Publikasi Fakultas Ilmu Pendidikan

Year Title Description Publisher Author(s)
2016 Pengembanagan Aplikasi Presensi Pegawai Berbasis Fingerprint
Tujuan pengembangan ini adalah untuk mendeskripsikan desain sistem aplikasi presensi pegawai berbasis fingerprint di sekolah, memberikan kemudahan dalam pelakukan presensi pegawai di sekolah agar terekam dengan baik. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan rancangan penelitian pengembangan model prosedural. Produk yang dihasilkan dalam penelitian ini adalah aplikasi presensi pegawai berbasis fingerprint. Dalam penelitian ini dimaksudkan mengembangkan produk presensi pegawai yang sebelumnya menggunakan model manual dikembangkan berbasis fingerprint selanjutanya dilakukan validasi oleh ahli dalam rangka memperoleh kelayakan toori, kelayakan praktis, dan kelayakan produk.
JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan) 1 (1), 34-40, 2016
2016 Penerapan Model Pembelajaran Skemata Kritis Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran bahasa Indonesia yang terjadi pada Sekolah Dasar (SD) tempat penelitian berlangsung. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran membaca pemahaman. Alasan dilaksanakannya penelitian ini, karena kemampuan membaca pemahaman siswa masih rendah, hal ini dikarenakan beberapa faktor di antaranya, guru kurang memerhatikan prosedur kegiatan membaca. Selain itu, pemilihan model dan media yang kurang bervariasi menjadikan siswa kurang tertarik dan termotivasi untuk belajar. Penelitian ini menggunakan model skemata kritis. Model pembelajaran tersebut berpotensi dapat menciptakan pembelajaran aktif, kreatif, serta reflektif. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dari Elliot. Penelitian dilaksanakan dalam empat siklus yang terdiri dari 12 tindakan …
Jurnal PGSD Kampus Cibiru 4 (4), 2016
2016 Upaya guru mengembangkan karakter siswa melalui pembelajaran matematika dengan pendekatan realistik pada materi perkalian
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis upaya guru mengembangkan karakter demokratis, kreatif, dan mandiri siswa melalui pembelajaran matematika dengan pendekatan realistic pada meteri perkalian di kelas III SD. Subjek dalam penelitian ini adalah tiga orang guru, yang terdiri dari dua orang guru di Banda Aceh dan satu orang guru di Surabaya. Data penelitian dikumpulkan melalui pengamatan dan wawancara terhadap guru dan siswa. Sebelum pelaksanaan pembelajaran tim peneliti memberikan masukan kepada guru untuk menerapkan pendekatan realistik sehingga mengembangkan karakter siswa. Data dianalisis secara kualitatif berdasarkan indikator dari karakter yang diamati. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan adanya kolaborasi antara tim peneliti dan guru mengakibatkan upaya guru mengembangkan karakter siswa dalam hal demokratis, kreatif, dan mandiri mengalami peningkatan.
Jurnal Pendidikan Matematika Sriwijaya 10 (1), 96-113, 2016
2016 Intensi Berhenti Merokok pada Wanita Emerging Adult Ditinjau dari Prediktor Theory of Planned Behavior
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah prediktor Theory of Planned Behavior (TPB) dapat digunakan untuk memprediksi intensi berhenti merokok wanita emerging adult. Penelitian ini dilakukan karena emerging adult merupakan tahap perkembangan dimana prevalensi penyalahgunaan berbagai macam zat paling tinggi. Tugas perkembangan yang harus dipenuhi pada emerging adult cenderung memunculkan stres dan wanita menjadikan rokok sebagai pelarian untuk mengatasi stres. Penelitian ini dilakukan pada 211 orang wanita emerging adult, yaitu mereka yang berusia 18-25 tahun. Alat pengumpulan data berupa skala psikologis yang disusun sendiri oleh peneliti yaitu skala TPB pada perokok yang disusun berdasarkan dimensi Theory of Planned Behavior dari Ajzen (1991) dengan reliabilitas alpha cronbach pada tiap dimensi yaitu sikap terhadap perilaku (0,826), norma subjektif (0,751), dan perceived behavioral control (0,787). Kemudian skala intensi berhenti merokok yang disusun berdasarkan teori intensi perilaku dari Warshaw dan Davis (1985) dengan alpha cronbach 0,878. Analisis data yang digunakan adalah teknik regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prediktor sikap dan norma subjektif dalam Theory of Planned Behavior signifikan dalam memprediksi intensi berhenti merokok wanita emerging adult. Hasil regresi diperoleh nilai R2 = 0,325, F = 33,269 (p<0,05), dimana theory of planned behavior mampu memprediksi sebesar 32,5% terhadap intensi berhenti merokok pada wanita emerging adult.
Universitas Airlangga, 2016
2016 Pengembangan Model Andragogi Untuk Meningkatkan Partisipasi Jamaah Majelis Taklim Nurul Huda Putri Di Dusun Semoya Tegaltirto Berbah Sleman
Penerapan prinsip-prinsip andragogi dalam tahap perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran membantu jamaah majelis Taklim mendapatkan hasil maksimal dalam pembelajaran yang ditunjukkan dengan meningkatnya partisipasi jamaah serta nilai kognitif, afektif dan psikomotorik yang cukup bagus. Kemudian ada peningkatan partisipasi jamaah yang signifikan setelah diterapkan konsep andragogi dibandingkan dengan sebelum diterapkannya konsep ini di majelis Taklim, yaitu antara 70-95%, dan konsep andragogi lebih efektif diterapkan pada majelis Taklim yang pesertanya lebih muda, seperti remaja atau ibu-ibu muda karena golongan usia ini memiliki motivasi dan minat belajar yang lebih tinggi dibandingkan golongan usia tua. Sedangkan motivasi dalam andragogi menentukan hasil akhir.
Millah: Jurnal Studi Agama, 19-40, 2016
2016 Penanaman nilai-nilai pendidikan agama islam pada pendidikan anak usia dini melalui metode montessori di safa islamic preschool
Kegiatan pembelajaran merupakan bagian yang paling penting dalam implementasi kurikulum. Untuk mengetahui apakah pembelajaran itu efektif atau efisien, dapat diketahui melalui kegiatan pembelajaran. Untuk itu pengajar dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran seyogyanya tahu bagaimana membuat kegiatan pembelajaran berjalan dengan baik dan dapat mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Ciri utama kegiatan pembelajaran adalah adanya interaksi. Interaksi yang terjadi antara siswa dengan lingkungan belajarnya, baik dengan guru, teman-temannya, tutor, media pembelajaran, dan sumber-sumber belajar lainnya. Ciri lain dari pembelajaran adalah merupakan suatu sistem, yang di dalamnya terdapat komponen-komponen seperti; tujuan, materi/bahan ajar, metode pengajaran, media, evaluasi, anak didik dan pendidik.Pada edisi Vol. XVI, No. 1, Agustus 2016 ini Jurnal MILLAH masih fokus pada metode pembelajaran, baik bagi anak usia dini, usia sekolah menengah sampai tingkat mahasiswa dengan materi yang beragam. Diantara artikel yang masuk dan diterima oleh redaksi MILLAH adalah; Pertama, artikel Yulisna dkk,
Millah: Jurnal Studi Agama, 41-62, 2016
2016 MAKET MULTIMEDIA INTERACTIVE BASED ORIENTATION AND MOBILITY BASED ON CONCEPT MASTERY EMBEDDING THE SCHOOL EVIRONMENT ON BLIND STUDENT
The observation result from the field study indicated that the blind students, the carrier of sight disorder, often had movement limitedness in their environment. Lack of vision ability influenced toward their daily activity. Although the vision was less the environment introduction to the blinds was as the realization that they could do the activity as the normal. Developing interactive multimedia scale media based orientation and mobility to implant mastering concept of school environment strived to help solving the blind students’ problem so that they could study with comfortable, safe and happy, brave walking autonomously and hope continuously to be success person to do daily activity. Based on the blind students’ problem, this research could be formulated as the following: 1) How was the developing prototype result of interactive multimedia scale media based orientation and mobility to implant the mastering concept of school environment to blind students in Special School?, 2) How was the prototype result properness of interactive multimedia scale media based orientation and mobility in implanting the mastering concept of school environment to blind students of Special School? In specific, this developing research had purpose 1) to produce the prototype of interactive multimedia scale media based orientation and mobility to implant the mastering concept of school environment to the blind students in Special School, 2) to examine the prototype result properness of interactive multimedia scale media based orientation and mobility to implant the mastering concept of school environment to blind students in Special School. This developing research …
Jurnal TEKPEN 1 (4), 2016
2015 Kenyamanan, & Orientasi Ruang Dalam Sirkulasi Stasiun Kereta Api Gubeng
Terkait dengan kebutuhan penumpang kereta api yang membutuhkan pelayanan yang cepat, mudah dan jelas. Dibutuhkan sebuah kejelasan dalam pembagian ruang yang dapat mudah dimengerti oleh penumpang dalam periode waktu yang relatif singkat. Hal ini diperuntukan membantu sistem kerja stasiun kereta agar perpindahan penumpang dari stasiun menuju kereta api maupun sebaliknya dapat terlayani dengan cepat. Mengingat jumlah volume kedatangan dan keberangkatan yang cukup besar. Pengaplikasian desainnya mengambil dasar pemikiran dari beberapa indera manusia yaitu indera penglihatan, dan indera peraba. Konsep perancangan ini bertujuan untuk meningkatkan waktu pelayanan atau lebih rinci mempercepat gerak penumpang agar sistem kerja stasiun dapat bekerja lancar. Sedangkan rancangan yang dihasilkan adalah arsitektur yang memberikan ruang gerak atau sirkulasi yang memudahkan penumpang.
Sains & Seni 1 (1), 2-4, 2015
2015 Gambaran Tekanan (Stressors) Yang Dihadapi Pasien Skizofrenia Rawat Jalan Dan Strategi Coping
The aim of this study was to explore stressors faced by schizophrenic patients who have on-going treatments in Surabaya and to reveal strategies they employ to cope with the stressors. This was a qualitative research with a case study method. The participants of this study were two schizophrenic patients who have diagnosed by the expert as having paranoid and hebephrenic and schizophrenia have on going treatment. Data were collected through semi-structure interviews from main participants and their significant others and analyzed using thematic analysis. The results showed that the participants have experienced some stressors during on-going treatment process. Some of those stressors are: negative reaction from society, less attention from others, and loneliness. That stressors can become obstacles for schizophrenic patients to recover. To cope with the stressors, participants of this study employ two coping strategies, namely problem and emotion focused copings. The problem focused coping strategy helps participants to be directly active in solving the stressors. While, emotion focused coping strategy helps to control emotion and built their positive perspectives. In general, this study concludes that the participants use emotion focused coping when they are unable to solve stressors directly. Emotion focused coping helps participants to maintain their positive emotions. The participants coping ability indicates that they have opportunity to decrease the possibility of relapse risk and engage in normal life.Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran stressor yang dialami oleh penderita skizofrenia rawat jalan atau sudah …
Jurnal Psikologi Teori Dan Terapan 5 (2), 119-134, 2015
2015 Studi Life History Identitas dan Interaksi Sosial Pada Keturunan Tionghoa Muslim
This study was aimed to explore how Chinese Muslims, who are individuals with multiple identities, sense their identity and how their identity influences their social interaction. This study used a qualitative approach with a life history method. Two male Chinese Muslims were recruited to be involved in this study. Data collected using semi structured interviews and analyzed using thematic analysis. This study found two main themes namely identity struggle, and social interaction. Both participants have different ways of social struggle because of their different families and surrounding people. The result shows that both participants actively maintain their positive self identity through some identity negotiations. They consciously choose one of their social identities that is suitable and accepted by their surrounding people with whom they are living. In general, this study concludes that both participants are able to adapt to different kind of social interaction by selecting and emphasizing one of their social identities that is appropriate to social context. Thus, they show the ability to deal with multiple identities in healthy ways.Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana keturunan Tionghoa yang memeluk agama Islam ini memaknai identitasnya sebagai individu dengan identitas majemuk, serta bagaimana identitasnya tersebut mempengaruhi interaksi sosialnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif life history dengan partisipan penelitian berjumlah dua orang yang diperoleh dengan teknik purposive sampling. Proses pengambilan data menggunakan teknik wawancara semi terstruktur. Data penelitian ini kemudian …
Jurnal Psikologi Teori dan Terapan 5 (2), 97-110, 2015