Publikasi Fakultas Ilmu Pendidikan

Year Title Description Publisher Author(s)
2018 Pengaruh Media Audio Visual Interaktif Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Tema Hewan Dan Tumbuhan Di Sekolah Dasar
Fenomena yang terjadi pada kegiatan belajar mengajar di sekolah dasar yaitu minimnya hasil belajar terhadap kriteria ketuntasan minimum salah satu penyebabnya adalah media pembelajaran yang digunakan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang pengaruh media audio visual interaktif terhadap hasil belajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen melalui pendekatan kuantitatif, model penelitian yang digunakan adalah desain non equivalent control grup. Dan hasil penelitian menunjukkan bahwa dari perhitungan rata-rata kelas kontrol menunjukkan hasil 11, 28 sedangkan rata-rata kelas eksperimen menunjukkan 16, 85 kemudian diperoleh hasil t-test sebesar 2,184. Harga t tabel pada db= 64 dengan taraf signifikasi 5% adalah 2,000. Harga t hitung lebih besar dari t tabel, yaitu 2,184> 2,000. Selain itu, hasil respon siswa menunjukkan 93%. Hal ini ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan menggunakan media audio visual interaktif.
Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 3 (2), 253938, 2018
2018 Penerapan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sd
rendahnya hasil belajar IPA siswa kelas V salah satu sekolah dasar di Kecamatan Cidadap Kota Bandung merupakan latar belakang dari penelitian ini. Hal tersebut disebabkan karena kurangnya pelaksanaan pembelajaran IPA dengan melakukan percobaan, guru hanya menugaskan siswa untuk membayangkan peristiwa tanpa melakukan praktikum. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pelaksanaan dan peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas V sekolah dasar dengan menerapkan metode eksperimen. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas model Kemmis dan Mc Taggart yang dilaksanakan dalam dua siklus. Partisipan adalah siswa kelas V salah satu sekolah dasar di Kecamatan Cidadap Kota Bandung yang terdiri dari 24 orang siswa. Hasil penelitian menunjukkan (1) pelaksanaan pembelajaran dengan menerapkan metode eksperimen terdiri dari tiga tahap yaitu tahap eksposisi, eksplorasi, dan evaluasi/tindak lanjut;(2) nilai rata-rata dan persentase ketuntasan klasikal hasil belajar IPA yang diperoleh pada siklus I yaitu 64, 20 dan 37%, kemudian meningkat pada siklus II yaitu 78, 61 dan 97%. Berdasarkan data hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan metode eksperimen dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V sekolah dasar.
Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 3 (2), 22-29, 2018
2018 Perkembangan Karir Dan Pilihan Karir Wanita Muda Di Kota Surabaya
The purpose of this essay is to reveal the result of the study on which the essay is based. The study itself aims at identifying the factors that influence career development and career choice of young women, and also explaining the patterns of career development and career choice. The analysis shows that:(1) capacity/capability factor is the dominant factor that influences career development and career choice. This factor includes talent, interest, and intelligence,(2) kinds of professions also serves as a determinant factor in developing and choosing career. Some professions mostly taken by young women are hotel/store/company manager, teacher, and food seller.
Lentera 2 (1), 71-84, 2018
2018 Penerapan model problem based learning untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis mahasiswa
Tujuan penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan penerapan model Problem Based Learning dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa pada mata kuliah Psikologi Sosial di Jurusan Psikologi Fakultas Ilmu Pendidikan UNESA. Problem Based Learning digunakan untuk merangsang berpikir tingkat tinggi dalam situasi yang berorientasi masalah, termasuk di dalamnya kemampuan berfikir kritis. Melalui penerapan Problem Based Learning ini, mahasisiswa diharapkan dapat menggali dan menemukan sendiri pemecahan masalah yang dibahas dalam proses belajar mengajar didalam kelas. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Sebelum dilakukan penelitian hanya ada 66, 6% mahasiswa dalam kategori œcukup kritis sedangkan 33, 30% lainnya ada dalam kategori œtidak kritis. Setelah dilakukan tindakan dalam siklus I dan siklus II ditemukan bahwa mahasiswa yang termasuk dalam kategori œsangat kritis dari yang semula tidak ada meningkat menjadi 29% sementara itu, untuk kategori œkritis dari yang semula tidak ada meningkat menjadi 58% mahasiswa. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa dalam mata kuliah Psikologi Sosial jurusan Psikologi Fakultas Ilmu Pendidikan UNESA.AbstractThe purpose of this study was to describe the application of the Problem Based Learning model in improving students' critical thinking skills in the Social Psychology course at the Psychology Department of the Faculty of Education at UNESA. Problem Based Learning is used to stimulate high-level …
JP (Jurnal Pendidikan): Teori dan Praktik 3 (1), 7-12, 2018
2018 Understanding how teacher perceived teaching professionalism
This research aims to obtain a quantitative description of teacher's perception on the meaning of teaching profession. The data were collected using a questionnaire given to 22 randomly selected subjects of primary schools in Sidoarjo, Indonesia. This research employed descriptive statistical analysis using the Rasch Model. Rasch Model was chosen as data analysis tool since it allows detailed analysis of the person and item being measured. The result showed that teachers generally agree that teaching profession is one of high-status professions, although they differ in justifying the characteristics of a high-status profession, especially for the teaching profession
1st International Conference on Education Innovation (ICEI 2017), 294-297, 2018
2018 EFEK PSIKOLOGI PEMBERIAN NANOGOLD-NANOSILVER PADA PENDERITA KUSTA DARI PRESPEKTIF PEMIKIRAN MASA DEPAN
Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat yang dilakukan yaitu membagikan nanogold-nanosolver dalam bentuk krem kulit dan serum cair. Serum dapat disemprot maupun diminum untuk meningkatkan daya tahan tubuh termasuk dari kuman lepra. Sebagaimana diketahui stigma negative terhadap penderita kusta sampai saat ini belum dapat sepenuhnya dihilangkan. Masyarakat takut bergaul dengan penderita lepra karena takut tertular penyakit. Hal ini juga sangat dipahami oleh penderita lepra, karenanya mereka selalu ambil jarak dan tidak berani mendekati masyarakat. Penolakan dalam pergaulan ini menyebabkan trauma yang secara psikologi sulit disembuhkan bahkan menjadi menahun. Perlu suatu upaya untuk mengembalikan rasa percaya diri dari para penderita lepra. Salah satu upaya adalah dengan pemberian nanogold-nanosilver yang secara bertahap memulihkan luka fisik mereka. Nanogold …
Prosiding Semnas PPM 2018 1 (1), 680-687, 2018
2018 Parenting and Self Esteem Levels Of Children
The purpose of this research is to see parenting and level of self-esteem. This research using descriptive analytic methods in junior high school, with a cross-sectional approach The Self Esteem scale and parenting were given to 60 students. The univariate analysis showed that 51 students (85%) with authoritarian parenting with low self-esteem. There are three things that affect the level of children's self-esteem, namely: age, gender, and parenting patterns. Parenting is very important because it is through the parenting process that the child grows and develops into an individual figure with a set of characteristics in line with what he received during the upbringing process. There is a need for follow-up on parenting to produce a high level of self-esteem in a child.
2nd International Conference on Education Innovation (ICEI 2018), 99-103, 2018
2018 The Development of Comprehensive Guidance and Counseling Program Model
The aim of this research was to design and develop comprehensive guidance and counseling program covering the competency standard of personal, social as well as study and career field. This research used Research and Development (R & D) method. The population in this study were 450 students in Junior high school of 2017-2018 academic year. The data were collected through questionnaires, interviews, and observations. The results of the study concluded that guidance and counseling teachers had not yet comprehensively comprehended the preparation of comprehensive guidance and counseling programs. Dealing with the guidance and counseling done by teachers, it required an overview of the development program model in order to facilitate teachers dealing with guidance and counseling in implementing the program and providing services for the students. A comprehensive guidance and counseling program model were developed to meet the school needs and conditions.
2nd International Conference on Education Innovation (ICEI 2018), 367-370, 2018
2018 Relationship Between Self-Concept and Socioeconomic Status with Student Career Planning in Vocational School
The aim of this research to determine how big the relationship between self-concept and socioeconomic status with career planning students in Vocational High School. This research uses the quantitative approach with multiple correlation research type. The population in this study are 289 students in vocational school year 2017-2018. Sampling technique using a proportional sample technique, so that the sample in this research is 99 students. The analysis in this research using multiple correlation analysis. Based on the data analysis technique used empirical correlation coefficient is greater than the correlation coefficient of the table, the correlation is significant and if the empirical correlation coefficient is smaller than the correlation coefficient of the table, the correlation is not significant, with the significance level of the number of samples used at 5% significance level. So it can be concluded there is a relationship simultaneously and significantly between self-concept and socioeconomic status with career planning students in Vocational School of 12.4%.
2nd International Conference on Education Innovation (ICEI 2018), 252-255, 2018
2018 Penerapan Teknik Mind Mapping Dalam Bimbingan Kelompok Untuk Mengelola Penggunaan Gadget Pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 3 Tuban
Penerapan teknik mind mapping dalam bimbingan kelompok yang diberikan di kelas XI IPS 3 SMAN 3 Tuban yang dilakukan dengan teknik pengambilan subjek non-probability sampling yang menggunakan purposive sample yaitu pengambilan sampel berdasarkan tujuan tertentu. Fokus penelitian ini hanya pada kelas XI IPS 3 SMAN 3 Tuban, yang sekaligus ditetapkan sebagai sampel dalam penelitian ini. Penentuan kelas dalam penelitian ini berdasarkan saran dari guru BK SMAN 3 Tuban yang terlebih dahulu telah melakukan need asessment. Dari kelas yang telah ditentukan selanjutnya dilakukan pre-test untuk mengetahui skor awal dalam angket pengelolaan gadget sebelum diberikan perlakuan penerapan teknik mind mapping dalam bimbingan kelompok. Penggunaan angket ini untuk mengetahui perbedaan skor kemampuan pengelolaan penggunaan gadget dengan tambahan data yang berasal dari jurnal harian yang diberikan selama pemberian perlakuan dan setelah perlakuan.
None 8 (2), 253722, 2018