Publikasi S3 Pendidikan Dasar

Year Title Description Publisher Author(s)
2023 Deskriptif Tingkat Motivasi Belajar terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dari Prespektif Aksiologi
Motivasi mempunyai peranan besar pada keberhasilan individu dalam belajar. Pada pembelajaran matematika, seorang siswa yang sudah mempunyai kemampuan pemahaman matematis dituntut juga untuk bisa mengkomunikasikannya. Tujuan dalam penelitian ini untuk menganalisis motivasi belajar dan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas XI IPS MA Alfalah. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket untuk mendapatkan data motivasi belajar dan tes tertulis untuk memperoleh hasil kemampuan komunikasi matematis. Indikator motivasi belajar diantaranya minat, perhatian, konsentrasi dan ketekunan. Indikator yang digunakan dalam mengukur tes komunikasi matematis dalam penelitian ini yaitu Written Text, Drawing dan Mathematical Expressions. Teknik pengolahan data menggunakan reduksi data, penyajian data yang kemudian dinaratifkan. Hasil dalam penelitian ini …
Jurnal Pendidikan Edutama 10 (1), 117-124, 2023
2022 A Study of ICT-Based Learning in Elementary School Mathematics Learning Concepts During the COVID-19 Pandemic
This study aims to examine the application of technology to mathematics learning at the time of the Covid-19 pandemic. The research method used is comparative analysis research. The variables being compared are Information and communication technologies-based learning media with the contribution of several aspects, namely the total article with the title of the media, user perception, the total material that can be applied, gameplay, graphic design, and features of the application. Utilization of technology that can be used in the learning process without facing real time but has good effectiveness. The learning media are Edmodo, Geogebra, and Knowre Math. This third application helps in learning mathematics as the co-19 pandemic continues so that it does not require face-to-face but learning runs efficiently.
Eighth Southeast Asia Design Research (SEA-DR) & the Second Science …, 2022
2022 Analysis of Ki Hajar Dewantara's Humanistic Education in the Concept of Independent Learning Curriculum
Education is a transformation in humans to achieve optimal self-actualization. The education process becomes a place to give freedom to every human being from a life that intimidates and seems to exploit. Education according to Ki Hadjar Dewantara is a form of freedom of thought for all humans. Ki Hajar Dewantara's concept of humanistic education is written in the philosophy
Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan 15 (1), 2022
2022 Analysis of Elementary School Student's Responses to Implementing the 2013 Curriculum Through Distance Learning During the Covid-19 Pandemic
The distance learning policy is the best effort to minimize the spread of Covid-19 in schools. This study aims to see the response of students in distance learning in the 2013 curriculum. The research method used is a descriptive quantitative method and the data source is obtained from questionnaires given to 156 students in 12 elementary schools spread across 7 regencies/cities of East Java. The results showed that 100 percent of students took distance learning as scheduled, 51.3 percent of students accompanied by mothers, 10.3 percent of students accompanied by fathers, 20.5 percent of students accompanied by guardians, and 17.9 percent of students had no companions while studying. The communication tools used showed that 92.9 percent used social media, 71.8 percent of students found it difficult to understand thematic learning, 49.4 percent of the student assignment collection places were social media, and 92.9 percent of students thought distance learning added to technological knowledge.
Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan 31 (1), 1-12, 2022
2022 Penggunaan Google Sites Materi Pecahan untuk Meningkatkan Aktivitas dan Kemampuan Numerasi Siswa Sekolah Dasar
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran google sites yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian dan pengembangan atau research and development (R&D. Produk media pembelajaran dibuat menggunakan platfrom google sites dengan model pengembangan ASSURE. Berdasarkan hasil analisis validitas diperoleh persentase sebesar 82, 9%(valid), kepraktisan sebesar 90, 6%(sangat praktis), dan efektifitas menunjukkan nilai rata-rata pretest siswa sebesar 67, 81 meningkat pada tahap posttest sebesar 84, 69. Sementara hasil observasi menunjukkan perbandingan aktivitas siswa sebelum dan setelah pembelajaran menggunakan media pembelajaran google sites sebesar 53, 7%. Sementara persentase peningkatan kemampuan numerasi, dapat dilihat dari ketuntasan hasil belajar sebesar 81, 25%.
Jurnal Basicedu 6 (4), 7518-7525, 2022
2022 Peningkatan Kualitas Guru, Sebanding dengan Peningkatan Pendidikan?
Standar mutu bangsa yang berkembang adalah kualitas pendidikan yang baik. Kualitas pendidikan yang baik ditentukan oleh kompetensi dan kualitas guru yang baik. Permsalahan kualitas guru yang rendah di Indonesia membuat sebagian orang bertanya-tanya akan kualitas pendidikan di Indonesia. Melalui metode studi pustaka ini dikaji kompetensi guru, permasalahan guru, upaya peningkatan kualitas guru, dan korelasi peningkatan kualitas guru dengan peningkatan mutu pendidikan dari berbagai sumber pustaka. Hasil menunjukkan bahwa 1) kepala sekolah dan pemerintah terkait memberikan dorongan dan pemantauan kinerja guru, dengan harapan tidak ada guru yang malas untuk berkembang; 2) mengoptimalkan kelompok kerja guru di setiap gugus, kecamatan, hingga kabupaten; 3) memberikan bantuan beasiswa untuk meningkatkan standar keilmuan guru; 4) mendorong peran aktif guru dalam …
Jurnal Basicedu 6 (5), 7758-7767, 2022
2022 Primary School Students’ Computational Thinking in Solving Mathematics Problems Based on Learning Style
Computational thinking is related to the ability to solve mathematical problems. This study aims to describe the computational thinking of primary school students with visual, auditory, and kinesthetic learning styles in solving mathematical problems as measured by indicators of abstraction, decomposition, algorithmic thinking, and generalization. This research is descriptive qualitative research. Data collection techniques using questionnaires, assignments, and interviews. Data analysis techniques using technical triangulation. The results showed that the computational thinking of students with visual and auditory learning styles fulfills all indicators of every aspect of computational thinking. Both identify important information by mentioning known and asked information, making mathematical models, solving problems by breaking them down into several parts, and solving them to get the right results. Both provide logical arguments regarding the method used, generalize the problem and apply the solution to similar problems. The difference lies in the mathematical form created. The mathematical form made by visual learning styles is more complete than auditory learning styles. This causes the settlement steps to also be different. Meanwhile, kinesthetic learning styles make mistakes when understanding the problem and making mathematical models, so the completion steps and the final results obtained are not appropriate. So, students need to get used to solving problems that can train their computational thinking skills so that students will get used to thinking systematically and logically
Eduma: Mathematics Education Learning and Teaching 11 (1), 84-96, 2022
2022 PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN PECAHAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA SD KELAS 2
Penelitian ini bertujuan untukomenghasilkan perangkat pembelajaran Pecahan berbasis masalah yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkat kreativitas siswa kelas 2 SD. Model pengembangan perangkat pembelajaran0menggunakan model Plomp yang meliputi 5 tahap, yaitu:(1) Investigasi awal,(2) 0Desain,(3) 0Realisasi/Konstruksi,(4) Tes, evaluasi, dan revisi, dan (5) Implementasi. Uji coba perangkat dilaksanakan di SDN Kedungdoro II/307 Surabaya Tahun ajaran 2021/2022. Subjek penelitian adalah siswa SD kelas 2A sejumlah 9 siswa dan kelas 2B sejumlah 9 siswa. Penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran yang valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan kreativitas siswa kelas 2. Valid ditunjukan dari hasil validasi pada saat bimbingan dengan pembimbing, perangkat pembelajaran sudah diperbaiki berdasarkan saran revisi dari pembimbing. Pembimbing menyebutkan bahwasannnya perangka pembelajaran untuk hasil pengembangan ini valid dan layak untuk digunakan, dengan catatan sedikit perbaikan dan revisi. Praktis dibuktikan dari kegiatan-kegiatan pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) terlaksana seluruhnya dengan baik karena aktivitas siswa sesuai dengan kegiatan yang dirancang dalam RPP. Hasil penilaian pengamat terhadap keterlaksanaan RPP dan aktivitas siswa dinilai “sangat baik”. Efektif dibuktikan dari respon siswa positif terhadap pembelajaran dan kreatifitas siswa telah meningkat. Respon siswa dinilai “sangat kuat” serta dari uji Shapiro Wilk dan N Gain pada nilai prettest dan postest siswa menunjukan adanya peningkatan terhadap kreativitas siswa pada kategori “tinggi”.
JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT 10 (3), 591-597, 2022
2022 Pengembangan Flipped Classroom terintegrasi ICT konteks batik matahari untuk meningkatkan penalaran spasial
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan perangkat flipped classroom terintegrasi ICT konteks batik matahari Kota Mojokerto untuk meningkatkan kemampuan penalaran spasial siswa yang meliputi kelayakan hasil pengembangan, aktivitas siswa ketika pembelajaran, peningkatan kemampuan penalaran spasial siswa, dan respon siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE dan penelitian eksperimen model one pretest-postest design. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan divalidasi oleh ahli materi, ahli media, dan praktisi pembelajaran. Subjek implementasi adalah 24 siswa SDN Miji 4 Kota Mojokerto. Hasil implementasi menunjukkan bahwa siswa sangat antusias dan semangat dalam proses pembelajaran flipped classroom terintegrasi ICT konteks batik matahari Kota Mojokerto. Proses pembelajaran flipped classroom menggunakan lima platform ICT yaitu google classroom, desmos, geogebra, kahoot, dan quizizz. Pembelajaran flipped classroom dilaksanakan melalui tiga aktivitas yaitu mempelajari video sebelum pembelajaran, diskusi dan tanya jawab materi ketika pembelajaran tatap muka, dan menyelesaikan tugas tindak lanjut di rumah setelah pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan kelayakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan dalam kategori sangat valid, praktis, dan efektif. Aktivitas siswa ketika pembelajaran adalah 93%(sangat baik). Kemampuan penalaran spasial siswa meningkat dengan rata-rata 0, 6 (g-sedang) dan respon siswa sangat baik. Perangkat pembelajaran flipped classroom …
AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika 13 (2), 264-277, 2022
2022 Strengthening the Relationship with Parents; School Creativity to Overcome School’s Infrastructure Problems
The purpose of this study was to describe the creativity of an elementary school institution in establishing relationships with parents in overcoming the problems of facilities and infrastructure before and during the COVID-19 pandemic and post-pandemic. Completeness of facilities and infrastructure will support the achievement of learning objectives. This research is descriptive and qualitative with the subject of this research being SDN Kota Baru IX, Bekasi City. Data collection techniques use interviews, observation, and documentation with data analysis using triangulation. The results of this study reveal that online learning at SDN Kota Baru IX, Bekasi City does not experience difficulties, this is supported by the various creative ideas of teachers under the auspices of the PMPS (School Education Quality Assurance) team which is well coordinated with parents. Parents fully support online learning by providing various facilities such as wifi, android/ios-based cellphones, and laptops. Parenting education is the key to bridging communication with parents. This research implies that schools that have good cooperation with parents will have an impact on the success of school programs in dealing with various situations.
AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan 14 (4), 6805-6816, 2022