Publikasi Fakultas Ilmu Pendidikan

Year Title Description Publisher Author(s)
2017 Penggunaan Media Monopoli untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Keragaman Ekonomi di Indonesia dalam Tema Indahnya Keragaman di Negeriku di Kelas IV SDN Babatan I …
Berdasarkan hasil observasi di kelas IV SDN Babatan I/456 Surabaya, yaitu kurangnya penggunaan media yang mendukung, siswa pasif, dan kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran. Salah satu alternatif untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan menggunakan media monopoli. Karena media monopoli merupakan alat permainan yang menyajikan materi pembelajaran secara ringkas dan menarik melalui kegiatan belajar sambil bermain. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran IPS serta hasil belajar siswa setelah melaksanakan pembelajaran IPS dengan menggunakan media monopoli. Jenis penelitian yang dilaksanakan yaitu penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus dan tiap siklus terdiri dari tiga tahap. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pengamatan dan tes. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada siklus I mencapai 79, 61% dan siklus II mencapai 92, 77%. Aktivitas siswa pada siklus I mencapai 74, 28% dan siklus II mencapai 90, 45%. Sedangkan untuk ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada siklus I mencapai 77, 78% dan siklus II mencapai 88, 89%. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa media monopoli dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan pada tiap siklusnya.
Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 5 (3), 254628, 2017
2017 Influences of Intellectual Property and Capital to the Performance of the Corporate Image Award Winning Companies in Indonesia
The purpose of this study was to analyze the relationship and influence of intellectual property as measured by Goodwill and intellectual capital (IC), as measured by the modified value added intellectual coefficient (MVAIC) on the performance of the company that became the winner of the competition Corporate Image Award. Analysis of the use of intangible assets as a step to increase the value of the company and achieve good performance as the provision of competition in the future. Of all the population there are only 23 companies already meet the criteria to be sampled during 2011-2013. Data used in the study in the form of annual reports, financial statements and summary of performance that has been published on the official website of the Indonesia Stock Exchange. Analysis of the data used in the test Goodwill, MVAIC, and corporate performance adalaah multiple linear regression analysis. The results of this study indicate that there is a negative effect of the property and IC intellectual positive effect on firm performance significantly.
International Journal of Economics and Financial Issues 7 (4), 595-602, 2017
2017 Management of the school literacy movement (SLM) programme in indonesian junior secondary schools
The aim of this research was to examine the roles and functions of school principals and the staff of junior secondary schools in Indonesia, in implementing the government school literacy movement (SLM) programme. An explorative descriptive research study was undertaken involving 48 school principals of junior secondary schools at the Sidoarjo districts in East Java Province, Indonesia. Data were obtained through questionnaires and descriptive analysis of the principals’ responses. The results of this study indicate that all school principals have some literacy programmes. However, there are limitations in managing the programmes and deficiencies in the availability of text resources, as well as in the promotion of literacy. As a consequence of the study, it was found there is a need for professional development to overcome the difficulties and obstacles of school management.
World Transactions on Engineering and Technology Education 15 (4), 384-389, 2017
2017 Penggunaan Media Diorama Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Tentang Daur Air Siswa Di Sekolah Dasar
Penelitian dilatar belakangi masalah siswa yang kurang memahami materi sehingga hasil belajar yang diperoleh kurang maksimal. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa. PTK dilaksanakan dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data berupa observasi dan tes. Hasil penelitian berupa observasi aktivitas guru pada siklus I sebesar 70, 94% dan pada siklus II sebesar 83, 33%. Hasil penelitian observasi aktivitas siswa pada siklus I sebesar 65, 00% dan pada siklus II sebesar 82, 50%. Dan hasil penelitian hasil belajar kognitif siswa pada siklus I sebesar 71, 05% dan pada siklus II sebesar 81, 57%. Hal ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan media diorama dapat meningkatkan hasil belajar IPA tentang daur air siswa kelas V SDN Gempolsari Tanggulangin.
Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 5 (3), 254433, 2017
2017 Pengaruh penggunaan media game edukasi terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Kajartengguli Prambon Sidoarjo
Latar belakang penelitian ini yaitu kurangnya pemanfaatan media pembelajaran dalam kegiatan pembelajaran dapat menyebabkan pembelajaran menjadi monoton, tidak menarik dan akhirnya akan mempengaruhi hasil belajar siswa. Seperti halnya pada pembelajaran IPA membutuhkan media yang sesuai dengan karakteristik pembelajaranya. Game edukasi merupakan media pembelajaran yang dapat meningkatkan pemahaman dengan cepat karena didukung permainan yang menarik dan anak menjadi aktif. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan pengaruh penggunaan media game edukasi terhadap hasil belajar IPA kelas IV SDN Kajartengguli Prambon Sidoarjo,(2) Mendeskripsikan signifikansi pengaruh penggunaan media game edukasi terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Kajartengguli Prambon Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen yang menggunakan teknik analisis data kuantitatif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan tes, yaitu pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai pretest siswa kelas control 62.85 dan kelas eksperimen 61.24, dan rata-rata nilai posttest pada kelas control 66.48 dan kelas eksperimen 73, 93. Dari uji t-test diperoleh perbandingan t hitung (2.262)> t tabel (2.002), dan sig.(2-tailed) sebesar 0,027< 0, 05. Dan hasil uji N gain, diketahui peningkatan hasil tes pada kelas kontrol termasuk kategori rendah sedangkan pada kelas eksperimen termasuk dalam kategori sedang. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dari penggunaan media game edukasi terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN …
Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 5 (3), 254411, 2017
2017 Pengembangan Buku Panduan Keterampilan Pencegahan Bullying untuk Siswa Sekolah Menengah Atas
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena bullying yang terjadi pada siswa SMA. Masalah bullying yang didasari oleh perilaku agresif yang dilakukan secara berulang-ulang, perbedaan latar (senioritas), ekonomi, agama, gender, dan ras, serta faktor yang paling banyak mendukung terjadinya bullying ialah senioritas. Bullying terjadi dalam berbagai bentuk yaitu bullying verbal, bullying fisik, bullying relasional, dan bullying elektronik. Meningkatnya jumlah siswa SMA yang melakukan bullying tidak diimbangi dengan pemberian layanan informasi yang sesuai oleh konselor sekolah. Maka dari itu perlu adanya informasi yang tepat serta dikemas dalam bentuk yang menarik sebagai salah satu bentuk informasi bagi siswa. Salah satunya adalah dengan penggunaan buku panduan.Pengembangan buku panduan keterampilan pencegahan bullying untuk siswa SMA merupakan suatu bentuk pengembangan media cetak yang berisi tentang petunjuk atau panduan guna mencegah bullying dengan menerapkan lima keterampilan, yaitu keterampilan mengelola emosi, keterampilan menumbuhkan empati, keterampilan memecahkan masalah, keterampilan berperilaku asertif, dan keterampilan meningkatkan kesadaran diri. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan Borg and Gall yang telah disederhanakan oleh Tim Puslitjaknov. Tujuan penelitian ini adalah menyusun buku panduan yang memenuhi aspek kegunaan, kelayakan, ketepatan, dan kepatutan.
Jurnal BK UNESA 7 (3), 2017
2017 Meningkatkan Kemampuan Kerjasama melalui Metode Demonstrasi dengan Menggunakan Media Balok Pada Anak Usia 4-5 Tahun
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan kerjasama melalui metode demonstrasi dengan media balok pada anak usia 4-5 tahun di TK Tarbiyatul Aulad Jombang. Subjek penelitian ini adalah anak usia 4-5 tahun TK Tarbiyatul Aulad Jombang yang terdiri dari 12 anak, 7 anak laki-laki dan 5 perempuan. Teknik pengumpulan data ini dengan menggunakan abservasi dan dokumentasi. Teknik analisis data ini menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan kerjasama pada anak usi 4-5 tahun 75%. Berdasarkan uraian diatas maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan kerjasama meningkat melalui metode demonstrasi dengan media balok anak usia 4-5 tahun di TK Tarbiyatul Aulad Jombang.
Online: http://jurnalmahasiswa. unesa. ac. id/article/18250/19/article. pdf …, 2017
2017 Pengaruh Penggunaan Media Permainan Papan Flashcard Terhadap Kemampuan Keaksaraan Anak Kelompok A TK Putra Airlangga Surabaya
Penelitian quasi eksperimental ini bertujuan untuk membuktikan apakah media papan flashcard berpengaruh terhadap kemampuan anak kelompok A TK Putra Airlangga Surabaya, serta untuk mengetahui perbedaan kemampuan keaksaraan antara kelas yang menggunakan media permainan papan flashcard dengan kelas yang tidak menggunakan media permainan papan flashcard. Populasi dalam penelitian ini adalah anak kelompok A di TK Putra Airlangga Surabaya dengan sampel 20 anak kelompok A1 dan 20 anak kelompok A2. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik Analisis data yang digunakan adalah Mann Whitney U Test dengan rumus U hitung< U tabel dengan taraf signifikan 0, 05. Jika U hitung< U tabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dari hasil pengolahan data yang diperoleh nilai U hitung= 13 dan U tabel= 114, maka 13< 114. Hal ini menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan uraian diatas dapat disimpulkan bahwa media permainan papan flashcard berpengaruh terhadap kemampuan keaksaraan anak kelompok A di TK Putra Airlangga Surabaya, serta tedapat perbedaan kemampuan keaksaraan yang signifikan antara kelas yang menggunakan media permainan papan flashcard dengan kelas yang tidak menggunakan media permainan papan flashcard
Jurnal PAUD Teratai 6 (3), 2017
2017 Pengaruh Permainan Dadu Warna-Warni Modifikasi Terhadap Kemampuan Menghitung Anak Usia 5-6 Tahun di TK PKK Sidomulyo Purwoasri Kediri
Penelitian Pre Eksperimental Design ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan dadu warna-warni modifikasi terhadap kemampuan menghitung anak usia 5-6 tahun di TK PKK Sidomulyo Purwoasri Kediri. Populasi penelitian adalah anak usia 5-6 tahun di TK PKK Sidomulyo Purwoasri Kediri dengan sampel 17 anak kelompok B. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan Wilcoxon Matched Pairs Test dengan rumus T hitung< T tabel. Jika T hitung lebih kecil dari T tabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh Thitung= 0 dan Ttabel untuk N= 17 dengan taraf signifikan 5% sebesar 35, maka (0< 35). Data tersebut menunjukkan Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa permainan dadu warna-warni modifikasi berpengaruh terhadap kemampuan menghitung anak usia 5-6 tahun di TK PKK Sidomulyo Purwoasri Kediri.
Jurnal PAUD Teratai 6 (3), 1-4, 2017
2017 Analisis Pengaruh Kepemimpinan Kyai, Budaya Pesantren, Dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Mutu Pendidikan Pesantren Di Provinsi Banten
This study explains the direct and indirect effects of kyai leadership quality on the quality of pesantren education seen from teacher and kyai perspective as measured through leadership, pesantren culture and teacher work motivation. This research is a quantitative research using survey method and Partial Least Square (PLS) analysis technique. The research subjects were 32 pesantren in Banten Province and with 192 respondents consisting of 32 kyai and 160 teachers. The study found that the leadership quality of kyai had only a direct effect on pesantren culture and teacher work motivation, but did not have a direct effect on the quality of pesantren education. The quality of kyai leadership has an indirect effect on the quality of pesantren education through pesantren culture and teacher work motivation. This research is in line with the leadership theory of paternalistic-free rein leadership and charismatic-traditional-rational, which leads to the quality of kyai leadership has no direct effect on the quality of pesantren education in Banten Province.
Jurnal Penelitian Pendidikan 34 (2), 161-172, 2017