Publikasi Fakultas Ilmu Pendidikan

Year Title Description Publisher Author(s)
2009 Pembelajaran IPS (Geografi) Model STAD Bermedia Visual untuk Meningkatkan Aktivitas dan Perolehan Belajar Siswa Kelas 3 SMPLB Tunarungu
Social Science teachers of the third year students of junior high school for the deaf has encountered difficulties in teaching geography. The problems are about:(a) the irrelevant textbooks,(b) insufficient learning media,(c) low achievement, and (d) inefficient learning process. Through a classroom action research using STAD these problems can be solved: the teachers can improve the teaching-learning process for geography, improve the learning activities, and increase the student achievement.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran (JPP) 13 (2), 2009
2009 Modul Pelatihan Pendidikan Inklusif
Kementerian Pendidikan Nasional 1, 211, 2009
2009 Mengurangi Persepsi Negatif Siswa tentang Konselor Sekolah dengan Strategi Pengubahan Pola Pikir Cognitive Restructuring
Jurnal Psikologi Pendidikan dan Bimbingan 10 (2), 2009
2009 Meningkatkan Kemampuan Sosial Emosional Anak Melalui Metode Bermain Peran Pada Kelompok B PPT Kuncup Harapan Surabaya
Latar Belakang ini di awali oleh hasil data pengamatan studi awal yang menunjukkan bahwa anakkelompok B di PPT Kuncup Harapan Surabaya dalam kemampuan sosial emosional sangat kurang. Hal initerlihat emosi anak tidak terkendali, mudah marah dan sering memukul temannya. Apabila berbuatkesalahan tidak minta maaf, terkesan tidak mau tahu tentang apa yang sudah diperbuatnya. Berdasarkanmasalah yang ada, maka tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan metode bermainperan dapat meningkatkan kemampuan sosial emosional anak kelompok B PPT Kuncup HarapanSurabaya. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang di rancang dalam bentuk siklusberulang. Di setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi danrefleksi. Subjek ini adalah kelompok bermain B PPT Kuncup Harapan Surabaya yang berjumlah 15 anak. Tehnik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi, sedangkan analisis datanyamenggunakan statistik deskriptif. Dari analisis data, kemampuan sosial emosional anak pada siklus 1 menunjukkan presentasesebesar 50%. Hal ini menunjukkan penelitian tindakan kelas belum berhasil, oleh karena target yangditentukan adalah 80%. Maka penelitian ini berlanjut pada siklus 2 dengan hasil 97%, dengan demikianpenelitian ini dinyatakan berhasil. Berdasarkan hasil penelitian ini membuktikan bahwa peningkatankempuan sosial emosional anak dapat menggunakan metode bermain peran.
Universitas Negeri Semarang, 2009
2009 Potensi Efek Antipiretik Daun Kemangi (Ocimum sanctum L.) dan Daun Dewa (Gynura pseudochina (L) DC)
Secara empiris daun Kemangi (Ocimum sanctum L.) dan daun Dewa (Gynura pseudochina (L) D.C) digunakan untuk menurunkan demam. Tujuan penelitian ini untuk membuktikan secara ilmiah efek tersebut dan membandingkan kekuatan kedua tanaman tersebut. Jenis penelitian merupakan kuasi eksperimental dengan rancangan acak lengkap pola searah. Sebanyak empat puluh ekor mencit jantan galur Swiss dibagi dalam 8 kelompok. Setiap kelompok terdiri dari 5 mencit. Semua mencit diinjeksi tetanus toksoid dosis 0,3 ml/23,67 gBB ip sebagai penginduksi demam. Enam puluh menit kemudian diberi perlakuan sesuai kelompoknya. Kelompok I diberi WFI 0,5 mL/20g mencit. Kelompok II diberi parasetamol dosis 65 mg/kgbb. Kelompok III,IV dan V diberi infusa daun kemangi dosis berturut-turut 1,25; 2,5 dan 10 g/kgbb. Kelompok VI, VII dan VIII diberi infusa daun dewa dosis berturut-turut 1; 2 dan 4 g/kgbb. Pengukuran suhu dilakukan tiap 30 menit sampai menit 210. Dihitung selisih penurunan suhu dan persen daya antipiretiknya. Data dianalisis dengan analisis varian satu jalan dilanjutkan dengan Tuckey HSD dengan taraf kepercayaan 95%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Infusa daun kemangi (Ocimum sanctum L.) dosis 5 g/kgbb, daun Dewa (Gynura pseudochina (L) D.C) dosis 1; 2 dan 4g/kgbb mempunyai daya antipiretik yang sebanding dengan parasetamol dosis 65 mg/kgbb. Potensi antipiretik daun Dewa (Gynura pseudochina(L) D.C)) lebih besar daripada Kemangi (Ocimum santum L.)
Farmasi UMS, 2009
2009 Paradigma Pembelajaran
Jakarta: Kencana, 2009
2009 Artikel: Kerangka Proses Konflik dan Solusi Konflik pada Siswa SMA di Surabaya berdasarkan Dinamika Psikologis
Surabaya: Universitas Negeri Surabaya, 2009
2009 Pedoman Model dan Paket Pelatihan Peningkatan Mutu Guru dalam Prespektif Manajemen Strategik
Disertasi. ProdiManajemen Pendidikan, Jurusan Administrasi Pendidikan …, 2009
2009 Model dan paket pelatihan peningkatan mutu guru dalam perspektif manajemen strategik di Sekolah Dasar Matahari Terbit Surabaya
ABSTRAK Roesminingsih E. 2009. Model dan Paket Pelatihan Penigkatan Mutu Guru dalam Perspektif Manajemen Strategik di SD Matahari Terbit Surabaya. Disertasi Program Studi Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing I (1) Prof. Dr. Willem Mantja M.Pd (II) Prof. H.A Sonhadji K.H. MA. Ph.D dan (III) Prof. Dr. Hendyat Soetopo M.Pd. Kata kunci Model Pelatihan Paket Pelatihan Manajemen Strategik Sekolah Dasar Guru mempunyai peran yang sangat signifikan bagi keberhasilan pembelajaran siswanya. Dalam memerankan fungsi dan perannya indikator yang paling kuat bersingguangan adalah mutu guru. yang menunjukkan kemampuan guru untuk bertanggung jawab terhadap berbagai macam tugas serta pengetahuan yang dimiliki dapat digunakan sebagai seni dan cara untuk bekerja. Dikatakan guru yang bermutu jika guru menguasai ilmu pengetahuan atau kemampuan manajemen beserta strategi pengembangannnya. Kebutuhan terhadap paradigma baru pendidikan didasarkan atas perubahan sehubungan dengan kondisi dan kebutuhan-kebutuhan pendidikan dalam masyarakat. Salah satu perbaikan yang paling strategik adalah memperbaiki manajemen pendidikannya melalui pelatihan peningkatan mutu guru dalam perspektif manajemen stategik. Dengan berbekal otonomi sekolah yang dimiliki SD Matahari Terbit Surabaya sekolah mempunyai kesempatan untuk bereksplorasi dalam upaya meningkatkan efektivitas sekolah termasuk dalam pengembangan sumber daya manusianya. Diharapkan dengan guru yang berkompeten guru akan menjadi change …
Universitas Negeri Malang, 2009
2009 Hubungan antara rasa keberhasilan bidang akademik (academic self-efficacy) dengan prestasi belajar mahasiswa di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA …
ABSTRAK Naqiyah Najlatun. 2009. Hubungan antara Rasa Keberhasilan Bidang Akademik (Academic Self-Efficacy) dengan Prestasi Belajar Mahasiswa di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Surabaya (UNESA). Di bimbing oleh Prof. Dr. Raka Joni M. Sc sebagai Promotor Prof. Dr. I Wayan Ardhana M.A sebagai promotor I dan Dr. Marthen Pali M.Psi sebagai promotor II. Kata kunci academic self-efficacy prestasi belajar underachiever achiever highachiever. Latar belakang penelitian adalah rasa keingintahuan penulis tentang hubungan antara rasa keberhasilan akademik dengan prestasi belajar mahasiswa highachiever achiever dan underachiever di kampus. Rasa keberhasilan di bidang akademik ialah penilaian diri seseorang akan kemampuannya untuk mengorganisir dan menjalankan rangkaian perilaku dalam mencapai tujuan pendidikan. (Bandura 1997). Tujuan penelitian ini membuktikan hubungan antara academic self-efficacy dengan prestasi belajar bagi mahasiswa highachiever achiever dan underachiever. Populasi penelitian adalah mahasiswa fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) Universitas Negeri Surabaya yang terdaftar pada tahun ajaran 2008-2009. Sampel penelitian adalah mahasiswa pendidikan matematika pendidikan biologi pendidikan fisika dan pendidikan kimia reguler di semester lima dengan teknik total sampling sehingga dalam penelitian ini ditetapkan 154 orang. Hasil analisis deskriptif dan pengujian hipotesis memberikan beberapa kesimpulan sebagai berikut (1) Hasil tabulasi silang (cross-tabulation) antara self …
Universitas Negeri Malang, 2009