Publikasi Fakultas Ilmu Pendidikan

Year Title Description Publisher Author(s)
2014 MODEL BUDAYA BACA-TULIS BERBASIS BALANCE LITERACY DAN GERAKAN INFORMASI LITERASI DI SD
: Reading-Writing Culture Model Based on Balance Literacy Approach and Information Literacy Movement in Elementary School. This study was designed to construct a reading and writing culture model based on balance literacy approach and information literacy movement. This research-and-development study comprised two stages. In Stage 1, surveys, review of literature, and the development of the draft were conducted. Stage 2 focused on trying out a limited revision of the key products, applying product revision, and revising the final product. The product was validated experimentally using a two-group pretest-posttest random design, involving 127 students in the experimental group and 130 in the control. The data collected through a test, observations, and interviews were statistically analyzed. The results show that the model is effective to develop the students' ability in reading and writing and that reading-writing habits can be developed if all members of the school intentionally develop the students' literacy habits through working hard and applying the model together.
Jurnal Ilmu Pendidikan 20 (http://journal.um.ac.id/index.php/jip.), 117-126, 2014
2014 Penanaman karakter anak usia 5-6 tahun pada masyarakat Samin
Penelitian ini bertujuan untuk:(1) Mendekripsikan sejarah masyarakat Samin;(2) Mendeskripsikan ajaran masyarakat Samin;(3) Mendeskripsikan ajaran masyarakat Samin dalam penanaman jujur pada anak usia 5–6 tahun; dan (4) Mendeskripsikan cara melestarikan pembiasaan jujur pada anak usia 5–6 tahun di masyarakat Samin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian study etnografi. Analisis data yang digunakan yaitu model Miles dan Huberman. Data penelitian ini diperoleh dari observasi, dokumentasi, dan pembuatan catatan lapangan. Hasil temuan penelitian ini menunjukan bahwa:(1) Samin merupakan sebuah masyarakat pergerakan yang biasa disebut dengan masyarakat Samin,(2) Masyarakat Samin memiliki ajaran yang berlaku mengikat kedalam seluruh warga masyarakat Samin,(3) Pada penanaman karakter masyarakat Samin untuk anak usia 5-6 diawali dengan hal yang baik yakni pernikahan, kemudian di dalam keluarga di tanamkan dengan contoh nyata juga berupa nasehat oleh orang tua,(4) Pembiasaan karakter masyarakat Samin pada anak usia 5-6 tahun juga dilakukan pada lingkungan keluarga, masyarakat, dan sekolah.
Jurnal Pendidikan Usia Dini 8 (2), 275-290, 2014
2014 PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA MATA PELAJARAN CNC KELAS XII TEKNIK PEMESINAN SMKN 2 PENGASIH
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pendidikan karakter pada mata pelajaran CNC di SMKN 2 Pengasih. Sampel penelitian deskriptif kuantitatif ini adalah 62 siswa kelas XII Program Studi Teknik Pemesinan. Data dikumpulkan dengan observasi, wawancara, dan angket. Teknik analisa data yang digunakan (1) reduksi data,(2) penyajian data,(3) kategorisasi data. Angket diuji validitasnya dengan expert judgment dan analisis butir, kemudian diuji reliabilitasnya dengan metode Alpha Cronbach. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai karakter yang dikembangkan pada mata pelajaran CNC adalah: disiplin, semangat, kejujuran, rasa ingin tahu, dan gemar membaca. Langkah-langkah penerapan pendidikan karakter meliputi perencanaan, pelaksanaan dalam pembelajaran, dan evaluasi. Pelaksanaan pendidikan karakter sudah berjalan baik dengan persentase pencapaian 62, 9%.
Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin 2 (4), 283-288, 2014
2014 Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Dalam Pembelajaran IPS Untuk Meningkatkan Keterampilan Partisipasi Sosial Siswa Kelas V Sdn Putat Gede II …
Latar belakang dari penelitian ini adalah permasalahan-permasalahan yang dihadapi oleh pengajar dalam pembelajaran di Kelas V SDN Putat Gede II Surabaya yaitu:(1) Guru masih menggunakan metode ceramah dalam menyampaikan materi (2) Guru hanya memanfaatkan media papan tulis untuk menunjang pembelajaran (3) Kurangnya perhatian guru terhadap keaktifan siswa di dalam kelas (4) Perhatian guru lebih terpusat pada penyelesaian tugas tertulis daripada partisipasi siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan partisipasi siswa melalui model pembelajaran koperatif tipe Numbered Head Together. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Proses pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan lembar observasi. Subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas lima SDN Putat Gede II Surabaya. Teknik analisis data yang digunakan oleh peneliti adalah metode deskriptif kualitatif. Setelah dilakukan penelitian selama 3 siklus diperoleh adanya peningkatan aktivitas guru pada siklus I sebesar 73, 86% meningkat pada siklus III menjadi 86, 90%, aktivitas siswa pada siklus I sebesar 73, 75% meningkat pada siklus III menjadi 86, 87% dan partispasisiswa pada siklus I sebesar 73, 9% Meningkat pada siklus III menjadi 85, 98%, dengan demikian ini membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif Numbered Head Together dapat meningkatkan partisipasi belajar siswa.
Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2 (2), 1-11, 2014
2014 Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis melalui Model Pembelajaran Discorvey Siswa pada Pembelajara IPS di Sekolah Dasar
JPGSD 2 (3), 2014
2014 Penerapan model pembelajaran kooperatif script untuk meningkatkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di sekolah dasar
Pembelajaran IPS merupakan pembelajaran yang mengkaji konsep-konsep yang bersifat abstrak yang berkaitan dengan peristiwa, fakta, dan generalisasi berkaitan dengan isu-isu sosial yang memerlukan pemahaman lebih lanjut dan mendalam, pemahami konsep yang bersifat abstrak ini dapat menimbulkan kejenuhan atau kebosanan yang dapat membuat siswa malas untuk belajar apabila guru tidak mampu memilih model pembelajaran yang mampu memacu siswa aktif dalam belajar dan menumbuhkan semangat atau motivasi. Permasalahan yang dihadapi ketika pembelajaran di kelas V SDN Wonokusumo VI/45 kecamatan Semampir kota Surabaya diantaranya:(1) proses pembelajaran berlangsung kurang kondusif karena banyak siswa yang tidak memperhatikan guru,(2) sebagian besar siswa sering berbicara dengan temannya, menggoda teman yang lain ataupun bermain sendiri,(3) saat guru memberikan dasar tentang materi, respon yang diberikan oleh siswa terkesan malas menjawab ataupun menjawab asal-asalan. Berdasarkan permasalahan diatas maka peneliti melakukan penelitian tindakan kelas untuk membantu memahami konsep pembelajaran IPS dan meningkatkan motivasi belajar siswa dengan model pembelajaran kooperatif script. Peneitian tindakan kelas ini menggunakan teknik analisa data deskriptif kuantitatif untuk memaparkan data hasil observasi guru, siswa dan hasil belajar. Setelah dilakukan penelitian selama 2 siklus diperoleh adanya peningkatan aktivitas guru pada siklus I sebesar 73, 75% Meningkat pada siklus II menjadi87, 5%, aktivitas siswa pada siklus I sebesar 75% meningkat pada siklus II …
Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2 (2), 1-15, 2014
2014 Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Pada Mata Pelajaran IPS Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV A SDN Simomulyo 8 Surabaya
Latar belakang penelitian ini berdasarkan pengamatan yang dilakukan peneliti di kelas IV A SDN Simomulyo 8 Surabaya, yakni kurangnya aktivitas siswa dalam pembelajaran dan kurangnya wawasan guru tentang cara memilih dan menerapkan model dalam suatu pembelajaran. Hal tersebut menjadikan proses pembelajaran kurang optimal serta belum tercapainya hasil belajar siswa yang sesuai dengan Kriteria Ketuntasan Minimal. Berdasarkan permasalahan di atas, maka perlu dilakukan upaya untuk memecahkannya. Alternatif pemecahan masalah tersebut yaitu menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray. Pemilihan model ini sebagai alternatif dalam pembelajaran IPS dirasa tepat karena model ini memiliki keunggulan antara lain mengembangkan sikap dalam diri siswa, bertambahnya kekompakkan dan rasa percaya diri, meningkatkan kemampuan berbicara dan mengemukakan pendapat, serta proses pembelajaran menjadi lebih bermakna sehingga hasil belajar dapat meningkat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa dan guru kelas IV A SDN Simomulyo 8 Surabaya sebanyak 24 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi, lembar non tes dan lembar angket. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Peningkatan aktivitas guru, aktivitas siswa, hasil belajar siswa dan respon siswa terhadap proses pembelajaran merupakan hasil yang didapat dari proses pembelajaran ini. Peningkatan tersebut terjadi secara bertahap mulai dari siklus I sampai dengan siklus III dengan kriteria yang sangat …
Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2 (1), 1-19, 2014
2014 Konsep Diri dan Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Wirausahawan
This study aims to know the relationship between self-concept and problem solving ability among entrepreneurs in Surabaya. The design used of the study was a correlational research. The subjects in this study were entrepreneurs of Business Communication Forum (FKB) Ibnu Sina Foundation Surabaya which has 41 number of entrepreneurs. Analytical technique used is Peearsons product moment. The results of this study indicates that self-concept has significant relationship with problem solving ability with positive direction of relationship which can be seen from the level of significant which is 0.000, so the alternative hypothesis proposed research received. The Rsquare value is 0.549, which is mean that the 54, 9% of variation in problem-solving ability is influenced by the self-concept and the rest 45, 1% is caused by other factors which is not meassured in this research. The conclusion of this study is that there is a positive relationship between self-concept and problem solving ability.Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara konsep diri dengan kemampuan pemecahan masalah pada wirausahawan di Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasional. Penelitian ini menggunakan subjek sebanyak 41 wirausahawan Forum Komunikasi Bisnis (FKB) Yayasan Ibnu Sina Surabaya sebagai sampel penelitian. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis product moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konsep diri memiliki hubungan yang signifikan dengan kemampuan pemecahan masalah dengan arah hubungan yang positif yang dapat dilihat dari nilai …
Jurnal Psikologi Teori dan Terapan 5 (1), 52-57, 2014
2014 Aktualisasi diri dan persepsi terhadap pelaksanaan pelatihan pada karyawan
This study was aimed to determine the relation between self-actualization and the perception of employees training implementation in PT Pelindo III Gresik branch. This study method was a correlational research. The subjects were 46 employees of PT Pelindo III Gresik branch. Data collected using self-actualization and perception of training implementation Likert scale. Data analysis technique used in this study was Pearson correlation product moment with the help of SPSS 16 for windows. The result shows that the significant value (p) is 0.000, while the value of the correlation (r) is 0.651. The result shows that the significance value of the correlation is less than 0.05 (p= 0.000< 0.05) which means the hypothesis of this study is significantly proven. It can be concluded from the result there is a significant relation between self-actualization and the perception of employees training implementation in PT Pelindo III Gresik branch.Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara aktualisasi diri dengan persepsi mengenai pelaksanaan pelatihan pada karyawan PT Pelindo III Cabang Gresik. Penelitian ini merupakan tipe penelitian korelasional. Subjek penelitian ini adalah karyawan PT Pelindo III Cabang Gresik. Jumlah subjek penelitian ini sebanyak 46 karyawan. Pengumpulan data menggunakan kuesioner aktualisasi diri dan kuesioner persepsi mengenai pelaksanaan pelatihan, kuesioner ini menggunakan skala likert. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik analisis korelasi œPearson product moment dengan bantuan program SPSS 18 for windows. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh variable …
Jurnal Psikologi Teori Dan Terapan 5 (1), 7-14, 2014
2014 Hubungan Antara Konformitas Dengan Motivasi Berprestasi Pada Mahasiswa Psikologi Universitas Negeri Surabaya
Skripsi tidak diterbitkan. Surabaya: Unesa, 2014