Publikasi Fakultas Ilmu Pendidikan

Year Title Description Publisher Author(s)
2017 Implementasi Pendidikan Karakter di SDN 1 Cerme Kidul-Derme-Gresik
Tujuan penelitian ini mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter, faktor pendukung dan faktor penghambat pendidikan karakter, persepsi stakeholder tentang pendidikan karakter di SDN 1 Cerme Kidul. Metode penelitian menggunakan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Data analisis menggunakan model Miles and Huberman. Hasil menunjukkan (a) pendidikan karakter yang ditonjolkan yaitu peduli lingkungan,(b) pelaksanaan pendidikan karakter diimplementasikan dalam pembelajaran, kegiatan ekstrakulikuler dan kegiatan sehari-hari siswa,(c) ketercapaian pendidikan karakter yaitu perubahan perilaku yang dialami siswa-siswa,(d) faktor pendukung pendidikan karakter yaitu adanya tenaga pendidik yang berkompeten, sarana prasarana yang memadai dan sesuai kebutuhan serta antusiasme siswa,(e) faktor penghambat pendidikan karakter yaitu beberapa orang tua yang kurang berpartisipasi maksimal,(f) stakeholder mendukung program pendidikan karakter.
Jurnal JPGSD 5 (03), 1652-1662, 2017
2017 Pengembangan Ensiklopedia Sumber Daya Alam Indonesia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Sumber Daya Alam Siswa Kelas IV SDN Jajartunggal III Kecamatan Wiyung Kota Surabaya
Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan suatu produk berupa ensiklopedia sumber daya alam Indonesia dimana produk tersebut diharapkan dapat membantu meningkatkan hasil belajar pada materi sumber daya alam siswa kelas IV SDN Jajartunggal III Kecamatan Wiyung Kota Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan lembar validasi, observasi keterlaksanaan pembelajaran, lembar tes, dan angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ensiklopedia sumber daya alam Indonesia yang dikembangkan telah layak digunakan dengan tingkat kategori sangat baik. Hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran dan angket respon siswa menunjukkan bahwa keefektifan ensiklopedia sumber daya alam Indonesia dalam tingkat kategori sangat baik. Hasil tes kognitif siswa menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sumber daya alam Indonesia.
Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 5 (3), 254589, 2017
2017 Pengaruh Model Project Based Learning terhadap Hasil Beljar Siswa Kelas IV Sdn Punggul 1 Gedangan Sidoarjo
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Project Based Learning terhadap hasil belajar IPS Kelas IV Materi Koperasi di SDN Punggul 1 Gedangan Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Quasi Eksperimental Design dengan rancangan penelitian jenis Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SDN Punggul 1 Gedangan Sidoarjo. Di ambil sampel sebanyak 2 kelas yaitu IVA sebagai kelas kontrol dan kelas IVB sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar test (pretest-post-test). Teknik analisis data menggunakan analisis uji t-test, dan n-gain ternomalisasi. Hasil penelitian menujukkan perbedaan uji t-test diperoleh t hitung< t tabel yaitu-10,680< 1,999 dan hasil dari Sig (2-tailed) 0,000< 0, 05. Serta rata-rata nilai posttest kelas eksperimen yang diterapkan model Project Based Learning memiliki rata-rata skor sebesar 86, 07 sedangkan kelas kontrol hanya memiliki rata-rata sebesar 70, 25. Hal itu membuktikan adanya pengaruh yang signifikan antara model Projet Based Learning terhadap hasil belajar siswa Kelas IV SDN Punggul 1 Gedangan Sidoarjo.
Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 5 (3), 1723-1731, 2017
2017 Penggunaan media pop up untuk meningkatkan hasil belajar tema ekosistem kelas V SDN Balong Sari I Surabaya
Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA Tema Ekosistem. Hal ini dikarenakan pembelajaran masih terpusat pada guru. Siswa kurang tertarik dalam pembelajaran. Guru menjelaskan langsung dengan menggunakan metode ceramah tanpa menggunakan media pembelajaran dan tidak melibatkan siswa secara langsung. Siswa hanya diam dan pasif mendengarkan penjelasan dari guru tanpa memberikan umpan balik terhadap pembelajaran.. Solusinya dengan menggunakan model pembelajaran Pop Up. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, mendeskripsikan aktivitas siswa, dan mendeskripsikan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) kolaboratif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalan observasi dan teknik tes. Data dianalisis menggunakan dekriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil tes belajar siswa meningkat pada siklus I 70, 58% dan siklus II 82, 32%. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran Pop Up dapat hasil belajar siswa Pembelajaran IPA.
JPGSD 5 (1), 883-892, 2017
2017 Hubungan antara Intensitas Bermain Game Online dengan Kecenderungan Agresivitas pada Komunitas Gaming Surabaya
Jurnal Penelitian Psikologi 4 (3), 1-6, 2017
2017 Hubungan Kepuasan Mahasiswa Dengan Minat Berkunjung Mahasiswa ke Perpustakaan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya
Perpustakaan merupakan jantung dari sebuah institusi, khususnya institusi Pendidikan Tinggi. Kesuksesan pengelolaan perpustakaan menjadi indikator keberhasilan institusi dalam meningkatkan kualitas indivdu melalui peningkatan minat baca. Diperlukan model pengelolaan perpustakaan yang efektif dan pemberian pelayanan yang prima agar pengunjung merasa puas dan menunjukkan minat yang tinggi untuk mengunjungi perpustakaan secara konsisten. Kepuasan Mahasiswa terhadap perpustakaan merupakan perasaan yang muncul dari dalam diri mahasiswa terhadap proses pemenuhan kebutuhan mahasiswa terkait pencarian literatur setelah membandingkan dengan kondisi perpustakaan. Minat berkunjung merupakan suatu usaha untuk mendatangi suatu tempat, dalam hal ini adalah perpustakaan, dengan didasari oleh dorongan dari dalam diri seseorang dimana dorongan tersebut melebihi dorongan untuk melakukan hal lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan antara Kepuasan Mahasiswa dengan Minat Berkunjung Mahasiswa ke Perpustakaan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya. Rancangan Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan angket dengan pengambilan sampel menggunakan purposive sampling sebanyak 345 mahasiswa dari 8 jurusan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya yang pernah berkunjung ke Perpustakaan Fakultas. Data dianalisis dengan menggunakan uji korelasi product moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai signifkansi kepuasan mahasiswa …
Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan 5 (1), 2017
2017 Pengaruh persepsi mahasiswa tentang cara mengajar dosen terhadap perilaku asertif mahasiswa psikologi di universitas negeri surabaya
Penelitian ini merupakan penelitian korelasional yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi mahasiswa tentang cara mengajar dosen terhadap  perilaku asertif mahasiswa psikologi di Universitas Negeri Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan populasi sebanyak 242 mahasiswa. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik Stratified Random Sampling, diperoleh subjek sebanyak 152 mahasiswa, meliputi angkatan 2014, 2015, dan 2016. Pengambilan data menggunakan skala persepsi tentang cara mengajar dan skala  perilaku asertif. Teknik analisa data yang digunakan adalah regresi linier sederhana. Diperoleh nilai F hitung (88,146) lebih besar dari F tabel (3, 06) dengan signifikansi sebesar 0,000 (p < 0, 05). Artinya ada pengaruh signifikan antara persepsi mahasiswa tentang cara mengajar dosen terhadap  perilaku asertif mahasiswa psikologi di Universitas Negeri …
Jurnal Psikologi Pendidikan 14 (3), 1-7, 2017
2017 Perbedaan resiliensi pada tuna daksa ditinjau dari perbedaan usia
This research was purposed to examine the differences in the resilience of people with physical impairment in term of age differences. A quantitative method used in this research. The subjects for this research were 75 people with disability who are the members of Motorcycle Indonesia motor club in the area of Surabaya and Sidoarjo, East Java, Indonesia. Data were collected using a resilience questionnaire and analyzed using mann whitney test. The result shows the significant value of 0, 021 (p< 0, 05). This means there is a significant differences in the resilience of people with physical impairment in term of age differences. The highest resilience is shown among middle adulthood participants. It can be concluded from the result that the hypothesis of this study is accepted that œthere is differences resilience among people with physical impairment in term of their age differences.Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan resiliensi pada tuna daksa ditinjau dari perbedaan usia. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah 75 orang anggota klub motor Disable Motorcycle Indonesia yang berada di wilayah Surabaya dan Sidoarjo. Data diperoleh dengan menggunakan skala resiliensi. Penelitian ini menggunakan analisis data uji mann whitney. Hasil uji perbedaan yang dilakukan dengan menggunakan teknik mann whitney menunjukkan nilai signifikansi p< 0, 05 yakni sebesar 0,021. Artinya terdapat perbedaan resiliensi pada tuna daksa ditinjau dari perbedaan usia. Resiliensi yang lebih tinggi pada penelitian ini ditunjukkan pada usia dewasa madya. Hasil analisis tersebut …
Jurnal Psikologi Teori Dan Terapan 7 (2), 130-135, 2017
2017 Local Wisdom of Samin Community: The Core Values to Build Characters
Education and Humanities Research 173, 196-198, 2017
2017 Keberdayaan perempuan pasca pelatihan mengolah sampah bagi kelompok pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga
Kelompok pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga sebagai salah satu unit desa dapat dioptimalkan untuk mewujudkan keberdayaan perempuan melalui program pelatihan mengolah sampah. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian survai, yaitu penelitian yang bertujuan untuk mencari informasi faktual yang memperlihatkan gejala yang ada, mengidentifikasi masalah atau untuk mendapatkan justifikasi keadaan dan kegiatan yang sedang berjalan, serta untuk mengetahui hal-hal yang dilakukan oleh orang-orang yang menjadi sasaran penelitian dalam memecahkan masalah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan wawancara. Keberdayaan perempuan dengan indikator partisipasi, akses, kontrol, kerja sama, dan percaya diri yang didasarkan perhitungan dari hasil observasi menunjukkan jumlah persentase 82, 5%. Nilai tersebut termasuk dalam kategori sangat baik karena berada pada interval koefisien 80%-100% berdasarkan pedoman untuk memberikan interpretasi terhadap persentase.
JPPM (Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat) 4 (2), 146-156, 2017