Publikasi Fakultas Ilmu Pendidikan

Year Title Description Publisher Author(s)
2013 Dinamika Politik Pengambilan Kebijakan Pembentukan Dua Dinas Pendidikan di Kabupaten Bantul
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan latar belakang, dinamika politik yang terjadi dan implikasi politik yang ditimbulkan dalam pengambilan kebijakan pembentukan dua dinas pendidikan di Kabupaten Bantul. Penelitian ini tergolong sebagai analisis kebijakan yang menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui interview dan studi dokumen. Subjek penelitian ini terdiri atas pejabat-pejabat eksekutif di pemerintah daerah Kabupaten Bantul, pimpinan dan anggota DPRD Bantul dan kelompok-kelompok kepentingan di Kabupaten Bantul. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi. Analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif Miles dan Huberman melalui kegiatan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa:(1) Pengambilan kebijakan pembentukan dua dinas pendidikan di Kabupaten Bantul memiliki latar belakang politis untuk memberikan perimbangan kekuasaan bidang pendidikan untuk ormas Islam Nahdatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah, secara normatif adanya kewenangan bagi bupati pascaotonomi daerah untuk mengelola bidang pendidikan sesuai karakteristik, kebutuhan dan kemampuan daerah, dan secara fungsional rendahnya kinerja dinas pendidikan;(2) Dinamika politik dalam proses pembentukan dua dinas pendidikan di Kabupaten Bantul menunjukan bahwa kekuatan politik informal lebih dominan daripada kekuatan politik formal dalam memberikan pengaruh terhadap pengambilan kebijakan pembentukan dua dinas pendidikan; dan (3) Pembentukan dua dinas pendidikan menyebabkan …
Jurnal Penelitian Humaniora 18 (2), 131-144, 2013
2013 Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Dengan Media Origami Pada Kelompok A Di Tk Dharma Wanita Persatuan Tarik-Sidoarjo
Penelitian ini berasal dari masalah kemampuan motorik halus pada kelompok A di TK Dharma wanita Persatuan Tarik-Sidoarjo masih belum berkembang secara optimal. Hal ini dapat terlihat pada proses kegiatan origami banyak anak yang tidak dapat melakukan kegiatan melipat secara sendiri. Selain itu, pada kegiatan origami banyak guru yang tidak mempertimbangkan tahapan origami anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan motorik halus melalui media origami. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dirancang dalam bentuk siklus berulang, disetiap siklusnya terdiri 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Setiap siklus terdiri dari 3 pertemuan. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok A di TK Dharma Wanita Persatuan Tarik-Sidoarjo sebanyak 20 anak. Teknik pengumpulan data berupa observasi dan dokumentasi. Analisis data ini menggunakan metode statistik deskriptif. Berdasarkan analisis data aktifitas origami anak pada siklus I sebesar 45% dengan jumlah 9 anak yang mampu dengan mandiri. Target pencapaian dari penelitian ini adalah 75%, oleh sebab itu penelitian ini berlanjut pada siklus ke 2. pada siklus 2 diperoleh hasil 90% dengan jumlah 18 anak yang mampu dengan mandiri. Berdasarkan analisis pada siklus ke 2 maka nilai yang diharapkan telah tercapai dan penelitian ini dinyatakan berhasil. Peneliti dapat menyimpulkan media origami dapat meningkatkan kemampuan motorik halus pada anak kelompok A di TK Dharma Wanita Persatuan Tarik-Sidoarjo.
eJournal Unesa 3 (1), 2013
2013 Meningkatkan Kemampuan Bilangan dan Operasinya di Kelas III SD Melalui Kegiatan Bermain dengan Aturan
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bilangan dan operasi bilangan di SD Kelas 3 melalui kegiatan bermain dengan aturan. Penelitian dilakukan di sekolah dasar Islam Kabupaten Ciputat Tangerang Selatan pada bulan Maret sampai dengan Mei 2012. Metode yang digunakan adalah model penelitian tindakan dari Kemmis dan Taggart yang dilakukan melalui satu siklus yang terdiri dari 7 sesi, yaitu: perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observasi), dan refleksi (mencerminkan). Subjek penelitian adalah kelas III B di MI Ciputat Tangerang Selatan yang terdiri dari 37 anak. Pengumpulan data dilakukan dengan instrumen penelitian berupa hasil tes uji data pra siklus dan siklus I. Analisis data yang diperoleh dari perbandingan antara hasil tes kemampuan bilangan dan operasi matematika pada pra siklus dan siklus I. Data yang analisis adalah persentase kenaikan dari 29, 6% dari awal data pra siklus rata-rata kelas hanya 52, 2 sampai 81, 8 pada hasil post-test untuk belajar matematika siklus I. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan bilangan dan operasi matematika di SD kelas 3 dapat ditingkatkan melalui bermain dengan aturan.
Jurnal Pendidikan Usia Dini 7 (1), 49-64, 2013
2013 Pengembangan Media Travel Game untuk Pembelajaran Perkalian dan Pembagian Bilangan Pecahan Matematika SD Kelas V
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media travel game sehingga diketahui:(1) kelayakan media travel game untuk pembelajaran matematika kelas V SD materi perkalian dan pembagian bilangan pecahan,(2) keefektivan penerapan media travel game untuk pembelajaran matematika kelas V SD materi perkalian dan pembagian bilangan pecahan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Research and Development (R&D) adaptasi Dick and Carey. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas V SD N Lempuyangan I Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan lembar validasi ahli, lembar komentar siswa, lembar observasi guru, dan tes. Data dari instrumen dianalisis menggunakan analisis deskriptif skala lima dan analisis Uji T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media travel game layak digunakan untuk pembelajaran matematika kelas V SD materi perkalian dan pembagian bilangan pecahan. Hasil kelayakan media travel game oleh ahli materi, media dan praktisi mendapatkan penilaian “baik”. Hasil kelayakan media travel game oleh siswa dalam tahap one to one evaluation mendapatkan penilaian “baik”, tahap small group evaluation mendapatkan penilaian “baik”, dan tahap field evaluation mendapatkan penilaian “baik sekali”. Media travel game efektif digunakan untuk pembelajaran matematika kelas V SD materi perkalian dan pembagian bilangan pecahan dengan perolehan hasil t hitung=-9,764. Kata kunci: pengembangan, media travel game, matematika
Jurnal Prima Edukasia 1 (2), 135-146, 2013
2013 Dampak Perilaku Korupsi ditinjau dari Stres pada Keluarga di Kabupaten Lombok Timur Selong-Nusa Tenggara Barat (NTB)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak psikologis yang timbul akibat perilaku tindak pidana korupsi. Penelitian ini berangkat dari fenomena korupsi yang setiap waktu kian banyak terjadi di masyarakat baik yang ada di perkotaan atau di kabupaten. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan tipe penelitian studi kasus dengan single level analysis. Pemilihan subyek dilakukan dengan cara purposive sampling, yaitu teknik pengambilan sampel sumber data dengan pertimbangan tertentu. Subyek yang digunakan dalam penelitian ini adalah 2 orang istri dan orangtua yang dimana suami atau anaknya melakukan tindak pidana korupsi yang berada di kabupaten Lombok Timur Selong–NTB. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan triangulasi dan koding serta analisis intra kasus dan analisis lintas kasus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa subyek memiliki dampak psikologis berupa stres akibat perilaku tindak pidana korupsi yang dilakukan oleh suami atau anak subyek. Terdapat beberapa faktor atau aspek yang berperan dalam terjadinya stres pada subyek yaitu aspek fisiologis, aspek kognitif, aspek emosi dan aspek perilaku.
Character: Jurnal Penelitian Psikologi 1 (2), 97-102, 2013
2013 Hubungan Antara Kecerdasan Emosi dan Self Efficacy Dengan Tingkat Stres
Jurnal Penelitian Psikologi 1 (2), 6, 2013
2013 Manajemen budaya organisasi dan lingkungan sekolah (Studi multi situs di SMP Negeri 1 Ponorogo dan SMP Negeri 1 Jetis)
Kata kunci manajemen pendidikan budaya organisasi lingkungan sekolah sekolah menengah pertama Budaya organisasi dan lingkungan sekolah merupakan dua hal yang selalu mengiringi seluruh aktifitas lembaga pendidikan. Sekolah memiliki budaya yang telah terinternalisasi dalam proses belajar mengajar. Budaya sekolah ini dijunjung bersama dihormati bahkan telah menjadi suatu tatanan nilai atau norma di lingkungan sekolah. Lingkungan sekolah dapat menjadi penentu dalam penciptaan budaya sekolah. Lingkungan yang asri teduh nyaman bersih dan didukung hubungan harmonis diantara warga sekolah menjadi aspek penting untuk dikelola. Budaya sekolah dan lingkungan sekolah memberikan peran dalam berkontribusi mewujudkan karakteristik sekolah. Karakteristik ini yang mampu membedakan dengan sekolah lainnya. Untuk itu kegiatan manajemen budaya organisasi dan lingkungan sekolah merupakan hal penting yang harus dilakukan oleh manager pendidikan dalam upaya penciptaan iklim yang kondusif di lingkungan pendidikan. Penciptaan iklim kondusif ini akan memperlancar pencapaian kualitas pendidikan yang diharapkan. Fokus penelitian ini adalah (1) kegiatan manajemen budaya organisasi dan lingkungan sekolah (2) nilai-nilai yang dikembangkan dalam manajemen budaya organisasi dan lingkungan sekolah (3) aspek-aspek dalam manajemen budaya organisasi dan lingkungan sekolah dan (4) pelestarian manajemen budaya organisasi dan lingkungan sekolah dalam menunjang keberhasilan proses pendidikan di kedua situs penelitian yaitu di SMP Negeri 1 Ponorogo dan SMP Negeri 1 …
Universitas Negeri Malang, 2013
2013 Keefektifan konseling kelompok singkat berfokus solusi untuk meningkatkan motivasi berprestasi siswa Sekolah Menengah Kejuruan
Keefektifan konseling kelompok singkat berfokus solusi untuk meningkatkan motivasi berprestasi siswa Sekolah Menengah Kejuruan / Bambang Dibyo Wiyono - Repositori Universitas Negeri Malang Repositori Universitas Negeri Malang Instagram Facebook Website Youtube Keefektifan konseling kelompok singkat berfokus solusi untuk meningkatkan motivasi berprestasi siswa Sekolah Menengah Kejuruan / Bambang Dibyo Wiyono Wiyono, Bambang Dibyo (2013) Keefektifan konseling kelompok singkat berfokus solusi untuk meningkatkan motivasi berprestasi siswa Sekolah Menengah Kejuruan / Bambang Dibyo Wiyono. Masters thesis, Universitas Negeri Malang. Full text not available from this repository. Abstract Keefektifan Konseling Kelompok Singkat Berfokus Solusi Untuk Meningkatkan Motivasi Berprestasi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Item Type: Thesis (Masters) Subjects: ?? ?? Divisions: …
Universitas Negeri Malang, 2013
2013 pengaruh metode bercerita terhadap penguasaan kosakata anak kelompok A Di TK Persatuan Dharma WanitaBalongbendo
Penelitian pada anak kelompok A di Taman Kanak-kanak Persatuan Dharma Wanita Balongbendo dilatarbelakangi masih banyaknya anak yang belum mampu mengenal kosakata warna karena kurangnya pengetahuan guru dalam mengenalkan kosakata warna pada anak. Metode bercerita adalah salah satu bentuk metode yang digunakan untuk mengenalkan kosakata warna pada anak. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh metode bercerita terhadap penguasaan kosakata anak kelompok A di TK Persatuan Dharma Wanita Balongbendo Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan metode kuantatif dengan pendekatan pre-eksperimental design jenis one-group pretest-posttest. Subjek penelitian berjumlah 17 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan statistik non parametrik uji tanda Wilcoxon. Berdasarkan hasil penelitian menggunakan SPSS type PWAS Statistic 18 License Autorhization Wizard tentang kemampuan penguasaan kosakata anak, menunjukkan bahwa hasil pretest 298 dan posttest 441. Perhitungan menggunakan uji tanda Wilcoxon menunjukkan bahwa nilai Z hitung sebesar 3,624 dengan tingkat signifikansi 0,000, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh metode bercerita terhadap penguasaan kosakata anak kelompok A di TK Persatuan Dharma Wanita.
Universitas Negeri Surabaya, 2013
2013 Implementation Guidance and Counselling for Changing Negative Perceptions of Students in High School in The District Lamongan
Jurnal BK UNESA 1 (3), 271-80, 2013