Publikasi S2 Pendidikan Dasar

Year Title Description Publisher Author(s)
2015 Pengaruh Penggunaan Media Gambar Seri Terhadap Keterampilan Menulis Narasi Siswa Kelas IV SDN di Kecamatan Kebomas Gresik
Menulis merupakan keterampilan berbahasa yang kompleks dan kegiatan untuk mengekspresikan diri. Salah satu media yang dapat digunakan dalam pembelajaran menulis adalah gambar seri. Oleh karena itu, diperlukan penelitian untuk mengetahui pengaruh penggunaan media gambar seri terhadap keterampilan menulis narasi bagi siswa kelas IV SDN. Penelitian yang dilakukan adalah eksperimen semu (quasi experiment) dengan pretest and post test group design. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Uji hipotesis menggunakan t-test dan uji gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media gambar seri terhadap keterampilan menulis narasi siswa kelas IV SDN Kebomas dan SDN 4 Randuagung berjalan sangat baik. Uji t terhadap nilai pre test dan post test siswa kelas IV SDN Kebomas diketahui t t (5%= 2,052)< t hitung (16, 2305) dan uji gain sebesar 0, 44. Uji t nilai siswa kelas IV SDN 4 Randuagung diperoleh t t (5%= 2,042)< t hitung (18, 41446) dan uji gain sebesar 0, 54. Berdasarkan analisis yang dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media gambar seri mempunyai pengaruh yang terhadap keterampilan menulis narasi siswa.
Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 3 (2), 253994, 2015
2015 Penggunaan Media Kartu Kata untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I SDN Sumbergirang 2 Puri Mojokerto
Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya kemampuan siswa dalam membaca permulaan karena beberapa permasalahan yaitu siswa kurang bisa memadukan huruf meskipun sudah melek huruf, guru measih menggunakan metode dan strategi yang konvensional serta tidak menggunakan media yang tepat dalam pembelajaran membca. Sehingga dalam penelitian ini ada tiga permasalahan adalah bagaimanakah pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan media kartu kata meningkatkan kemampuan membaca permulaan, bagaimanakah hasil belajar siswa dalam membaca permulaan melalui pembelajaran dengan menggunakan media kartu kata, kendala-kendala apa sajakah yang ditemui dalam pembelajaran membaca permulaan dengan menggunakan media kartu kata dan bagaimanakah cara mengatasinya Penelitian ini berbentuk penelitian tindakan kelas (Classroom action research) dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjeknya adalah guru dan siswa kelas I SDN Sumbergirang 2 Puri Mojokerto yang berjumlah 19 siswa. Rancangan penelitian ini melawati tiga tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan dan observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan setiap siklus ada dua pertemuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan lembar observasi, lembar tes dan catatan lapangan. Hasil penelitian siklus I, untuk keterlaksanaan pembelajaran mencapai 73, 6%, hasil belajar siswa secara klasikal 73, 6%, dan catatan lapangan adalah guru perlu mengatur waktu yang baik dan siswa belum terbiasa mengikuti pembelajaran dengan media kartu kata. Hasil penelitian …
Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 3 (2), 253991, 2015
2015 PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATA KULIAH PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SD BERBASIS MULTIMEDIA PADA JURUSAN PGSD FIP UNESA
Tujuan penelitian adalah mengembangkan bahan ajar mata kuliah (MK) Pembelajaran Bahasa Indonesia (PBI) berbasis multimedia pada Jurusan S1 PGSD. Tujuan umum tersebut selanjutnya dirinci menjadi tujuan khusus, yaitu (1) menjelaskan kualitas substantif bahan ajar dan (2) menjelaskan implikasi bahan ajar MK PBI berbasis multimedia pada Jurusan S1 PGSD. Penelitian ini merupakan penelitian tahun pertama untuk merancang produk sampai dengan tahapan validasi ahli dan uji kelompok terbatas. Desain penelitian ini menggunakan 10 tahap pengembangan Borg dan Gall. Data penelitian tahun pertama berupa data kualitas produk dari hasil validasi ahli materi dan media serta data hasil uji coba terbatas. Pengumpulan data dilakukan dengan validasi produk, pemberian tes, observasi, dan wawancara. Instrumen penelitian menggunakan lembar validasi produk, tes, pedoman observasi, dan …
Wacana 7 (1), 2015
2015 Pengembangan Buku Suplemen Berorientasi Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Laporan Siswa Kelas V SD
Penelitian pengembangan ini dilakukan dengan tujuan untuk memaparkan prosedur pengembangan buku suplemen, hasil produk buku suplemen yang berkualitas, serta efektivitas buku suplemen terhadap keterampilan menulis laporan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (research and development). Teknik pengumpulan data menggunakan validasi, angket, observasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dari skor validasi, observasi, hasil tes, serta hasil angket. Cara pendeskripsiannya melalui teknik analisis data kualitatif. Penelitian pengembangan ini menghasilkan produk pengembangan buku suplemen yang berkualitas melalui empat tahap prosedur pengembangan, yaitu: penetapan, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Kualitas produk ditentukan dari tiga kriteria yaitu: kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Kevalidan ditentukan dari penilaian yang diberikan ahli materi dan desain buku suplemen yaitu sangat baik dengan persentase 97, 33% dan 100%. Kepraktisan ditentukan dari pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan buku suplemen yaitusangat baik dengan persentase keterlaksanaan sebesar 100% dan nilai ketercapaian sebesar 98, 34. Efektivitas ditentukan dari analisis hasil tes siswa melalui uji t 5% diperoleh hasil t hitung lebih besar dari t tabel yaitu, 25.79> 2.776 pada uji pengembangan 1 dan 44.93> 2.021 pada uji pengembangan 2. Tanggapan yang diberikan siswa adalah sangat baik dengan persentase sebesar 100% pada uji pengembangan 1 dan 2. Dapat disimpulkan bahwa produk buku suplemen yang …
Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 3 (2), 2057-2066, 2015
2014 Penenrapan model kooperatif tipe jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di Sekolah dasar
Latar belakang penelitian ini adalah untuk menganalisa dampak penggunaan model kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil pembelajaran IPA. Hampir sebagian siswa dalam kelas ketuntasan belajar klasikal siswa hanya mencapai 65% dengan Kriteria Ketuntasan Minimal 70. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa dalam penerapan model kooperatif tipe jigsaw pada mata pembelajaran IPA siswa kelas IV SDN Kauman Mojokerto. Data penelitian diperoleh melalui observasi dan tes. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar IPA dan mencapai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan. aktivitas guru mengalami peningkatan sebesar 18% yaitu 75% siklus I dan naik menjadi 93% di siklus …
Jurnap pendidikan sekolah dasar 7 (model pembelajaran inovatif), 386-405, 2014
2014 Pengaruh Bermain Peran Jual-Beli Terhadap Kemampuan Mengenal Bilangan Dan Lambang Bilangan Anak Kelompok A Di Tk Tulus Sejati
Penelitian ini dilatarbelakangi pada proses pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan anak kelompok A di TK Tulus Sejati yang masih berupa penugasan dan menggunakan media buku dan LKA pada pembelajaran yang dilaksanakan setiap hari. Hal ini menyebabkan anak mengalami permasalahan dalam pemahaman konsep bilangan dan lambang bilangan. Oleh karena itu, pemahaman konsep bilangan anak harus dikembangkan dengan menggunakan cara yang tepat. Salah satunya adalah dengan metode bermain peran jual-beli. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh bermain peran jual-beli terhadap kemampuan mengenal bilangan dan lambang bilangan anak kelompok A di TK Tulus Sejati. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Quasy-Experimental dengan jenis Nonequivalent Control Group Design. Subyek pada penelitian ini adalah 25 anak kelas A1 dan 25 anak kelas A2. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi dan dokumentasi. Data yang lapangan yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis data Mann Whitney U-Test menggunakan metode komputerisasi SPSS 16 dengan derajat kemaknaan (p)< 0, 05. Jika (p)< 0, 05 maka hasil penelitian ini dinyatakan signifikan adanya pengaruh antara dua variabel.Berdasarkan hasil penelitian ditemukan kemampuan mengenal bilangan dan lambang bilangan perbedaan rata-rata kemampuan anak sebelum dan sesudah perlakuan, untuk kelompok eksperimen semula berjumlah 8, 16 (pretest) kemudian meningkat menjadi 11, 11 (posttest). Selisih 2, 95 poin antara rerata pre test dan …
Jurnal Ilmu Pendidikan.(Online) 3 (3), 2014
2014 Penggunaan Media Benda Konkret untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Deskripsi Siswa Kelas IV SDN Krian IV Sidoarjo
Dari hasil pengamatan, diketahui penyebabnya yaitu belum digunakannya media benda konkret sebagai upaya untuk meningkatkan keterampilan menulis deskripsi siswa dan belum pahamnya siswa tentang keterampilan menulis deskripsi. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran dengan menggunakan media benda konkret, mendeskripsikan hasil belajar keterampilan menulis deskripsi siswa dan mendeskripsikan kendala apa saja yang terjadi dan bagaimana cara mengatasi dalam pembelajaran dengan menggunakan media benda konkret. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan pengamatan aktivitas guru, aktivitas siswa, tes dan catatan lapangan. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada proses pengamatan aktivitas guru mengalami peningkatan. Pada siklus I rata-rata aktivitas guru 78, 9% sedangkan pada siklus II rata-rata aktivitas guru 93, 49% terjadi peningkatan sebesar 14, 59%. Pada aktivitas siswa, siklus I rata-rata aktivitas siswa 75, 31%, siklus II 89, 37% terjadi peningkatan sebesar 14, 06%. Hasil tes siswa juga mengalami peningkatan, pada siklus I rata-rata kelas 68, 1 sedangkan pada siklus II 82, 1. Simpulan peneliti adalah penggunaan media benda konkret dalam pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan menulis deskripsi siswa kelas IV SDN Krian IV Sidoarjo Kata …
Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2 (2), 1-8, 2014
2014 Development of Competence Balance-Oriented Integrative Thematic Learning Tools to Foster Critical Thinking Skill and Positive Character of Elementary School Students
The balance of critical thinking ability and positive character traits in children is a major base in the growing potential for children to be fully Indonesian people as expected in the national education goals. To meet the needs of learning orientation necessary to balance competence, which in turn is expected to foster critical thinking ability and positive character of elementary school students.The purposes of this study were : (a) developing a competency balance oriented integrative thematic learning to foster critical thinking ability and positive character of students, (b) develop learning tools in Elementary School to foster critical thinking ability and positive attitudes of elementary school students The results of this study have been developed : (1) thematic integrative learning tools in Elementary Schools to empower positive behavior and thinking ability students through research involving students, consisting of syllabus, and learning plan, (2) a material description, student worksheet, media , and thematic learning assessment tools in elementary school.
International Journal of Education and Practice 2 (12), 275-288, 2014
2014 Model pembelajaran inovatif melalui pemaknaan
Surabaya: Unipress, 2014
2013 Model dan Metode Pembelajaran Bahasa
Online, 2013