Publikasi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
| | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
Year | Title | Description | Publisher | Author(s) |
---|---|---|---|---|
Pengaruh Media Kartu Sudut terhadap Pembelajaran Geometri Materi Pengukuran pada Siswa Kelas IV Sdn Jatikalang II Krian Sidoarjo | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media kartu sudut terhadap hasil belajar matematika pembelajaran geometri materi pengukuran kartu sudut pada siswa kelas IV SDN Jatikalang II Krian, Sidoarjo. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen. Sampel dalam penelitianini sebanyak 51 siswa. Rancangan penelitian ini menggunakan rancangan quasi experimental yang menggunakan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design pretest-posttest. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes yang meliputi pretest-posttest. Analisis data yang digunakan yaitu uji validitas, reliabilitas, normalitas, uji homogenitas dan uji-t. Pada uji validitas ditemukan 20 butir soal valid dari 25 butir soal pada kelompok pretest-posttest. Uji hipotesis menggunakan Uji-T diperoleh nilai t tabel dapat dilihat pada table statistika dengan derajat kebebasan (df)= n-2 atau 51-2= 49, maka didapatkan nilai t tabel 1,676. Data statistik menunjukan bahwa thitung 4, 1244, dengan demikian dapat diketahui bahwa t hitung> t tabel atau 4, 1244> 1,677 pada taraf signifikansi 5%(0, 05). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan penggunaan kartu sudut terhadap hasil belajar matematika pembelajaran geometri materi pengukuran. |
Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 5 (3), 254658, 0 | ||
Pengaruh Pembelajaran Kontekstual Teaching And Learning terhadap Hasil Matematika Materi Perkalian dan Pembagian Bilangan Asli Sekolah Dasar | Matematika meupakan salah satu komponen dari serangkaian pembelajaran yang mempunyai peran penting dalam pendidikan. Namun sampai saat ini masih banyak siswa yang merasa matematika sebagai mata pelajaran yang sulit dan tidak menyenangkan. Meskipun matematika dianggap memiliki tingkat kesulitan yang tinggi, namun setiap orang harus mempelajarinya karena merupakan sarana untuk memecahkan masalah sehari-hari. Untuk menciptakan proses pembelajaran yang berkualitas, guru harus lebih inovatif yaitu salah satunnya pembelajaran menggunakan model pembelajaran kontekstual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya Pengaruh Pembelajaran Kontekstual Teaching and Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Perkalian dan Pembagian Bilangan Asli siswa kelas II Sekolah Dasar Negeri Lidah Kulon IV/467 Surabaya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen, dengan subyek penelitian siswa kelas II Sekolah Dasar Negeri Lidah Kulon IV/456 Surabaya. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk memperoleh data berupa pre-test dan postest. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data adalah t-test dengan uji prasayarat homogenitas. Uji homogenitas dihitung menggunakan Uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kontekstual berpengaruh terhadap hasil belajar matematika materi perkalian dan pembagian bilangan asli siswa kelas II Sekolah Dasar Negeri Lidah Kulon IV/467 Surabaya. Hal ini ditunjukkan dari hasil perhitungan t-test pada taraf signifikansi 5%(tingkat kepercayaan 95%) yang diperoleh nilai t hitung= 10,831> t tabel= 2, 00 |
Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 3 (2), 254200, 0 | ||
Penggunaan Media Benda Konkret Buah Apel untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Pecahan Kelas V Sdn Jeruk 1 Surabaya | Berdasarkan hasil observasi dalam pembelajaran yang dilakukan oleh guru SDN Jeruk 1 Surabaya diperoleh gambaran kondisi lapangan yang kurang menggembirakan. Metode penelitian yang dilakukan oleh guru adalah deskriptif kuantitatif dengan memperhatikan langkah-langkah sebagai berikut: perencanaan, prosedur pelaksanaan tindakan, refleksi, penyiapan partisipan, penelitian (Tindakan menggunakan siklus). Dari hasil penelitian yang dilaksanakan 2 siklus, menunjukkan bahwa adanya peningkatan aktivitas guru sebesar 35, 29% dimana siklus I hasil yang diperoleh sebesar 60, 29% dan siklus II sebesar 95, 58%. Aktivitas siswa juga mengalami peningkatan sebesar 13, 31%, dimana siklus I hasil yang diperoleh sebesar 82, 27% dan siklus II sebesar 95, 58%. Serta hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 32, 44%, dimana siklus I hasil yang diperoleh 62, 16% dan siklus II sebesar 94, 60%. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah: 1.) penerapan media benda konkret buah apel dalam pelajaran matematika dapat meningkatkan aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran dan aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran yang dilakukan oleh guru, 2.) peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I sebesar 62, 16% dan pada siklus II menjadi 94, 60%. Kata kunci: Kata kunci: media benda konkret dan bilangan pecahanAbstract: Based on the observation results during learning that conducted by teachers of SDN Jeruk 1 Surabaya it obtained descriptions of field condition which is unpleasant. Research method that applied by teacher is descriptive quantitative by pay attention in steps as follows: planning, implementation … |
Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2 (2), 1-8, 0 | ||
Simlabs Technology 2.0 In Improving Vocabularies for Elementary School Teacher Bilingual Class | Ulhaq Zuhdi 1, Neni Mariana 2, Mintohari 3, Susan Ledger 4, John Fiscetti 5, Natasha Rappa 6 |
ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED 12 (1), 19-28, 0 |