Publikasi Fakultas Ilmu Pendidikan

Year Title Description Publisher Author(s)
2015 Pengembangan media bimbingan dan konseling
Jakarta: Indeks, 2015
2015 Pengaruh layanan informasi studi lanjut terhadap kemantapan pengambilan keputusan studi lanjut
Tujuan penelitian ini untuk menguji pengaruh layanan informasi studi lanjut terhadap kemantapan pengambilan keputusan studi lanjut, sehingga siswa mampu mengambil keputusan secara mantap sesuai dengan keadaan dirinya. Penelitian ini menggunakan rancangan pre-eksperiment design berupa one group pre test post test design. Metode pengumpulan data menggunakan angket langsung bentuk tertutup. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XII IPA 4, yang mempunyai kemantapan pengambilan keputusan rendah. Teknik analisis data menggunakan statistik parametrik dengan rumus t-test. Teknik analisis data diperoleh t hitung lebih besar dari t tabel (4,290> 2,021). Maka Ha diterima dan Ho ditolak. Hipotesis yang menyatakan “terdapat perbedaan yang signifikan dalam kemantapan pengambilan keputusan studi lanjut antara sebelum dan sesudah penerapan layanan informasi studi lanjut” dapat …
Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya, 2015
2015 pengembangan profesi bimbingan dan konseling
Erlangga 1, 232, 2015
2015 Pengembangan profesi bimbingan dan konseling
Jakarta: Erlangga, 2015
2015 Pemanfaatan Simulasi Kreatif dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar
Pemanfaatan simulasi kreatif dalam konteks pembelajaran di sekolah dasar dapat disikapi sebagai permainan pendidikan dan permainan nonpendidikan. Melalui simulasi kreatif, keterampilan dan pengalaman yang diperoleh siswa, baik yang berkaitan dengan aspek kognitif, afektif, maupun psikomotor dapat berkembang. Dalam pembelajaran bahasa Indonesia, simulasi kreatif selain untuk mengembangkan diri siswa dari aspek fisik, psikologis, dan sosial juga untuk meningkatkan keterampilan berbahasa siswa. Guru sekolah dasar perlu memahami dan memanfaatkan simulasi kreatif dalam kegiatan belajar mengajar dengan merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasinya.
Wacana 7 (2), 2015
2015 Pengaruh Metode Simak Tulis terhadap Keterampilan Menyimak Teks Cerita Siswa Kelas I
Keterampilan menyimak merupakan salah satu keterampilan yang diajarkan di sekolah dasar. Keterampilan menyimak merupakan keterampilan awal yang harus dimiliki siswa sebelum siswa mampu berbicara, membaca, dan menulis. Ada beberapa metode yang dgunakan dalam pembelajaran enyimak, salah satunya adalah metode simak tulis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan metode simak tulis dan pengaruh penggunaan metode simak tulis terhadap keterampilan menyimak teks cerita pada siswa kelas I sekolah dasar. Rancangan penelitian ini adalah eksperimen dengan jenis pre eksperimen dan menggunakan desain Pretest and Posttest Group. Seluruh siswa kelas I SDN Jeruk I Surabaya yang berjumlah 98 siswa merupakan populasi. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas IB yang berjumlah 33 siswa, sampel dipilih melalui teknik sampel bertujuan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi dan tes. Analisis data yang digunakan yaitu uji validitas untuk mengetahui kevalidan instrumen tes, uji reliabilitas, dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada uji validitas terhadap 5 item yang diukur dalam menyimak teks cerita, semuanya valid dengan harga r xy= 0, 64; 0, 71; 0, 41; 0, 40; dan 0, 87. Pada uji reliabilitas menunjukkan bahwa instrumen lembar observasi sebesar 0, 9. Hal ini menunjukkan bahwa keterlaksanaan penggunaan metode simak tulis dinyatakan reliabel karena hasil yang diperoleh mendekati angka 1. Uji reliabilitas tes yang berupa penilaian aspek-aspek keterampilan menyimak reliabel dengan harga r 11= 0, 44. Hasil observasi pada saat penggunaan …
Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 3 (2), 457-466, 2015
2015 Pengaruh Penerapan Strategi Mind Mapp Terhadap Keterampilan Menulis Narasi Di Sekolah Dasar
JPGSD, 2015
2015 Pengaruh Penggunaan Media Komik terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV pada Tema Indahnya Negeriku di Sekolah Dasar
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media komik terhadap hasil belajar siswa tema indahnya negeriku di SDN Ketintang I Surabaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan rancangan Quasi Experimental Design. Sedangkan desain yang digunakan adalah Nonequivalen Control Group Design. Sampel penelitian ini meliputi 37 siswa kelas eksperimen dan 37 siswa kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes obyektif (pilihan ganda) dan lembar angket. Analisis data yang digunakan adalah uji validitas, reliabilitas, normalitas, homogenitas, dan uji t-test. Berdasarkan hasil penelitian rata-rata hasil post test kelas kontrol sebesar 73,243 dan untuk kelas eksperimen rata-rata hasil post test sebesar 85,676. Sehingga diperoleh t hitung sebesar 5,897. Sedangkan nilai t tabel pada taraf signifikan 5% sebesar 1,667. Jadi t hitung> t tabel (5,897> 1,667), maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar post test dan hasil belajar pre test kelas eksperimen atau dengan kata lain penggunaan media komik berpengaruh terhadap hasil belajar kelas eksperimen. Selain itu siswa kelas eksperimen diberi angket respon siswa tentang penggunaan media komik dan hasilnya rata-rata siswa berpendapat sangat setuju dengan menggunakan media komik. Sehingga dapat disimpulkan media komik mendapatkan respon positif dari siswa.
Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 3 (2), 253930, 2015
2015 Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual terhadap Hasil Belajar Tema Benda Hewan dan Tanaman di Sekitarku Siswa Kelas I SD
Dalam aktivitas belajar, media merupakan sesuatu yang dapat membawa informasi dan pengetahuan dalam interaksi yang berlangsung antara pendidik dan peserta didik. Media audio visual merupakan media yang menggunakan indera pendengar dan indera penglihatan dalam penyampaian pesannya. Sehingga pesan yang disampaikan lebih mudah dipahami dan bertahan lama dalam ingatan. Pembelajaran yang dilaksanakan pada umumnya menggunakan media berupa gambar. Media gambar kurang menarik dan kurang mampu mendukung proses pembelajaran tematik. Berdasarkan tes hasil belajar yang diperoleh siswa dalam pembelajaran tematik kurang maksimal. Hasil belajar yang diperoleh siswa masih belum melampaui KKM (kriteria ketuntasan minimal). Oleh karena itu peneliti mencoba melakukan penelitian menggunakan media audio visual dalam pembelajaran tematik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan media audio visual. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimental. Desain penelitian yang digunakan adalah nonequivalent control group. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, sedangkan hasil pretest-posttest dianalisis menggunakan t-test. Analisis data menunjukan jika t hitung> t tabel, yaitu 3.997> 2.0147. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa.
Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 3 (2), 253919, 2015
2015 Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) Tehadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar
Pembelajaran berdasarkan kurikulum 2013 menjadi tantangan bagi para guru karena harus membutuhkan penyesuaian. Hal ini berpengaruh kepada hasil belajar siswa yang rendah. Model pembelajaran inkuiri terbimbing mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa. Rancangan penelitian ini Quasi-Experimental dengan menggunakan One Group Pre-test and Post-test Design yang diterapakan pada siswa kelas IV-B SDN Lidah Wetan II/462 Surabaya. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes hasil belajar dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas dan uji hipotesis. Hasil uji normalitas adalah pretest= 0,310 dan r 11 posttest= 0,444. Pada uji t diperoleh hasil bahwa t hitung adalah 9, 25 dan t tabel adalah 2, 02. Hal Sedangkan, hasil angket berada di kategori sangat baik yaitu 91, 21%. Berdasarkan data hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran inkuiri terbimbing berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN Lidah Wetan II/462 Surabaya.
Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 03 (02), 391 401, 2015