Publikasi Fakultas Ilmu Pendidikan

Year Title Description Publisher Author(s)
2017 Pengaruh Media Big Book terhadap Hasil Belajar Siswa Tema Ekosistem di Sekolah Dasar
Pembelajaran IPA di sekolah dasar adalah suatu pembelajaran yang berhubungan dengan kehidupan manusia dan alam sekitar. Pada kenyataannya masih ada beberapa siswa yang merasa kesulitan dalam memahami konsep pembelajaran IPA. Karena itu, peneliti mencoba melakukan suatu penelitian dengan menggunakan media Big Book pada pembelajaran IPA tema ekosistem. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Metode yang digunakan adalah Quasi Experimental dan desain penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Manukan Kulon, Surabaya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dari penggunaan media Big Book terhadap pembelajaran IPA, yang dibuktikan dengan hasil-t hitung<-t tabel dengan taraf signifikansi 5%(-4,934<-1,666).
Jurnal Penelitian Guru Sekolah Dasar 5 (3), 1178-1187, 2017
2017 Pengaruh Model Pembelajaran Probing-Prompting Terhadap Hasil Belajar Pada Tema 8 (Ekosistem) Siswa Kelas V Sdn Wiyung I Surabaya
Penelitian ini didasarkan pada pemanfaatan model pembelajaran inovatif yang kurang maksimal oleh guru di sekolah. Guna mengetahui pengaruh model pembelajaran Probing-Prompting terhadap hasil belajar pada tema 8 (ekosistem) siswa kelas V SDN Wiyung 1 Surabaya, maka dilaksanakan penelitian eksperimen, yaitu Quasi Eksperimen. Subjek penelitian adalah siswa SDN Wiyung 1 Surabaya, kelas VB berjumlah 34 siswa (kelas eksperimen) dan kelas VA berjumlah 34 siswa (kelas kontrol). Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Instrumen yang digunakan adalah pretest dan posttest. Dari hasil penelitian diperoleh rata-rata pretest kelas eksperimen adalah 66, 4 dengan ketuntasan sebesar 37, 50% pada posttest adalah 82, 34 dengan nilai ketuntasan 81, 25%. Sedangkan rata-rata pretest kelas kontrol adalah 65, 46 dengan nilai ketuntasan 37, 50% dan posttest adalah 77, 65 dengan nilai ketuntasan sebesar 59, 40%. Maka terbukti bahwa setelah diberi perlakuan menggunakan model Probing-Prompting terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar tema 8 (Ekosistem) siswa kelas V SDN Wiyung 1 Surabaya.
Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 5 (3), 254467, 2017
2017 Keefektifan patrap triloka Ki Hadjar Dewantara untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik Sekolah Menengah Pertama
RINGKASAN Hariastuti Retno T. 2017.Keefektifan Patrap Triloka Ki Hadjar Dewantara Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama. Disertasi. Program Studi Bimbingan dan Konseling Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Johana E. Prawitasari Ph.D. (II) Dr. Dany M. Handarini M.A. (III) Dr. Adi Atmoko M.Si. Kata Kunci keterampilan berpikir kritis patrap triloka layanan bimbingan dan konseling Berpikir kritis merupakan salah satu keterampilan yang penting bagi individu karena menunjang keberhasilan hidupnya. Tujuan penelitian ini adalah menguji keefektifan bimbingan berpikir kritis berbasis patrap triloka Ki Hadjar Dewantara dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik SMP. Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimen two groups time series modification. Populasi penelitian adalah peserta didik SMP di Surabaya dengan sampel dua kelompok dari dua sekolah. Tiap kelompok beranggotakan 8 orang. Ada dua instrumen yang digunakan dalam penelitian yaitu instrumen perlakuan dan instrumen pengumpul data keterampilan berpikir kritis. Instrumen perlakuan berupa panduan bimbingan berbasis patrap triloka Ki Hadjar Dewantara untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis. Sebelum digunakan instrumen telah diuji oleh ahli materi ahli media dan pengguna (guru BK). Instrumen keterampilan berpikir kritis berupa tes objektif yang mengadopsi model WGCTA (Watson-Glaser Critical Thinking Appraisal). Hasil uji validitas diperoleh 64 butir yang valid dengan reliabilitas 0 998. Tes keterampilan berpikir kritis yang telah valid dan …
Universitas Negeri Malang, 2017
2017 THE DEVELOPMENT OF CRITICAL THINKING SKILLS BASED OF PATRAP TRILOKA’S KI HADJAR DEWANTARA
International Journal of Development Research (IJDR) 7 (07), 13606-13611, 2017
2017 KONTRIBUSI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PENCAK SILAT TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK KASAR PADA ANAK KELOMPOK A DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL 05 SURABAYA
Penelitian ex post facto dengan pendekatan kuantitatif regresi ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya kontribusi kegiatan ekstrakurikuler pencak silat terhadap kemampuan motorik kasar pada anak kelompok A di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 05 Surabaya. Subyek dalam penelitian ini adalah anak kelompok A di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 05 Surabaya yang berjumlah 102 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana dengan bantuan program SPSS 20 dengan rumus Y= a+ bX, selanjutnya dihitung menggunakan uji T (>) dengan nilai signifikan (sig.)< 0, 05, jika> maka H0 ditolak dan Ha diterima. Hasil perhitungan data didapatkan=10,337 dan= 1, 9839 dengan signifikan 0,000< 0, 05 sehingga>(10,337> 1, 9839).
Jurnal Paud Teratai 6 (03), 2017
2017 HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN TENTANG HIV AIDS DENGAN PERILAKU SEKSUAL PRANIKAH PADA NELAYAN DI TPI UNIT II JUWANA PATI JAWA TENGAH
Introduction: The case of HIV AIDS every year has increased. This is supported by the development of globalization resulting in social changes and lifestyles, including risky behaviors such as sexual intercourse with multiple partners, premarital sex, and drug abuse. Such lifestyle endangers reproductive health, especially the possibility of transmission of sexually transmitted diseases including HIV (Human Immunodeficiency Virus) AIDS (Acquired Immuno Deficiency Syndrome) in couples.Objective: To know the relation of knowledge level about HIV AIDS with premarital sexual behavior to fishermen in TPI Unit II Juwana Pati Central Java.Method: The type of quantitative research design used is descriptive correlasional. Populasi Penelitian Population in this research is the fisherman in TPI Unit II as many as 251 fishermen. The sample of research using non-probability sampling technique that is accidental sampling, as many as 72 respondents, with error rate 10% of the total population. This research was conducted at TPI Unit II of Juwana Central Java. Data were collected using a knowledge-level questionnaire on HIV AIDS and pre-marital sexual behavior. To test hypotasis using test analysis using Kendall Tau.Results: Based on Kendall's Tau correlation test results showed a relationship between HIV AIDS knowledge level and premarital sexual behavior on fishermen in TPI Unit II Juwana Pati Central Java because it has a coefficient of 0.452 with a significance value of 0.000. This shows that p< 0, 1.Conclusion: There is a significant relationship between HIV AIDS knowledge level and premarital sexual behavior of fishermen in TPI Unit II …
Surya Medika: Jurnal Ilmiah Ilmu Keperawatan dan Ilmu Kesehatan Masyarakat …, 2017
2017 Pengaruh Senam Sehat Qur’ani terhadap Insomnia pada Lansia di Bantul Kepek Timbulharjo Sewon Bantul Yogyakarta
METODEJenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan rancangan yang digunakan adalah one group pretestposttest design (Sugiyono, 2011).
Surya Medika: Jurnal Ilmiah Ilmu Keperawatan dan Ilmu Kesehatan Masyarakat …, 2017
2017 Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Melalui Permainan Kartu Bergambar pada Kelompok Bermain Usia 3-4 Tahun
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan berbicara anak menggunakan permaianan kartu bergambar pada Kelompok Bermain usia 3-4 tahun di PPT Kuncup Mekar Wonokusumo Semampir Surabaya. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) yang bersifat deskriptif kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah anak kelompok bermain usia 3-4 tahun di PPT Kuncup Mekar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa presentase hasil kegiatan anak pada siklus 1 pertemuan 1 sebesar 47% pada siklus 1 pertemuan 2 sebesar 60%. Presentase hasil kegiatan anak pada siklus 2 pertemuan 1 sebesar 67% pada siklus 2 pertemuan 2 sebesar 87%. Presentase peningkatan hasil kegiatan anak pada siklus 1 dan siklus 2 masing-masing sebesar 20% dan 27%. Pada siklus 2 hasil kegiatan anak sudah mencapai kriteria keberhasilan tindakan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa permainan kartu bergambar dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak kelompok bermain usia 3-4 tahun di PPT Kuncup Mekar Wonokusumo Semampir Surabaya.
Universitas Negeri Surabaya, 2017
2017 Pengaruh Finger Painting Terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Warna Pada Anak Kelompok A
Penelitian Pre-Experimental Design ini bertujuan untuk mengkaji ada atau tidaknya pengaruh finger painting terhadap kemampuan mengenal konsep warna pada anak kelompok A di TK Dharma Wanita Krikilan III Driyorejo Gresik. Populasi penelitian ini adalah anak kelompok A di TK Dharma Wanita Krikilan III Driyorejo Gresik dengan sampel 13 anak kelompok A. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan Wilcoxon Match Pairs Test dengan rumus Thitung< Ttabel, dengan menggunakan taraf signifikan 5%. Jika Thitung lebih kecil daripada Ttabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh Thitung= 0 dan Ttabel untuk N= 13 dengan taraf signifikan 5% diperoleh sebesar 17, maka 0< 17. Dengan demikian, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa finger painting berpengaruh terhadap kemampuan mengenal konsep warna pada anak kelompok A di TK Dharma Wanita Krikilan III Driyorejo Gresik.
Jurnal PAUD Teratai 6 (03), 2017
2017 Pengaruh media Kokami terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Sambibulu Sidoarjo
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan media kokami terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Sambibulu Sidoarjo. Metode penelitian ini adalah kuantitatif yang menggunakan rancangan Quasi Experimental dengan desain nonequivalent control group. Penelitian ini menggunakan tiga langkah utama yakni: pre test, treatment, dan post test. Sampel diambil dengan teknik random sampling. Pengumpulan data menggunakan tes, analisis data menggunakan T-test. Hasil penelitian yang didapatkan adalah t hitung bernilai 4, 19 yang berarti t hitung (4, 19)> t tabel (2, 00) pada taraf signifikan 5%, maka terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan media kokami terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Sambibulu Sidoarjo.
Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 5 (3), 1075-1084, 2017