Publikasi Fakultas Ilmu Pendidikan

Year Title Description Publisher Author(s)
2019 Penerapan konseling kelompok pendekatan solution-focused brief therapy (SFBT) untuk mengurangi perilaku membolos siswa di SMPN 33 Surabaya
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengurangi perilaku membolos siswa melalui konseling kelompok pendekatan Solution-Focused Brief Therapy (SFBT). Metode penelitian yang digunakan adalah single subject desain AB dengan analisis data visual–kuantitatif. Subjek penelitian berjumlah tiga dengan pengumpulan data dilakukan secara observasi yang menunjukkan ciri-ciri dari perilaku membolos dan didukung absensi semester ganjil sebagai data awal. Konseling dilakukan 6 kali dengan satu kali tiap minggu dengan durasi±45 menit setiap pertemuan. Berdasarkan data, ketiga subjek selalu melakukan perilaku membolos pada setiap bulannya dengan total ADW sebanyak 23 kali, LRA 22 kali dan KAF 15 kali. Perolehan kecenderungan stabilitas ketiga subjek mengalami penurunan dari fase baseline (20%) ke fase intervensi (0%), hal ini dikarenakan perolehan skor perilaku membolos telah berkurang sebab tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengurangi perilaku membolos. Perolehan data overlap dari subjek LRA 50% dan ADW serta KAF 0%, dimana semakin rendahnya persentase menunjukkan semakin baik pengaruh intervensi. Sehingga dapat disimpulkan penelitian ini berhasil karena intervensi yang diberikan memiliki efek yang baik terhadap konseli dengan ditunjukkannya perilaku membolos sudah berkurang. Peneliti merekomendasikan kepada guru BK sebagai alternatif dalam menghadapi siswa dengan perilaku membolos menggunakan konseling SFBT
Jurnal BK UNESA 9 (3), 33-41, 2019
2019 Indonesian teachers’ epistemological beliefs and inclusive education
A growing number of children with intellectual disabilities attend inclusive schools in Indonesia. Previous research has suggested that teachers’ type of school and experience influences their beliefs about inclusive education. This research collected questionnaire data from 267 Indonesian teachers and compared the responses from those working in inclusive, special and regular schools regarding their epistemological and pedagogical beliefs. The results showed that teachers in inclusive schools expressed stronger social constructivist beliefs than those in other schools. However, it was teachers’ epistemological beliefs, rather than their type of school or experience, which were the significant predictor of their beliefs about inclusive education. The findings suggest that international epistemological research needs to have a more nuanced view of constructivist models of learning to better understand and inform how …
Journal of Intellectual Disabilities 23 (1), 39-56, 2019
2019 THE EFFECTS OF CLOCITY MEDIA ON SPEAKING SKILLS OF CHILDREN AGED 5-6 YEARS
This study was motivated by the lack of speaking skills in children aged 5-6 years. In order to overcome these problems, in this study, clocity media was chosen to increase vocabularies when children tell stories related to time. This study used an experimental research design. The data analysis technique used was t-test. The pre-test results showed an average of 0.160, while the posttest results showed an average of 0.263. The results of the pretest and posttest show that it was greater than 0.05 so the data was normally distributed. The results showed a significant level of 0.000, meaning less than 0.05, so it can be concluded that there was a significant influence of the use of clocity media on the speaking skills of children aged 5-6 years.
JURNAL INDRIA (Jurnal Ilmiah Pendidikan Prasekolah dan Sekolah Awal) 4 (2 …, 2019
2019 Pengaruh Kegiatan Menggambar Terhadap Kreativitas anak Kelompok B di TK Dharma Wanita
Penelitian pada anak kelompok B di TK Dharma Wanita Pabean II dilatarbelakangi oleh keterampilan seni kreativitas anak belum sesuai dengan standar tingkat pencapaian perkembangan anak usia 5-6 tahun terutama pada kegiatan menggambar. Hal ini terlihat pada saat kegiatan menggambar, guru memberikan arahan dalam kegiatan menggambar yang dimana anak diminta untuk menirukan gambar yang sudah dicontohkan guru, dalam kegiatan menggambar ini dari 14 anak terdapat 5 anak yang mampu menggambar secara mandiri dan bagus, serta terdapat 9 anak yang mengalami kesulitan dalam kegiatan menggambar. Sehingga perlu peningkatan perkembangan kreativitas dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh kegiatan menggambar terhadap kreativitas anak kelompok B di TK Dharma Wanita Pabean II. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi experiment dan desain penelitian nonequivalent pretest-posttest control group desain. Desain ini memiliki kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Penelitian ini menggunakan kelompok kontrol dan kelompok eksperimen yang masing-masing memiliki sampel berjumlah 14 anak. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data uji Mann Whitney U Test dengan bantuan SPSS 19. Berdasarkan hasil uji Mann Whitney U Test diketahui bahwa nilai Asymp. Sig.(2 tailed) yaitu sebesar 0,020. Maka nilai Asymp. Sig 0,020< 0, 05 maka sesuai dengan dasar pengambilan keputusan uji Mann Whitney U Test dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Penolakan terhadap Ho mengandung pengertian bahwa ada pengaruh …
Jurnal PAUD Teratai Vol 8 (3), 2019
2019 Pengembangan Media Dakon Geometri Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Anak Usia 4-5 Tahun. 8 (2)
Pengenalan bentuk geometri merupakan salah satu sub yang termasuk dalam pembelajaran matematika. Maka perlunya pengenalan bentuk geometri untuk diajaran kepada anak usia dini, karena menjadi salah satu bekal dalam pembelajaran matematika untuk pendidikan selanjutnya. Pengembangan media dakon geometri merupakan salah satu media yang mampu membantu mengenal bentuk geometri (lingkaran, segitiga, dan segi empat) anak usia 4-5 tahun. Metode penelitian menggunakan Research and Development Borg & Gall. Desain penelitian menggunakan quasi experimental desaign jenis nonequivalent control group design. Penelitian dilakukan di TK Bina Tunas Bangsa sebagai uji kelayakan dengan jumlah 2 anak, 5 anak, dan TK Hidayatullah sebagai uji kelayakan dan keefektifan media dengan jumlah 10 anak. Hasil uji validasi ahli materi dan ahli media memperoleh nilai 100%. Hasil uji coba produk memperoleh 75% dan 76, 87% dengan saran dari guru berupa cara penggunaan yang awalnya lubang kecil berisi biji bentuk geometri beda-beda dengan saran menjadi lubang kecil berisi biji bentuk geometri dikelompokkan sesuai dengan warna dan bentuk dan pemberian tanda panah serta start di media. Hasil uji coba kelompok besar menyatakan bahwa media dakon geometri sudah layak digunakan dan tidak mendapat saran. Hasil uji keefektifan yang dilakukan di TK Hidayatullah pada kelas kontrol dan eksperimen yaitu memperoleh hasil nilai rata-rata kenaikan selisih posttest-pretest pada data kelompok eksperimen sebesar 4, 6 sedangkan pada data kelompok kontrol sebesar 3, 4 sehingga dapat disimpulkan …
PAUD Teratai 8 (2), 2019
2019 The Effect of Show and Tell Method on Children’s Confidence
This study aims to determine the effect of show and tell method on self-confidence for students aged 4-5 years. This quantitative research uses Pre-Experimental Design with One Group Pre-Test Post-Test. The subjects were 25 children aged 4-5 years. Data were collected using observation along with its assessment tools, the observation sheets and documentation. Data were analyzed using Wilcoxon Match Pairs Test, tobserved< ttable. The result showed that tobserved was-7.5 and ttable was 89 with a significance level of 5%, meaning that Ho is rejected and Ha is accepted. Therefore, it can be concluded that there is a significant effect of the show and tell method on the confidence of children aged 4-5 years.
5th International Conference on Education and Technology (ICET 2019), 96-98, 2019
2019 Pengembangan Media Numeric Stick Dalam Menstimulasi Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan 1-20 Anak Usia 5-6 Tahun
Anak usia dini merupakan masa keemasan (the golden age), namun sekaligus periode yang sangat kritis dalam tahap perkembangan manusia. Tujuan dari penelitian ini yakni untuk mendeskripsikan dan menganalisis desain pengembangan media numeric stick, keefektifan media numeric stick, serta respon anak dalam penggunaan media numeric stick. Pengembangan media numeric stick dirancang berdasarkan prinsip media pembelajaran PAUD yang menyenangkan dan menarik. Metode penelitian menggunakan jenis penelitian Research and Development. Prosedur penelitian yang digunakan menggunakan langkah-langkah prosedur penelitian dari Borg and Gall. Penelitian ini menggunakan desain uji coba one group pretest posttest. Uji coba dilakukan pada 2 lembaga yaitu pada TK Islam Terpadu Nada Ashobah dan TK Cempaka dengan jumlah subjek uji coba 37 anak. Hasil uji validasi produk dengan ahli materi dan ahli media, diperoleh hasil nilai rata-rata 84% dari ahli materi dan nilai rata-rata 90% dari ahli media. Data uji normalitas menggunakan uji kolmogorov smirnov spss 16. Hasil dari uji normalitas kolmogorov smirnov diperoleh data berdistribusi tidak normal sehingga dilanjutkan dengan menggunakan uji wilcoxon. TK Islam Terpadu Nada Ashobah setelah dihitung menggunakan uji wilcoxon diperoleh data Thitung< Ttabel (0< 81). TK Cempaka Thitung< Ttabel (0< 17). Kesimpulannya adalah bahwa media numeric stick dapat menstimulasi kemampuan mengenal lambang bilangan 1-20 anak usia 5-6 tahun. Respon anak terhadap media numeric stick yaitu anak sangat senang, anak sangat antusias dalam …
Jurnal PAUD Teratai 8 (02), 2019
2019 Pengaruh Metode Eksperimen terhadap Kemampuan Sains Mengenal Benda Cair pada Anak Kelompok B TK Hidayatullah Lidah Kulon 1/58 Surabaya
Kemampuan sains bisa terhambat dapat disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah penggunaan metode dan media pembelajaran yang tidak konkrit dan tidak sesuai dengan materi yang akan diberikan kepada anak. Solusi untuk permasalahan tersebut yaitu pengenalan benda cair menggunakan metode eksperimen dengan menggunakan benda konkrit. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktikan ada atau tidaknya pengaruh metode eksperimen terhadap kemampuan sains mengenal benda cair pada anak kelompok B TK Hidayatullah Lidah Kulon 1/58 Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen menggunakan jenis Quasi Eksperimental Design jenis Non equivalent Control Group Design. Sampel pada penelitian ini sebanyak 28 anak. Teknik pengambilan sampel menggunakan Sampling jenuh. Perhitungan teknik analisis data menggunakan rumus Mann Whitney U Test. Hasil dari rumus Mann Whitney U Test. Memperoleh Uhitung yaitu 19, 5 dan Utabel 47 yang berarti rhitung> rtabel, maka Ha diterima dan H0 ditolak. Berdasarkan hasil perhitungan di atas diketahui bahwa nilai 19, 5> 47. Hal ini berarti bahwa terdapat pengaruh metode eksperimen terhadap kemampuan sains mengenal benda cair pada anak kelompok B TK Hidayatullah Lidah Kulon 1/58 Surabaya.
Paud Teratai, 2019
2019 Pengaruh Teknik Modifikasi Fading Terhadap Kemampuan Keaksaraan Pada Kelompok A TK Dharma Wanita Persatuan Jabon Sidoarjo
Kemampuan keaksaraan termasuk dalam aspek perkembangan bahasa. Kemampuan keaksaraan harus dimiliki anak agar kemampuan membaca dan menulis dapat dikuasai anak di kemudian hari. Pada kelompok A TK Dharma Wanita Persatuan Kedungpandan dan TK Dharma Wanita Persatuan Semambung ditemukan bahwa kemampuan keaksaraan anak masih kurang dalam hal menulis huruf. Salah satu teknik yang dapat digunakan dalam hal ini adalah teknik modifikasi fading. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh teknik modifikasi fading terhadap kemampuan keaksaraan pada kelompok A TK Dharma Wanita Persatuan Jabon Sidoarjo. Jenis penelitian ini menggunakan jenis eksperimen dengan rancangan Quasi Eksperimental jenis Nonequivalent Control Group Design.Jumlah sampel dalam penelitian ini yaitu 30 anak anak kelompok A yang terdiri dari 15 anak di TK Dharma Wanita persatuan Kedungpandan dan 15 anak di TK Dharma Wanita persatuan Semambung Jabon Sidoarjo. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu uji hipotesis menggunakan uji Mann-Whitney. Berdasarkan uji Mann Whitney yang dilakukan dengan bantuan SPSS 16 maka didapatkan hasil Asymp. Sig.(2-tailed) menunjukkan nilai 0,011 kurang dari 0, 05 atau 0,011< 0, 05. Maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan kemampuan keaksaraan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen memiliki selisih nilai pre-test dan post-test lebih tinggi daripada kelas eksperimen. Hal tersebut menunjukkan bahwa teknik …
Jurnal UNESA, 2019
2019 Pengaruh Permainan “Lola Kena” Terhadap Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 25 Wage Sidoarjo
Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui pengaruh permainan “lola kena” terhadap kemampuan motorik kasar anak usia 5-6 tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 25 Wage Sidoarjo yang dilatar belakangi oleh kurangnya kemampuan motorik kasar anak dalam aspek keseimbangan, kelenturan dan kelincahan. Subyek penelitian berjumlah 47 anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimental design dengan rancangan non-equivalent control group design. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi. Teknik analisis data menggunakan uji data statistik non-parametik yaitu Mann-Whitney U-Test. Hasil analisis data uji Mann-Whitney U-Test menunjukkan nilai Asymp. Sig.(2 tailed) yaitu sebesar 0,000, maka sesuai dengan dasar pengambilan keputusan uji Mann-Whitney U-Test dengan taraf signifikansi atau Asymp. Sig (2 tailed) 0,000 lebih kecil dari 0, 05 menunjukkan terdapat perbedaan signifikansi antara rata-rata kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan kelompok eksperimen lebih tinggi dari kelompok kontrol. Dengan demikian, hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh “lola kena” terhadap kemampuan motorik kasar anak usia 5-6 tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 25 Wage Sidoarjo.
PAUD Teratai 8 (2), 1-6, 2019