Publikasi Fakultas Ilmu Pendidikan

Year Title Description Publisher Author(s)
2016 Pengembangan Media Pop Up Pengenalan Karir untuk Siswa Kelas III SDN Tambakagung Puri Mojokerto
Jurnal BK Unesa 6 (1), 1-10, 2016
2016 Efektifitas Media “Pizza Karier” dalam Pemberian Layanan Informasi Karier Pada Siswa Kelas VIII-F SMP Negeri 21 Surabaya Tahun Ajaran 2010/2011
Online),(http://ejournal. unesa. ac. id/), access, 2016
2016 Pengaruh Penggunaan Media Komik terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Pada Tema Indahnya Negeriku di Sekolah Dasar
Garuda - Garba Rujukan Digital Home Publisher Journal / Conference Subject Suggest Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 3, No 2 (2015): JPGSD Vol 3, No 2 (2015) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KOMIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA TEMA INDAHNYA NEGERIKU DI SEKOLAH DASAR ROHMAWATI FAJRIN, EMILIA (Unknown) Article Info Publish Date 21 Apr 2016 Abstract Copyrights © 2015 Citation Download RIS EndNote, Reference Manager, ProCite BibTex Latex, Jabref Original Source Download Original Google Scholar Check in Google Scholar Journal Info Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar Website Abbrev jurnal-penelitian-pgsd Publisher Universitas Negeri Surabaya Subject Decision Sciences, Operations Research & Management Education Description ... Sinta Simlitabmas Arjuna PDDIKTI Risbang Scopus Rama Kementerian Pendidikan…
Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 3 (2), 2016
2016 Pengaruh Media Tangram Terhadap Hasil Belajar Tema Lingkungan Siswa Kelas III Madrasah Ibtidaiyah Da’watul Khoir Nganjuk
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kesenjangan hasil belajar muatan mata pelajaran Matematika di kelas II A dan B. Hal tersebut dilihat dari nilai raport semester ganjil yang terpaut cukup jauh. Adapun solusinya adalah menggunakan media tangram. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh media tangram terhadap hasil belajar siswa kelas II MI Da’watul Khoir. Jenis penelitian kuantitatif dengan desain Quasi Eksperimental Desain bentuk Nonequivalent Control Group Design. Subjek penelitian berjumlah 47 siswa. Teknik analisis data menggunakan independen sample t-tes dan didapat nilai-t hitung (-2, 48)<-t tabel (-2, 00) yang berarti nilai t hitung berada pada daerah penolakan Ho, atau dengan kata lain Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat dinyatakan baha media tangram berpengaruh pada hasil belajar tema Lingkungan siswa kelas II MI Da’watul Khoir dengan peningkatan sebesar 0,612.
JPGSD 4 (2), 315, 2016
2016 Motivasi Berprestasi dengan Stres Kerja Pada Guru Taman Kanak-Kanak
The purpose of this study was to determine the correlation between achievement motivation and working stress on kindergarten teachers in Sooko Subdistrict, Mojokerto Regency, East Java. The subjects were 53 kindergarten teachers who are the members of Ikatan Guru Taman Kanak-kanak Indonesia (IGTKI). Data collected using achievement motivation and working stress scales and analyzed using product moment correlation. The result shows that the coefficient correlation is-0,672 in the level of significant of 0,000 (p≤ 0, 05). It means that there is significant negative correlation between achievement motivation and working stress. The result indicates that the higher achievement motivation correlates with the lower working stress. The achievement motivation gives 67, 2% contribution in affecting working stress, while the rest 32, 8% were contributed by other factors.Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara motivasi berprestasi dengan stres kerja pada guru Taman Kanak-Kanak di Kecamatan Sooko. Subjek penelitian ini adalah 53 guru Taman Kanak-Kanak anggota Ikatan Guru Taman Kanak-kanak Indonesia (IGTKI). Penelitian ini menggunakan instrumen skala motivasi berprestasi dan skala stres kerja yang dianalisis menggunakan korelasi product moment. Hasil analisis menunjukkan koefisien korelasi sebesar-0,672 pada level signifikansi 0,000 (p≤ 0, 05). Hasil ini menunjukkan adanya korelasi negatif yang signifikan antara motivasi berprestasi dan stres kerja. Semakin tinggi motivasi berprestasi, maka akan semakin rendah stres kerja. Motivasi berprestasi memberikan kontribusi sebesar 67, 2% pada …
Jurnal Psikologi Teori dan Terapan 6 (2), 71-77, 2016
2016 Kepercayaan Diri dan Kemandirian Belajar Pada Siswa SMA Negeri œX
This research was aimed to examine the correlation between self confidence and learning independency among senior high school students. This research was a quantitative study which involved all student of class XI social science major (ilmu pengetahuan sosial/IPS) in SMA Negeri 1 Porong with the total number of 88 students. The instrument used to collect data were self confidence and independent learning scales. Data were analyzed using Pearsons product moment. The result shows that the coefficient correlation is 0,683 (r= 0,683) in the significant level of 0,000 (p= 0,000). The result means that there is correlation between self confidence and learning independency in which the relation between both variables is unidirectional. So, the higher the self confidence student have, the higher their learning independency would be and vice versa.Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji hubungan antara kepercayaan diri dengan kemandirian belajar pada siswa XI IPS SMA Negeri 1 Porong. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jumlah sampel sebanyak 88 siswa di SMA Negeri 1 sehingga disebut penelitian populasi, karena jumlah subjek penelitian dibawah 100. Instrumen penelitian yang digunakan adalah skala kepercayaan diri dan skala kemandirian belajar. Analisis data menggunakan product moment. Hasil analisis data menunjukkan nilai koefisien korelasi sebesar 0,683 (r= 0,683) dengan taraf signifikan 0,000 (p= 0,000) artinya terdapat hubungan antara variabel kepercayaan diri dengan kemandirian belajar dimana hubungan antar variabel adalah searah. Oleh karena itu, semakin tinggi kepercayaan diri …
Jurnal Psikologi Teori dan Terapan 7 (1), 43-49, 2016
2016 Gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam upaya meningkatkan kinerja guru dan tenaga kependidikan
Kepemimpinan dalam pendidikan menjadi kunci dalam pelaksanaan pendidikan yang efektif. pemilihan gaya kepemimpinan yang tepat oleh kepala sekolah akan mampu membawa sekolah kearah peningkatan kualitas dan pelayanan. penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam upaya meningkatkan kinerja guru dan tenaga kependidikan Di SD Negeri Babatan I/456 Surabaya dan menelusuri tentang faktor yang mempengaruhi gaya kepemimpinan kepala sekolah di SD Negeri Babatan I/456 Surabaya. penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan rancangan penelitian studi kasus. teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi terbuka nonpartisipan, wawancara semi terstruktur dan studi dokumentasi. teknik dalam keabsahan data menggunakan kredibiltas, transferbilitas, dependabilitas dan konfirmabilitas. Hasil penelitian dapat dijelaskan sebagai berikut:(1) gaya kepemimpinan kepala sekolah disimpulkan dari delapan aspek yang telah ditentukan oleh peneliti yaitu:(a) perilaku keseharian kepala sekolah menunjukkan sikap perhatian, terbuka, periang, tegas, bijaksana, disiplin dan komitmen serta memiliki emosi yang stabil;(b) pendelegasian tugas dilakukan dengan adil dan pemberian pengarahan;(c) pengambilan keputusan dilakukan dengan bersama/mufakat;(d) pengawasan yang dilakukan dengan memantau progress secara langsung;(e) pengembangan sekolah meliputi pengembangan sarana dan prasarana sekolah, ekstrakurikuler, pembelajaran dan guru dan tenaga kependidikan;(f) komunikasi yang terbuka dan dua …
JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan) 1 (1), 7-14, 2016
2016 Pengembangan Software Pemilihan Karier dengan Tipologi Holland untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP) di SMP Negeri 4 Lamongan
Dari hasil wawancara dengan guru Bimbingan dan Konseling dan siswa diperoleh informasi bahwa siswa masih bingung memilih SMA atau SMK dan jika memilih SMK jurusan apa yang akan dipilihnya. Mereka lebih cenderung memilih sekolah dimana temannya juga bersekolah. Hal ini menyebabkan kurang sesuainya pendidikan yang akan ditempuh dengan potensi yang dimiliki, hal tersebut akan menyebabkan siswa mengalami masalah pada saat mereka memasuki sekolah tersebut. Guru BK SMP Negeri 4 Lamongan selama ini menggunakan instrumen yang berupa angket. Dari penjelasan guru BK dari penyebaran angket tersbut hasil yang diperoleh kurang maksimal dikarenakan siswa tidak bersungguh-sungguh dalam pengerjaannya. Banyak siswa menilai mengisi angket itu membosankan dan membuat mereka malas. Oleh karena itu, dikembangkan alat ukur yang berbentuk software pemilihan karier dengan tipologi Holland untuk SMP beserta buku panduan penggunaannya yang memnuhi kriteria keberterimaan (kegunaan, kelayakan, ketepatan, dan kepatutan).
Jurnal BK Unesa 1, 2016
2016 Bimbingan dan Konseling Komunitas di Berbagai Setting
Surabaya: Unesa University Press, 2016
2016 Pengaruh Periklanan, Kualitas Pelayanan, Jaminan Rasa Aman, Dan Hubungan Masyarakat Terhadap Minat Menabung Pada Nasabah Bmt Al Ikhwan Kantor Cabang Condong Catur
Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh periklanan, kualitas layanan, jaminan rasa aman, dan hubungan masyarakat secara parsial pada minat menabung. Populasi penelitian adalah 2.629 nasabah BMT Al Ikhwan Kantor Cabang Condong Catur. Sebanyak 132 responden digunakan sebagai sampel dengan metoda convenience sampling. Data diuji menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil uji t menunjukkan bahwa variabel periklanan dan hubungan masyarakat berpengaruh positif signifikan terhadap minat menabung, sementara kualitas layanan dan jaminan rasa aman tidak berpengaruh positif signifikan terhadap minat menabung. Variabel periklanan merupakan variabel yang dominan mempengaruhi minat menabung. Koefisien determinasi dari model regresi adalah sebesar 54, 6%.
Jurnal Manajemen 6 (2), 2016