SE-KECAMATAN BULAK DAN SD ANGKASA. Kebijakan Fakultas (PKM) ( PKM KEBIJAKAN )
2021 PELATIHAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN TERPADU UNTUK MENUNJANG PENCAPAIAN AKM BAGI GURU SD KABUPATEN PROBOLINGGO KEBIJAKAN FAKULTAS (PKM) ( PKM KEBIJAKAN )
2021 PELATIHAN TOEIC UNTUK MENINGKATKAN KETRAMPILAN BERBAHASA INGGRIS SMP HATI BILINGUAL BOARDING SCHOOL KEBIJAKAN FAKULTAS (PKM) ( PKM KEBIJAKAN )
2020 PENERAPAN GAME-BASED APPS UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA SD DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA MASA LEARNING FROM HOME KEBIJAKAN FAKULTAS (PKM) ( PKM KEBIJAKAN FIP )
2019 PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ICT BAGI GURU SEKECAMATAN TUMPANG KABUPATEN MALANG PKM FIP 2019 ( PKM FIP 2019 )
2019 PELATIHAN PENGEMBANGAN SOAL EVALUASI BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) BAGI GURU SD SE KECAMATAN TUMPANG KABUPATEN MALANG PKM FIP 2019 ( PKM FIP 2019 )

Riwayat Hak Kekayaan Intelektual

Tahun Judul Lembaga Nomor
2021 Konsep Dasar IPA LPPM - Universitas Negeri Surabaya EC00202186699

Riwayat Mengajar

Kode Mata Kuliah Program Studi
8620603187 Dasar-dasar perencanaan pembelajaran di SD
S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
8620603198 Konsep Dasar IPA
S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
8620603209 Konsep Dasar IPA Lanjut
S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
8620603183 Kuliah Kerja Nyata (Kkn)
S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
8620602190 Kurikulum Sekolah Dasar
S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
8620603211 Metodologi Penelitian
S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
8620604065 Metodologi Penelitian
S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
8620603257 Pembelajaran IPA SD
S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
8620604099 Pendidikan Ipa Sd
S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
8620604204 PENGENALAN LAPANGAN PERSEKOLAHAN
S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
8620602212 Perencanaan Pembelajaran Inovatif di SD
S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
8620606164 Skripsi
S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar