Publikasi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Year Title Description Publisher Author(s)
Pengaruh Penggunaan Media Audiovisual Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Tema Indahnya Negeriku
Kurangnya penggunaan media audiovisual dalam pembelajaran merupakan latar belakang dari penelitian ini. Penggunaan media audiovisual pada kelas IV SDN Menggare Kecamatan Slahung Kabupaten Ponorogo masih belum maksimal sehingga menyebabkan hasil belajar siswa tidak makasimal. Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh penggunaan media audiovisual terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada tema Indahnya Negeriku dan untuk mengetahui respon yang diberikan siswa terhadap penggunaan media audiovisual. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuasi eksperimen dengan desain nonequivalen control group design yang menggunakan teknik analisis kuantitatif dan deskripsi kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, angket, dan dokumentasi. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan setelah penggunaan media audiovisual, terbukti dari t hitung sebesar 3,996> dari t tabel 2,056. Respon yang diberikan siswa pun baik, yaitu 93% siswa setuju dengan penggunaan media audiovisual. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media aduiovisual terhadap hasil belajar siswa kelas IV tema Indahnya Negeriku di SDN Menggare Kecamatan Slahung Kabupaten Ponorogo.
Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 3 (2), 253922, 0
Pengaruh Media Cai Terhadap Hasil Belajar Tema Cita-citaku Materi Sumber Daya Alam Dan Teknologi Kelas IV Di Sekolah Dasar
Media merupakan salah satu alat bantu dalam pembelajaran. Dalam pembelajaran guru jarang menggunakan media. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan media Computer Assisted Instruction (CAI) terhadap hasil belajar siswa dan respon siswa terhadap penggunaan media. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV sekolah dasar yang terdiri dari kelas IV A dan kelas IV B dengan masing-masing kelas berjumlah 26 siswa. Instrumen penelitian berupa tes dan angket. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini uji normalitas, uji homogenitas, uji t dan penghitungan presentase angket respon siswa. Hasil penelitian uji-t 1,671< 3,498> 2,390 menunjukkan adanya pengaruh terhadap hasil belajar dan siswa tertarik menggunakan media CAI dalam pembelajaran.
Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 3 (2), 253926, 0
Pengaruh Penggunaan Media Computer Asissted Instruction Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas II Tema Merawat Hewan Dan Tumbuhan Di Sekolah Dasar
Penelitian ini didasarkan pada pemanfaatan media dalam pembelajaran yang dapat membangkitkan minat dan meningkatkan motivasi siswa. Tujuan dari penelitian ini peneliti menggunakan media Computer Asissted Instruction untuk mengetahui pengaruh media terhadap hasil belajar siswa dan respon siswa pada media. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen yang menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar pretest dan posttest serta angket. Berdasarkan rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan media Computer Asissted Instruction sebesar 88, 6 lebih tinggi dari pada rata-rata hasil belajar siswa dengan pembelajaran klasikal sebesar 79. Serta pada analisis respon siswa terhadap media sebesar 94, 3%. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan media Computer Asissted Instruction dapat memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa.
Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 3 (2), 253932, 0
Pengaruh Penerapan Metode Eksperimen terhadap Hasil Belajar dan Keterampilan Berpikir Kreatif di Sekolah Dasar
Salah satu faktor yang menyebabkan rendahnya hasil belajar dan keterampilan berpikir kreatif siswa adalah penerapan metode eksperimen dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penerapan metode eksperimen terhadap hasil belajar dan keterampilan berpikir kreatif siswa. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian quasi experimental dengan desain nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh penghitungan data terhadap hasil belajar dan keterampilan berpikir kreatif siswa menghasilkan nilai t (t hitung) lebih besar dari t tabel. Hal ini menunjukkan bahwa metode eksperimen memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar dan keterampilan berpikir kreatif siswa.
Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 3 (2), 254332, 0
Pengaruh Penggunaan Media Grafis Terhadap Hasil Belajar Siswa Tema Tempat Tinggalku Di Sekolah Dasar
Latar belakang penelitian ini adalah tentang kurang optimalnya hasil belajar siswa pada tema tempat tinggalku subtema lingkungan tempat tinggalku pembelajaran 2 di kelas IVC SDN 1 Kampungdalem Tulungagung. Hal tersebut dapat terjadi karena guru belum bisa memanfaatkan fasilitas dan sarana yang ada untuk kegiatan pembelajarannya, sehingga hasil belajar masih belum optimal. Tujuan dari penelitian ini untuk menggunakan media grafis dalam pembelajaran, sehingga hasil belajar bisa optimal sesuai dengan tujuan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen kuasi yang teknik analisis datanya menggunakan deskripsi kuantitatif. Di dalam penggunaan media grafis, penelitian ini memperoleh hasil yang optimal. Ketika pelaksanaan pre test atau sebelum diberikan perlakuan nilai hasil rata-rata siswa yaitu 89, 9. Kemudian diberikan perlakuan berupa penggunaan media grafis, setelah itu diberi post test dan hasil rata-rata nilai siswa yaitu 99, 3. Dari hasil ini bisa dijelaskan bahwa nilai post tes lebih tinggi daripada nilai post test, sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media grafis pada pembelajaran tema tempat tinggalku subtema lingkungan tempat tinggalku pembelajaran 2 di kelas IVC SDN 1 Kampungdalem Tulungagung memiliki pengaruh yang signifikan.
Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 3 (2), 253941, 0
Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Arias (Assurance, Relevance, Interest, Assesment, And Satisfaction) terhadap Kemampuan Penguasaan Konsep Siswa Kelas IV Sdn Babatan 1 Surabaya
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah perbedaan yang signifikan pada kemampuan penguasaan konsep siswa yang belajar dengan model pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assesment and Satisfaction), dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Jenis penelitaian adalah jenis eksperimen semu dengan desain penelitain nonequivalent control group design. Populasi penelitian adalah siswa kelas IV di SDN Babatan I/456 Surabaya. Sampel diambil dengan teknik random sampling. Data yang diperlukan dalam penelitian ini adalah data penguasaan konsep siswa yang dikumpulkan dengan tes penguasaan konsep berbentuk pilihan ganda. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptf dan uji t independent dengan SPSS versi 22.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dengan probabilitas 0,000. Rata-rata nilai kemampuan penguasaan konsep siswa pada kelas eksperimen sebesar 8, 92. Sedangkan, pada kelas kontrol sebesar 4, 17. Hal tersebut menunjukkan adanya pengaruh model pembelajaran ARIAS pada kelas eksperimen yang diberikan perlakuan (treatment).
Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 3 (2), 253683, 0
Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Telaah Yurisprudensi terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Sdn Babatan 1 Surabaya
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menerapkan model pembelajaran telaah yurisprudensi dengan hasil belajar siswa yang menerapkan model pembelajaran konvensional. Bentuk penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan penelitian nonequivalent control group design yang menggunakan teknik analisis data kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik tes dan observasi. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh dari rata-rata post-test kelas kontrol 10, 89 dan kelas eksperimen 18, 35. Dari perhitungan uji gain kelas eksperimen mengalami peningkatan hasil belajar 0, 47 yang lebih tinggi daripada kelas kontrol 0, 12. Hal ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menerapkan model telaah yurisprudensi dengan yang menerapkan model pembelajaran konvensional.
Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 3 (2), 253660, 0
Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Role Playing terhadap Kecerdasan Sosio-emosional Siswa Kelas V Sdn Lidah Kulon I Surabaya
Permasalahan yang muncul di dunia pendidikan dewasa ini adalah kurangnya implementasi hasil belajar siswa di lingkungan masyarakat. Hal ini dikarenakan sekolah hanya mengutamakan kecerdasan kognitif. Oleh sebab itu kecerdasan sosio-emosional dibutuhkan agar siswa mamu berperan dalam lingkungan sosialnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mngetahui signifikansi pengaruh model pembelajaran role playing terhadap kecerdasan sosio-emosional siswa kelas V SDN Lidah Kulon I Surabaya, dengan jumlah responden kelas eksperimen 31 siswa dan 33 siswa untuk kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi. Data yang didapat dianalisis dengan teknik t-test (uji-t). Nilai t hitung yang diambil adalah-7,209 untuk varians yang diasumsikan sama. Karena nilai probabilitas atau signifikansi t hitung berada di bawah 0, 05 maka H 0 ditolak. Dengan demikian terdapat perbedaan yang signifikan antara skor observasi kecerdasan sosioemosional siswa kelas eksperimen dengan kelas kontrol.
Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 3 (2), 253646, 0
Pengaruh Penerapan Strategi Mind Map terhadap Penguasaan Konsep Waktu dan Kronologi Siswa di Sekolah Dasar
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh penerapan strategi mind map terhadap penguasaan konsep waktu dan kronologi dan besarnya pengaruh penerapan strategi mind map terhadap penguasaan konsep waktu dan kronologi. Jenis penelitian ini termasuk penelitian eksperimen jenis Quasi Experimental dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Desain ini terdapat dua kelompok yang tidak dipilih secara random. Teknik pengumpulan data adalah tes. Teknik analisis data yaitu menggunakan analisis uji-t. Hasil uji-t dengan taraf signifikansi 5% adalah 0,025 atau (p< 0, 05). Hal itu menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan strategi mind map terhadap penguasaan konsep waktu dan kronologi. Besarnya pengaruh diperoleh dari perhitungan N gain yaitu 0, 7 dalam kriteria tinggi.
Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 3 (2), 253668, 0
Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Team Accelerated Instruction (Tai) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas IV
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran TAI terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas IV SDN Babatan I Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas IV di SDN Babatan I Surabaya yang berjumlah 101 orang. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas IV-A 25 orang sebagai kelas kontrol dan siswa kelas IV-B 23 orang sebagai kelas eksperimen. Pengumpulan data dalam penelitian ini didapatkan dari soal tes uraian. Data yang didapatkan dari metode tes tersebut dianalisis dengan teknik t-test (uji-t). Hasil penelitian pada kemampuan pemecahan masalah siswa menunjukkan bahwa rata-rata nilai kemampuan pemecahan masalah siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran TAI sebesar 84, 46. Sedangkan rata-rata nilai kemampuan pemecahan masalah siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran konvensional sebesar 64. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t menunjukkan nilai t hitung yang diambil adalah 45,834 untuk varians yang tidak diasumsikan sama (F= 0,047; sig.= 0,001). Karena nilai probabilitas atau signifikansi t hitung berada di bawah 0, 05, maka H 0 ditolak. Selain itu pada kelas kontrol di peroleh nilai gain sebesar 0, 31 hal ini menunjukkan peningkatan kemampuan pemecahan masalah yang sedang. Sedangkan pada kelas eksperimen diperoleh nilai gain sebesar 0, 71 hal ini menunjukkan peningkatan kemampuan pemecahan masalah yang tinggi. Berdasarkan hasil penelitian …
Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 3 (2), 253652, 0