Publikasi S1 Teknologi Pendidikan

Year Title Description Publisher Author(s)
2021 PENGEMBANGAN VIDEO MOTION GRAPHIC MATA KULIAH PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO/RADIO MATERI FORMAT PENYAJIAN PROGRAM AUDIO BAGI MAHASISWA S1 TEKNOLOGI PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI …
Tujuan penelitian pengembangan ini adalah (1) Untuk menghasilkan hasil akhir berupa sebuah produk Video Motion graphic dengan materi Format Penyajian Program Audio mata kuliah Pengembangan Media Audio/Radio pada peserta didik S1 Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Surabaya.(2) Untuk mengetahui kelayakan dari media Motion graphic dengan menggunakan angket dan didapatkan hasil bahwa persentase kelayakan validasi ahli materi mendapatkan 85%, ahli media 85% dan bahan penyerta 89, 3% dengan analisis data menggunakan skala Likert yang menunjukkan bahwa materi, media dan bahan penyerta sangat layak digunakan saat pembelajaran.(3) Untuk mengetahui keefektifan media Video Motion graphic dengan cara menggunakan uji coba pre-test dan post-test. Hasil pre-test menunjukkan hasil nilai rata-rata 63, 89, setelah dilakukan penerapan media video motion graphic menunjukkan peningkatan hasil nilai dengan rata-rata 87, 34. Dengan selisih perbandingan 24, 67 dapat dikatakan bahwa media video motion graphic dengan materi Format Penyajian Program Audio layak dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa S1 Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Jurnal……….. Volume…. Nomor….. Tahun, 0-8, 2021
2021 Pengembangan Media Video Pembelajaran Materi Reservasi Individu Mata Pelajaran Front Office Kelas XI Jurusan Perhotelan di SMKN 1 Jombang Rizky Khairani Majiid Teknologi Pendidikan
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan media video pembelajaran materi Reservasi Individu pada mata pelajaran Front Office jurusan Perhotelan SMKN 1 Jombang yang layak dan efektif digunakan pada pembelajaran. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implement and Evaluate). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket untuk mengetahui tingkat kelayakan media dan juga tes untuk menguji keefektifan media. Berdasarkan hasil analisis data, didapatkan dari validasi oleh ahli materi, ahli media dan ahli desain pembelajaran mendapatkan persentase nilai sebesar 100%, validasi oleh siswa untuk mengetahui kelayakan berdasarkan daya tarik mendapat nilai sebesar 99, 19%. Hasil uji Paired Sample t-test menunjukkan nilai Sig.(2-tailed) sama dengan 0,000 atau kurang dari 0, 05, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar pada pretest dan posttest dengan peningkatan rata-rata antara nilai pretest dengan posttest adalah sebesar 20.00 poin. Maka dapat disimpulkan bahwa media video pembelajaran ini layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran.
Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya Andi Kristanto Un, 2021
2021 Integration of a Constructivism Approach in E-learning Photography Subjects: Feasibility and Effectiveness in Learning
Lack of lecture time was a serious problem and must be addressed immediately in the study of photography courses because of the large amount of material; the number of cameras is not comparable to that of students. Moreover, conventional learning through the face of the muka by using PowerPoint makes students bored and less interested in learning. This research aimed to develop e-learning with a constructive approach to photography subjects triangle exposure material and know the feasibility and effectiveness. This research was a type of research R &D (Research and Development) using the Addie model, Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation. This study involved three validators, namely learning design experts, material experts, media experts and student motorcycle taxis, and there were control classes and experiments with a sample count of 80 students per class. The method of collecting data using questionnaire instruments and tests. Method analysis data using descriptive percentage and independent test t-test samples. The average assessment results of each expert's percentage were:(a) the assessment of learning design experts 96.66% of the excellent category;(b) material experts 95% excellent category;(c) media experts 95.58% excellent category, individual trials 84.05% excellent category, individual trials 88.37% excellent category. The effectiveness of constructivist e-learning with significant results in sig (2-tailed) column of 0.00 or significance of< 0.05. Based on the research results obtained, e-learning with a viable constructivist approach and effective implications used in lectures on …
Journal of Education Technology 5 (2), 167-174, 2021
2021 Online Project Based Learning dalam Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Menulis Karya Ilmiah
Pandemi covid-19 memiliki dampak dalam proses peningkatan kinerja guru. Guru mata pelajaran Bahasa Indonesia di Kabupaten Bojonegoro terkena dampak. Segala bentuk kegiatan pelatihan, workshop, serta MGMP terpaksa dihentikan selama masa pandemi covid-19. Sedangkan guru dalam meningkatkan kompetensi harus melaksanakan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) melalui publikasi ilmiah. Tujuan umum PKB adalah untuk meningkatkan kualitas layanan pendidikan di sekolah dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan. Guru masih tergolong rendah dan kegiatan work from home (WFH) menjadi sebuah hambatan dalam guru mengembangkan kompetensi sehingga diperlukan pelatihan untk meningkatkan kompetensi profeisonal guru. Materi yang diberikan pada pelatihan publikasi ilmiah di arahkan pada penelitian praktis penulisan dengan menggunakan model project based learning. Metode penelitian dengan membandingkan hasil pretest dan posttest peserta dalam membuat karya ilmiah berdasarkan standar APA. Partisipan berjumlah 40 orang guru dengan masa kerja minimal 10 tahun. Pelatihan online project based learning pada penelitian ini dilakasnakan selama 3 bulan. Hasil dari pelatihan memiliki pengaruh yang signifikan dilihat melalui hasil statistik dari nilai post-test yang lebih baik dari pre-test. Kemampuan guru dalam menulis karya ilmiah telah mengalami peningkatan sehingga diperlukan untuk mempertahakan agar kualitas guru dalam menulis karya ilmiah dapat meningkat menjadi lebih baik.
ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan dan …, 2021
2021 Pengaruh Mobile Learning Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Di Masa Pandemi Covid-19
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah ada pengaruh multimedia mobile learning dengan kemandirian belajar bagi peserta didik. Kemandirian belajar merupakan suatu sikap peserta didik yang memiliki inisiatif sendiri untuk belajar, memiliki keinginan untuk menguasai kompetensi, memiliki rasa percaya diri serta tanggung jawab terhadap tugasnya sebagai peserta didik serta tidak bergantung pada temannya. Peneliti menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Cluster Random Sampling. Sampel yang digunakan sejumlah 30 peserta didik. Sedangkan teknik pengumpulan data peneliti menggunakan instrumen angket dan wawancara. Pengujian hipotesis terdapat pengaruh yang signifikan antara mobile learning dengan kemandirian belajar peserta didik kelas X di SMK Ma’arif Sudimoro pada mata pelajaran pendidikan agama islam (PAI) selama masa pandemi Covid-19. Setelah dilakukan pengujian, diketahui hasil analisis data sebagai berikut;(1) peserta didik memiliki responsif terhadap penggunaan mobile learning mata pelajaran pendidikan agama islam (PAI), dibuktikan dengan hasil analisa angket di angka 77%;(2) penggunaan mobile learning ini menimbulkan efek terhadap kemandirian belajar bagi peserta didik, hal ini terbukti di hasil rata rata yang mencapai 76%;(3) sesuai hasil analisa uji hipotesis dan analisa angket maupun wawancara bahwa ada pengaruh yang signifikan antara mobile learning terhadap terhadap kemandirian belajar bagi peserta didik di masa pandemic covid-19.
Edudeena: Journal of Islamic Religious Education 5 (1), 2021
2021 Online Digital Book as Learning Material in University
This development research aims to create online digital books that students can use at the university level. Development is carried out following the ADDIE development model, consisting of five stages: analysis, design, development, implementation, and evaluation. Validation is carried out with the assistance of material experts, media experts, and educational technology students. The initial data collection took place through interviews with lecturers and students at the Department of Educational Technology. During the analysis of needs, lecturers stated that they require online learning materials that students can use to understand better the materials, one of which is Digital Online Book. Media experts validated 86.0% of the results, while material experts validated 88.6% for an overall average of expert validation results of 87.9 per cent. Individual product trials yielded 86.0 per cent, small group trials yielded 84.0%, and field trials yielded 88.0%. The development and research concluded that the developed online digital book is feasible and valid for education. It demonstrates that developed online digital books are deserving of being used as instructional materials for students.
International Joint Conference on Arts and Humanities 2021 (IJCAH 2021 …, 2021
2021 Interactive Multimedia Based on Mobile Device for Primary School Students
Since COVID-19 was declared a pandemic by the Indonesian government, the learning system has undergone adjustments. Learning from home with an online system is an alternative solution that can be applied. The research describes the results of developing interactive multimedia based on mobile devices. This development aims to provide a variety of learning media that can be collaborated with online methods. The research subjects were fourth-grade students, SDN 1 Babat Jerawat Surabaya. The development model used is an adaptation of Lee & Owens. The development product was tested on media experts, material experts, and potential users. The trial aims to measure the validity of the media. The validation results from media experts obtained 88.24%, material expert validation obtained a score of 90.38%, and user trials obtained a score of 79.89%. Furthermore, the effectiveness of using media in …
Madrasah: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar 14 (1), 71-78, 2021
2021 Pengembangan bahan daring mata kuliah desain pesan bagi mahasiswa s1 teknologi pendidikan
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Bahan Ajar Daring mata kuliah Desain Pesan dengan menggunakan fasilitas vi-learning yang telah disediakan oleh Universitas Negeri Surabaya. Pengembangan ini menggunakan model pengembangan Four-D Model oleh Thiagarajan Semmel dan Semmel (1974). Tahapan pengembangan meliputi define, design, develop, desiminate. Pada setiap tahap dilakukan evaluasi dan revisi dengan tujuan melihat hasil tahapan pengembangan yang ditujukan untuk melakukan tahap selanjutnya. Dari hasi validasi ahli materi dan ahli media didapatkan data masing–masing 87, 5% dan 85, 7%, sehingga bahan ajar daring layak digunakan. Sedangkan uji coba pengguna didapatkan data berdasarkan aspek tampilan menunjukkan prosentase 50% dengan kriteria cukup dan kualifikasi cukup layak, aspek penyajian materi menunjukkan prosaentase 85, 4% dengan kriteria sangat baik dan kualifikasi sangat layak dan aspek manfaat menunjukkan prosaentase 95, 8% dengan kriteria sangat baik dan kualifikasi sangat layak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil pengembangan bahan ajar daring mata kuliah desain pesan dikatakan layak digunakan dalam pembelajaran.
Educational Technology Journal 1 (1), 11-18, 2021
2021 Online Learning in Digital Innovations
Students and lecturers cannot do direct learning. It is an obstacle in the delivery of material by the lecturer. The purpose of this research is to develop learning in the Digital Learning Learning Media course. This research uses development research—the model development used by ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). The research subjects are three experts, which include material experts, media experts, learning design experts. The subject of the product trial is students. The methods used to collect data are observation, questionnaires, and tests. The instruments used to collect data are questionnaires and test sheets. The technique used to analyze the data is descriptive qualitative, quantitative, and statistical analysis. The results of the material expert test are 90% with the
Journal of Education Technology 5 (4), 547-555, 2021
2020 Video Animasi Lagu Anak Berbasis Signalong Indonesia
Komunikasi merupakan hal terpenting dalam interaksi sosial manusia. Begitupun bagi anak berkebutuhan khusus. Keterlambatan komunikasi menjadikan anak berkebutuhan khusus terhambat dalam memahami lingkungan sekitarnya. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media video animasi lagu anak berbasis Signalong Indonesia sebagai solusi bagi anak berkebutuhan khusus pada keterlambatan atau kendala komunikasi. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Research and Development dengan prosedur pengembangan sebagai berikut,(1) potensi masalah,(2) pengumpulan data,(3) desain produk,(4) validasi desain,(5) revisi desain,(6) ujicoba produk,(7) revisi produk,(8) ujicoba pemakaian,(9) revisi produk, Hasil penelitian dan pengembangan ini berupa prototype video animasi yang telah melalui uji kelayakan berupa, uji validasi ahli media dengan skor 94.5% dengan kategori baik dan layak digunakan, ahli materi dengan skor 98.5% dengan kategori sangat baik dan layak digunakan, dan uji coba produk dengan hasil 88% dengan kategori baik dan layak digunakan.AbstractCommunication is the most important thing in human social interaction. Likewise for children with special needs. Delay in communication makes children with special needs hampered in understanding the surrounding environment. This study aims to produce a video animation for children song based on Signalong Indonesia as a solution for children with special needs on delays or communication constraints. This study uses a Research and Development development model with the following development procedures,(1) potential …
JPI (Jurnal Pendidikan Inklusi) 3 (2), 129-135, 2020