Publikasi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Year Title Description Publisher Author(s)
2015 Penggunaan Media Power Point Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ips Siswa Di Kelas Vi Sdn Kaliasin Vii Surabaya
Penelitian ini berlatar belakang rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Diketahui bahwa para siswa memiliki nilai ulangan harian yang tidak mencapai nilai KKM yang telah ditentukan. Dari observasi awal diperoleh hasil siswa yang memiliki nilai ketuntasan minimal sebanyak 9 dari 28 keseluruhan siswa atau sekitar 32%. Masalah yang muncul adalah siswa tidak bisa melihat kondisi riil yang terdapat pada materi sehingga sulit bagi mereka untuk menerima materi pelajaran. siswa merasa jenuh dengan pembelajaran yang dirasa monoton; guru juga masih melakukan pembelajaran dengan teks book oriented; media pembelajaran yang dipakai juga masih tergolong konvensional dan kurang menarik minat siswa; saat proses pembelajaran siswa kurang tertarik untuk menerima materi. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa selama proses pembelajaran IPS dengan menerapkan penggunaan media power point. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Dilakukan melalui dua siklus dan setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan dan pengamatan, refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI SDN Kaliasin VII Surabaya yang berjumlah 28 siswa dengan jumlah 13 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkkan bahwa pelaksanaan pembelajaran selama pembelajaran mengalami peningkatan selama dua siklus dengan persentase ketuntasan 64% pada siklus I dan 86% pada siklus II. Jenis penelitian …
Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 3 (2), 253657, 2015
2015 Kompetensi Pedagogik Guru Pada Anak Berkebutuhan Khusus di SDN Inklusi Klampis Ngasem 1 Surabaya
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kompetensi pedagogik guru pada ABK di SDN inklusif Klampis Ngasem 1 Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif yaitu penelitian yang mendeskripsikan secara sistematik mengenai kompetensi pedagogik guru pada anak berkebutuhan khusus dengan memperhatikan karakteristik ABK. Peneliti menggunakan tiga jenis penelitian kualitatif yaitu studi dokumentasi, observasi partisipan, dan wawancara terpusat. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa guru yang memiliki latar belakang pendidikan PGSD dan pengalaman mengajar dapat memenuhi sembilan dari sepuluh aspek kompetensi pedagogik guru. Hasil penelitian ini sekaligus membuktikan teori yang menyatakan bahwa kompetensi profesional guru, selain berdasarkan pada bakat yang dimiliki guru, pengalaman mengajar, juga berdasar pada latar belakang pendidikan, yang ketiganya memegang peranan penting dalam proses pembentukan kompetensi pedagogik guru.
Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 3 (2), 195-207, 2015
2015 Pengaruh penggunaan media big book terhadap kemampuan literasi informasi siswa sekolah dasar
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh yang signifikan pada penggunaan media big book terhadap kemampuan literasi informasi siswa dan untuk mengetahui bagaimana penggunaan media big book terhadap kemampuan literasi informasi siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan rancangan Nonequivalent Control Group Design. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan perangkat tes. Penggunaan media big book, terlaksana dengan baik, terlihat dari rata-rata hasil kedua observer yang menunjukkan persentase 92, 5%. Penelitian menunjukkan hasil yang sangat signifikan dengan probabilitas 0,000. Rata-rata nilai kemampuan literasi informasi siswa pada kelas eksperimen sebesar 14, 50. Sedangkan, pada kelas kontrol sebesar 6, 82. Hal tersebut menunjukkan adanya pengaruh pada penggunaan media big book pada kelas eksperimen yang diberikan perlakuan (treatment).
Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 3 (2), 253665, 2015
2015 Pendidikan IPS: Berorientasi Praktik yang Baik
Unesa University Press 1, 126, 2015
2015 Penerapan Cooperative Learning Time Token Sebagai Upaya Meningkatkan Aktivitas Oral dan Hasil Belajar Mahasiswa PGSD Kelas D Angkatan 2013 Mata Kuliah Pendidikan IPS
Matakuliah Pendidikan IPS merupakan salah satu matakuliah keilmuwan pada kurikulum S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) di Universitas Negeri Surabaya. Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan peneliti terdapat beberapa masalah yaitu partisipasi mahasiswa saat diskusi sangat kurang yaitu hanya 7 orang aktif (12, 96%). Persentase rata-rata hasil belajar belum menunjukkan hasil yang belum memuaskan 69, 16%. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model kooperatif time token dalam upaya meningkatkan aktivitas oral dan hasil belajar mahasiswa. Desain penelitian ini merujuk pada desain siklus PTK Model Kemmis dan McTaggart yang terdiri dari tahap (1) perencanaan,(2) pelaksanaan dan observasi,(3) refleksi. Subjek penelitian adalah mahasiswa S1 PGSD Kelas D Angkatan 2013 Universitas negeri Surabaya. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, tes, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model kooperatif time token dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar, sebagai berikut, aktivitas oral pada siklus I pertemuan 1 sebesar 31, 48%, dan pada siklus II menjadi 64, 81%. Untuk aspek hasil belajar, pada siklus I pertemuan 1 diperoleh hasil 79, 53%, dan siklus II sebesar 82, 96%. Namun, setelah peneliti menerapkan model kooperatif time token ini, terdapat kekurangan yaitu model ini memerlukan waktu yang lama karena banyak mahasiswa yang ingin berpartisipasi aktif.
Widyagogik: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar 3 (1), 19-30, 2015
2015 Erik’s Oppression in Gaston Leroux’s The Phantom of the Opera
Erik’s oppression is the main focus of this study in Gaston Leroux’s novel entitled The Phantom of the Opera. This study applies descriptive analysis method. The main data is taken from the novel written by Gaston Leroux entitled The Phantom of the Opera. This thesis is purposed to analyze how the depiction of Erik’s oppression, also give the analysis of the factors and also the impacts of Erik’s oppression, that is already stated in the statement of the problem. Oppression is arbitrary thing that someone do to the minorities who does not have power to against it. The concept of oppression, refers to the unjust use of power. This study applies the concept of oppression and the theory of power and oppression by several expert, such Peg O’Connor and Elizabeth D. Hutchison. The theories and concept are well applied to reveal the statement of the problem. The analysis points out that Erik has pictured the image of oppression which dominate in this novel. Erik with his power dominate and oppress the others by giving some rules in Paris Opera, such the manager have to pay some money to him. It is because Erik with his great expertise feels has a higher power than others. This oppression made people surround him depressed and made them submissive by his power. However oppression can definitely lead to something that is not fair. Supervision and control themselves may be also avoid that action. Key Words: oppression, power Abstrak Penindasan Erik adalah fokus utama dari studi ini dalam novel Gaston Leroux berjudul The Phantom of the Opera. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif. Data utama diambil dari novel yang …
LITERA KULTURA: Journal of Literary and Cultural Studies 3 (2), 2015
2015 Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) terhadap Hasil Belajar Tema Selalu Berhemat Energi Kelas IV
Tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) terhadap hasil belajar tema selalu berhemat energi kelas IV SDN Babatan 1 Surabaya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu dengan tahap pemberian pre-test, treatment, dan post-test. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran dan motivasi belajar peserta didik. Sedangkan tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar peserta didik. Hasil pengumpulan data tersebut dianalisis dengan menggunakan teknik t-test dengan prasyarat homogenitas. Dari hasil penelitian dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) menunjukan perbedaan hasil belajar yang sangat signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada kelas kontrol dengan nilai pre test berjumlah 1185 dengan rata-rata kelas 51, 52 dan nilai post test berjumlah 2026 dengan rata-rata kelas sebesar 89, 65. Sedangkan pada kelas kontrol terjadi peningkatan hasil belajar tetap tidak signifikan yaitu dengan nilai pre test berjumlah 1114 dengan rata-rata kelas sebesar 48, 43 dan nilai post test berjumlah 1759 dengan rata-rata kelas 76, 47.
Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 3 (2), 253877, 2015
2015 Meningkatkan Hasil Belajar Operasi Hitung Perkalian Dan Pembagian Dengan Menggunakan Media Kartu Bilangan Pada Siswa Kelas III SDN Cangkring II Sidoarjo
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa selama pembelajaran serta untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Adapun metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus, dimana satu siklus terdiri dari dua pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas III SDN Cangkring II Krembung Sidoarjo, yang berjumlah 23 orang, terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan tes hasil belajar siswa. Ketercapaian pembelajaran mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Aktivitas guru pada siklus I sebesar 71, 59% dengan kategori cukup dan pada siklus II sebesar 94, 32% dengan kategori sangat baik. Aktivitas siswa pada siklus I sebesar 65% dengan kategori cukup aktif dan pada siklus II sebesar 95% dengan kategori sangat aktif. Skor hasil belajar siswa secara klasikal meningkat, pada siklus I sebesar 17, 39% dan pada siklus II sebesar 30, 43%. Sedangkan ketuntasan belajar juga mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 60, 87% dan pada siklus II sebesar 91, 30%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan media kartu bilangan materi operasi hitung perkalian dan pembagian dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas III di SDN Cangkring II Krembung Sidoarjo serta memberikan suasana belajar yang menyenang dan dapat memotivasi siswa untuk aktif dalam pembelajaran.
Skripsi. Surabaya: FIP UNESA, 2015
2015 Pengaruh Pemutaran Musik Instrumental Terhadap Hasil Belajar Volume Kubus dan Balok
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemutaran musik instrumental terhadap hasil belajar volume kubus dan balok. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan rancangan penelitian non-eqiuvalent control group design. Sampel yang diambil untuk penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen berjumlah 21 siswa dan kelas kontrol berjumlah 24 siswa. Kelas eksperimen mendapat perlakuan dengan diputarkan musik instrumental saat pembelajaran berlangsung dan kelas kontrol sebaliknya. Data penelitian diperoleh dari hasil pre-test dan post-test sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pemutaran musik instrumental dengan hasil belajar volume kubus dan balok siswa. Hal ini dibuktikan dari penghitungan pre-test dan post-test yang memberikan nilai t hitung 7, 17> t tabel 2,017.
Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 3 (2), 900-910, 2015
2015 Pengaruh Penggunaan Media Tiga Dimensi terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Sifat-Sifat Kubus Dan Balok Siswa Sekolah Dasar
Latar belakang penelitian ini yaitu pembelajaran matematika di SDN Karangagung Tuban khususnya pada kelas IV masih belum menggunakan media pembelajaran yang inovatif. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh penggunaan media tiga dimensi terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi eksperimen bentuk Non-equivalent Control Group Design. Pengumpulan data menggunakan metode tes (Pre-test dan Post-test) dan dokumentasi. Hasil penelitian melalui uji t-test menunjukkan bahwa t hitung sebesar 2,092 lebih besar daripada t tabel sebesar 2,000, sehingga dapat disimpulkan bahwa secara signifikan ada pengaruh sangat positif pada penggunaan media tiga dimensi terhadap hasil belajar matematika materi sifat-sifat kubus dan balok siswa kelas IV SDN Karangagung Tuban.
Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 3 (2), 253882, 2015