Publikasi Fakultas Ilmu Pendidikan

Year Title Description Publisher Author(s)
2015 PENGARUH MENONTON KARTUN TOM AND JERRY TERHADAP PERILAKU AGRESIVITAS ANAK USIA 3-4 TAHUN
Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh menonton kartun Tom And Jerry terhadap perilaku agresivitas anak usia 3-4 tahun di PAUD Al-Abror Pamekasan. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode observasi dan dokumentasi. Sampel penelitian ini adalah seluruh anak usia 3-4 tahun di PAUD Al-Abror Pamekasan berjumlah 30 anak. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji Mann Whitney U-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa U hitung< U table (173, 5< 3,733), sehingga Ho ditolak dan Hi diterima. Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh antara menonton kartun Tom And Jerry terhadap perilaku agresivitas pada anak usia 3-4 tahun di PAUD Al-Abror Pamekasan, diterima.
PAUD Teratai 5 (1), 10, 2015
2015 Meningkatkan Motorik Kasar Anak Melalui Bermain Permainan Tradisional Lompat Tali Pada Kelompok A
Tujuan penelitian ini adalah dapat meningkatkan kemampuan anak dalam melompat melalui bermain lompat tali. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah anak kelompok A TK BUDI JAYA Surabaya. Berdasarkan hasil penelitian, kemampuan anak dalam melompat meningkat dari siklus I ke siklus II menjadi 90%. Berdasarkan hasil ini menunjukkan bahwa bermain lompat tali dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar anak dalam melompat.
Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Teratai, 2015
2015 OPTIMISME PADA ATLET PELARI CEPAT PARALYMPIC
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji optimisme pada seorang atlet lari cepat perorangan paralympic. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus instrinsik. Informan primernya adalah atlet penyandang disabilitas intelektual. Data penelitian diungkap melalui observasi, wawancara semi terstruktur, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis tematik.
PROSIDING SEMINAR FAKULTAS PSIKOLOGI UMP 1 (1), 2015
2015 Pengaruh self-talk terhadap kecemasan atlet senam ritmik
Prestasi atlet senam ritmik yang belum menunjukkan peningkatan dikarenakan pembinaan yang lebih berfokus pada aspek teknik dan fisik daripada aspek mental. Hal ini menyebabkan atlet tidak dapat mengatasi kecemasan yang sering muncul menjelang pertandingan. Kecemasan atlet dapat diatasi dengan latihan mental, salah satu dari latihan mental adalah self talk. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh self talk terhadap kecemasan atlet senam ritmik. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain pretest-posttest control group design. Sebanyak 12 atlet senam ritmik dari Persani Surabaya menjadi partisipan dalam penelitian ini. Partisipan dalam penelitian ini dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok ekperimen dan kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kecemasan atlet adalah skala kecemasan Sport Anxiety Scale yang diadopsi dari Smith, Smoll, & Schutz (1990). Hasil analisis Uji Wilcoxon menunjukkan nilai Asymp. Sig.(2-tailed) sebesar 0,027 lebih kecil dari pada tingkat probabilitas sebesar 0, 05 (0,027< 0, 05) yang berarti “Self talk memiliki pengaruh terhadap kecemasan atlet senam ritmik”. Pengaruh dari self talk ini adlah untuk menurunkan kecemasan atlet senam ritmik.
Character 3 (2), 1-5, 2015
2015 Psychological profiles of Indonesian elite swimmers
In Indonesia, sports psychology is one of the branches of psychology that plays a vital role in improving athletic performance and therefore, it is not confined within the boundaries of academic research. Even though a number of studies have been carried out in recent years on the psychological profiles of elite swimmers, there are only a few studies which provide empirical data on the psychological profiles of elite athletes. Owing to the importance of the relationship between the psychological characteristics and sports performance of athletes, the the objective of this study is to determine the psychological profiles of Indonesian elite swimmers. Two sets of factors are identified from a comprehensive literature review, namely motivational and emotional factors. However, based on the literature review, it is observed that the combination of motivational and emotional factors has not been investigated in most studies, particularly the relationship between these factors and the psychological characteristics of Indonesian elite swimmers. In this study, we identified the psychological characteristics of this specific group of athletes using personal interviews and focus group discussions with 14 Indonesian elite swimmers (comprising seven males and seven females) and eight coaches from the East Java Province. Based on the results, we conclude that that there are six psychological characteristics of Indonesian elite swimmers:(1) self-confidence,(2) optimism,(3) resilience,(4) hope,(5) emotional stability, and (6) motivation for achievement.
Malaysian Journal of Movement, Health & Exercise 4 (2), 31-36, 2015
2015 Pengaruh Model Pembelajaran Ekspositori Terhadap Kemampuan Berbicara Anak
Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh model pembelajaran ekspositori terhadap kemampuan berbicara anak. Sampel penelitian adalah anak kelompok B di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 39 Surabaya dengan jumlah 21 anak. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh model pembelajaran ekspositori terhadap kemampuan berbicara anak.
Paud Teratai 4 (2), 1-6, 2015
2015 Pengaruh Penggunaan Media Film Terhadap Keterampilan Menulis Kalimat Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar
Keterampilan menulis adalah salah satu aspek keterampilan berbahasa yang sangat penting. Keterampilan menulis sangat penting bagi kehidupan, siswa utamanya pada era modern dan untuk melanjutkan ke jenjang selanjutnya. Siswa SD berada pada tahap perkembangan operasional konkrit, mereka masih memerlukan contoh konkret di dalam pembelajaran karna belum bisa berpikir secara abstrak. Tetapi, tidak semua contoh materi pelajaran dapat dibawa ke dalam kelas. Hal ini dapat diatasi dengan menggunakan media yang tepat dalam pembelajaran. Dan salah satu media yang tepat dengan menggunakan media film. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh penggunaan media film terhadap keterampilan menulis kalimat. Rancangan penelitian ini adalah pre experimental design. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan test. Sedangkan teknik analisis data menggunakan uji validitas, normalitas, dan t-test. Nilai t-test adalah 18,027> 2,060. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media film berpengaruh terhadap keterampilan menulis kalimat siswa kelas I SDN Balongsari II Mojokerto.
Jurnal Penelitian Guru Sekolah dasar, 2015
2015 Pengaruh Penggunaan Model Cooperative Script terhadap Kompetensi Membaca Pemahaman Siswa Kelas V Sekolah Dasar
Penelitian ini didasarkan pada model Cooperative Script yang memiliki ciri belajar bersama teman sebaya dan bertukar informasi serta kenyataan di lapangan bahwa siswa dihadapkan pada pembelajaran berbasis teks pada penggunaan kurikulum 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Cooperative Script terhadap kompetensi membaca siswa kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian Pre-experimental dengan jenis pre-test and post-test group. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis nonparametrik. Penelitian ini dilakukan dengan diberikan pre-test di awal pembelajaran, kemudian diberikan perlakuan dan post-test. Hasil penelitian menunjukkan model Cooperative Script berpengaruh positif terhadap kompetensi membaca pemahaman siswa.
Jurnal PGSD 3 (2), 56-67, 2015
2015 Pengaruh Penggunaan Media Boneka Tangan Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas I Sdit Qurrota A’yun Ponorogo
Berbicara adalah salah satu aspek berbahasa yang harus dipelajari siswa. Berbicara merupakan salah satu cara berkomunikasi dan penyampaian pendapat. Media boneka tangan merupakan alat bantu dalam pembelajaran yang digerakkan menggunakan tangan. Penggunaan boneka ini melibatkan siswa secara langsung yang dapat merangsang siswa untuk berbicara. Oleh karena itu, dilakukan penelitian untuk mengetahui pengaruh boneka tangan terhadap keterampilan berbicara siswa kelas I SDIT Qurrota A’yun. Penelitian ini menggunakan Pretest and Posttest Group. Pengumpulan data dilakukan dengan tes pretest dan posttest. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar evaluasi kegiatan bermain peran. Analisis data yang digunakan yaitu validasi, reliabilitas, normalitas dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa t hitung> t tabel yaitu 5, 36> 2.048. hal itu membuktikan bahwa media boneka tangan berpengaruh terhadap keterampilan berbicara siswa.
Universitas Negeri Surabaya, Surabaya, 2015
2015 Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap keterampilan Bertanya dan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar
Pendidikan memiliki kekuatan atau pengaruh yang dinamis dalam menyiapakan kehidupan manusia di masa depan. Sehingga pendidikan itu di artikan sebagai proses di mana bisa mengubah seorang anak dari yang tidak tahu menjadi tahu, dari tidak mengerti menjadi mengerti, dari tidak bisa menjadi bisa. Di dalam undang-undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 1 (1) dinyatakan: pendidikan sebagai usaha dasar untuk menciptakan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, serta keterampilan yang diperlukan oleh dirinya masyarakat bangsa dan Negara. Berdasarkan latar belakang di atas, dibutuhkan model pembelajaran yang mampu meningkatkan hasil belajar dan keterampilan bertanya siswa. Model pembelajaran inkuiri mampu meningkatkan hasil belajar dan keterampilan bertanya siswa dengan pembelajaran yang berpusat pada siswa secara keseluruhan yang diterapkan pada siswa kelas VB SDN Lidah Wetan II/462 Surabaya. Rancangan penelitian ini termasuk preeksperimental design dengan menggunakan One Group Pre-test and Post-test Design. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa tes hasil belajar (pre-test dan pos-test). Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian pada uji normalitas menunjukkan bahwa instrumen tes berdistribusi normal dengan harga r 11 pretest= 0,099 dan r 11 posttest= 0,005. Pada uji t diperoleh hasil bahwa t hitung adalah 9, 19 dan t tabel adalah 2,021 …
Dalam jurnal JPGSD 3 (02), 336-356, 2015