Publikasi Fakultas Ilmu Pendidikan

Year Title Description Publisher Author(s)
2018 Development of textile natural dyeing using hybrid dyes from mango leaves turmeric
In this study, natural staining procedures have been evaluated using hybrid dyes of mango and turmeric leaves. To get rich color shades with high strength and color fastness, coloring is done by involving a number of preparation stages which include washing using Turkish Red Oil (TRO), mordanting using alum, and staining which ends with fixation using iron material (II) sulfate (tunjung), alum and lime. The results showed the appearance of dark blue (dark), greenish yellow and yellow from the staining results using mango leaf extract as a single dye, each of which was fixed using tunjung, alum and lime, while in natural coloring with turmeric extract as a single dye with all three types of fixer the same each produces shades of brown, bright yellow and cream. The combination of mango and turmeric leaf extract as a hybrid coloring material has enriched the color shades produced with color strength 78.64%-90.16% for 25% DM/75% K; 77.33%-90.70% to 50% DM/50% K; and 75.87%-87.36% for 75% DM/25% K. Furthermore, the use of hybrid dyes from a combination of mango and turmeric leaf extract has resulted in high color fastness. This can be seen from the staining scale of each dye, ie 2-3 (less)-4 (good) for 25% DM/75% K; 3-4 (good enough)-4 (good) for 50% DM/50% K; and 3 (enough)-3-4 (good enough) for 75% DM/25% K
Seminar Nasional Kimia-National Seminar on Chemistry (SNK 2018), 50-55, 2018
2018 Readiness Of Community Learning Center in The ASEAN Economic Community Era
The era of the ASEAN economic community as if become scary for the people of Indonesia, in the center of the weak competitiveness of local, the weak the protection the state of the sector local (economics, industry, and education) skeptically capable of grated local potentials main education sector lack in various resources. In this research will examine some things pertaining readiness public learning activity center on the existence of the community economic Asia. In addition, also public learning activity center as education center non-formal managed directly by the public learning activity center play an important role and as a forum to make the citizens smart. The purpose of this study is to find readiness community learning center in the ASEAN economic community that in terms of the planning aspect and implementation of programs that are carried out by community learning center.
2nd International Conference on Education Innovation (ICEI 2018), 322-325, 2018
2018 Kesesuaian Antara Standar Kompetensi Fasilitator Pemberdayaan Masyarakat Dengan Materi Kuliah Pada Prodi PLS Unesa
Artikel ini berisi tentang hasil analisis kesesuaian kompetensi kelompok mata kuliah pemberdayaan masyarakat pada Jurusan Pendidikan Luar Sekolah terhadap materi uji kompetensi Fasilitator Pemberdayaan Masyarakat menurut SKKNI yang telah ditetapkan yaitu Keputusan Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia nomer 81 Tahun 2012 Tentang Penetapan Rencangan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia Sektor Jasa Kemasyarakatan Bidang pemberdayaan Masyarakat untuk Jabatan Fasilitator Pemberdayaan Masyarakat dan mengidentifikasi kesesuaian materi ajar praktek Pemberdayaan masyarakat pada jurusan pendidikan luar sekolah terhadap materi kompetensi Fasilitator pemberdayaan masyarakat sesuai SKKNI. Penelitian ini adalah penelitian analisis Isi (content analysis). Subyek penelitian ini adalah semua bahan ajar rumpun ilmu pemberdayaan masyarakat di Jurusan Pendidikan Luar Sekolah UNESA, yang meliputi hand out, pedoman praktikum, diktat dan bahan ajar. Data dikumpulkan dengan teknik dokumentasi di arsip jurusan. Dokumen yang dikumpulkan yaitu: kompetensi dan materi ajar rumpun keilmuan pemberdayaan masyarakat dan kompetensi/materi uji kompetensi sesuai dengan SKKNI. Analisis data menggunakan teknik analisis kuantitatif, dengan menghitung persentase kesesuaian materi rumpun ilmu pemberdayaan masyarkat Jurusan Pendidikan Pendidikan Luar Sekolah dengan standar uji kmpetensi Fasiitator Pemberdayaan Masyarakat. Hasil penelitian adalah kompetensi pemberdayaan masyarakat yang diajarakan di Jurusan Pendidikan Luar Sekolah belum memenuhi semua …
JPUS: Jurnal Pendidikan Untuk Semua 2 (1), 27-34, 2018
2018 Pola Pendampingan Fasilitator UMKM Dalam Mewujudkan Sentra Rebana
Sentra Rebana adalah lokasi pemusatan kegiatan industri usaha mikro kecil dan menengah yang menghasilkan produk rebana, menggunakan bahan baku kayu dan kulit, mengerjakan proses produksi, dilengkapi sarana dan prasarana penunjang yang dirangcang berbasis pada pengembangan potensi sumber daya daerah serta dikelola oleh suatu pengurus professional. Pendidikan Luar Sekolah turut berperan dalam mewujudkan Sentra Rebana melalui pendampingan yang dilakukan oleh tokoh masyarakat melalui proses belajar-bekerja di bengkel kerja. Pendampingan dilakukan untuk menumbuhkan sikap mandiri individu yang akan berdampak pada peningkatan keterampilan yang didapat sehingga dapat membuka usaha rebana sendiri yang pada akhirnya terwujudnya Sentra Rebana. Tujuan dalam penelitian ini adalah memperoleh deskripsi tentang (1) pola pendampingan yang dilakukan fasilitator Usaha Mikro kecil dan Menengah (UMKM) Rebana dalam mewujudkan Sentra Rebana di Desa Bungah Kecamatan Bungah Kabupaten Gresik, dan (2) upaya fasilitator UMKM dalam mewujudkan Sentra Rebana di Desa Bungah Kecamatan Bungah Kabupaten Gresik. Metode penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendampingan pekerja rebana dilakukan secara tidak terstruktur, dilaksanakan bersama dengan kegiatan bekerja yang dilakukan oleh karyawan rebana pola pendampingan yang dilakukan oleh pendamping fasilitator UMKM adalah (1) peran fasilitatif (2) peran pembelajaran (3) peran representasional dan (4) peran teknis. Pelaksanaan pendampingan tersebut berdampak pada …
JPUS: Jurnal Pendidikan Untuk Semua 2 (1), 8-18, 2018
2018 Penggunaan Variasi Bahasa Dalam Khotbah Salat Jumat Berdasarkan Stratifikasi Sosial Jamaah Di Masjid-Masjid Wilayah Provinsi Jawa Timur: Suatu Kajian Sosiolinguistik
Ringkasan Tujuan penelitian ini adalah (1) mengkaji faktor-faktor yang memengaruhi penggunaan variasi bahasa dalam wacana khotbah salat Jumat di masjid-masjid Wilayah Provinsi Jawa Timur dan (2) mendeskripsikan bentuk-bentuk variasi bahasa dalam khotbah salat Jumat berdasarkan stratifikasi sosial jamaah di masjid-masjid Wilayah Provinsi Jawa Timur. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan setting apa adanya (natural setting) yang pada dasamya mendeskripsikan secara kualitatif dalam bentuk kata- kata dan angka-angka hanya digunakan untuk memperkuat data. Objek penelitian ini wacana lisan khotbah salat Jumat di masjid-masjid Wilayah Provinsi Jawa Timur yang terdiri atas Wilayah Madiun, Jombang, Surabaya, Bangkalan, dan Jember. Teknik penarikan sampelyang digunakan adalah purposive sample. Setiap wilayah kota/kabupaten diambil satumasjid pada waktu salat Jumat. Telcnik/metode pengumpulan datanya mcnggunakan teknikrekam dan teknik catat. Selain itu, teknik wawancara bebas juga dilakukan kepada 10 jamaahsalat Jumat pada setiap masjid. Jadi, jumlah informan scbayak 100 orang jamaah. Metode pengumpulan data Simak Bebas Libat Cakap juga digunakan dalam penelitian ini. Data-datatersebut diklasifikasikan, dianalisis, kemudian disimpulkan. Hasil penelitian membuktikanbahwa wacana kotbah salat Jumat di masjid-masjid di wilayah Propinsi Jawa Timur menggunakan ragam bahasa campuran, yaitu bahasa Indonesia, bahasa Jawa, dan Bahasa Arab. Sedangkan, di wilayah kota bahasa yang digunakan dominan bahasa lndonesia dan bahasa Arab. Bahasa Jawa …
FAKULTAS ILMU BUDAYA, 2018
2018 A Street Children Dilemma: Between a Student and a Breadwinner
The study investigated psychological factors of street children in opting for study or work. A descriptive qualitative approach was adopted to demonstrate the process of determining to stay in one or to survive both environments, taking into consideration: initial motives, internal conflicts, justifications, and final decisions. Data were collected from semi structured interviews using purposive samplings. Results indicated that inadequacy of financial support, poor family planning, child economic value, lack of role models, and incapability of children upbringing played a significant role in the process of making the call. Efforts to overcome this persisting phenomenon may be worthwhile examined in the future. For policymakers in particular, this study serves as a basis to formulate strategic policies that aim at street children betterment. At the grassroot level, fully understanding the phenomenon of street children helps them design various activities to keep them away from streets and provide compulsory education.
The 1st International Conference on Social Sciences (ICSS 2018), 321-324, 2018
2018 Pendampingan Program Pengayaan Ekstrakurikuler di SD/MI Bahagia, Wonokromo, Surabaya
Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan kegiatan pendampingan program pengayaan ekstrakurikuler di SD/MI Bahagia, Wonokromo, Surabaya. Pendampingan dilakukan setiap minggu selama dua bulan yaitu April hingga Mei 2017 pada hari Sabtu yang dilakukan oleh tim Peneliti dari Universitas Negeri Surabaya (Unesa) bersama dengan tim Bakti Psikologi mahasiswa Psikologi Unesa. Kegiatan pendampingan terdiri dari dua macam kegiatan, yaitu pemberian konsultasi kepada guru dan pemberian kegiatan ekstrakurikuler pada siswa. Dengan demikian, target kegiatan ini mencakup guru dan siswa di Sekolah SD/MI Bahagia. Sekolah SD/MI Bahagia secara khusus dipilih sebab memiliki latar belakang dan keterbatasan sosial-ekonomi yang unik. Pendampingan diberikan untuk meningkatkan keterampilan khusus dan kreativitas guru untuk merancang kegiatan tambahan untuk membantu siswa mengembangkan minat dan keterampilan khususnya pula. Berdasarkan kegiatan yang dilaksanakan, hasil menunjukkan meningkatnya keaktifan dan partisipasi siswa dalam kelas, serta meningkatnya keterampilan guru dalam memanfaatkan media untuk kegiatan ekstrakurikuler siswa. Hasil tersebut juga menunjukkan bahwa pemberian kegiatan ekstrakurikuler yang efektif, dapat berdampak positif pada kemampuan akademik siswa.
International Journal of Community Service Learning, 51-59, 2018
2018 Convergence vs. Divergence Learning Style Study of Critical Thinking
This study aims to examine the relationship of learning style to critical thinking skills in the higher education students. In this study, the Kolb Learning Style Inventory is used to determine learning styles while Watson Glasser Critical Thinking Appraisal is used to measure critical thinking. The subjects of the study were 154 students, coming from the students of the class of 2017. The data were analyzed using a t-test. The result is that is there a difference in critical thinking skills between convergent and divergent learning styles, where the critical thinking skills score in the convergent group is higher than critical thinking score in the diverging group, although most students have divergent learning styles.
International Conference on Education Innovation (ICEI 2018), 571-572, 2018
2018 Pembelajaran E-Learning Perkembangan Anak di Jurusan Psikologi
Metode pembelajaran konvensional dirasakan menjadi kurang efektif karena terbentur masalah ruang dan waktu. Teknologi Informasi menawarkan metode pembelajaran yang dinamakan metode e-learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan pembelajaran e-learning pada mahasiswa yang memprogrram mata kuliah Perkembangan Anak di Jurusan Psikologi. Metode penelitian menggunakan Model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Model ini dipilih karena tahapan-tahapan pengembangannya dipandang sesuai terutama untuk penyempurnaan dan implementasi bahan ajar e-materi dalam sistem online dan fasilitas interaksi mahasiswa dengan dosen dan antar mahasiswa. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa yang memprogram mata kuliah Perkembangan Anak sejumlah 34 mahasiswa. Pelaksanaan penelitian ini dilaksanakan selama empat kali pertemuan. Hasil penelitian ini adalah produk e-material yang telah divalidasi oleh ahli. Kuesioner disebarkan untuk diisi oleh mahasiswa dengan tujuan untuk mengukur respon mereka atas penggunaan e-learning dan e-material. Hasil analisis data menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh signifikan dari penerapan pembelajaran elearning terhadap hasil belajar mahasiswa.
Jurnal Psikologi Teori dan Terapan, 62-76, 2018
2018 Influence of Learning Cooperative Model Type Team Games Tournament Assisted Media Edugames Monopoly Questions to Activity and Cognitive Ability of Students in Class IV SDN …
This research aims to know differences in student learning activities and the influence of learning models Teams Games Tourrnament assisted media Edugames Monopoly Questions to students’ cognitive abilities. The type of this research is experimental research with nonequivalent control group design. The subjects of this study are SDN I Pajagalan I Sumenep, the sample in this study are IV A and IV B amount of students each 35 students. Data collection techniques used were observations and tests, research instruments used were observation sheets to observe student learning activities during learning and cognitive ability test the pretest-posttest. Data analysis technique is quantitative in the form of figures generated from the formula, by using statistical data analysis that is “t-test”. From the results of the study showed that the learning activities of experimental class students using the learning model TGT assisted media Edugames Monopoly Questions is different and better than the control class using conventional learning. While the cognitive abilities of the experimental class students are also higher than the control class. Thus the use of model cooperative TGT assisted media Edugames Monopoly Questions gives a positive influence on learning activities and cognitive abilities of students.
The 2nd International Conference On Child-Friendly Education (ICCE) 2018, 2018