Publikasi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
| | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
Year | Title | Description | Publisher | Author(s) |
---|---|---|---|---|
Pengaruh Teknik Pembelajaran Predict, Observe, Explain (Poe) terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Sdn Gulomantung Gresik | Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui proses pembelajaran IPA (2) mengetahui pengaruh penggunaan teknik pembelajaran Predict, Observe, Explain (POE) terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Gulomantung Gresik. Pada teknik pembelajaran ini siswa diajak untuk memprediksi, mengobservasi serta menjelaskan untuk mendapatkan jawaban dengan berpikir secara logis melakukan penyelidikan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain quasi experimental design. Penelitian ini dilakukan untuk untuk mengetahui ada atau tidaknya akibat dari treatment/perlakuan yang diberikan pada sampel. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Gulomantung Gresik tahun pelajaran 2016/1017, yang terdiri dari 66 siswa dari 2 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan sampling jenuh. Data diperoleh melalui teknik observasi dan tes. Teknik observasi digunakan untuk mengetahui hasil aktivitas guru dan siswa serta hasil belajar siswa pada ranah afektif dan psikomotor, sedangkan teknik tes digunakan untuk mengetahui nilai akhir hasil belajar siswa siswa secara klasikal setelah penggunaan teknik pembelajaran POE. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada aspek kognitif yang dibuktikan dengan uji t-test yang mendapatkan hasil pada Sig.(2-tailed) yaitu sebesar 0,001< 0, 05 maka dinyatakan bahwa terdapat terdapat pengaruh teknik pembelajaran POE terhadap hasil belajar siswa. Pada aspek hasil belajar afektif memperoleh persentase keseluruhan mencapai 89, 09% yang tergolong dalam katagori baik. Sedangkan pada aspek psikomotor memperoleh … |
Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 5 (3), 254473, 0 | ||
Pengaruh Strategi Probing-promting terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V pada Tema Ekosistem di Sekolah Dasar | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi probing-promting terhadap hasil belajar IPA siswa dan mendiskripsikan keterlaksanaan pembelajaran. Jenis penelitian ini menggunakan Quasi Experiment dengan rancangan penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Lidah Wetan II Surabaya dengan sampel kelas VC sebagai kelas eksperimen dan Kelas VD sebagai kelas kontrol. Sampel diambil dengan teknik purposive sampel. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes untuk mengetahui hasil belajar siswa pada aspek pengetahuan dan observasi untuk mengetahui hasil belajar siswa pada aspek keterampilan dan aspek sikap serta mengetahui keterlaksanaan pembelajaran. Berdasarkan analisis uji-t diketahui bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen lebih baik dengan rata-rata kelas kontrol karena signifikansi hitung 0,016< 0, 05. Berdasarkan uji-t rata-rata pembelajaran satu dan dua pada nilai aspek keterampilan diketahui nilai kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol karena signifikansi hitung 0,012< 0, 05 dan 0,020< 0, 05. Berdasarkan uji-t rata-rata pembelajaran satu dan dua pada nilai aspek sikap diketahui nilai kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol karena signifikansi hitung 0,006< 0, 05 dan 0,015< 0, 05. Pembelajaran dengan strategi probing-promting terlaksana dengan baik dengan rata-rata 94, 5%. |
Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 3 (2), 253691, 0 | ||
Pengaruh Penggunaan Media Damar Kurung terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA Materi Siklus Air di Sekolah Dasar | Rendahnya hasil belajar pada mata pelajaran IPA karena guru cenderung menjelaskan menggunakan metode ceramah, sementara siswa hanya mendengarkan informasi pengetahuan. Penggunaan media yang tepat sangat berpengaruh terhadap keberhasilan pembelajaran. Peneliti melaksanakan penelitian menggunakan media Damar Kurung. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan pemahaman konsep daur air. Subyek penelitian kelas V SDN 3 Sidokumpul Gresik. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experimental Design. Teknik pengumpulan datanya menggunakan tes dan observasi. Hasil penelitian yang telah dilakukan dengan mengujikan media damar kurung menunjukkan keberhasilan. Hasil uji-t pada aspek pengetahuan menunjukkan perbedaan yang signifikan antara hasil pretest dengan posttest yaitu<. Pada perhitungan uji-t dengan SPSS 22 diperoleh hasil-2,611<-2,002. Sehingga media damar kurung berpengaruh terhadap hasil belajar. Dalam pelaksanaan pembelajaran guru sebaiknya menggunakan media pembelajaran yang inovatif, sehingga pembelajaran akan lebih menarik dan dapat menarik perhatian siswa. |
Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 5 (3), 254427, 0 | ||
Peningkatan Keterampilan Berpikir Induktif dan Hasil Belajar IPA Siswa SD melalui Penerapan Model Pembelajaran Berpikir Induktif | Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas siswa, keterampilan berpikir induktif siswa dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran berpikir induktif pada pelajaran IPA. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan selama 2 siklus dengan menggunakan 3 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan dan pengamatan, dan refleksi. Instrumen penelitian ini menggunakan observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada Siklus I sebesar 66% meningkat menjadi 85% pada Siklus II, aktivitas siswa pada Siklus I sebesar 72% meningkat menjadi 87% pada Siklus II,, keterampilan berpikir induktif siswa pada Siklus I sebesar 62% meningkat menjadi 86% pada Siklus II dan peningkatan juga terjadi pada hasil belajar siswa yang pada Siklus I sebesar 59% meningkat menjadi 83% pada Siklus II. Dari data hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bajwa penerapan model pembelajaran berpikir induktif dapat meningkatkan aktivitas pembelajaran, hasil belajar dan terutama keterampilan berpikir induktif siswa. |
Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 5 (3), 254464, 0 | ||
Mintohari. 2015 | Pengaruh Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining Terhadap …, 0 | |||
Mintohari. 2013. Penerapan Pendekatan Problem Posing (Pengajuan Masalah) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Siswa Sekolah Dasar | Jurnal Online Universitas Negeri Surabaya http://www. scribd. com/doc …, 0 | |||
Mintohari.(2015) | Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry …, 0 | |||
Mintohari.(2004) | Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Metode Small Group …, 0 | |||
Penggunaan Media Video Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pendidikan Sosial Sekolah Dasar | Pembelajaran IPS di SDN Gununggedangan 2 Mojokerto masih dikemas secara kovensional. Guru lebih banyak berceramah dan belum memanfaatkan media dalam pembelajaran secara maksimal. Hal ini membuat pembelajaran tidak efektif, karena siswa kurang merespon terhadap pelajaran yang disampaikan. Oleh karena itu, peneliti melakukan pembaruan penyajian pembelajaran IPS melalui penggunaan media video. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran yang dilakukan dengan penggunaan media video untuk meningkatkan hasil belajar siswa tentang kenampakan alam di Asia Tenggara pada siswa kelas VI SDN Gununggedangan 2 Mojokerto. Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI SDN Gununggedangan 2 Kecamatan Magersari Kota Mojokerto yang berjumlah 20 siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus dilaksanakan melalui 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi pada setiap siklus. Data penelitian diperoleh melalui observasi dan tes. Data observasi penelitian guru dan siswa pada penggunaan media video dianalisis dalam presentase. Data tes hasil belajar siswa dianalisis berdasarkan presentase ketuntasan belajar klasikal. Hasil penelitian menunjukan bahwa aktivitas guru dalam penelitian mengalami peningkatan kualitas sebesar 10, 05%, yaitu dari 75, 6% pada siklus I menjadi 85, 65% pada siklus II. Aktivitas siswa selama mengikuti pembelajaran mengalami peningkatan 17, 1%, yaitu dari 71, 4% pada siklus I menjadi 88, 5% pada siklus II. Ketuntasan hasil belajar … |
Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 3 (2), 254171, 0 | ||
Penggunaan Media Poster untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas V Sekolah Dasar | Penggunaan media pembelajaran yang kurang inovatif pada pembelajaran menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa, masih banyak kegiatan pembelajaran yang didominasi oleh guru sehingga siswa kurang aktif mengikuti pembelajaran. hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial, dan kendala-kendala yang muncul selama pembelajaran serta solusinya. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK), yang dilakukan dalam tiga siklus dan tiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Tujuan penelitian ini untuk memaparkan pelaksanaan pembelajaran, hasil belajar siswa, dan kendala serta solusi dalam penggunaan media poster untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa terutama di kelas tinggi. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SDN Kesamben I Jombang, yang berjumlah 25 orang, terdiri dari 11 siswa laki–laki dan 14 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, tes hasil belajar siswa, dan catatan lapangan. Serta teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Ketercapaian pembelajaran mengalami peningkatan dari siklus I, II, III. Aktivitas guru pada siklus I sebesar 64, 20%, siklus II 75, 00% dan siklus III sebesar 86, 30% Skor hasil belajar siswa meningkat, persentase keberhasilan siswa pada siklus I sebesar 68, 75%, siklus II sebesar 71, 87% dan siklus III sebesar 86, 30% Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media poster dalam pembelajaran IPS dapat melatih ketelitian pada siswa kelas V di SDN Kesamben I Jombang serta … |
Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 3 (2), 254192, 0 |