Publikasi Fakultas Ilmu Pendidikan

Year Title Description Publisher Author(s)
2015 Pembelajaran menggunakan benda konkret yang berada di sekitar anak untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak Kelompok A
This research is kualitatif research with study descriptive. The purposeof this research is to descripe instruction using the concrete thing around the child to increasethe speak ability of the children in group A in Ar Rahmah kindergarten at desa Poreh Kecamatan Lenteng Kabupaten Sumenep. The subject of the research is 10 children. The result show that 5 from 10 children in category BSB (growing as expectation).
PAUD Teratai 4 (2), 4-6, 2015
2015 Pengaruh Permainan Futsal Modifikasi Terhadap Perkembangan Motorik Kasar Pada Anak Usia 4-5 Tahun
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimental desain. Pada penelitian yang menggunakan nonequivalent control group design ini terdapat dua kelompok yang masing-masing menggunakan subjek penelitian dengan jumlah masing-masing 10 anak pada kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh permainan futsal modifikasi terhadap perkembangan motorik kasar anak usia 4-5 tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 3 Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada permainan futsal modifikasi terhadap perkembangan motorik kasar dalam kemampuannya menendang bola secara terarah pada anak usia 4-5 tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 3 Surabaya.
Paud Teratai 4 (2), 2015
2015 Erik’s Oppression in Gaston Leroux’s The Phantom of the Opera
Erik’s oppression is the main focus of this study in Gaston Leroux’s novel entitled The Phantom of the Opera. This study applies descriptive analysis method. The main data is taken from the novel written by Gaston Leroux entitled The Phantom of the Opera. This thesis is purposed to analyze how the depiction of Erik’s oppression, also give the analysis of the factors and also the impacts of Erik’s oppression, that is already stated in the statement of the problem. Oppression is arbitrary thing that someone do to the minorities who does not have power to against it. The concept of oppression, refers to the unjust use of power. This study applies the concept of oppression and the theory of power and oppression by several expert, such Peg O’Connor and Elizabeth D. Hutchison. The theories and concept are well applied to reveal the statement of the problem. The analysis points out that Erik has pictured the image of oppression which dominate in this novel. Erik with his power dominate and oppress the others by giving some rules in Paris Opera, such the manager have to pay some money to him. It is because Erik with his great expertise feels has a higher power than others. This oppression made people surround him depressed and made them submissive by his power. However oppression can definitely lead to something that is not fair. Supervision and control themselves may be also avoid that action. Key Words: oppression, power Abstrak Penindasan Erik adalah fokus utama dari studi ini dalam novel Gaston Leroux berjudul The Phantom of the Opera. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif. Data utama diambil dari novel yang …
LITERA KULTURA: Journal of Literary and Cultural Studies 3 (2), 2015
2015 Meningkatkan Keterampilan Menulis Dengan Menggunakan Media Gambar Pada Siswa Kelas III MI Hidayatul Abidin Gampang Sidoarjo
Berdasarkan hasil observasi di kelas III MI Hidayatul Abidin Gampang Sidoarjo, ditemukan permasalahan pada pembelajaran bahasa Indonesia yaitu, siswa belum mampu menulis dengan baik. Hal ini terlihat dari 82, 75% siswa dinyatakan tidak tuntas belajar. Sehubungan dengan permasalahan tersebut, dilakukan penelitian dengan menggunakan media gambar untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan media gambar, hasil belajar siswa dalam pelaksanaan pembelajaran menulis dengan menggunakan media gambar, dan kendala yang muncul serta cara mengatasinya. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak dua siklus. Setiap siklus dirancang dengan melalui tahapan yang sama, yaitu: perencanaan, pelaksanaan dan pengamatan, serta refleksi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi dan tes. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan media gambar dapat meningkatkan keterlaksanaan pembelajaran yaitu siklus I yang mencapai rata-rata 100% dengan rata-rata nilai ketercapaian 85, 73 dan siklus II yang mencapai rata-rata 100% dengan rata-rata nilai ketercapaian 94, 71. Hasil belajar menulis siswa secara klasikal pada siklus I memperoleh 72, 41% dan pada siklus II memperoleh 86, 20%. Kendala yang muncul adalah siswa terlihat bosan dan kurang fokus dalam mengikuti proses pembelajaran. Cara mengatasinya dengan mengadakan ice …
Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 3 (2), 254012, 2015
2015 Pengaruh Penggunaan Media Gambar Seri Terhadap Keterampilan Menulis Narasi Siswa Kelas IV SDN di Kecamatan Kebomas Gresik
Menulis merupakan keterampilan berbahasa yang kompleks dan kegiatan untuk mengekspresikan diri. Salah satu media yang dapat digunakan dalam pembelajaran menulis adalah gambar seri. Oleh karena itu, diperlukan penelitian untuk mengetahui pengaruh penggunaan media gambar seri terhadap keterampilan menulis narasi bagi siswa kelas IV SDN. Penelitian yang dilakukan adalah eksperimen semu (quasi experiment) dengan pretest and post test group design. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Uji hipotesis menggunakan t-test dan uji gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media gambar seri terhadap keterampilan menulis narasi siswa kelas IV SDN Kebomas dan SDN 4 Randuagung berjalan sangat baik. Uji t terhadap nilai pre test dan post test siswa kelas IV SDN Kebomas diketahui t t (5%= 2,052)< t hitung (16, 2305) dan uji gain sebesar 0, 44. Uji t nilai siswa kelas IV SDN 4 Randuagung diperoleh t t (5%= 2,042)< t hitung (18, 41446) dan uji gain sebesar 0, 54. Berdasarkan analisis yang dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media gambar seri mempunyai pengaruh yang terhadap keterampilan menulis narasi siswa.
Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 3 (2), 253994, 2015
2015 Penggunaan Media Kartu Kata untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I SDN Sumbergirang 2 Puri Mojokerto
Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya kemampuan siswa dalam membaca permulaan karena beberapa permasalahan yaitu siswa kurang bisa memadukan huruf meskipun sudah melek huruf, guru measih menggunakan metode dan strategi yang konvensional serta tidak menggunakan media yang tepat dalam pembelajaran membca. Sehingga dalam penelitian ini ada tiga permasalahan adalah bagaimanakah pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan media kartu kata meningkatkan kemampuan membaca permulaan, bagaimanakah hasil belajar siswa dalam membaca permulaan melalui pembelajaran dengan menggunakan media kartu kata, kendala-kendala apa sajakah yang ditemui dalam pembelajaran membaca permulaan dengan menggunakan media kartu kata dan bagaimanakah cara mengatasinya Penelitian ini berbentuk penelitian tindakan kelas (Classroom action research) dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjeknya adalah guru dan siswa kelas I SDN Sumbergirang 2 Puri Mojokerto yang berjumlah 19 siswa. Rancangan penelitian ini melawati tiga tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan dan observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan setiap siklus ada dua pertemuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan lembar observasi, lembar tes dan catatan lapangan. Hasil penelitian siklus I, untuk keterlaksanaan pembelajaran mencapai 73, 6%, hasil belajar siswa secara klasikal 73, 6%, dan catatan lapangan adalah guru perlu mengatur waktu yang baik dan siswa belum terbiasa mengikuti pembelajaran dengan media kartu kata. Hasil penelitian …
Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 3 (2), 253991, 2015
2015 Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) terhadap Hasil Belajar Tema Selalu Berhemat Energi Kelas IV
Tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) terhadap hasil belajar tema selalu berhemat energi kelas IV SDN Babatan 1 Surabaya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu dengan tahap pemberian pre-test, treatment, dan post-test. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran dan motivasi belajar peserta didik. Sedangkan tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar peserta didik. Hasil pengumpulan data tersebut dianalisis dengan menggunakan teknik t-test dengan prasyarat homogenitas. Dari hasil penelitian dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) menunjukan perbedaan hasil belajar yang sangat signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada kelas kontrol dengan nilai pre test berjumlah 1185 dengan rata-rata kelas 51, 52 dan nilai post test berjumlah 2026 dengan rata-rata kelas sebesar 89, 65. Sedangkan pada kelas kontrol terjadi peningkatan hasil belajar tetap tidak signifikan yaitu dengan nilai pre test berjumlah 1114 dengan rata-rata kelas sebesar 48, 43 dan nilai post test berjumlah 1759 dengan rata-rata kelas 76, 47.
Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 3 (2), 253877, 2015
2015 Meningkatkan Hasil Belajar Operasi Hitung Perkalian Dan Pembagian Dengan Menggunakan Media Kartu Bilangan Pada Siswa Kelas III SDN Cangkring II Sidoarjo
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa selama pembelajaran serta untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Adapun metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus, dimana satu siklus terdiri dari dua pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas III SDN Cangkring II Krembung Sidoarjo, yang berjumlah 23 orang, terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan tes hasil belajar siswa. Ketercapaian pembelajaran mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Aktivitas guru pada siklus I sebesar 71, 59% dengan kategori cukup dan pada siklus II sebesar 94, 32% dengan kategori sangat baik. Aktivitas siswa pada siklus I sebesar 65% dengan kategori cukup aktif dan pada siklus II sebesar 95% dengan kategori sangat aktif. Skor hasil belajar siswa secara klasikal meningkat, pada siklus I sebesar 17, 39% dan pada siklus II sebesar 30, 43%. Sedangkan ketuntasan belajar juga mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 60, 87% dan pada siklus II sebesar 91, 30%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan media kartu bilangan materi operasi hitung perkalian dan pembagian dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas III di SDN Cangkring II Krembung Sidoarjo serta memberikan suasana belajar yang menyenang dan dapat memotivasi siswa untuk aktif dalam pembelajaran.
Skripsi. Surabaya: FIP UNESA, 2015
2015 Pengaruh Pemutaran Musik Instrumental Terhadap Hasil Belajar Volume Kubus dan Balok
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemutaran musik instrumental terhadap hasil belajar volume kubus dan balok. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan rancangan penelitian non-eqiuvalent control group design. Sampel yang diambil untuk penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen berjumlah 21 siswa dan kelas kontrol berjumlah 24 siswa. Kelas eksperimen mendapat perlakuan dengan diputarkan musik instrumental saat pembelajaran berlangsung dan kelas kontrol sebaliknya. Data penelitian diperoleh dari hasil pre-test dan post-test sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pemutaran musik instrumental dengan hasil belajar volume kubus dan balok siswa. Hal ini dibuktikan dari penghitungan pre-test dan post-test yang memberikan nilai t hitung 7, 17> t tabel 2,017.
Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 3 (2), 900-910, 2015
2015 Pengaruh Penggunaan Media Tiga Dimensi terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Sifat-Sifat Kubus Dan Balok Siswa Sekolah Dasar
Latar belakang penelitian ini yaitu pembelajaran matematika di SDN Karangagung Tuban khususnya pada kelas IV masih belum menggunakan media pembelajaran yang inovatif. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh penggunaan media tiga dimensi terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi eksperimen bentuk Non-equivalent Control Group Design. Pengumpulan data menggunakan metode tes (Pre-test dan Post-test) dan dokumentasi. Hasil penelitian melalui uji t-test menunjukkan bahwa t hitung sebesar 2,092 lebih besar daripada t tabel sebesar 2,000, sehingga dapat disimpulkan bahwa secara signifikan ada pengaruh sangat positif pada penggunaan media tiga dimensi terhadap hasil belajar matematika materi sifat-sifat kubus dan balok siswa kelas IV SDN Karangagung Tuban.
Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 3 (2), 253882, 2015